cover
Contact Name
Defry Basrin
Contact Email
defrybasrin@unsam.ac.id
Phone
+6285373652007
Journal Mail Official
Jmts@unsam.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Syarief Thayeb , Meyrandeh, Langsa- Aceh
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
JMTSS
Published by Universitas Samudra
ISSN : 27754421     EISSN : 2775443X     DOI : https://doi.org/10.55377/jmtss.v4i1
Core Subject : Engineering,
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra (JMTSS) merupakan jurnal dikelola oleh prodi teknik sipil Universitas Samudra yang mempublikasikan hasil penelitian dalam lingkup teknik sipil baik aspek pengembangan ilmuan ataupun aspek praktisi. jurnal ini memberikan hak akses terbuka bagi para peneliti, dosen, dan profesional lainnya, semua artikel yang dikirim akan dilakukan evaluasi melalui tim redaksi dan reviewer sebelum diterima untuk diterbitkan. JMTSS menerima artikel dari bidang ilmu pengembangan teknik sipil dengan multidisiplin ilmu sebagai berikut: 1. Bahan dan Struktur Bangunan 2. Teknologi Konstruksi 3. Ekonomi dan Manajemen Konstruksi 4. Rekayasa Gempa 5. Teknik Lingkungan 6. Renovasi Bangunan 7. Teknik Geotek 8. Rekayasa Jalan Raya 9. Struktur Hidraulik dan Hidraulik Rekayasa 10. Jalan dan Jembatan 11. Rekayasa Struktural 12. Survei dan Rekayasa Geo-Spasial 13. Teknik Transportasi 14. Rekayasa Terowongan 15. Teknik dan Ekonomi Perkotaan 16. Teknik Sumber Daya Air 17. Drainase Perkotaan
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023)" : 8 Documents clear
ANALISIS KRITERIA GREEN BUILDING PADA GEDUNG PERKULIAHAN PASCASARJANA IAIN LANGSA MHD. SOLEH SINAGA SOLEH
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i1.4786

Abstract

Kondisi alam dan lingkungan telah mengalami banyak perubahan termasuk permasalahan lingkungan, khususnya pemanasan global menjadi isu fenomenal. Salah satunya disebabkan oleh industri konstruksi seperti pembangunan gedung atau efek rumah kaca. Salah satu upaya yang dapat di lakukan untuk menangani kondisi tersebut muncul konsep penerapan green building atau bangunan hijau berkelanjutan yang ramah lingkungan khususnya untuk pembangunan gedung di Indonesia yang semakin pesat dan kebutuhan energi yang semakin meningkat juga. Perguruan Tinggi di Indonesia berlomba-lomba untuk mendapatkan pengakuan kampus hijau. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian tentang evaluasi sudah sejauh mana tingkat green building pada gedung-gedung yang berada di IAIN Langsa agar dapat dikatakan sebagai perguruan tinggi dengan bangunan hijau dan dijadikan sebagai langkah awal program Eco-campus kedepannya. Pemilihan gedung Pascasarjana IAIN Langsa didasari karena gedung ini merupakan salah satu gedung yang digunakan oleh akademisi IAIN Langsa dengan luas bangunan 4.429 m2 yang terdiri dari 3 lantai yang menggunakan energi besar. Hal ini disebabkan oleh tuntutan pelayanan yang baik untuk pengguna gedung, meliputi kenyamanan udara (sistem tata udara), kenyamanan visual (sistem pencahayaan), serta kelengkapan fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kriteria Green Building pada gedung Pascasarjana IAIN Langsa. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan yang peneliti lakukan, Gedung Pascasarjana IAIN Langsa memperoleh total poin sebesar 30 dari poin maksimal 117, sehingga dapat disimpulkan Gedung Pascasarjana IAIN Langsa tidak termasuk kedalam kategori Green menurut Greenship.
Studi Pembangunan Jalan Trobosan Di Desa Cot Pange, Panton Krung Dan Babah Dua Di Kecamatan Darul Hikmah Kabupaten Aceh Jaya Tahun 2022 / 2023 Kurnia Ramadhan
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i1.6726

