cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Biologi Edukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
ISSN : 20856725     EISSN : 25021532     DOI : -
Jurnal Biologi Edukasi (J.BioEd) contains the results of biology and biology education research from many educational institutions in Indonesia. It published twice a year in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi" : 8 Documents clear
MODEL KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN Muhammad Yassir; M. Ali Sarong; Cut Nurmaliah
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.746 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan melalui penerapan model kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan desain Pretest-Post-test Control Group. Sampel yang digunakan adalah kelompok eksperimen kelas VII-3 dan kelompok kontrol kelas  VII-4. Populasi adalah siswa MTsN Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan pretes dan postes dan dianalasisi dengan analisis data gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas experimen adalah kategori rendah 30% dan sedang 70 %, sedangkan pada pembelajaran konvensional adalah kategori  rendah 57%, sedang 42%. Kesimpulan penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK PADA PERKULIAHAN ANATOMI TUMBUHAN Siska Murti; Muhibbuddin Muhibbuddin; Cut Nurmaliah
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.444 KB)

Abstract

Pembelajaran berbasis praktikum merupakan metode yang dapat membantu mahasiswa menemukan fakta dari teori yang dipelajarinya pada perkuliahan anatomi tumbuhan, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan kognitif dan psikomotorik yang handal dalam membedakan struktur bagian dalam tumbuhan melalui pengamatan dengan mikroskop. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Juni sampai dengan September 2013 di STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dan psikomotorik mahasiswa, kemampuan dosen membimbing dan melaksanakan pembelajaran, tanggapan mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis praktikum pada perkuliahan anatomi tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian kontrol grup pretes dan postes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan kognitif, lembar observasi mahasiswa dan dosen serta angket. Data kemampuan kognitif dianalisis dengan menggunakan  uji t. Data peningkatan kemampuan psikomotorik, kemampuan dosen dan tanggapan mahasiswa dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil uji statistik untuk kemampuan kognitif menunjukkan nilai t-hitung 6,2, maka t-hitung dari t-tabel 1,6. Kemampuan psikimotorik mahasiswa kelas eksperimen sebelum pembelajaran adalah 3,3% dan setelah pembelajaran 53,3%. Kemampuan dosen dalam membimbing dan melaksanakan kegiatan praktikum adalah 100%. Penerapan pembelajaran memperoleh tanggapan yaitu 58% mahasiswa sangat setuju dengan pembelajaran berbasis praktikum. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis praktikum dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan psikomotorik mahasiswa, kemampuan dosen dalam membimbing dan melaksanakan kegiatan praktikum sangat baik. Penerapan pembelajaran berbasis praktikum pada perkuliahan anatomi tumbuhan mendapat tanggapan positif.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI-IPA2 PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMA NEGERI 1 SIGLI Rosdiani Rosdiani
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.742 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT  terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPA2 pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri I Sigli. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas  dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sigli kabupaten Pidie pada bulan Februari- Mei Tahun 2014. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah “deskriptif development”.  Subyek  penelitian adalah  siswa SMA Negeri I Sigli kelas XI- IPA6 semester II Tahun 2013/2014 berjumlah 30 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan berupa butir-butir soal, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara tes hasil belajar dengan perlakuan dua siklus. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem respirasi kelas X1-IPA2 SMA Negeri I Sigli melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Peningkatan hasil belajar siswa dari skor dasar ke siklus 1 dan siklus II juga mengalami perubahan. Rata-rata hasil belajar meningkat dari 54 menjadi 70,50 dan 82,66. Jumlah siswa yang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) bertambah dari 3 siswa (10%) menjadi 19 siswa (63,33%) dan 26 siswa (90%). Pencapaian hasil belajar secara klasikal sudah melampaui 85% pada siklus ke II. Kondisi ini menunjukkan hasil belajar siswa telah berkategori tinggi. Pencapaian hasil belajar secara klasikal sudah melampaui 85% pada siklus ke II
PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI METABOLISME Nazar Muhammad; Djufri Djufri; Muhibbuddin Muhibbuddin
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.456 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang  penerapan model concept attainment terhadap hasil belajar   siswa pada materi metabolisme. Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui  pengaruh penerapan model concept attainment terhadap peningkatan pemahaman konsep, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi metabolisme. Penelitian ini dilakukan sejak bulan September sampai dengan November 2013. Metode yang digunakan adalah metode ekperimen dengan desain  pretest postest control group design. Instrumen yang  digunakan adalah Rencana Program pembelajaran (RPP), soal pemahaman konsep, soal keterampilan proses`sains, soal kemampuan berpikir kritis, pedoman observasi, dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Data peningkatan hasil belajar berupa gain ternormalisasi (N-Gain). Perbedaan rata-rata N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan independent sample t-test. Hasil penilitian ini  menunjukkan bahwa penerapan model concept attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan proses sains, dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi metabolisme
POTENSI LIMBAH AIR CUCIAN BERAS SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR PADA PERTUMBUHAN PAKCHOY (Brassica rapa L.) Wardiah Wardiah; Linda Linda; Hafnati Rahmatan
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.686 KB)

