cover
Contact Name
Muhammad Nur Wahyu Hidayah
Contact Email
nurwahyuhidayah@unimugo.ac.id
Phone
+6281228055135
Journal Mail Official
jitin@unimugo.ac.id
Editorial Address
Jl. Yos Sudarso, No. 461, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
ISSN : 28300076     EISSN : 28300084     DOI : https://doi.org/10.26753/jitin.v2i1.1096
Industrial Engineering : Operation Research Analysis, Engineering Economic Analysis, Quality & Reliability Engineering, Ergonomic & Human Factors, Supply Chain Management, Engineering Management, Health Safety Environment, Information Engineering, Design & Manufacture Engineering, Product Design & Development
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2024): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI" : 4 Documents clear
PERANCANGAN WAREHOUSE MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO BRAYAN MAJU Amriyanto, Arif; Widyastuti, Widyastuti
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 3, No 1 (2024): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v3i1.1315

Abstract

Warehouse Management System (WMS) menjadi salah satu aspek penting untuk menunjang kemajuan suatu retail, salah satunya Toko Brayan Maju. Toko tersebut mempunyai 3 buah gudang dengan luas total 405 buah  dan mempunyai masalah ketidaksesuaian antara stok fisik dengan stok tercatat. Kondisi ini tidak memenuhi standar WMS. Metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah ini adalah metode ABC dan product familyprinciple.Pada penelitian ini dilakukan perancangan tata letak fasilitas dan rekap data gudang dengan menggunakan kombinasi metode ABC dan prinsip product family. Penelitian diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan melalui observasi dan wawancara. Tahapan ini menghasilkan kriteria tata letak fasilitas gudang yang rapi dan mudah ditemukan serta kriteria rekap data gudang yang mudah dikendalikan dan mudah digunakan. Proses selanjutnya adalah membuat desain tata letak fasilitas gudang dan rekap data gudang. Pada prinsip product family, produk dibedakan menjadi 3 yaitu produk akuatik, produk perlengkapan rumah tangga, dan produk bangunan. Tata letak fasilitas dilakukan berdasarkan metode ABC. Perancangan rekap data gudang menggunakan aplikasi Fakurama. Validasi desain menggunakan uji chi square menunjukkan bahwa hasil desain telah sesuai dengan kebutuhan pengguna.
MODIFIKASI MESIN PENGISIAN KECAP DENGAN SISTEM AUTO-BLOW KENDALI PLC UNTUK MENGURANGI JUMLAH PRODUK CACAT Muhammad Adi Nugroho; Eka Samsul Ma'arif
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 3, No 1 (2024): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v3i1.1350

Abstract

Penelitian ini menyampaikan langkah modifikasi dengan penambahan sistem auto-blow untuk menurunkan jumlah cacat produksi pada mesin pengisian kecap. Mesin pengisian kecap memiliki salah satu kendala saat proses filling, yaitu proses memasukkan cairan kecap ke dalam pouch. Kondisi pouch yang tidak terbuka penuh menyebabkan kecap tumpah dan mengotori bagian luar serta isi kecap tidak sesuai standar. Modifikasi dilakukan dengan penambahan sensor proximity untuk mendeteksi kondisi apakah pouch telah terbuka penuh. Jika pouch tidak terbuka penuh maka akan ditambahkan sistem auto-blow untuk meniupkan angin. Penambahan sensor dan sistem auto-blow juga memerlukan modifikasi pada program PLC dan HMI. Hasil modifikasi sistem menunjukkan sensor dapat dengan baik mendeteksi pouch yang tidak terbuka penuh dan sistem auto-blow mampu membantu membuka pouch yang belum terbuka penuh. Jumlah cacat produksi pada proses filling dapat diturunkan dari 1876 pcs menjadi 574 pcs per hari.
RANCANG BANGUN SISTEM PEMANTAUAN DATA PENGUJIAN PERFORMA TRANSMISI KOMATSU HD785-7 PADA MESIN MARUMA MH-125D BERBASIS MICROCONTROLLER Setiawan, Leo; Syaifullah, Herry; Hidayat, Rafiq; Haryadi, Setyo; Kacaribu, Brim Ernesto
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 3, No 1 (2024): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v3i1.1368

Abstract

PT X merupakan salah satu perusahaan di bidang industri alat berat yang berdomisili di Balikpapan Kalimantan Timur. Bidang alat berat yang dimaksud ada remanufaktur komponen alat berat. Salah satu komponen alat berat yang diremanufaktur adalah transmisi. Transmisi alat berat yang menjadi objek penelitian kami adalah Torqflow Transmission Komatsu HD785-7 dengan menggunakan alat uji performa Maruma MH-125D. Dengan alat ini transmisi dikondisikan layaknya transmisi yang dipasang di unit alat berat, transmisi diputar 1200-1950 RPM dan diberikan tekanan oli hidrolik 1,7-33,5 kg/cm2. Adapun nilai rpm dan tekanan oli hidrolik tersebut merujuk pada nilai standar yang tercantum pada Shop Manual Komatsu HD465-7. Untuk pengukuran tekanan oli yang diberikan ke transimisi masih menggunakan analog pressure gauge. Sehingga hasil ukur harus dicatat secara manual, operator harus terus mengamati setiap perubahan jarum pressure gauge, mencatat tekanan minimum  dan maksimum. Pada akhirnya akuisisi data secara manual, ini dinilai tidak efisien. Sehingga diperlukan cara mengakuisisi data secara digital agar analisis data sampai dengan penyajian data berupa testing report dapat lebih cepat dan akurat.
PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UKM FAUZI MENGGUNAKAN METODE MARKETING MIX DAN SWOT Betanursanti, Ida; Fajar, Aziz Nur
Jurnal Inovasi Teknik Industri Vol 3, No 1 (2024): JURNAL INOVASI TEKNIK INDUSTRI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gombong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26753/jitin.v3i1.1354

Abstract

This research aims to formulate a marketing strategy for Fauzi UMKM bolen cakes so that the company can survive and develop using a Marketing Mix and SWOT analysis. Using optimal marketing strategies is the right step to achieve this goal. SWOT analysis is used to analyze a company's strengths, weaknesses, opportunities, and threats so that the company's position can be determined using IFAS and EFAS analysis. The results of this research show that the IFAS matrix has a score of 0.15, and the EFAS has a score of 0.44. At these coordinates, the company's position is in quadrant I. The appropriate marketing strategy is to use an S-O strategy (strengths and opportunities) where the company uses an aggressive strategy in its marketing. Based on the company's position, the appropriate marketing strategy is to increase production and add flavor variants, maintain prices and provide purchase bonuses, open the official stores, and open branches, and utilize existing social media such as WhatsApp, Instagram, and YouTube.

Page 1 of 1 | Total Record : 4