cover
Contact Name
Muhammad Nur Wahyu Hidayah
Contact Email
nurwahyuhidayah@unimugo.ac.id
Phone
+6281228055135
Journal Mail Official
jitin@unimugo.ac.id
Editorial Address
Jl. Yos Sudarso, No. 461, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
ISSN : 28300076     EISSN : 28300084     DOI : https://doi.org/10.26753/jitin.v2i1.1096
Industrial Engineering : Operation Research Analysis, Engineering Economic Analysis, Quality & Reliability Engineering, Ergonomic & Human Factors, Supply Chain Management, Engineering Management, Health Safety Environment, Information Engineering, Design & Manufacture Engineering, Product Design & Development
Articles 20 Documents
PERANCANGAN ERETAN MEMANJANG PADA ALAT BANTU PENGASAHAN MATA PAHAT BUBUT Dian Prabowo; Unggul Satria Jati; Ulikaryani Ulikaryani; Hety Dwi Hastuti
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 2, No 2 (2023): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v2i2.1279

Abstract

Kemajuan bidang teknologi didunia industri semakin pesat ataupun berkembang, hal tersebut menuntut manusia untuk selalu berinovasi melihat permasalahan-permasalahan yang ada. Sasaran yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yaitu pada sektor teknologi tepat guna. Di industri teknik tidak lepas dari proses pemesinan. proses pemesinan merupakan pekerjaan lanjutan atau proses akhir dalam pembuatan atau pembentukan benda kerja. Proses pembubutan adalah sebuah proses pemesinan yang menggunakan mata pahat untuk mengikis material atau membuang permukaan. Pahat dipasangkan kedalam ragum atau tool post dan harus dilakukan setting kedalaman pemotongan sebelum dilakukan pengerjaan Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perancangan eretan memanjang pada alat bantu pengasahan mata pahat. Dari penelitian tersebut mendapatkan hasil  Torsi minimal yang dibutuhkan dalam menggerakan komponen-kompenen asah pahat adalah 0,175 N.m dan Motor penggerak yang digunakan yaitu arus DC. Momen terbesar yang digunakan pada poros yaitu 3250 N.mm sedangkan tegangan geser ( a) yang diijinkan sebesar 3,9 kg/mm2. Diameter poros minimal yang diizinkan adalah 18,11 mm, karena pemilihan poros berdasarkan ketersediaan ulir maka di gunakan poros dengan diameter 18 mm.
FACILITY LAYOUT REDESIGN WITH SERVICE QUALITY AND 5S METHOD AT AHDA FARMA DRUG STORE IN ERA OF THE COVID-19 PANDEMIC Umi Zulfa Nadia; Ida Betanursanti
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 1, No 2 (2022): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v1i2.974

Abstract

Ahda Farma Drug Store is a health service facility to meet the needs of the community regarding the importance of drugs and medical devices. To create an atmosphere and improve the quality of service, this research was carried out by redesigning the layout of drug store facilities. This study aims to identify the quality of service and redesign the layout of the facilities at the Ahda Farma Drug Store. The method used in this research is service quality and 5S (seiri, seiton, seiso, seiketsu and shitsuke). The results of the descriptive analysis identified problems in nine variables. Among other things tangible (physical evidence) pharmacies have enough seats, employees wear identification, a large parking area. Empathy (empathy) employees are attentive by asking customer needs, employees are polite and friendly. Reliability (reliability) of drug delivery services.Responsiveness (responsiveness) employees have good communication, pharmacies do not provide employees at certain times. Assurance (guarantee) pharmacies provide returns if the goods purchased are wrong. The results of the analysis using the 5S method (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) are designed for prescription reception rooms, prescription and compounding service rooms, drug delivery rooms, counseling rooms, storage rooms for drug preparations, medical devices, and medical consumables,and archive space. 
PERANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN SERVICE QUALITY PERPUSTAKAAN (STUDY KASUS PERPUSTAKAAN MIBS KEBUMEN) Siti Mahmudah; Widyastuti Widyastuti
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 1, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Teknik Industri
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v1i1.793

