cover
Contact Name
Massuhartono
Contact Email
mass.hartono@gmail.com
Phone
+6282281153700
Journal Mail Official
mass.hartono@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jambi Ma. Bulian KM. 16 Simpang Sungai Duren Kab. Muaro Jambi, Kodepos: 36363
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling)
ISSN : 26144506     EISSN : 26144492     DOI : https://doi.org/10.30631/jigc
JIGC Journal of Islamic Guidance and Counseling is a Journal of Islamic Guidance and Counseling published by the department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah State Islamic University of Jambi biannually June and December. The EISSN number of this journal is 26144492, while its PISSN is 26144506. This journal has been indexed by Garuda portal of The Ministry of Research, Technology, and Higher Education, Republic of Indonesia. The editor warmly welcomes contribution from scholars of related discipline submitting their articles to this journal through OJS. The major issues of this journal are as follows: Guidance and counseling, Philosophy of Islamic Guidance and counseling, Islamic Psychology, Islamic Counseling, or every specific issue related to guidance and counseling
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2019): JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling)" : 5 Documents clear
Perilaku Merokok Ditinjau dari Konformitas Teman Sebaya dan Harga Diri pada Remaja di SMK IX Lurah Kota Jambi afriansyah .
JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling) Vol 3 No 1 (2019): JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling)
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BPI) Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/jigc.v3i1.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat prediksi konformitas teman sebaya dan harga diri terhadap perilaku merokok pada remaja laki-laki di SMK Negeri IX Lurah Kota Jambi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah konformitas teman sebaya dan harga diri dapat memprediksi perilaku merokok pada remaja. Sampel penelitian sebanyak 75 remaja laki-laki yang bersekolah di SMK IX Lurah Kota Jambi dan ditentukan dengan tehnik accidental sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala konformitas, skala harga diri dan skala perilaku merokok. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda. Hasil pengujian terhadap hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan perilaku merokok pada remaja laki-laki di SMK IX Lurah Kota Jambi dapat diprediksi dari konformitas teman sebaya dan harga diri secara bersama-sama, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 70.646 (p < 0.01). Besarnya koefisien determinasi variabel yang terjadi pada variabel perilaku merokok pada siswa laki-laki dilihat pada kolom R Square sebesar 0.662 atau 66.2% dijelaskan oleh variabel konformitas dan harga diri, sedangkan sisanya sebesar 33.8% dijelaskan oleh variabel lain.
Persepsi Masyarakat Terhadap Penundaan Hidup Bersama Setelah Akad Nikah di Desa Dusun Dalan Kecematan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun Masturo Masturo
JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling) Vol 3 No 1 (2019): JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling)
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BPI) Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/jigc.v3i1.27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab, persepsi masyarakat, dan dampak dari penundaan hidup bersama setelah akad nikah. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif diskriptif dengan menekankan pada pengamatan manusia, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling yaitu tehnik yang didasarkan pada ciri-ciri tertentu yang ada dalam populasi yang diperkirakan erat sangkut pautnya dengan ciri-ciri atau sifat yang ada dalam populasi yang sudah diketahui sebelumnya, subjek dan penelitiannya adalah segenap staf kepala desa, tokoh adat, tokoh agama, pegawai syarak, dan masyarakat di Desa Dusun Dalam Kecematan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penundaan hidup bersama setelah akad nikah terjadi karena berbagai faktor diantaranya yaitu faktor sejarah, faktor adat, faktor ekonomi, dan faktor asimilasi. Faktor yang paling dominan penyebab terjadinya penundaan hidup bersama setelah akad nikah yaitu karena faktor ekonomi, karena belum adanya biaya untuk melaksanakan resepsi. Kemudian muncul berrbagai persepsi dikalangan tokoh masyarakat, yang mana mereka berpandangan bahwa penundaan hidup bersama setelah akad nikah yang dilakukan oleh pasangan pengantin tidaklah menjadi permasalahan karena atas dasar keinginan dari kedua belah pihak. Selain itu penundaan hidup bersama setelah akad nikah juga menimbulkan dampak positif dan negatif, adapun dampak positif dari penundaan hidup bersama setelah akad nikah yaitu pasangan pengantin dapat lebih mempersiapkan diri untuk hidup berumah tangga, adapun dampak negatif dari penundaan hidup bersama setelah akad nikah yaitu pasangan pengantin belum bisa melaksanakan kewajibannya dengan maksimal baik sebagai seorang suami maupun istri karena adanya batasan-batasan yang harus mereka jalani sebelum resepsi pernikahan.
Post Traumatic Stress Disorder: Tinjauan Psikologis Korban Kebakaran Tinjauan Desa Simbur Naik Kec. Sabak Timur Kab.Tanjung Jabung Timur Ismi Aulia Ambarwati
JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling) Vol 3 No 1 (2019): JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling)
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BPI) Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/jigc.v3i1.28