Abstract

Limbah air cucian beras mengandung senyawa organik yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber hara. Pengaruh limbah air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman pakchoy belum diketahui. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh air cucian beras dan dosis yang tepat air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman pakchoy. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dan jenis penelitian adalah eksperimen. Rancangan penelitian adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial, dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Dosis perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu P0 (kontrol/0% air cucian beras), P1 (25% air cucian beras), P2 (50% air cucian beras), P3 (75% air cucian beras), dan P4 (100% air cucian beras). Air cusian beras yang digunakan adalah air cucian beras yang pertama. Parameter yang diukur yaitu tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), dan berat kering (gram). Data dianalisis menggunakan Analisis Of Varians (ANOVA), sedangkan uji lanjut berdasarkan nilai KK yang diperoleh. Hasil penelitan diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari berbagai konsentrasi air cucian beras terhadap  tinggi tanaman pakchoy pada umur 10 dan 20 HST) dan berat kering, namun tidak pada jumlah daun. Dosis yang paling baik bagi pertumbuhan tanaman pakchoy adalah 100% air cucian beras  untuk semua parameter, sehingga dapat disimpulkan bahwa air cucian beras berpotensi sebagai pengganti pupuk kimia untuk meningkatkan pertumbuhan pakchoy
HUBUNGAN PERSEPSI GURU DENGAN TINDAKAN SISWA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMPN 2 INDRAJAYA M. Jakfar; Abdullah Abdullah; M. Ali Sarong
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.803 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi guru dengan tindakan siswa dalam pengelolaan lingkungan hidup di SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie, dilakukan pada bulan Maret - April 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS pada SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie yang berjumlah 41 orang dan seluruh siswa kelas VIII dan IX yang berjumlah 416 orang, sampel untuk siswa dalam penelitian ini diambil 10% yaitu 41 orang siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner (angket) dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan korelasi parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru (x) mempunyai hubungan yang positif dengan tindakan siswa (y) dengan koefisien korelasinya (r) = 0,3378 dan thitung = 2,241 ttabel = 1,686 pada taraf signifikansi α = 0,05.  Kesimpulan adalah bahwa persepsi guru terdapat hubungan positif dengan tindakan siswa dalam pengelolaan lingkungan hidup di SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie. Dengan demikian perlu perhatian untuk meningkatkan persepsi guru dalam pengelolaan lingkungan hidup dan perlu didukung oleh adanya sarana dan prasarana yang lebih baik dan lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar dan khususnya dengan hal yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan sekolah
GENERALISASI VALIDITAS DALAM PENELITIAN KUANTITATIF Andi Ulfa Tenri Pada
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan utama dari penelitian generalisasi validitas adalah untuk mengestimasi mean dan variansi validitas sesungguhnya dari suatu tes seleksi. Prinsip dasar dari model generalisasi validitas adalah pemartisian variansi, yaitu identifikasi dan pemilahan terhadap variansi dari validitas teramati yang bertanggung jawab terhadap error sistematik yang berhubungan dengan artifak statistik dan error dari random sampling. Model dasar untuk generalisasi validitas didasarkan pada suatu struktur persamaan untuk koefisien korelasi teramati antara prediktor X dan kriteria Y, dimana R adalah korelasi teramati, ρ’ adalah korelasi populasi yang dibatasi, dan e adalah peluang error yang berhubungan dengan sampling
UJI ANTIMIKROBA EKSTRAK BUAH SALAK (Salacca edulis) TERHADAP BAKTERI Escherichia coli Cut Intan Evtia Nurina; Samingan Samingan; Iswadi Iswadi
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.32 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi ekstrak buah salak terhadap pertumbuhan bakteri E. coli. Isolat bakteri E. coli yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Buah salak (Salacca edulis) varietas salak pondoh super yang berusia tiga bulan setelah perbungaan diperoleh dari perkebunan salak di Sabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen laboratorium jenis kuantitatif menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang dibagi dalam 7 kelompok, yaitu 5 kelompok perlakuan (ekstrak etanol buah salak terhadap bakteri E. coli) dan 2 kelompok kontrol yaitu menggunakan aquades (kontrol negatif) dan streptomisin (kontrol positif). Analisis data dilakukan menggunakan ANOVA (analyses of variance) kemudian dilanjutkan dengan uji Jarak Nyata Terdekat Duncan (JNTD) pada taraf kepercayaan 0,05%, dan terdapat perbedaan yang nyata antar perlakuan. Hasil uji antimikroba menunjukkan ekstrak buah salak mampu menghambat pertumbuhan bakteri E. coli. Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak buah salak mengandung berbagai senyawa aktif seperti tanin, flavonoid, dan alkaloid. Zona hambat tertinggi diperoleh pada konsentrasi 100%, yaitu rata-rata diameter 18,783 mm. Tetapi zona hambat yang terbentuk pada kontrol positif lebih lebar, yaitu rata-rata diameter 31,367 mm

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 1 (2023): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 14, No 1 (2022): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 13, No 2 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 12, No 2 (2020): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 12, No 1 (2020): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 11, No 2 (2019): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 10, No 2 (2018): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2017): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2015): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 2 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2013): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2013): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 4, No 2 (2012): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 4, No 1 (2012): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 3, No 2 (2011): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 3, No 1 (2011): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 2, No 3 (2010): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 2, No 2 (2010): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 2, No 1 (2010): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 1, No 2 (2009): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 1, No 1 (2009): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi More Issue