cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agusjunaidi@mediaantartika.id
Phone
+6281318340588
Journal Mail Official
admin@ejournal.mediaantartika.id
Editorial Address
Jl. Amil Wahab No.8, RW.9, Kramat Jati, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510, Indonesia
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Administrasi Antartika
ISSN : -     EISSN : 30629977     DOI : https://doi.org/10.70052/juma
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen dan Administrasi Antartika yang diterbitkan oleh Antartika Media Indonesia menerima artikel penelitian asli dan tinjauan pustaka yang berkaitan dengan berbagai topik dalam bidang manajemen dan administrasi. Cakupan jurnal ini meliputi: Manajemen: Teori dan praktik manajemen, Strategi dan perencanaan bisnis, Kepemimpinan dan pengambilan keputusan, Organisasi dan perilaku organisasi, Pemasaran dan manajemen operasi, Keuangan dan akuntansi, Manajemen sumber daya manusia, Sistem informasi manajemen, Kewirausahaan dan inovasi, Etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan. Administrasi: Administrasi publik dan kebijakan publik, Administrasi bisnis dan organisasi nirlaba, Administrasi pendidikan, Administrasi kesehatan, Administrasi peradilan, Administrasi pariwisata, Administrasi sumber daya alam, Administrasi teknologi informasi, Administrasi pembangunan.
Articles 22 Documents
Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Utang Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Tekstil Haikal Fikri
Jurnal Manajemen dan Administrasi Antartika Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70052/juma.v1i1.353

Abstract

Kebijakan hutang suatu perusahaan adalah keputusan tentang bagaimana mencari sumber pembiayaan untuk operasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kebijakan hutang. Penelitian ini diukur dengan Return On Resources (ROA) dan Firmsize (LN) serta Debt to Equity Ratio (DER). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode statistik kuantitatif. Penelitian ini mempunyai populasi sebanyak 21 perusahaan manufaktur subsektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2021. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, untuk memilih sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan diperoleh 17 perusahaan . Penelitian ini menggunakan SPSS (Statistical Product for and Service Solution) versi 25 untuk analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas mempengaruhi kebijakan hutang sebesar 5,3% yang berarti berpengaruh namun tidak signifikan dan ukuran perusahaan mempengaruhi kebijakan hutang sebesar 3% yang berarti berpengaruh tetapi tidak signifikan. A company's debt policy is a decision about how to find sources of financing for its operations. The purpose of this study is to determine whether the profitability and size of the company affect the debt policy. This research is measured by Return On Resources (ROA) and Firmsize (LN) and Debt to Equity Ratio (DER). This research was conducted using statistical quantitative methods. This study has a population of 21 manufacturing companies in the textile and garment subsector that are listed on the Indonesia Stock Exchange from 2019 to 2021. The sampling in this study used a purposive sampling technique, to select samples based on predetermined criteria and obtained 17 companies. This study uses SPSS (Statistical Product for and Service Solution) version 25 for multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that profitability influences debt policy by 5.3%, which means it has an effect but not significantly and company size influences debt policy by 3% which means it has an effect but not significantly.
Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Subsektor Food and Beverages Suparti Suparti; Peter Rajagukguk
Jurnal Manajemen dan Administrasi Antartika Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70052/juma.v1i1.354