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui dampak psikologi yang dirasakan oleh warga Desa Simbur Naik, Tanjung Jabung Timur, pasca trauma akibat kebakaran dan upaya penangan dari dampak psikologis pasca trauma. Dengan menggunakan pendekatan eksperimen, penelitian ini menunjukkan dampak psikologi pasca trauma yang dialami warga Desa Simbur Naik karena selalu teringat akan peristwa traumatic dalam hal ini kebakaran. Upaya penanganan dampak psikologis pasca trauma yang dilakukan dengan memantapkan niat dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, aktivitas social, serta terapi dengan relaksasi dan permainan.
Hubungan antara Persepsi Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Konseling dan Konsep Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa Hendrik Tuaputimain
JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling) Vol 3 No 1 (2019): JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling)
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BPI) Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/jigc.v3i1.29

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap layanan bimbingan konseling dan konsep diri dengan kemandirian belajar siswa pada SMA Negeri 4 Kairatu. Sampel penelitian ini sebanyak 61 siswa dengan teknik probability sampling, secara khusus dengan cara klaster (cluster random sampling). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode skala. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1. uji asumsi, dan 2. uji hipotesis penelitian dengan korelasiproduct moment untuk menguji hipotesis satu dan dua, sedangkan untuk hipotesis tiga dianalisa dengan regresi linierberganda. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa: berdasarkan analisis korelasiproduct moment diperoleh hasil berupa nilai koefisien korelasi sebesar 0,678 dan p sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil uji ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara persepsi siswa terhadap layanan bimbingan konseling dengan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan analisis product moment juga diperoleh hasil berupa nilai koefisien korelasi sebesar 0,459 dan p sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil uji ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara konsep diri dengan kemandirianbelajar. Berdasarkan analisa regregsi linier berganda, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama ada hubungan antara persepsi siswa terhadap layanan bimbingan konseling dan konsep diri dengan kemandirian belajar siswa. Kemandirian belajar siswa dapat diprediksi dari variabel persepsi siswa terhadap layanan bimbingan konseling dan konsep diri secara bersama-sama sebesar 49,1 % sedangkan sisanya sebesar 50,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini seperti keluarga, guru, kurikulum, inteligensimotivasi, dan sikap.
Peran Fullday School Dalam Membentuk Karakter Siswa SD Islam Terpadu As-Syifa Kota Jambi Cahyandini Fajriati
JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling) Vol 3 No 1 (2019): JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling)
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BPI) Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/jigc.v3i1.30

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenakalan remaja yang semakin meningkat pada saat ini dimana banyak terjadi krisis moral yang melanda anak bangsa. dikarenakan kurangnya pendidikan tentang akhlak yang baik, seharusnya anak mendapat pendidikan sejak dini tentang ilmu agama agar ketika mereka beranjak remaja mereka memiliki batasan-batasan dalam melakukan tindakannya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini, ialah metode penelitian deskriptif-kualitatif yang dilihat dari sudut pandang pendidikan, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis domain, taksonomi, dan komponensial. Hasil penelitian diperoleh dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasilnya penulis menemukan bahwa ketika maraknya program fullday school dikalangan masyarakat pada tahun-tahun terakhir ini banyak menuai pro dan kontra. Metode pembiasaan secara kontinu dalam jangka panjang yang diterapkan pada anak dapat menanamkan karakter islami sehingga moral dan akhlak dapat dibentuk karena anak masih dalam proses imitation. sistem pembelajaran fullday school tidak melulu membebani otak anak karena setiap guru mempunyai strategi sendiri. dan pembelajarannya menekankan pada pembelajaran aktif (active learning), kreatif (creative learnig), efektif (effective learning), dan meyenangkan (fun learning).

Page 1 of 1 | Total Record : 5