Abstract

Desa mempunyai wewenang yang penting dalam membentuk sistem pemerintahan termasuk pembangunan jalan, sebagai langkah nyata pemerintah Daerah dalam mendukung pelaksanaan pembangunan jalan sebagai lajur transportasi untuk memudahkan aktivitas masyarakat desa dalam berbagai hal. Melihat efektivitas dalam desa yang ada di Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, pada tanggal 30-31 juli 2022, direncanakan dibangun jalan trobosan yang menghubungkan tiga desa yaitu: Desa Cot Pange, Desa Panton Krung dan Desa Babah Dua yang memiliki panjang 5,75 km dan lebar jalan 4 meter. Berdasarkan survey lapangan yang telah dilakukan pembangunan jalan trobosan tersebut mengeluarkan dana sebesar Rp 1,495,720,000 dari anggaran APBK, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya Ini merupakan wujud kepedulian pemerintah untuk masyarakat pedesaan, agar aktivitas masyarakat lebih mudah dan lancar di berbagai sektor, terutama di sektor pertanian dan dan perkebunan.
ANALISA KETEBALAN PERKERASAN PADA AGGREGAT KELAS B DENGAN KERUCUT PASIR PADA RUAS II KEGIATAN PENINGKATAN KAPASITAS KONTRUKSI JALAN DESA LHOK BUYA-LHOK BOT Revaldi; Irfan; Meidia Refiyanni
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i1.6777

Abstract

Dalam perencanaan program peningkatan jalan desa Lhokbot, untuk memperlancar transportasi di desa lhok buya-lhok bot, maka aktivitas pembangunan jalan perlu di lakukan. Untuk mendukung perencanaan salah satu pekerjaan pembangunan yaitu peningkatan jalan pada desa Lhokbot. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan kepadatan lapangan. dengan menggunakan sand cone. Pada penelitian ini menggunakan metode AASHTO T-191,untuk pengujian sand cone dilakukan di lima titik berbeda yaitu pada titik STA 0+005 ,STA 0+100,STA 0+200,STA 0+300,STA 0+400, kepadatan yang disetujui adalah 106,9% dan kerapatan kering maksimum tanah, atau kerapatan kering, diperoleh melalui pengujian ini, yang setara dengan 2.346 %, nilai Optimum Moisture (OMC) merupakan 6,3%,dan juga kadar air pada pemadatan ini dilakukan dengan alat speedy moisture content rata rata didapatkan dengan nilai sebesar 4.74 %.
ANALISIS KONTRIBUSI ANGGARAN DANA DAERAH KECAMATAN DARUL MAKMUR TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR 2022 Anwar Berutu Anwar
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i1.6953

Abstract

Pembangunan infrastruktur menjadi hal yang paling krusial bagi suatu daerah karenapembangunan sebuah infrastruktur dapat berdampak terhadap peningkatkan pertumbuhan ekonomidi daerah tersebut dengan tersedianya sarana dan perasarana infrastruktur yang baik. Demimencapai tujuan tersebut setiap daerah mendapat anggaran dana yang besar disetiap tahunnya dandana tersebut digunakan untuk pelaksanan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi anggaran dana daerah Kecamatan DarulMakmur dalam pembangunan infrastruktur 2022.Jenis penelitian ini adalah statistika deskriptif.Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi lapangan yaitumelakukan penelitian ke kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA)Kabupaten Nagan Raya. Presentase kontribusi anggaran dana daerah kecamatan Darul Makmurterhadap pembangunan infrastruktur sebesar 37.04% nilai ini didapatkan dari hasil perhitunganyang telah dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kontribusi yang diadopsi dari modelperhitungan Devy Putri Milanda (2018) sehingga dalam hal ini menunjukan kontribusi anggarandana daerah kecamatan Darul Makmur terhadap pembangunan infrastruktur tergolong kurangberkontribusi karena analisis sekala kontribusinya dibawah 50%.
KAJIAN NILAI KEAUSAN AGREGAT PADA MATERIAL QUARRY SUNGAI ALAS SEBAGAI BAHAN LAPISAN PERKERASAN JALAN Wirdatun Nafiah Putri
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i1.7444

