cover
Contact Name
Defry Basrin
Contact Email
defrybasrin@unsam.ac.id
Phone
+6285373652007
Journal Mail Official
Jmts@unsam.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Syarief Thayeb , Meyrandeh, Langsa- Aceh
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
JMTSS
Published by Universitas Samudra
ISSN : 27754421     EISSN : 2775443X     DOI : https://doi.org/10.55377/jmtss.v4i1
Core Subject : Engineering,
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra (JMTSS) merupakan jurnal dikelola oleh prodi teknik sipil Universitas Samudra yang mempublikasikan hasil penelitian dalam lingkup teknik sipil baik aspek pengembangan ilmuan ataupun aspek praktisi. jurnal ini memberikan hak akses terbuka bagi para peneliti, dosen, dan profesional lainnya, semua artikel yang dikirim akan dilakukan evaluasi melalui tim redaksi dan reviewer sebelum diterima untuk diterbitkan. JMTSS menerima artikel dari bidang ilmu pengembangan teknik sipil dengan multidisiplin ilmu sebagai berikut: 1. Bahan dan Struktur Bangunan 2. Teknologi Konstruksi 3. Ekonomi dan Manajemen Konstruksi 4. Rekayasa Gempa 5. Teknik Lingkungan 6. Renovasi Bangunan 7. Teknik Geotek 8. Rekayasa Jalan Raya 9. Struktur Hidraulik dan Hidraulik Rekayasa 10. Jalan dan Jembatan 11. Rekayasa Struktural 12. Survei dan Rekayasa Geo-Spasial 13. Teknik Transportasi 14. Rekayasa Terowongan 15. Teknik dan Ekonomi Perkotaan 16. Teknik Sumber Daya Air 17. Drainase Perkotaan
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2024)" : 6 Documents clear
PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON PASCA BAKAR DENGAN VARIASI CAMPURAN LIMBAH KACA Alby Alfana
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 5 No 1 (2024)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmtss.v5i1.4504

Abstract

Bangunan dengan beton lebih tahan terhadap panas dibandingkan dengan rangka baja, karena beton memiiki daya hantar panas yang rendah. Namun dalam kondisi tertentu beton tentu akan rusak. Kaca tidak terurai dalam tanah, sehingga dalam jumlah yang banyak dapat menimbulkan dampak negatif pada lingkungan. Kaca terdiri dari unsur utama yaitu silika (SiO2). Karena memiliki unsur yang sama dengan penyusun semen, kaca dapat dimanfaatkan kembali sebagai agregat campuran beton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kuat tekan beton sebelum dan pasca bakar pada campuran 5%, 8%, dan 10%, serta mengetahui perbandingan kuat tekan beton biasa dan beton dengan campuran limbah kaca. Mutu beton yang direncanakan adalah K-225, dibuat dalam benda uji kubus pada umur 28 hari. Persentasi serbuk kaca yang digunakan 5%, 8%, dan 10%. Dari pengujian benda uji beton pada setiap variasi didapatkan nilai kuat tekan rata-rata 19,07 Mpa untuk beton tanpa campuran serbuk kaca. Beton dengan campuran 5% serbuk kaca nilai kuat tekannya adalah 8,46 Mpa dan 11,74 Mpa untuk pasca bakar. Beton dengan campuran 8% serbuk kaca nilai kuat tekannya adalah 15,08 Mpa dan 13,15 Mpa untuk pasca bakar. Beton dengan campuran 10% serbuk kaca nilai kuat tekannya adalah 17,54 Mpa dan 14,10 Mpa untuk pasca bakar.
ANALISIS DAYA DUKUNG TIANG PANCANG DENGAN METODE ANALITIS PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BRI MEDAN Adeila Fahrila Putri Daulay
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 5 No 1 (2024)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmtss.v5i1.9449

