cover
Contact Name
Defry Basrin
Contact Email
defrybasrin@unsam.ac.id
Phone
+6285373652007
Journal Mail Official
Jmts@unsam.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Syarief Thayeb , Meyrandeh, Langsa- Aceh
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
JMTSS
Published by Universitas Samudra
ISSN : 27754421     EISSN : 2775443X     DOI : https://doi.org/10.55377/jmtss.v4i1
Core Subject : Engineering,
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra (JMTSS) merupakan jurnal dikelola oleh prodi teknik sipil Universitas Samudra yang mempublikasikan hasil penelitian dalam lingkup teknik sipil baik aspek pengembangan ilmuan ataupun aspek praktisi. jurnal ini memberikan hak akses terbuka bagi para peneliti, dosen, dan profesional lainnya, semua artikel yang dikirim akan dilakukan evaluasi melalui tim redaksi dan reviewer sebelum diterima untuk diterbitkan. JMTSS menerima artikel dari bidang ilmu pengembangan teknik sipil dengan multidisiplin ilmu sebagai berikut: 1. Bahan dan Struktur Bangunan 2. Teknologi Konstruksi 3. Ekonomi dan Manajemen Konstruksi 4. Rekayasa Gempa 5. Teknik Lingkungan 6. Renovasi Bangunan 7. Teknik Geotek 8. Rekayasa Jalan Raya 9. Struktur Hidraulik dan Hidraulik Rekayasa 10. Jalan dan Jembatan 11. Rekayasa Struktural 12. Survei dan Rekayasa Geo-Spasial 13. Teknik Transportasi 14. Rekayasa Terowongan 15. Teknik dan Ekonomi Perkotaan 16. Teknik Sumber Daya Air 17. Drainase Perkotaan
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022)" : 8 Documents clear
A EVALUASI OPERASIONAL PIPA JARINGAN SPAM IKK SIMPANG PEUT Rizki Ardiansyah; Meylish Safriani; Astiah Amir
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v3iNomor 1.4693

Abstract

Air bersih merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang paling utama dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini pemerintah Nagan Raya belum bisa mengakomodasi keselurahn kebutuhan air minum dimasyarakat. Saluran Penyedian Air Minum (SPAM) IKK Simpang Peut Nagan Raya dibangun guna untuk memenuhi kebutuhan air minum bagi masyrakat di daerah desa Simpang Peut yang selama ini masih bergantung pada air tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengolahan, distribusi dan penyebab tidak maksimal pelayanan air di SPAM IKK Simpang Peut. Pengambilan data dilakukan dengan observasi (survey lapangan), wawancara, dan studi literatur. Dari data tersebut dievaluasi dengan software Epanet 2.0. Hasil penelitian mengahasilkan terdapat 14 segmen pipa utama distribusi yang memiliki kecepatan di bawah 0,3 m/s, dan perubahan jenis pipa dari jenis awal PVC menggunakan jenis HDPE untuk mengurangi kendala kebocoran pipa karena terkena dampak pekerjaan kontruksi lainnya,
PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS BETON BERTULANG MASJID ALUE BILIE MENGGUNAKAN PROGRAM SAP2000 Miftahush Sholihin Miftahush; Meylish Safriani; Astiah Amir
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v3iNomor 1.4707

Abstract

Proyek pembangunan masjid Alue Bilie merupakan proyek program pemerintah Kabupaten Nagan Raya yang di fungsikan untuk tempat ibadah bagi umat agama Islam yang berada di Kecamatan Darul Makmur. Konstruksi bangunan masjid ini berada pada zona gempa 5 dan 6 yaitu wilayah dengan tingkat gempa yang tinggi. Maka dari itu, struktur bangunan yang berada di diwilayah rawan gempa ini harus dihitung dan direncanakan dengan baik sehingga diharapkan dapat memenuhi syarat keamanan dan kenyamanan bangunan. Pada penelitian ini struktur tulangan beton masjid Alue Bilie direncanakan ulang sesuai dengan kategori desain seismik yang mengacu pada SNI 1726:2019 dengan menggunakan metode beban gempa statik equivalen. tujuannya yaitu bagaimana menganalisis beban-beban yang bekerja pada struktur (beban mati, hidup dan gempa) sehingga menghasilkan elemen struktur (balok, kolom dan pelat) yang memenuhi faktor keamanan serta untuk mengetahui apa perbedaan desain penulangan yang dianalisis dengan penulangan yang digunakan dilapangan. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa beban yang bekerja pada elemen struktur secara dimensi dapat dinyatakan aman sesuai dengan standar SNI dengan perhitungan menggunakan software SAP 2000 berada di rentang oranye, kuning dan hijau, artinya tidak ada struktur yang mengalami overstress. Akan tetapi hasil analisis desain penulangan pada saat melakukan penelitian terdapat pemborosan dan kekurangan elemen struktur dimana luasan tulangan pokok yang dibutuhkan melalui analisis dengan yang digunakan di lapangan pada elemen struktur balok terjadi pemborosan sebesar 3,8%, pada elemen struktur kolom terjadi kekurangan sebesar 15,31% dan kekurangan sebesar 1,57% pada pelat lantai.
Pengelolaan PENGELOLAAN ASET IRIGASI DAN KINERJA SISTEM IRIGASI D.I BUNGONG TALO BERBASIS APLIKASI ePAKSI Zawil 'Ulya Zirda; Veranita; Astiah Amir
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v3iNomor 1.4891