Abstract

Kabupaten Aceh Tenggara saat ini banyak melakukan pembangunan dan perbaikan jalan. Untuk mendukung kegiatan tersebut, serta untuk mengangkat potensi daerah, dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup sangat memungkinkan untuk dibuatnya quarry disekitar lokasi pekerjaan yaitu di Desa Kuta Baru I di pinggir Sungai Alas. Untuk membuat perkerasan jalan dengan kualitas baik, material dari daerah ini harus memenuhi persyaratan Spesifikasi Bina Marga 2018 Revisi 2 dan Spesifikasi Umum Jalan Bebas Hambatan dan Jalan Tol 2020. Abrasi (keausan) merupakan salah satu persyaratan dalam kedua spesifikasi tersebut. Jika nilainya memenuhi syarat dengan komposisi yang tepat dan pelaksanaan yang baik maka dapat mendukung tercapainya umur pelayanan yang direncanakan. Pengujian abrasi berhubungan dengan gradasi agregat dan nilai berat jenis. Hasil pengujian menunjukkan berat jenis 2,711 dengan penyerapan air sebesar 0,735% serta nilai keausan sebesar 20,39% pada material agregat yang berasal dari quarry Sungai Alas ini telah memenuhi standar, sehingga dapat digunakan sebagai material perkerasan jalan diantaranya adalah lapis pondasi agregat Kelas A, B, C dan S serta lapis drainase pada perkerasan berbutir dan perkerasan beton semen, lapis permukaan agregat dan lapis pondasi agregat pada perkerasan berbutir jalan tanpa penutup aspal, perkerasan beton semen, agregat penutup burtu dan burda, campuran beraspal panas (AC modifikasi dan SMA), campuran beraspal panas (semua jenis campuran bergradasi lainnya), lapen Macadam dan Asbuton, agregat pada beton dan beton kinerja tinggi serta material lapis pondasi agregat kelas A dan B, lapis drainase, material perkerasan beton semen dan perkerasan beton aspal yang digunakan pada jalan bebas hambatan dan jalan tol.
PENERAPAN K3 (KESELAMAATAN DAN KESEHATAN KERJA) PADA PROYEK PEMBANGUNAN DRAINASE JALAN BONOL DESA AIR DINGIN rita yolanda putri rita; Teuku Farizal
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i1.7563

Abstract

Drainase adalah saluran yang digunakan untuk menyalurkan air dari sebuah permukaan kawasan seperti perumahan, perkotaan atau jalan, sistem saluran ini mempunyai peran penting untuk menghindari terjadinya genangan air dipermukaan. Dalam pengerjaan ini sangat diperlukannya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) karena memiliki peran yang utama untuk menjaga keselamatan pekerja agar dapat melakakun pekerjaan secara maksimal sesuai dengan dokumen kontrak/perjanjian kerja dengan owner. Penelitian ini dilaksanakan pada pekerjaan pembangunan Drainase Jalan Bonol Desa Air Dingin, Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, Metode ini adalah pengumpulan data melalui (observasi) atau pengamatan lansung dilapangan pada Pengerjaan Drainase Jalan Bonol. Dari hasil pengamatan didapatkan banyak pekerja yang tidak mengindahkan tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) antara lain adalah sebagai berikut : merokok pada saat bekerja, tidak menggunakan sepatu boot saat pekerjaan, pengadukan semen tidak menggunakan molen tapi menggunakan cangkul, tidak memakai sarung tangan pada saat pengecoran, tidak memakai helm, dan tidak memakai masker penutup mulut. Sehingga di dapatkan hasil keterlambatan pekerjaan terjadi pada minggu ke 6 sampai minggu ke 11 dengan persentase keterlambatan di bawah 10% , Disebabkan oleh cuaca yang kurang baik (hujan), stok material batu yang tidak ada dan habis sehingga harus menunggu sedangkan pada minggu ke 12 sampai minggu ke 15 terjadi peningkatan progres naik dari progres rencana walaupun masih terjadi keterlambatan pada minggu ke 12 dan 13 akan tetapi sudah tidak terlalu besar dan pada minggu ke 14 sampai 16 sudah tidak terjadi keterlambatan karena di lakukannya penambahan pekerja agar pekerjaan dapat selesai sesuai dengan rencana.
Pengaruh Penggunaan Serat Bambu Terhadap Kuat Tekan Beton Ringan zacky ardhyan
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i1.7585