Abstract

Pondasi merupakan bagian dari sistem struktur bawah yang mendukung berat sendiri dan seluruh beban gaya dari struktur di atasnya, kemudian meneruskannya ke lapisan tanah dan batuan di bawahnya. Pada pelaksanaan proyek pembangunan Gedung BRI Medan ini pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang bor. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui daya dukung tiang bor dari hasil standar penetrasi tes (SPT), kemudian membandingkannya dengan hasil pile driving analyzer (PDA) tes, dan juga untuk mengetahui efisiensi kelompok tiang menggunakan metode Converse-Labarre. Dari hasil perhitungan menggunakan metode Meyerhoff diperoleh daya dukung tiang tunggal adalah 395,668 ton, sedangkan dari PDA tes nilainya adalah 354 ton. Diketahui bahwa nilai daya dukung yang diperoleh dari metode Meyerhoff lebih besar 41,667 ton dari hasil PDA tes. Dari hasil perhitungan menggunakan metode Meyerhoff dengan PDA tes terdapat perbedaan daya dukung yang signifikan yaitu sebesar 10%. Dari hasil perhitungan efisiensi kelompok tiang dengan menggunakan metode Converse-Labarre diperoleh nilainya adalah 0,992 yang mana nilai ini mendekati nilai 1. Hal ini dikarena jarak antar tiang pada kelompok tiang yang dilapangan sudah melebihi 2,5D. Daya dukung ijin total kelompok tiang akibat adanya efisiensi adalah 47.117,18 ton. Kata kunci : analisis daya dukung, meyerhoff, converse-labarre
ANALISIS PENURUNAN KONSOLIDASI DEPO KONTAINER DAN PENERAPAN PRE-LOADING DENGAN PREFABRICATED VERTICAL DRAIN Heri Khoeri
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 5 No 1 (2024)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmtss.v5i1.9685

Abstract

Rencana pembuatan depo kontainer pada area urugan di Kawasan Belikat Nusantara Cakung dengan kondisi tanah lunak, potensi terjadinya penurunan konsolidasi merupakan masalah geoteknik umum yang harus dihadapi. Penyiapan lahan secara konvesnsianal tentunya akan memerlukan waktu yang relatif lama. Untuk area yang luas dengan rencana beban 5 tumpuk kontainer atau sekitar 5 ton/m2, aplikasi pre-loading dinilai merupakan pilihan yang paling tepat. Studi ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengurangan waktu konstruksi aplikasi pre-loading dengan menggunakan prefabricated vertical drain (PVD) dibandingkan pre-loading tanpa PVD. Dengan menggunakan analisis konsolidasi 1D dengan bantuan software MIDAS Soil work, diketahui bahwa pengaplikasian PVD dapat mempercepat waktu untuk mencapai 95% derajat konsolidasi dari 700 hari menjadi hanya 90 hari.
ANALISA KINERJA LALU LINTAS AKIBAT PELEBARAN PERSIMPANGAN PADA SIMPANG TAK BERSINYAL sukardi96 Sukardi
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 5 No 1 (2024)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmtss.v5i1.10079

Abstract

Simpang Empat Kuala Langsa merupakan simpang yang berdekatan dengan pusat keramaian dan perkotaan di kota Langsa. Pergerakan kendaraan di SimpangEmpat Kuala Langsa terutama pada saat jam-jam sibuk tinggi, karena merupakan akses utama ke banyak tempat. Simpang ini menghubungkan ke tempat-tempat umum seperti pertokoan, pelabuhan, pasar, rumah sakit, wisata, perumahan dan lain-lain. Salah satu contoh permasalahan konflik lalu lintas yang terjadi selain mengakibatkan resiko terjadinya kecelakaan juga berdampak pada manuver kendaraan saat melalui simpang, sehingga pada jam-jam sibuk lalu lintas yang ramai hingga menyebabkan antrian kendaraan, volume kendaraan yang cukup ramai mengakibatkan kemacetan yang mengganggu aksebilitas kendaraan yang melalui simpang tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja Simpang tak bersinyal pada kondisi saat ini. Data yang dipakai untuk data primernya adalah survey geometrik persimpangan yang ada dilapangan, data valume lalu lintas, serta data kapasitas dasar (DS) yang dilakukan selama 6 jam. Dari hasil survei kemudian dilakukan pembagian jumlah kendaraan dan disajikan dalam bentuk tabel data kendaraan. Metode analisisyang di gunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia1997. Dari hasil analisa didapat volume dari Simpang Empat Kuala Langsa yaitu 8252,6 smp/jam.Kinerja jalan tertinggi pada Jalan Prof A Majid Ibrahim Barat sebesar 2611,5 smp/jam,dan tingkat pelayanan (C) dengan menggunakanmetode Manual Kapasitas Jalan Indonesia1997 atau kapasitas dasar (DS).
FAKTOR PENYEBAB MASALAH INTERFACE PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI UTILITAS DI JALAN KOTA LANGSA Ipak Neneng Mardiah Bukit; Yusri Nadya; Nina Fahriana; Lely Masthura
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 5 No 1 (2024)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55377/jmtss.v5i1.10111