Abstract

Perpustakaan Muhammadiyah Integrated Boarding School (MIBS) merupakan perpustakaan yang diperuntukan bagi siswa SMP, SMA, guru dan karyawan. Saat ini jumlah rata-rata pengunjung perpustakaan belum sesuai dengan target sekolah yaitu total pengunjung 30% per hari dari seluruh jumlah pemustaka. Pelayanan yang baik merupakan salah satu cara untuk menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan dalam perpustakaan. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan dalam perpustakaan adalah dengan membuat strategi peningkatan pelayanan dengan metode service quality. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi peningkatan service quality di perpustakaan MIBS Kebumen. Penelitian diawali dengan identifikasi permasalahan service quality perpustakaan yang berdasarkan dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Langkah selanjutnya mengukur kualitas layanan dari atribut masing-masing dimensi dengan menggunakan metode Servqual. Hasil pengukuran menunjukkan perpustakaan MIBS Kebumen yang masih membutuhkan perbaikan pada semua dimensi. Rekomendasi strategi peningkatan pelayanan perpustakaan MIBS Kebumen yaitu membuat desain tata letak fasilitas ruang perpustakaan dan membuat SOP pelayanan pustakawan. Validasi dilakukan dengan uji chi square. Hasil pengujian menunjukan nilai chi square lebih dari 0,05. Hal ini berarti perancangan ulang tata letak fasilitas ruang kerja terkesan nyaman dan pelayanan terkesan baik.
Perancangan Warehouse Management System Pada Toko Brayan Maju Arif - Amriyanto
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 3, No 1 (2024): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v3i1.1315

Abstract

Warehouse Management System (WMS) menjadi salah satu aspek penting untuk menunjang kemajuan suatu retail, salah satunya Toko Brayan Maju. Toko tersebut mempunyai 3 buah gudang dengan luas total 405 buah  dan mempunyai masalah ketidaksesuaian antara stok fisik dengan stok tercatat. Kondisi ini tidak memenuhi standar WMS. Metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah ini adalah metode ABC dan product familyprinciple.Pada penelitian ini dilakukan perancangan tata letak fasilitas dan rekap data gudang dengan menggunakan kombinasi metode ABC dan prinsip product family. Penelitian diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan melalui observasi dan wawancara. Tahapan ini menghasilkan kriteria tata letak fasilitas gudang yang rapi dan mudah ditemukan serta kriteria rekap data gudang yang mudah dikendalikan dan mudah digunakan. Proses selanjutnya adalah membuat desain tata letak fasilitas gudang dan rekap data gudang. Pada prinsip product family, produk dibedakan menjadi 3 yaitu produk akuatik, produk perlengkapan rumah tangga, dan produk bangunan. Tata letak fasilitas dilakukan berdasarkan metode ABC. Perancangan rekap data gudang menggunakan aplikasi Fakurama. Validasi desain menggunakan uji chi square menunjukkan bahwa hasil desain telah sesuai dengan kebutuhan pengguna.
RANCANG BANGUN ALAT BANTU JALAN ERGONOMI UNTUK MANULA Kun Ihza Nasikhudin
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 2, No 1 (2023): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v2i1.1097

Abstract

ABSTRAKKruk bantu jalan adalah alat bantu mobilitas yang dirancang untuk membantu individu yang mengalami kesulitan dalam berjalan atau bergerak secara mandiri. Abstrak ini akan menggambarkan proses pembuatan kruk bantu jalan, mulai dari perencanaan desain hingga tahap produksi. Pada tahap perencanaan desain, akan dilakukan penelitian terhadap kebutuhan dan preferensi pengguna kruk bantu jalan. Faktor seperti kenyamanan, kestabilan, dan keamanan akan menjadi pertimbangan utama dalam merancang kruk bantu jalan yang efektif. Selain itu, penelitian juga akan dilakukan terhadap bahan-bahan yang tepat untuk digunakan dalam pembuatan kruk bantu jalan, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kekuatan, ringan, dan tahan lama.Tahap pertama dalam perancangan kruk adalah pengumpulan data beberapa variabel antropometri kemudian dilakukan pengujian statistik seperti, uji keseragaman data dan uji kecukupan data. Setelah dilakukan pengujian statistik, tahap selanjutnya adalah menentukan nilai persentil sebagai dasar penentuan dimensi produk sesuai dengan prinsip perancangan yang digunakan. Perancangan selanjutnya memasuki tahap konseptual dan pemodelan produk. Pemodelan produk dilakukan dengan bantuan software Solidwork. Setelah itu ditetapkan material yang digunakan untuk merealisasikan produk hasil rancangan ke dalam prototipe. Pengujian terhadap pengguna juga dilakukan sebagai pembanding antara kruk hasil rancangan dengan kruk yang pernah digunakan sebelumnya. Hasil akhir dari pembuatan kruk bantu jalan ini diharapkan dapat memberikan bantuan dan meningkatkan kualitas hidup individu yang membutuhka
Perancangan Strategi Pemasaran Garam Dengan Kombinasi Metode SWOT dan STP (Studi Kasus Kelompok Usaha Garam Sari Laut) Lukman Hanif; Widy Astuti
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 1, No 2 (2022): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v1i2.991