Abstract

Suatu perusahaan dibentuk untuk mencari keuntungan atau laba untuk mewujudkan profitabilitas perusahaan, kemudian melakukan berbagai kegiatan dalam jangka waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama dalam hal penjualan aset perusahaan dan modal saham tertentu. Faktor yang mempengaruhi keuntungan dapat diukur dengan menggunakan rasio aktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada sub sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2021. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif statistik dan data yang digunakan data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi Y = -3.011 – 0,272 X1 + 3,620 X2 secara parsial perputaran kas tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai signifikan 0,243 > 0,05. Sedangkan perputaran persediaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05. Secara simultan perputaran kas dan perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai signifikan 0,007 < 0,05. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel perputaran kas dan variabel perputaran persediaan mempengaruhi variabel profitabilitas sebesar 30,7%, sisanya 69,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. A company is formed to seek profit or profit to realize company profitability, then carry out various activities within a certain period of time to meet the needs of the community, especially in terms of selling company assets and certain share capital. Factors that influence profits can be measured using activity ratios. This study aims to determine the effect of cash turnover and inventory turnover on profitability in the food and beverages sub-sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019 – 2021. This type of research uses statistical quantitative descriptive research and secondary data is used. The method used in this study was multiple linear regression analysis. The results showed that the regression equation Y = -3.011 – 0.272 X1 + 3.620 X2 partially cash turnover did not have a significant effect on profitability with a significant value of 0.243 > 0.05. Meanwhile, partial inventory turnover has a significant effect on profitability with a significant value of 0.002 < 0.05. Simultaneously, cash turnover and inventory turnover have a significant effect on profitability with a significant value of 0.007 < 0.05. The calculation of the coefficient of determination shows that the cash turnover variable and the inventory turnover variable affect the profitability variable by 30.7%, the remaining 69.3% is influenced by other variables that were not studied in this study.
Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Kerja Terhadap inerja Karyawan Pada PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Nur Rochmah Harmeiny
Jurnal Manajemen dan Administrasi Antartika Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70052/juma.v1i1.367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan; 2) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan; 3) pengaruh disiplin dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT.TIKI Jalur Nugraha Ekakurir. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner pada PT.TIKI Jalur Nugraha Ekakurir. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden. Alat analisis yang digunakan adalah deskriptif (data primer). Alat analisis yang digunakan adalah software SPSS versi 25. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai 5,628 > 1,662 dan signifikasi 0,000 < 0,05; 2) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai 3,569 > 1,662 dan signifikasi 0,000 < 0,05; 3) disiplin dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai 34,450 > 3,101dan signifikasi 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji Koefisien Dterminasi (R2) kontribusi disiplin dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 44,2%. The purpose of this research was to determine: 1) the effect of work discipline on the employee performance; 2) the effect of work environment on the employee performance; 3) the effect of work discipline and work environment on the performance of PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir employees. Data were collected using questionnaries at PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. The research sample was 90 respondents. The analytical tool used is descriptive (primary data). The analysis tool used is SPSS software version 25. The results showed that: 1) Work discipline has a positive and significant effect on employee performance with a value of 5,628> 1,662 and a significance of 0.000 < 0.05; 2) the work environment has a positive and significant effect on employee performance with a value of 3,569> 1,662 and a significance of 0.000 < 0.05; 3) work discipline and work environment have a positive and significant effect on employee performance with a value of 34,450> 3,101 and a significance of 0.000 < 0.05. Based on the Coefficient of Determination (R2) test, the contribution of discipline and work environment to employee performance is 44.2%.
Analisis Pengaruh Uang Muka Pembelian Terhadap Realisasi Pembelian Pada PT Distributor Gadget Indonesia Widya Eka Syafitri; Hasanudin Hasanudin
Jurnal Manajemen dan Administrasi Antartika Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70052/juma.v1i1.371