Abstract

Dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan irigasi, pemerintah Kabupaten Nagan Raya merencanakan program pengembangan dan pengelolaan irigasi dengan melakukan kegiatan penilaian aset dan kinerja irigasi untuk mendata dan menilai fungsi aset daerah irigasi. ePAKSI (Pengelolaan Aset dan Kinerja Sistem Irigasi) adalah sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan menggabungkan pelaksanaan Pengelolaan Aset Irigasi dengan Penilaian.Salah satunya merupakan D.I Bungong Talo. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode survei, survei penelitian dilakukan di D.I Bungong Talo yang berada di Gampong Meunasah Dayah, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya.Pada penelitian ini memakai memakai dua data, yang pertama adalah data primer yang merupakan hasil pengukuran dan survei yaitu, data koordinat letak bangunan irigasi dan data kondisi fisik irigasi dan data sekunder merupakan data yang meliputi : luas wilayah daerah irigasi, peta daerah irigasi , skema jaringan irigasi dan skema bangunan irigasi Berdasarkan dari hasil survei dan pengambilan data dilapangan, seluruh daerah irigasi yang berada di Kabupaten Nagan Raya masih berfungsi semuanya. Salah satunya adalah D.I Bungong Talo yang memiliki luas baku 485 Ha dan panjang saluran induk 1.14 km, saluran sekunder 3.96 km, saluran tersier 1.01 km, saluran muka 0.96 km dan saluran pembuang sepanjang 0.04 km.Berdasarkan hasil survei jumlah aset (PAI) berupa 383 bangunan.Dari hasil IKSI diperoleh bobot 60% untuk sistem irigasi utama sebesar 13,85% dan bobot 40% untuk sistem irigasi tersier 5,35% sehingga nilai total IKSI sebesar 19,20% dimana kinerja sistem irigasi di daerah irigasi Bungong Talo termasuk kategori kurang. Oleh karena itu daerah irigasi Bungong Talo memerlukan penanganan dengan cara pemeliharaan berkala bersifat perbaikan.
P, Pemanfaatan PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN KOMPLEK UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Dina Tri Septiningtiyas; Muhammad Mabrur; Hadianti Muhdinar Pasaribu
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v3iNomor 1.4947

Abstract

Komplek Kampus Universitas Sumatera Utara merupakan lokasi yang berkembang dengan pesat. Di dalam komplek tersebut terdapat dua perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Sumatera Utara dan Politeknik Neger Medan. Karena adanya perkembangan tersebut sehingga sarana dan prasarana di dalam kampus juga berkembang, baik itu gedung – gedung perkuliahan, laboratorium, dan fasilitas penunjang lainnya. Hal tersebut menimbulkan permasalahan bagi masyarakat kampus ataupun pengujung mengenai lokasi suatu gedung. Sehingga dibutuhkan suatu pemetaan spasial dengan memanfaatan Sistem Infomasi Geografis. Data dalam penelitian ini berupa koordinat titik -tiktik GCP, data gedung dan jalan, dan data citra SAS Planet. Dari hasil obeservasi diperoleh data gedung sebanyak 10 ATM, 7 gerbang keluar-masuk, 27 lokasi parkir, 7 musholla, 6 masjid, 22 lapangan, 2 kolam, dan 210 gedung. Setelah pengumpulan data kemudian dilakukan pengolahan yaitu digitasi on screen dengan menggunakan model komputer SIG yang terintegrasi dalam perangkat lunak Quantum GIS. Hasil dari penelitain ini berupa peta digital Komplek Kampus Universitas Sumatera Utara yang dapat memberikan informasi kepada mahasiswa, dosen, masyarakat dan para pendatang ditinjau dari lokasi, tempat, dan gedung yang berada di Komplek Universitas Sumatera Utara
KAJIAN PENEMPATAN DINDING GESER PADA BANGUNAN RUSUNAWA BERLANTAI 5 DENGAN VARIASI BEARING WALL Jepta Irfandi Ginting; Meilandy Purwandito; Irwansyah; Muhammad Zacky Ardhyan
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v3iNomor 1.5010