Abstract

Beton ringan adalah beton dengan berat isi maksimum sebesar 1900 kg per M3 kering udara. Bahan pembentuk beton ringan adalah bahan perekat atau semen Agregat halus dan air. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh kuat tekan beton ringan terhadap substitusi agregat halus dengan serat bambu kering dan basah. Komposisi penggunaan serat bambu kering dan basah pada porsentase 2%, 4%, dan 6%. Pembuatan benda Uji menggunakan bentuk kubus dengan ukuran 15 x 15 x 15 cm. Perencanaan campuran bahan beton ringan menggunakan SNI 03-3449-2002. Jumlah benda uji yang dibuat pada penelitian kali ini berjumlah sebanyak 28 sampel dengan 4 sampel per tiap-tiap prosentasenya. Benda uji diuji kuat tekannya pada umur 28 hari dengan menggunakan alat tekan di laboratorium teknik sipil universitas Samudra Kota Langsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pemakaian serat bambu terhadap pembuatan beton ringan menurunkan kuat tekan beton ringan. kuat tekan beton ringan Mandala Mengalami penurunan sebesar 22,14% Untuk beton ringan dengan substitusi agregat halus serat bambu kering, dan penurunan sebesar 16,35% untuk substitusi agregat halus dengan serat bambu basah.Ketidakmampuan mempertahankan bentuk atau berkerut pada serat bambu menyebabkan terjadinya regangan diantara material pasta semen dan agregat. pada beton ringan
PENERAPAN STANDAR BANGUNAN TAHAN GEMPA DI KABUPATEN NUNUKAN Muhammad Syarif
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Indonesia, gempa bumi pada umumnya menimbulkan korban jiwa manusia, korban harta benda dan tempat tinggal. Gempa tersebut tidak menimbulkan korban manusia secara langsung, namun disebabkan oleh reruntuhan bangunan saat gempa tersebut menimpa orang-orang disekitarnya. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah mitigasi bencana, salah satunya dengan menggalakkan penggunaan konstruksi bangunan tahan gempa yang mengacu pada Standar Nasional Indonesia Bangunan Tahan Gempa SNI 1726:2019. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) bangunan tahan gempa pada perumahan di kawasan Nunukan. Metode kuantitatif, kualitatif dan partisipatif digunakan dalam pemecahan masalah dalam penelitian ini melalui survei/kuesioner, wawancara mendalam, dan sosialisasi kepada warga. Penentuan sampel secara acak dengan syarat responden bertempat tinggal di rumah sederhana berdinding bata/batako dan beratap kayu. Survei/kuesioner dilakukan di tiga Kelurahan di Kabupaten Nunukan yaitu Kelurahan Nunukan Timur, Kelurahan Nunukan Tengah, dan Kelurahan Nunukan Selatan dengan jumlah responden sebanyak 160 orang. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa tabel masing-masing variabel dan hubungan antar variabel serta diagram batang. Tabel tersebut digunakan untuk menggambarkan kondisi tingkat penerapan SNI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 60 persen syarat bangunan tahan gempa yang diterapkan pada tempat tinggal warga di kawasan Nunukan. Kata kunci: Rumah Tahan Gempa, Indonesian National Standard (SNI)

Page 1 of 1 | Total Record : 8