Abstract

PT Distributor Gadget Indonesia adalah perusahaan distributor yang bergerak dibidang penyediaan produk handphone, laptop, dan gadget. Salah satu sistem pembelian barang dagangnya ialah pembelian online di toko-toko resmi yang terdapat di marketplace. Realisasi pembelian atas uang muka pembelian pada sistem ini, sering mengalami pengembalian dana karena pesanan yang tidak sesuai. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh uang muka pembelian terhadap realisasi pembelian pada PT Distributor Gadget Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive dengan total sampel 165 transaksi pesanan yang mengalami pengembalian dana. Data diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS yaitu dengan menganalisis data deskriptif, uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, analisis regresi sederhana, dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas dari penelitian ini memiliki nilai signifikan 0,057 > 0,050 dan grafik normalitasnya memiliki titik-titik ploting yang terus menerus mengikuti dan mendekati garis diagonalnya. Hasil analisis regresi sederhana dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh antara uang muka pembelian terhadap realisasi pembelian dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan berpengaruh kuat sebesar 14,4%. Hasil uji T hitung 5,247 > T tabel 1,974 dan hasil uji F hitung 27,527 > F tabel 3,90 yang memiliki arti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang memperkuat hasil bahwa uang muka pembelian berpengaruh terhadap realisasi pembelian pada PT Distributor Gadget Indonesia. PT Distributor Gadget Indonesia is a distributor company engaged in the supply of mobile phones, laptops and gadgets. One of the systems for purchasing merchandise is online purchases at official stores in the marketplace. Realization of purchases on purchase advances on this system, often experience refunds due to orders that are not appropriate. Therefore, this study aims to determine the effect of purchase advances on the realization of purchases at PT Distributor Gadget Indonesia. The sampling technique used was purposive sampling, with a total sample of 165 order transactions that experienced refunds. The data that has been obtained is processed using the SPSS application which consists of descriptive data analysis, normality test, autocorrelation test, heteroscedasticity test, simple regression analysis, and hypothesis testing. The results of the normality test from this study have a significant value of 0.057 > 0.050 and the normality graph has plot points that always follow and approach the diagonal line. The results of simple regression analysis from this study note that there is an influence between purchase advances on actual purchases with a significant value of 0.000 < 0.05 and a strong effect of 14.4%. The results of the T test count 5.247 > T table 1.974 and the results of the F test count 27.527 > F table 3.90 which means that H0 is rejected and H1 is accepted which strengthens the result that purchase advances affect the realization of purchases at PT Distributor Gadget Indonesia.
Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan Pada Kantor UPPPD Koja Milda Milda; Arif Rahman
Jurnal Manajemen dan Administrasi Antartika Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70052/juma.v1i1.372

Abstract

PBB-P2 merupakan jenis pajak yang didasarkan pada karateristik benda yang berarti jumlah pajak yang harus dibayar ditentukan oleh nilai objeknya yaitu bumi dan bangunan. PBB-P2 akan disetorkan wajib pajak di setiap Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah (UPPPD) sesuai dengan dimana bumi bangunan tersebut berada. Penelitian ini dilakukan di kantor Unit Pelayanan Pemungutan Pajak daerah Koja Jakarta Utara dengan tujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan pada UPPPD Koja. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi laporan penerimaan PBB-P2 dengan periode 2018-2022. Analisis data menggunakan analisis Deskriptif Kualitatif berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat efektivitas penerimaan PBB-P2 pada Kantor Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Koja menujukkan hasil efektif dengan rata-rata 96,33%, tetapi dilihat dari hasil realisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan daerah Koja tahun 2020 sampai 2022 belum bisa mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah. Adapun faktor yang menyebabkan belum tercapainya realisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan yaitu kurang sadarnya masyarakat membayar pajak tepat waktu serta adanya faktor ekonomi yang menyebabkan susahnya masyarakat membayar pajak bumi dan bangunan dan diharapkan kesadaran masyarakat agar mau membayar Pajak bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan sehingga pendapatan asli daerah (PAD) Daerah Koja Kota Jakarta Utara bisa meningkat. PBB-P2 is a type of tax based on the characteristics of objects which means that the amount of tax to be paid is determined by the value of the object, namely land and buildings. PBB-P2 will be deposited by taxpayers in each regional tax collection service unit (UPPPD) according to where the building land is located. This research was conducted at the Koja Regional Tax Collection Service Unit office, North Jakarta with the aim of determining the level of effectiveness of Rural and Urban Land and Building Tax revenue at UPPPD Koja. This study used secondary data obtained from the documentation of the PBB-P2 acceptance report with the period 2018-2022. Data analysis uses Qualitative Descriptive analysis in the form of observation, interview and documentation methods. This study used secondary data obtained from the documentation of the PBB-P2 acceptance report with the period 2018-2022. Data analysis uses Qualitative Descriptive analysis in the form of observation, interview and documentation methods. The results showed that the effectiveness of PBB-P2 revenue at the Koja Regional Tax Collection Service Unit Office showed effective results with an average of 96.33%, but judging from the realization of Koja regional land and building tax revenues from 2020 to 2022, it has not been able to achieve the target set by the local government. The factors that cause the realization of land and building tax revenue have not been achieved, namely the lack of awareness of the community paying taxes on time and the existence of economic factors that cause difficulty for people to pay land and building taxes and it is hoped that public awareness will want to pay Rural and Urban Land and Building Tax so that local original income (PAD) of the Koja Area of North Jakarta City can increase.
Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur Nadia Yunita; Eulin Karlina
Jurnal Manajemen dan Administrasi Antartika Vol. 1 No. 2 (2024): April 2024
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70052/juma.v1i2.397