Abstract

Strategi pemasaran merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam memasarkan produknya. Kugar Sari Laut adalah  kelompok usaha garam yang memproduksi garam konsumsi dan garam inovasi. Omset penjualan produk garam selama enam bulan terakhir mengalami penurunan mencapai 20%.  Untuk keberlanjutan perusahaan diperlukan perancangan strategi pemasaran yang lebih baik. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini dilakukan peracangan strategi pemasaran menggunakan metode SWOT dan STP. Metode SWOT (strengths, weakness, opportunities, dan threats) digunakan untuk mengidentifikasi sistem pemasaran di Kugar Sari Laut. Survey identifikasi dimensi kualitas garam  dilakukan kepada 400 responden pengguna garam yang ada di Kabupaten Kebumen.  Observasi faktor internal dan eksternal dilakukan kepada pengelola Kugar Sari Laut. Analisis SWOT menghasilkan empat kriteria internal (material, metode, mesin, orang) dan dua kriteria eksternal (kebutuhan, pesaing). Berdasarkan hasil analisis tersebut dilakukan perancangan strategi pemasaran dengan metode STP (segmenting, targeting, positioning). Hasil rancangan pada aspek segmentasi menghasilkan dua kriteria yaitu: segmentasi demografis dan segmentasi geografis. Targeting menghasilkan enam kriteria yaitu: metode, orang, segmentasi demografis, segmentasi geografis dan durasi uji coba. Positioning dilakukan dengan menambahkan varian kemasan. Tahap selajutnya dilakukan uji coba strategi pemasaran selama dua bulan. Hasil uji coba dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji menunjukan bahwa ada peningkatan penjualan garam di Kugar Sari Laut setelah penerapan sistem pemasaran baru
DESAIN PERMAINAN ANAK USIA DINI UNTUK MENSTIMULASI LOGIKA MATEMATIKA Ida Betanursanti
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 2, No 2 (2023): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v2i2.1287

Abstract

The problem faced by early childhood teachers is that there are still some children whose mathematical logic intelligence un-optimally developed. This happens because in the learning process they are rarely using a game as the learning media to stimulate mathematical logic intelligence. This study aims not only to identify the information of what are children's games stimulating intelligence and mathematical logic in early childhood but also to determine the types of games and performance validation tests.The research method is using Kansei Engineering type first. Begin with the determinate of the domain to make specifications for the game that will be researched and designed. Determining the Kansei words through a questionnaire then sorted by using differential semantics. The results are implementing in the form of a game. Furthermore, homogeneity and normality tested used the chi-square. The results obtained by the chi-square counting greater than 0.05, mean that there is a type of game with the stimulus of intelligence and mathematical logic in early childhood.
PERANCANGAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN BERBASIS KEY PERFORMANCE INDICATOR (STUDI KASUS CV. RASYID) Esti Fanani; Widy Astuti
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 2, No 1 (2023): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v2i1.1096

