cover
Contact Name
Defry Basrin
Contact Email
defrybasrin@unsam.ac.id
Phone
+6285373652007
Journal Mail Official
Jmts@unsam.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Syarief Thayeb , Meyrandeh, Langsa- Aceh
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
JMTSS
Published by Universitas Samudra
ISSN : 27754421     EISSN : 2775443X     DOI : https://doi.org/10.55377/jmtss.v4i1
Core Subject : Engineering,
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra (JMTSS) merupakan jurnal dikelola oleh prodi teknik sipil Universitas Samudra yang mempublikasikan hasil penelitian dalam lingkup teknik sipil baik aspek pengembangan ilmuan ataupun aspek praktisi. jurnal ini memberikan hak akses terbuka bagi para peneliti, dosen, dan profesional lainnya, semua artikel yang dikirim akan dilakukan evaluasi melalui tim redaksi dan reviewer sebelum diterima untuk diterbitkan. JMTSS menerima artikel dari bidang ilmu pengembangan teknik sipil dengan multidisiplin ilmu sebagai berikut: 1. Bahan dan Struktur Bangunan 2. Teknologi Konstruksi 3. Ekonomi dan Manajemen Konstruksi 4. Rekayasa Gempa 5. Teknik Lingkungan 6. Renovasi Bangunan 7. Teknik Geotek 8. Rekayasa Jalan Raya 9. Struktur Hidraulik dan Hidraulik Rekayasa 10. Jalan dan Jembatan 11. Rekayasa Struktural 12. Survei dan Rekayasa Geo-Spasial 13. Teknik Transportasi 14. Rekayasa Terowongan 15. Teknik dan Ekonomi Perkotaan 16. Teknik Sumber Daya Air 17. Drainase Perkotaan
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2023)" : 8 Documents clear
ANALISIS PERHITUNGAN SISA TULANGAN (WASTE), KEBUTUHAN SERTA BIAYA TULANGAN PADA PROYEK RUMAH SAKIT BUNDA THAMRIN MEDAN Yudis Yudistira Ramadhan
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 2 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i2.4527

Abstract

In the implementation of construction, there is such thing as a residual use of material which is commonly referred to as Waste Construction. Errors in the supervision and calculation of materials can have a major impact on the budget spent on project implementation, one of which is the use of reinforcing iron material. The use of reinforcing iron material is very important to be considered and calculated carefully and precisely so that it has very little material remnants. Therefore, the purpose of this research is to find out the amount of reinforcement needed and the required cost along with the reinforcement waste. The method used in this calculation is the Bar Bending Schedule method with the Microsoft Excel program to calculate reinforcement waste and calculate reinforcement requirements for column, beam and floor slab structure work along with the percentage comparison between reinforcement waste and reinforcement requirements. Based on the results of data processing, the need for reinforcement needed for the work of Foundations, Columns, Beams, Floor Plates and Stairs is 183380.233 kg. A lot of waste reinforcement for the work of Foundations, Columns, Beams, Floor Plates and Stairs as much as 26673.281 kg. The percentage of waste reinforcement for Foundations, Columns, Beams, Floor Plates and Stairs is 12.52% and the total cost required is Rp. 2,887,099,791.84.
Jurnal STUDI KAJIAN PETA SUNGAI KRUENG LANGSA BERBASIS GEOSPASIAL Ronny Andika
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 2 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i2.4558