Abstract

Abstrak Energi yang dipancarkan oleh gempa adalah berupa energi gelombang yang dapat menyebabkan deformasi pada stuktur, baik dalam arah vertikal maupun dalam arah horizontal. Penggunaan dinding geser (shear wall) merupakan salah satu syarat agar bangunan tingkat tinggi mampu menahan gaya lateral yang terjadi. Terdapat 3 jenis dinding geser (shear wall) yaitu bearing wall, frame wall, dan core wall.Dalam penelitian ini struktur bangunan menggunakan jenis dinding geser bearing walldengan 5 variasi perletakan dengan analisis menggunakan bantuan program aplikasi SAP2000. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi mana yang paling tepat dari kelima variasi yang telah direncakan, dengan menggunakan ketentuan berdasarkan kontrol dari simpangan antar lantai. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan dari kontrol analisis simpangan antar lantai terhadap dinding geser bearing wall menggunakan program aplikasi SAP2000, variasi dinding geser bearing wall yang paling tepat terdapat pada variasi ke 3 dengan nilai simpangan antar lantai terbesar arah x sebesar 1,64509 mm dan arah y sebesar 0,82238 mm. Simpangan antar lantai dengan nilai terkecil dianggap paling aman dalam menahan gaya lateral seperti beben gempa yang terjadi pada struktur. Kata Kunci: Dinding Geser, Bearing Wall, SAP2000, Simpangan Antar Lantai Abstract The energy emitted by an earthquake is in the form of wave energy that can cause deformation of the structure, both in the vertical direction and in the horizontal direction. The use of shear walls is one of the requirements so that high-rise buildings are able to withstand the lateral forces that occur. There are 3 types of shear walls, namely bearing walls, frame walls, and core walls. In this study, the building structure uses a bearing wall type of shear wall with 5 variations of placement with analysis using the SAP2000 application program. This study aims to determine which variation is the most appropriate of the five variations that have been planned, using the provisions based on the control of the deviation between floors. Based on the results that have been obtained from the control of the analysis of the deviation between floors of the bearing wall shear wall using the SAP2000 application program, the most appropriate variation of the bearing wall shear wall is in the 3rd variation with the largest value of the deviation between floors in the x direction of 1,64509 mm and the y direction of 0.82238 mm. The deviation between floors with the smallest value is considered the safest in resisting lateral forces such as earthquake loads that occur in the structure. Keywords: Shear Wall, Bearing Wall, SAP2000, Interfloor Deviation
IMPLEMENTASI PENYUSUNAN RENCANA INDUK TRANSPORTASI MENUJU SMART CITY DI KOTA BANDA ACEH Heru Pramanda; bunyamin
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v3iNomor 1.5099

Abstract

Kota Banda Aceh merupakan kota dengan luas area 61,36 km2 dengan Populasi 275.000 jiwa dan kepadatan 45 jiwa/ha. Dengan jumlah pergerakan kendaraan 263.000 unit. Rencana Induk Transportasi adalah dokumen perencanaan transportasi dari sebuah kawasan yang mencakup seluruh kebutuhan dan penggunaan ruang untuk seluruh kegiatan penunjang. Di dalam rencana induk transportasi telah mencakup semua fungsi kegiatan dan dilengkapi dengan rencana sistem jaringan sarana serta prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain studi literatur dan dokumentasi, wawancara, serta observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penyusunan rencana induk menuju Smart City di kota Banda Aceh yang telah dijalankan sejak 2021. Digitalisasi sistem menuju smart city meliputi Area Traffic Control System (ATCS), Elektronifikasi Pelabuhan (Smart Port), Blue Smart Card Uji KIR (Smart KIR), Elektronifikasi Terminal (Smart Bus Station), dan Digitalisasi Parkir (Smart Parking). Didapatkan implementasi Program Smart City pada sektor transportasi di Kota Banda Aceh sudah dilaksanakan hingga tahap pembangunan, pelaksanaan dan pengembangan di lapangan. Model program Smart City pada sektor transportasi berbasis teknologi Informasi telah diadopsi dan dilaksanakan paralel agar sinergi antara model tersebut dapat diperoleh, pelaksanaan Smart City secara paralel tersebut juga untuk mendapatkan gambaran secara nyata akan kekurangan yang ada sehingga penyempurnaan secara berkelanjutan dapat dilakukan. Serta menjadi pedoman bagi pemangku kebijakan dalam penyusunan implementasi rencana induk transportasi menuju yang lebih baik lagi.
PENGARUH SUBSTITUSI CANGKANG SAWIT TERHADAP KUAT TEKAN BETON MUTU TINGGI MUHAMMAD ZACKY ARDHYAN; Irwansyah; Defry Basrin
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v3iNomor 1.5478