Abstract

Abstrak Di Indonesia infrastruktur utilitas seperti kabel listrik, pipa-pipa air bersih, ataupun infrastruktur komunikasi (fibre optic), ditempatkan disisi kanan dan kiri jalan raya, dan melibatkan banyak pemangku kepentingan (pemerintah daerah dan perusahaan utilitas). Paper ini akan mengidentifikasi permasalahan interface diantara pemangku kepentingan dalam pekerjaan konstruksi utilitas di jalan raya. Ini adalah sebuah penelaahan literatur yang bertujuan untuk memahami dan mengenal interface di antara pemangku kepentingan yang mengakibatkan terjadinya masalah pada saat pelaksanaan konstruksi. Berdasar dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya di Indonesia, yang memperlihatkan 15 masalah interface yang dibagi ke dalam lima aspek berdasarkan kesamaan dari masing-masing masalah. Paper ini bermaksud untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya masalah interface di jalan raya Kota Langsa dengan menjelaskan faktor penyebab masalah interface menggunakan metode deskriptif dan menjabarkannya menggunakan pendekatan multi-perspektif. Hasil penelaahan ini berupa akar penyebab masalah interface yang dapat digunakan oleh otoritas jalan raya dalam melakukan perencanaan pekerjaan sehingga dapat menghindari konflik yang mungkin terjadi di antara pelaksana kegiatan di lapangan.
KETERTIBAN PARKIR DAN HUBUNGAN ANTARA FLUKTUASI PARKIR DENGAN TINGKAT PELAYANAN JALAN (Studi Kasus Jalan Muhammad Jam Banda Aceh) Zulfadhli Zulfadhli
Jurnal Media Teknik Sipil Samudra Vol 5 No 1 (2024)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmtss.v5i1.10195

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana persentase kepatuhan pengguna lapangan parkir dan kecenderungan fluktuasi parkir dan hubungannya dengan Tingkat Pelayanan Jalan. Melalui pengambilan data volume lalu lintas yang diperoleh dilapangan dalam satuan mobil penumpang (smp), kecepatan, jumlah parkir dan load factor parkir, yang dilakukan melalui pengamatan selama satu hari penuh. Dari hasil pengamatan diperoleh nilai fluktuasi parkir tertinggi adalah 98 smp/jam, yang terjadi pada pukul 11.00-12.00 WIB. Fluktuasi volume lalu lintas tertinggi adalah 1164 smp jam dalam tiga lajur, yang terjadi pada pukul 9.00-10.00 WIB. Volume lalu lintas rata-rata 1002 kendaraan/jam, dan kecepatan lalu lintas rata-rata 32,36 km/jam, dengan kepadatan lalu lintas 31 kendaraan/km. Kondisi parkir di kiri dan kanan jalan menggunakan pias selebar 4 meter sehingga pada ruas jalan efektif 12 meter atau tiga lajur diperoleh kapasitas Jalan Muhammad Jam adalah 4787 smp/jam. Daya tampung parkir selama ini tidak mampu menampung kendaraan yang ada, ini ditunjukkan oleh Load factor parkir yang mencapai nilai 1.21 kali kapasitas parkir, dengan persentase ketertiban pengguna lapangan parkir 31.16%, yang menunjukkan penerapan marka parkir sekarang tidak efektif, dans mengakibatkan gangguan lalu lintas yang mengakibatkan Tingkat Pelayanan Jalan Muhammad Jam berada pada Tingkat Pelayanan Jalan D. Sebaiknya di Jl. Mohammad Jam untuk kendaraan mobil penumpang diterapkan sudut parkir 30°, dan dilakukan pembatasan keluar masuk mobil barang/truk, dengan jam operasional diarahkan pada malam hari, yaitu pukul 19.00 sampai dengan 6.00 WIB.

Page 1 of 1 | Total Record : 6