Abstract

Perusahaan yang telah terdaftar di pasar modal diwajibkan untuk melaporkan laporan tahunan serta audit independen kepada Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM). Penundaan pengungkapan pelaporan keuangan secara tidak langsung dapat memunculkan reaksi negatif dari para pelaku pasar modal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap audit delay. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan auditor independen perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah emiten sektor infrastruktur yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 69 data dan diolah menggunakan SPSS 25. Metode analisis data penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, teknik asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi (, uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap audit delay dengan nilai signifikan 0,603. Solvabilitas berpengaruh negatif terhadap audit delay dengan nilai signifikan 0,000. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap audit delay dengan nilai signifikan 0,244. Profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap audit delay dengan nilai signifikan 0,001.   Companies that have been registered in the capital market are required to report annual reports and independent audits to the Capital Market Supervisory Agency (BAPEPAM). Delays in disclosing financial reporting can indirectly lead to negative reactions from capital market participants. Therefore, this study aims to determine the effect of profitability, solvency, and company size on audit delay. The data in this study uses secondary data in the form of financial reports and company independent auditor reports. The population in this study are infrastructure sector issuers listed on the IDX in 2019-2021. The sampling technique used was purposive sampling, so that the sample obtained was 69 data and processed using SPSS 25. This research data analysis method uses quantitative methods with descriptive statistical analysis, classical assumption techniques, multiple linear regression analysis, coefficient of determination (R^2), t test and f test. The results of this study indicate that profitability has no effect on audit delay with a significant value of 0.603. Solvency has a negative effect on audit delay with a significant value of 0.000. Company size has no effect on audit delay with a significant value of 0.244. Profitability, solvency, and company size simultaneously affect audit delay with a significant value of 0.001.  
Analisis Pembelian Barang Dagang Serta Pengadaan Barang Pada CV Kemenangan Jaya Trading Egi Utami; Niken Herawati
Jurnal Manajemen dan Administrasi Antartika Vol. 1 No. 2 (2024): April 2024
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70052/juma.v1i2.407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dalam pembelian dan pengadaan barang. Pembelian barang merupakan kegiatan membeli barang dagang dari pihak lain baik toko, maupun instansi lainnya yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan untuk memperoleh suatu barang. Sistem pembelian barang disuatu instansi perusahaan dagang sangat penting. Dimana setiap instansi perusahaan dagang memerlukan kebutuhan berbagai macam barang dagang untuk menjalankan kegiatan penjualan. Sebelum melaksanakan pembelian barang memerlukan beberapa langkah persiapan khusus pengadaan barang yaitu seperti form request permintaan barang dagang yang dibuat sebagai langkah awal dalam melakukan pengadaan barang kemudian dilanjutkan dengan tahapan pembelian barang dagang sesuai permintaan barang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik penelitian yang diambil menggunakan kuantitatif non statistik dengan menggunakan sampel jenuh (Purposive Sampling), yang berkaitan dengan pengolahan data secara mendalam dengan data dari hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi tentang pembelian barang dagang serta pengadaan barang dagang pada perusahaan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh tentang penelitian pembelian barang dagang di CV Kemenangan Jaya Trading, Jakarta. Pengelolaan Persediaan Barang merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan penjualan pada CV Kemenangan Jaya Trading Jakarta karena tanpa dikelola dengan baik maka perusahaan tidak mengetahui kapan akan memesan dan mengeluarkan barang sehingga dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan. This study aims to determine the stages in the purchase and procurement of goods. Purchasing goods is an activity of buying merchandise from other parties, both shops and other agencies, the process of which starts from planning the need to obtain an item. The system of purchasing goods in a trading company agency is very important. Where each trading company agency requires the needs of various kinds of merchandise to carry out sales activities. Before carrying out the purchase of goods requires several steps of special preparation for the procurement of goods, such as a request form for a request for merchandise which is made as the first step in procuring goods and then proceed with the stages of purchasing merchandise according to the request for goods. This study uses a qualitative research approach. The research technique used is quantitative non-statistical using a saturated sample (Purposive Sampling), which deals with in-depth data processing with data from observations, interviews, and documentation regarding the purchase of merchandise and the procurement of merchandise at the company to obtain an overall picture of research on purchasing merchandise at CV Kemenangan Jaya Trading, Jakarta. Goods Inventory Management is one of the factors that play a role in increasing sales at CV Victory Jaya Trading Jakarta because without good management the company does not know when to order and issue goods so that it can cause losses to the company.
Analisis Pajak Restoran dan Pajak Hotel Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Raida Hanifi Shidqiya; Layaman Layaman; Didi Sukardi
Jurnal Manajemen dan Administrasi Antartika Vol. 1 No. 2 (2024): April 2024
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70052/juma.v1i2.419