Abstract

Sungai Krueng Langsa memiliki luas DAS ±16.287,64 Ha, panjang sungai 15.966 m, dengan curah hujan 2300 mm/tahun dan termasuk daerah dengan curah hujan yang relatif tinggi, Kota Langsa merupakan wilayah yang sering mengalami bencana banjir setiap tahunnya. Penelitian ini akan mengkaji pemetaan sungai Krueng Langsa untuk mengetahui belokan atau sudutan sungai serta mengetahui anak sungai dan saluran pembuang pada bagian hulu sampai bagian tengah sungai. Tujuan dari penelitian ini Membuat peta krueng sungai langsa dengan aplikasi Geospasial (GIS) dari sta 0+000 sampai 6962 m. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah menggunakan aplikasi Geospasial (GIS). Penelitian ini terletak di Kota Langsa yang berada di perbatasan Aceh Timur dan Kota Langsa. Fungsi dari penelitian ini untuk mengetahui perubahan bentuk sungai yang terjadi pada tahun 2019. Penelitian ini akan mengaplikasikan GIS (Geographic Information System) dengan acuan akurasi hasil data ukur di lapangan yang memiliki 155 patok atau disebut titik dan memiliki jarak yang tak beraturan antara dari titik satu ke titik berikutnya. Peta sungai ini dapat di manfaatkan untuk perencanaan pengendalian banjir serta penentuan titik-titik untuk pembangunan bangunan pelengkap drainase perkotaan seperti pintu air, pompa air, dan kolam pengumpul.
PENGARUH PENGGANTI SEBAGIAN FILLER SEMEN DENGAN KOMBINASI SEMEN PORTLAND TIPE 1 DAN ABU CANGKANG LOKAN PADA CAMPURAN ASPHALT CONRETE BINDER COURSE (AC-BC) maulizanabila
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 2 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i2.4665

Abstract

Salah satu jenis hotmix yang umumnya dipakai di Indonesia adalah Asphalt Concrete (AC). Asphalt Concrete atau aspal beton itu sendiri terbentuk dari agregat kasar, agregat halus, aspal sebagai bahan perekat dan filler sebagai bahan pengisi. Pada penelitian, kali ini akan dicoba menggunakan kulit kerang jenis lokan sebagai kombinasi filler semen Portland. Apakah nilai karakteristik marshall dalam komposisi 60%:40%, 40%:60%, 100%:0%, dan 0%:100% mendapatkan campuran terbaik terhadap Asphalt Concrete Course (AC-BC). Menguji nilai karakteristik Marshall pada sebagaian filler semen dengan 60% abu cangkang lokan dan 40% semen Portland tipe 1 pada campuran Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) yang terdiri dari stabilitas, Flow, VMA, VIM, VFA dan Marshall Quotient. Cangkang yang melindungi tubuh hewan molluska terbuat dari kalsium karbonat (CaCO3) atau zat kapur, Kapur juga dapat mempengaruhi kinerja campuran beton aspal dengan cara meningkatan ikatan antara aspal dan agregat. Perbandingan Hasil pengujian menunjukan bahwa komposisi filler 0:100 menghasilkan nilai karakteristik Marshall terbaik dengan nilai stabilitas tertinggi sebesar 1346.592 kg rendaman 30 menit dan nilai VIM terkecil sebesar 3.49% rendaman 30 menit. Dimana nilai VIM terkecil mampu mengisi lebih banyak rongga-rongga yang ada sehingga campuran menjadi lebih rapat atau rongga menjadi makin kecil dan makin sedikit.
jurnal Rahmad Junaidi ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM DI KOTA KUALA SIMPANG PADA MASA NEW NORMAL (Studi Kasus Angkutan Umum Kuala Simpang – Pangkalan Brandan) rahmad junaidi
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 2 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i2.4705