Abstract

Beton merupakan campuran dari agregat kasar, agregat halus, semen sebagai pengikat zat tambah dan air. Agregat kasar yang dipakai dalam campuran beton bisa berupa batu kerikil alam atau kerikil buatan. pengunaan agregat kasar pada pembuatan campuran beton adalah hal yang harus dilakukan. Bagaimana bila agregat kasar yang digunakan dalam mebuat beton merupakan limbah pembakaran cangkang sawit. Berdasarkan hal tersebut penulis membuat penelitian membuat beton dengan menggunakan limbah cangkang sawi sebagai sbstitusi agregat kasar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui porsentasi optimal penggunaan limbah cangkang sawit pada pembuatan beton, serta mengetahui berapa kuat tekan beton yang dihasilkan. Metode penelitian kali ini adalah eksperimental, pengujian kuat tekan dilakukan di laboratorium struktur Unsyiah. Limbah cangkang sawit yang digunakan merupakan cangkang sawit sisa pembakaran pabrik, yang kemudian di hancurkan menjadi agregat kasar dan disubstitusikan terhadap agregat kasar dengan persentase sebesar 10%. 20%, 30%, 40% dan 50%. Setelah dilakukan perawaan, benda uji diambil untuk di uji kuat tekannya. Uji kuat tekan benda uju dilakukan pada umur benda uji sebesar 7, 28 dan 56 hari. Hasil pengujian didapatkan, substitusi limbah cangkang sawit pada pembuata campuran beton menambah kuat tekannya. Kuat tekan maksimal adalah sebesar 70,25 MPa pada persentase 40% dan umur 56 hari. Kata Kunci: Limbah Cangkang sawit, Kuat Tekan, Beton Mutu Tinggi
A ANALISA PERKIRAAN TINGKAT PELAYANAN SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE SIMULASI (Studi Kasus Simpang Remi Kota Langsa) iqbal_uscnd; Rajib uammar
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v3iNomor 1.5542

Abstract

Kota Langsa mempunyai beberapa simpang bersinyal, salah satu simpang bersinyal yaitu Simpang Remi. Pergerakan kendaraan di simpang ini terutama pada saat jam-jam sibuk tinggi, karena merupakan salah satu akses ke banyak tempat- tempat umum seperti pertokoan, hotel, perkantoran, warung kopi, sekolah, perumahan dan lain- lain. Untuk mendapatkan masalah yang terjadi, perlu diketahui tingkat pelayanan pada simpang Remi khususnya menggunakan simulasi untuk mendapatkan gambaran kondisi simpang saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi tingkat pelayanan berdasarkan metode simulasi dengan menggunakan perangkat simulasi VISSIM 6.02 pada saat ini. Penggunaan simulasi lalu lintas adalah salah satu pendekatan yang paling banyak digunakan untuk mengukur keakuratan dari sebuah simulasi dengan kondisi nyata pada lalu lintas. VISSIM merupakan software simulasi yang digunakan oleh profesional untuk membuat simulasi dari simulasi lalu lintas yang dinamis sebelum membuat perencanaan dalam bentuk nyata. Metode Penelitian ini menggunakan data sekunder berdasarkan penelitian sebelumnya tentang evaluasi kinerja dan tingkat pelayanan pada simpang Remi kota Langsa, Data sekunder yang diambil lain adalah data diperoleh dari instansi terkait seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kota Langsa. perkiraan volume lalu lintas pada tahun 2022 pada Simpang Remi adalah untuk Jalan Sudirman Utara adalah 470,8 smp/jam, Jalan Sudirman Selatan adalah 446,9 smp/jam, Jalan Syiah Kuala Timur adalah 144,5 smp/jam dan Jalan Syiah Kuala Barat adalah 323,9 smp/jam. Perkiraan Tingkat Pelayanan pada Simpang Remi pada kondisi tahun 2022 dengan menggunakan perangkat lunak VISSIM adalah 45,96 det/smp dengan LOS yang dihasilkan adalah E.

Page 1 of 1 | Total Record : 8