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Efektivitas dan Kontribusi pajak restoran dan pajak hotek terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) di kota Cirebon tahun 2018 sampai tahun 2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dari laporan realisasi pendapatan daerah kota Cirebon. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Cara menganalisis data untuk mengetahui tingkat efektivitas dengan cara membandingkan nilai realisasi pajak restoran dan pajak hotel dengan target pajak restoran dan hotel yang telah ditetapkan pemerintah daerah kota Cirebon. Dan untuk mengetahui cara menganalisis kontribusi pajak restoran dan pajak hotel dengan membandingkan nilai realisasi pajak restoran dan pajak hotel dengan realisasi pendapatan asli daerah (PAD) kota Cirebon.hasil penelitian tingkat efektivitas pajak Restoran terhadap peningkatan pendapatan asli daerah di kota Cirebon selama periode 2018-2022 memiliki presentase keseluruhan sebesar 95,7% sehingga dapat dikatakan efektif . Efektivitas pajak hotel terhadap peningkatan pendapatan asli daerah di kota cirebon selama periode 2018-2022 memiliki presentase keseluruhannya sebesar 91,51% sehingga dapat dikatakan efektif Sedangkan kontribusi pajak restoran terhadap peningkatan pendapatan asli daerah di kota Cirebon selama periode 2018-2022 memiliki presentase secara keseluruhan sebesar 10,74% sehingga dikatakan kurang berkontribusi, Kontribusi pajak hotel terhadap peningkatan pendapatan asli daerah di kota Cirebon selama periode 2018-2022 memiliki presentase secara keseluruhan 3,41% sehingga dapat dikatakan sangat kurang berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah.   The purpose of this study was to determine the effectiveness and contribution of restaurant tax and hotek tax to increasing local revenue (PAD) in the city of Cirebon from 2018 to 2022. This research is a quantitative study using secondary data from the realization report of Cirebon city regional revenue. The data analysis technique used is descriptive analysis. How to analyze data to determine the level of effectiveness by comparing the realization value of restaurant tax and hotel tax with the restaurant and hotel tax target set by the Cirebon city government. And to find out how to analyze the contribution of restaurant tax and hotel tax by comparing the realization value of restaurant tax and hotel tax with the realization of local revenue (PAD) of the city of Cirebon.The results of the research on the effectiveness of the restaurant tax on increasing local revenue in the city of Cirebon during the period 2018-2022 have an overall percentage of 95.7% so that it can be said to be effective. The effectiveness of hotel tax on increasing local revenue in the city of Cirebon during the 2018-2022 period has an overall percentage of 91.51% so that it can be said to be effective While the contribution of restaurant tax to increasing local revenue in the city of Cirebon during the 2018-2022 period has an overall percentage of 10.74% so it is said to contribute less, The contribution of hotel tax to increasing local revenue in the city of Cirebon during the 2018-2022 period has an overall percentage of 3.41% so it can be said to contribute very little to increasing local revenue.
Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Amaliyah Yulianti; Fajri Ariandi
Jurnal Manajemen dan Administrasi Antartika Vol. 1 No. 2 (2024): April 2024
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70052/juma.v1i2.421