Abstract

Angkutan umum adalah salah satu moda transportasi yang menghubungkan kawasan satu dengan kawasan lain dengan sisitem sewa atau berbayar sesuai jarak dan tujuan yang di kehendaki. Pelayanan pada angkutan umum ini sendiri khususnya pada trayek Kota Kuala Simpang – Pangkalan Brandan hanya untuk melayani aktifiktas perpindahan penduduk dengan trayek yang sangat terbatas. Data yang didapat digunakan untuk melihat kinerja angkutan umum itu sendiri dari tiap tingkat pelayanan load faktor, kecepatan rata-rata serta waktu perjalanan, Dari latar belakang diatas didapat rumusan masalah yaitu Bagaimana Pelayanan angkutan umum di Kota Kuala Simpang rute Kuala Simpang-Pangkalan Brandan dan Apakah Hasil telah memenuhi standar yang telah di rekomendasikan World Bank dan Kementrian Perhubungan Darat. Metode yang digunakan yaitu metode deskriftif untuk menggambarkan masalah yangterjadi pada masa sekarang atau sedang berlangsung bertujuan nuntuk medeskripsikan apa-apa yang terjadi. Hasil dari faktor muat tertinggi mencapai 10.15%. Masih tergolong jauh dari nilai faktor muat yang telah direkomedasikan oleh ketetapan kementrian perhubungan darat yaitu 70%. Sedangkan untuk kecepatan 42.5 km/jam dan panjang lintasan mencapai 54 km sudah sesuai dengan Standar pelayanan minimal (SPM) dari peraturan Menteri Perhubungan No.PM.10 tahun 2012 tentang standar minimal angkutan massal berbasis jalan dengan ketentuan yang dinilainya di waktu puncak maksimal 30 km/jam dan waktu non puncak maksimal 50 km/jam. waktu perjalanan sudah sesuai dengan peraturan yang ada dengan waktu tempuh rata-rata 87 menit, standarnya yaitu 60-90 menit.Sedangkan untuk kualitas pelayanan pada angkutan umum dengan hasil tertinggi mencapai 5171 masuk pada kategori kinerja yang baik, dengan rentan jarak 4893 – 5895
Peran bidang jalan dinas PUPR Peran bidang jalan dinas PUPR aceh barat dalam penanganan dan pembangunan jalan dikabupaten aceh barat Rahmad ilham Rahmad ilham
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 2 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i2.7134

Abstract

Penanganan dan Pembangunan jalan di Kabupaten Aceh Barat memerlukan peran pemerintah dalamperencanaan pembangunan jalan yang akan dilakukan dalam daerah, melalui Bidang Program Dinas PUPRKabupaten Aceh Barat. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peranBidang Program Dinas PUPR dalam perencanaan pembangunan jalan di lingkup Kabupaten Aceh Barat.Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggambarkan obyek yang di telitiberupa hasil wawancara pihak terkait di lapangan. Dari hasil penelitian ini di dapatkan bahwa BidangProgarm Dinas PUPR telah melaksanakan perannya dalam pembangunan jalan di lingkup Kabupaten AcehBarat. Melalui beberapa tahapan yaitu mendapatkan usulan dari masyarakat, diteruskan ke instansi-instansiterkait meliputi Kepala Desa, Camat, dan Bupati, lalu ke Dinas PUPR. Melalui evaluasi dan seleksi hasilMusrenbang sehingga diperoleh bahwasanaya dalam kemajuan suatu wilayah pembangunan Infrastruktursangat perlu untuk diperhatikan oleh pemerintah, karena hal ini sangat penting untuk meningkatkan aksesmasyarakat pada pelayanan dasar dan untuk meningkatkan produktivitas serta daya saing, pembangunaninfrastruktur juga berpotensi memberikan konstribusi pada pemulihan ekonomi yang lebih kuat serta sangatpenting untuk mengatasi perubahan iklim terlebih utama yaitu jalan, jalan merupakan akses utama yangharus dilaksanakan oleh sebab itu jalan menjadi prioritas dalam program perencanaan pekerjaan.
EVALUASI PARKIR DIBADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PASAR IKAN KOTA LANGSA wiliyadi
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 2 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i2.8577

