cover
Contact Name
Muhammad Nur Wahyu Hidayah
Contact Email
nurwahyuhidayah@unimugo.ac.id
Phone
+6281228055135
Journal Mail Official
jitin@unimugo.ac.id
Editorial Address
Jl. Yos Sudarso, No. 461, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
ISSN : 28300076     EISSN : 28300084     DOI : https://doi.org/10.26753/jitin.v2i1.1096
Industrial Engineering : Operation Research Analysis, Engineering Economic Analysis, Quality & Reliability Engineering, Ergonomic & Human Factors, Supply Chain Management, Engineering Management, Health Safety Environment, Information Engineering, Design & Manufacture Engineering, Product Design & Development
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2022): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI" : 4 Documents clear
FACILITY LAYOUT REDESIGN WITH SERVICE QUALITY AND 5S METHOD AT AHDA FARMA DRUG STORE IN ERA OF THE COVID-19 PANDEMIC Umi Zulfa Nadia; Ida Betanursanti
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 1, No 2 (2022): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v1i2.974

Abstract

Ahda Farma Drug Store is a health service facility to meet the needs of the community regarding the importance of drugs and medical devices. To create an atmosphere and improve the quality of service, this research was carried out by redesigning the layout of drug store facilities. This study aims to identify the quality of service and redesign the layout of the facilities at the Ahda Farma Drug Store. The method used in this research is service quality and 5S (seiri, seiton, seiso, seiketsu and shitsuke). The results of the descriptive analysis identified problems in nine variables. Among other things tangible (physical evidence) pharmacies have enough seats, employees wear identification, a large parking area. Empathy (empathy) employees are attentive by asking customer needs, employees are polite and friendly. Reliability (reliability) of drug delivery services.Responsiveness (responsiveness) employees have good communication, pharmacies do not provide employees at certain times. Assurance (guarantee) pharmacies provide returns if the goods purchased are wrong. The results of the analysis using the 5S method (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) are designed for prescription reception rooms, prescription and compounding service rooms, drug delivery rooms, counseling rooms, storage rooms for drug preparations, medical devices, and medical consumables,and archive space. 
Perancangan Strategi Pemasaran Garam Dengan Kombinasi Metode SWOT dan STP (Studi Kasus Kelompok Usaha Garam Sari Laut) Lukman Hanif; Widy Astuti
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 1, No 2 (2022): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v1i2.991

Abstract

Strategi pemasaran merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam memasarkan produknya. Kugar Sari Laut adalah  kelompok usaha garam yang memproduksi garam konsumsi dan garam inovasi. Omset penjualan produk garam selama enam bulan terakhir mengalami penurunan mencapai 20%.  Untuk keberlanjutan perusahaan diperlukan perancangan strategi pemasaran yang lebih baik. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini dilakukan peracangan strategi pemasaran menggunakan metode SWOT dan STP. Metode SWOT (strengths, weakness, opportunities, dan threats) digunakan untuk mengidentifikasi sistem pemasaran di Kugar Sari Laut. Survey identifikasi dimensi kualitas garam  dilakukan kepada 400 responden pengguna garam yang ada di Kabupaten Kebumen.  Observasi faktor internal dan eksternal dilakukan kepada pengelola Kugar Sari Laut. Analisis SWOT menghasilkan empat kriteria internal (material, metode, mesin, orang) dan dua kriteria eksternal (kebutuhan, pesaing). Berdasarkan hasil analisis tersebut dilakukan perancangan strategi pemasaran dengan metode STP (segmenting, targeting, positioning). Hasil rancangan pada aspek segmentasi menghasilkan dua kriteria yaitu: segmentasi demografis dan segmentasi geografis. Targeting menghasilkan enam kriteria yaitu: metode, orang, segmentasi demografis, segmentasi geografis dan durasi uji coba. Positioning dilakukan dengan menambahkan varian kemasan. Tahap selajutnya dilakukan uji coba strategi pemasaran selama dua bulan. Hasil uji coba dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji menunjukan bahwa ada peningkatan penjualan garam di Kugar Sari Laut setelah penerapan sistem pemasaran baru
Tinjauan Literatur Sistematis Penerapan DMAIC dan DMADV di Industri Manufaktur fattiya hamada sakti issa putri; bintang candra pradana; dita ameilya kusuma; febryan zidane adhani; galih ramadhan; ferdhika ariyansyah; fatur rahman ahmadi; febri dwi nur aziz
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 1, No 2 (2022): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v1i2.996

Abstract

Manufacturing company activities consist of several activities, one of which is management. The Process Management Framework includes activities to develop, improve and manage business processes in manufacturing companies. Some companies use some of the best methodologies to improve or develop existing processes and develop new ones. This literature aims to analyze the application of the Define, Measure, Analyze, Improve, Control (DMAIC) and Define, Measure, Analyze, Design, Validate (DMADV) methods in the Manufacturing Industry. The method used is Systematic Literature Review. These results indicate that the DMAIC and DMADV methods are methods that drive the pace of industrial economic growth, because they reduce process variability and improve product quality and prevent errors from occurring. However, this process requires trained and experienced personnel to meet the demand for product defect reduction. This method is the choice of industries that want to improve product quality and avoid mistakes, even though it takes a long time to implement, but almost all problems can be solved and improve processes in the manufacturing industry.
PERANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI TOKO RIZQUNA Arini Sitta Munif Musthofa
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 1, No 2 (2022): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v1i2.994

Abstract

Toko Rizquna di Panjer merupakan usaha retail yang menjual kebutuhan pokok dan kebutuhan rumah tangga. Kualitas layanan menjadi faktor penting bagi Toko Rizquna untuk meningkatkan pasar dan membangun citra perusahaan. Berdasarkan informasi dari kepala toko terjadi penurunan pengunjung yang signifikan pada 4 bulan terakhir tahun 2021 menjadi 10.000 pengunjung, faktor penyebabnya adalah kualitas pelayanan yang perlu ditingkatkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Service Quality dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas layanan dan meningkatkan strategi desain pada Toko Rizquna. Hasil analisis deskriptif mengidentifikasi permasalahan pada sepuluh variabel, antara lain produk mudah ditemukan 3.08, area parkir luas 3.36, karyawan teliti dalam melayani pelanggan 3.00, karyawan cepat dan tepat melayani pelanggan 3.36, harga produk terjangkau 3.18, karyawan tanggap memberi penjelasan pada pelanggan 3.08, karyawan murah senyum 3.17, tempat parkir aman 3.16, karyawan penuh perhatian 3.37 dan karyawan ramah kepada pelanggan 3.36. Hasil analisis menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) proses perbaikan sesuai dengan ranking dimulai dari nilai yang tertinggi yaitu memperbarui label jenis barang dan harga dengan bobot 0.374 dan yang terakhir yaitu meningkatkan menambah tukang parkir dengan bobot 0.063.

Page 1 of 1 | Total Record : 4