Abstract

Penilaian kinerja dibutuhkan untuk mengukur kinerja pada sebuah organisasi. CV. Rasyid adalah sebuah badan usaha swasta yang memproduksi berbagai jenis pakaian jadi. Sebagai upaya untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif diperlukan standar penilaian kinerja yang objektif. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini dilakukan perancangan sistem penilaian kinerja. Standar penilaian dirancang berdasarkan Key Performance Indicator (KPI) tiap stasiun kerja. Tahap penelitian diawali dengan mengidentifikasi stasiun kerja. Terdapat tujuh stasiun kerja yaitu desain, pemotongan kain, penjahitan, pengobrasan, pembordiran, penyablonan, penyetrikaan, dan packing. Langkah selanjutnya adalah merancang indikator penilaian berdasarkan Key Performance Indicator. Proses ini menghasilkan indikator untuk pekerjaan menggambar pola pada kertas doorslag, menggunting kertas yang sudah dipola, membuat desain sablon, mengukur kain, memotong kain, menjahit pakaian, membuat lubang kancing, memasang kancing, memasang ritsleting, mengobras pakaian, membordir pakaian, membuat klise sablon, meracik tinta sablon, menyablon, menyetrika, melipat pakaian, dan mengemas pakaian. Hasil rancangan penilaian kinerja divalidasi menggunakan uji chi square.  Hasil uji menunjukkan hasil rancangan specific, measurable, achievable, dan relevant.
PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS KANTOR NOTARIS DAN P.P.A.T. ANDINI PUSPASARI, S.H., M.Kn. KEBUMEN Taufik Kurniadi; Widyastuti Widyastuti
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 1, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Teknik Industri
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v1i1.794

Abstract

Ruang kerja kantor Notaris dan P.P.A.T. Andini Puspasari, S.H., M.Kn. Kebumen merupakan tempat untuk melakukan aktivitas kerja secara rutin. Saat ini ruang kerja kantor memiliki permasalahan yaitu kurang luasnya area pada aktifitas kerja di depan komputer dan ruang gerak antar pegawai terbatas. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber permasalahan ruang kerja, merancang tata letak fasilitas dan melakukan validasi hasil rancangan. Perancangan dilakukan dengan metode 5S yaitu seiri, seiton, seiso, seiketsu, shitsuke. seiri diterapkan pada ruang kerja yaitu meletakkan peralatan pada tempatnya dan menyisihkan yang tidak perlu. Seiton yaitu barang-barang yang telah melewati proses seiri dilanjutkan dengan proses penataan peralatan yang telah dipilih tersebut. Seiso dilakukan pembersihan pada ruang kerja dan peralatan yang diperlukan. Seiketsu dilakukan pemantapan terhadap metode 5S yang telah diterapkan. Shitsuke pada bagian ini lebih difokuskan bagaimana untuk membiasakan diri terhadap penerapan metode 5S. Validasi dilakukan dengan metode chi square. Hasil pengujian menunjukan nilai 0,386, hal ini berarti bahwa perancangan ulang tata letak fasilitas ruang kerja terkesan nyaman.
MODIFIKASI MESIN PENGISIAN KECAP DENGAN SISTEM AUTO-BLOW KENDALI PLC UNTUK MENGURANGI JUMLAH PRODUK CACAT Muhammad Adi Nugroho; Eka Samsul Ma'arif
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 3, No 1 (2024): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v3i1.1350

Abstract

Penelitian ini menyampaikan langkah modifikasi dengan penambahan sistem auto-blow untuk menurunkan jumlah cacat produksi pada mesin pengisian kecap. Mesin pengisian kecap memiliki salah satu kendala saat proses filling, yaitu proses memasukkan cairan kecap ke dalam pouch. Kondisi pouch yang tidak terbuka penuh menyebabkan kecap tumpah dan mengotori bagian luar serta isi kecap tidak sesuai standar. Modifikasi dilakukan dengan penambahan sensor proximity untuk mendeteksi kondisi apakah pouch telah terbuka penuh. Jika pouch tidak terbuka penuh maka akan ditambahkan sistem auto-blow untuk meniupkan angin. Penambahan sensor dan sistem auto-blow juga memerlukan modifikasi pada program PLC dan HMI. Hasil modifikasi sistem menunjukkan sensor dapat dengan baik mendeteksi pouch yang tidak terbuka penuh dan sistem auto-blow mampu membantu membuka pouch yang belum terbuka penuh. Jumlah cacat produksi pada proses filling dapat diturunkan dari 1876 pcs menjadi 574 pcs per hari.

Page 1 of 2 | Total Record : 20