Abstract

Pasar langsa merupakan pasar Tradisional di Kota Langsa, kondisi pasar ikan ini, banyak terdapat titik parkir di badan jalan. kinerja jalan Pasar Ikan Kota Langsa akibat on street parking.Transportasi merupakan sarana yang penting dan strategis dalam memperlancar roda perekonomian. Pentingnya transportasi tercermin dari semakin meningkatnya kebutuhan akan jasa angkutan bagi masyarakat serta barang dari dan seluruh pelosok tanah air bahkan dari dalam hingga keluar negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kinerja jalan dengan dan tanpa adanya on street parking, pada Jalan Pasar Ikan Kota Langsa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kinerja jalan dengan dan tanpa adanya on street parking, pada Jalan Pasar Ikan Kota Langsa.Ruas jalan yang menjadi akses Menuju ke pasar salah satunya jalan menuju ke Pasar Ikan juga terdapat Kendaraan yang parkir dipinggir jalan. Pada penelitian ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia, 1997 metode ini bertujuan untuk mengetahui volume lalu lintas,kapasitas jalan,hambatan samping,derajat kejenuhan. Dari hasil penelitian volume lalu lintas terdapat beberapa volume kendaraan pagi 2118 smp/jam,siang sebanyak 1467 smp/jam sore sebanyak 1505 smp/jam. Kapasitas jalan sebesar 4698 smp/jam. Nilai hambatan samping pagi 4884, siang 2775, sore 3101. Dari hasil penelitian didapatkan hasil volume lalu lintas tertinggi pada hari selasa sebesar 5796,4 smp/jam. Kinerja yang didapat pada Pasar Ikan Kota Langsa yaitu untuk Kapasitas Dasar (DS) dengan metode MKJI,1997 adalah 1,03 detik/smp. Dengan didapatnya nilai kapasitas tersebut dari pengambilan data pada Pasar Ikan Kota Langsa belum memenuhi syarat ketentuan dari MKJI,1997.
A EVALUASI PENENTUAN LAMANYA WAKTU SIGNAL PADA TRAFFIC LIGHT BUNDARAN SIMPANG KOMODOR KOTA LANGSA DENGAN MENGGUNKAN METODE WEBSTER Luthfi Ramadhan Supardi
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 2 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i2.8702

Abstract

Abstrak Lampu lalu lintas merupakan rambu rambu yang terpasang di sebuah persimpangan jalan yang berguna untuk mengatur atau mengendlikan arus lalu lintas, di perlukannya pengaturan arus lalu lintas di harapkan suata persimpangan agar dapat mengatur pergerankan kendaraan secara bergantian agar tidak menimbulkan gangguan pada arus kendaraan yang telah ada. Tugas akhir ini akan meneliti persimpangan empat Komodor Kota Langsa. Simpang ini termaksud salah satu persimpangan yang memiliki arus lalu lintas yang memiliki arus lalu lintas lumayan sibuk pada jam-jam tertentu yang di sebebkan oleh banyaknya kendaraan yang melintasi. Maka di perlukannya penelitian tentang evaluasi penentuan lama waktu sinyal. Salah satu nya adalah metode webster. metode Webster menggunakan konsep minimisasi waktu tunda dalam bentuk persamaan waktu siklus optimum untuk menghitung waktu-nyala lampu lalu lintas berdasarkan kepadatan kendaraan dan lebar jalan. Adapun perencanaan yang dilakukan penulis yang meliputi analisa terhadap kapasitas persimpangan, waktu siklus, arus jenuh, sistem fase dan lain-lain meliputi analisa terhadap arus jenuh, waktu hijau efektif, dan waktu siklus. Setelah dilakukan survey terhadap volume lalu lintas, dan geometrik persimpangan selama tiga hari serta menganalisa data dengan menggunakan metode Webster. Dari hasil penelitian di dapatkan bahwa waktu hijau aktual Fase 1(satu) 14 detik, Fase 2(dua) 30 detik, Fase 3(tiga) 9 detik, dan fase 4 (empat) 7 detik. Sedangkan waktu siklus optimum yang ada dengan 4 fase adalah 75 detik. Hal ini di pengaruhi oleh meningkatnya pertumbuhan lalu lintas yang sangat cepat sehingga di perlukan adanya traffic light pada persimpangan komodor. Kata Kunci : Pengaturan Traffic Light, Metode Webster, Waktu Siklus Optimum Abstract Abstrak. Traffic lights are traffic signals installed at an intersection to regulate or control the flow of traffic. The need for traffic flow control is crucial at intersections to ensure the smooth movement of vehicles without causing disruptions to existing traffic. This final project aims to investigate the four intersections in Langsa City. One of these intersections experiences a relatively busy traffic flow during certain hours due to the high volume of vehicles passing through. Therefore, research is needed to evaluate the timing of signal determination. One of the methods used is the Webster method. The Webster method utilizes the concept of minimizing delay time by calculating the optimal cycle time equation to determine the traffic light durations based on vehicle density and road width. The planning conducted by the author includes analyzing intersection capacity, cycle time, saturation flow, phase systems, and others, which involve analyzing saturation flow, effective green time, and cycle time. After conducting a survey on traffic volume and intersection geometry for three days and analyzing the data using the Webster method, the research results indicate that the actual green time for Phase 1 is 14 seconds, Phase 2 is 30 seconds, Phase 3 is 9 seconds, and Phase 4 is 7 seconds. Meanwhile, the optimal cycle time for the four-phase system is 75 seconds. This is influenced by the rapid growth of traffic, necessitating the installation of traffic lights at the Komodor intersections. Keywords : Traffic Light Control, Webster's Method, Optimum Cycle Time.
PERENCANAAN UTILITAS GEDUNG KULIAH BERSAMA UNIVERSITAS SAMUDRA Aminuddin -
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 4 No 2 (2023)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v4i2.9110