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia SubSektor Makanan dan Minuman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif statistik. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan website Perusahaan. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh ukurn sampel sebanyak 14 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa variabel ukuran Perusahaan dan leverage tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.   This study aims to determine the effect of size firm, leverage and profitability on company value in companies listed on the Indonesian Stock Exchange in the Food and Beverages sub-sector. This research is a type of statistical quantitative research. The type of data used is secondary data obtained from www.idx.co.id and the company’s website. The sample for this study was determined using the purposive sampling method and obtained a sample size of 14 company listed on the Indonesia Stock Exchange for the perioed 2018-2022. The data analysis method use this study is multiple linear regression analysis. Statistical test result show that firm size and leverage don’t have a significant effect on firm value, while profitability has a significant effect on firm value.
Pengaruh Tunjangan Kinerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pusat LPP RRI Jakarta Febriafni Nur Fatma
Jurnal Manajemen dan Administrasi Antartika Vol. 1 No. 2 (2024): April 2024
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70052/juma.v1i2.422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh tunjangan kinerja terhadap kinerja pegawai LPP RRI, Jakarta. 2) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai kantor pusat LPP RRI, Jakarta. 3) Pengaruh tunjangan dan disiplin kerja secara simultan terhadap kinerja pegawai kantor pusat LPP RRI, Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah responden 100 pegawai kantor pusat LPP RRI, Jakarta. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menyatakan: 1) secara parsial tunjangan kinerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada kantor pusat LPP RRI, Jakarta. 2) secara parsial disiplin kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada kantor pusat LPP RRI, Jakarta. 3) tunjangan kinerja dan disiplin kerja secara simultan terhadap kinerja pegawai LPP RRI, Jakarta, Ho ditolak dapat disimpulkan tunjangan kinerja dan disiplin kerja secara bersamaan memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada kantor pusat LPP RRI, Jakarta. This study aims to determine 1) the effect of performance allowances on the performance of LPP RRI employees, Jakarta. 2) the influence of work discipline on the performance of employees of LPP RRI head office, Jakarta. 3) The effect of simultaneous performance allowance and work discipline on the performance of LPP RI employees, Jakarta. The method used in this study is a quantitative method with a total of 100 respondents employees of LPP RRI head office, Jakarta. The results of the hypothesis test in this study state: 1) partially performance allowances have a significant influence on employee performance at the head office of LPP RRI, Jakarta. 2) partially work discipline has a significant influence on employee performance at the head office of LPP RRI, Jakarta. 3) Performance allowance and work discipline simultaneously on the performance of employees of LPP RRI, Jakarta, Ho rejected It can be concluded that performance allowances and work discipline simultaneously have a significant influence on employee performance at the head office of LPP RRI, Jakarta.

Page 1 of 3 | Total Record : 22