Abstract

Utilitas bangunan adalah suatu kelengkapan fasilitas bangunan yang digunakan untuk menunjang tercapainya unsur-unsur kenyamanan, kesehatan, keselamatan, kemudian komunikasi dan mobilitas dalam bangunan. Rencana pembangunan gedung Kuliah Bersama Universitas Samudra diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan bagi Mahasiswa Universitas Samudra untuk meningkatkan cara belajar dan peneitian yang efektif dengan didukung fasilitas yang lebih lengkap. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan utilitas pada gedung Kuliah Bersama Universitas Samudra dan merencanakan konsep utilitas pada gedung Kuliah Bersama Universitas Samudra, ini berupa pencegahan bahaya kebakaran, mekanikal (instalasi udara), pengkondisian udara AC (air condition), dan elektrikal (Instalasi listrik). Dimana perencanaan ini sebagai mengacu pada standar yang berlaku seperti Standar Nasional Indonesia (SNI). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa penanggulangan bahaya kebakaran dengan jumlah kepala Sprinkler 698 buah dengan jenis Fire Sprinkler Head Pendent Tyco Ty-B 57°C, hydrant pilar 3 buah dengan jenis Hydrant Pillar Two Way Firefix, hydrant box 9 bauh dengan jenis Hooseki Fire Hydrant Box Indoor Type B, APAR 100 buah dengan tipe C (APAR Powder 6 Kg Hooseki) dan kebutuhan udara pencegahan bahaya kebakarann ​​sebanyak 2.034,30 m³. Utilitas mekanis (instalasi udara) didapat jumlah penghuni 499 orang dengan kebutuhan air bersih sebanyak 47,904 m 3 /hari, pembuangan udara kotor sebanyak 38,32 m 3 /hari dan pembuangan air hujan sebanyak 18.063,50 liter/menit dengan pipa diameter 4” sebanyak 42 titik. Utilitas pengkondisian udara bahwa kebutuhan AC (air Conditioner) sebanyak 149 Unit yang terdiri dari AC ½ pk = 2 unit, ¾ pk = 5 unit, 1 pk = 44 unit, 1 ½ pk = 72 unit dan 2 pk = 26 unit dengan total daya 155.422 Watt, menggunakan jenis AC Daikin Multi-S Tipe MKC70SVM4. Utilitas listrikal (instalasi listrik) pada Gedung Kuliah Bersama Universitas Samudra bahwa kebutuhan listrik sebesar 244.706 VA menggunakan pengaman MCCB 3 fasa 300 ampere.

Page 1 of 1 | Total Record : 8