cover
Contact Name
Roni Herdianto
Contact Email
roni.herdianto@um.ac.id
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
tekno.journal@um.ac.id
Editorial Address
Gedung G.4, Lantai 1 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
ISSN : -     EISSN : 26864657     DOI : 10.17977
Core Subject : Engineering,
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are welcome
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 28, No 2 (2018)" : 9 Documents clear
Metode term frequency - invers document frequency pada mekanisme pencarian judul skripsi Meiga Ayu Ariyanti; Aji Prasetya Wibawa; Utomo Pujianto
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.176 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i2p177-190

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) merancang dan membangun mekanisme pencarian dengan metode TF-IDF sebagai salah satu fitur yang ada pada SISINTA, (2) menguji akurasi, presisi, dan sensitifitas metode TF-IDF, dan (3) menguji fungsionalitas mekanisme pencarian dengan metode TF-IDF.  Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa fitur mekanisme pencarian judul skripsi dengan metode term frequency dan invers document frequency (TF-IDF). Fitur tersebut dapat menampilkan hasil pencarian judul skripsi yang relevan sesuai dengan kata kunci pencarian oleh pengguna. Berdasarkan hasil pengujian white-box yang dilakukan dengan pengujian akurasi, presisi dan sensitifitas didapatkan persentase yang sama yaitu sebesar 92%. Hasil tersebut termasuk kategori sempurna. Hasil uji coba kepada pengguna yang merupakan pengujian black-box menghasilkan keberhasilan fungsionalitas sebesar 100%. Berdasarkan hasil rata-rata pengujian white-box dan black-box diperoleh persentase sebesar 96%, sehingga dapat disimpulkan metode TF-IDF dalam mekanisme pencarian judul skripsi SISINTA ini sangat valid dan sangat layak untuk digunakan. 
Evaluasi penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus dalam membantu menyalurkan lulusan ke industri di Smk Negeri 1 Udanawu Kabupaten Blitar Agro Lukman Putra; Wahyu Sakti Gunawan Irianto; Dila Umnia Soraya
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.03 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i2p130-141

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penyelenggaraan BKK di SMK Negeri 1 Udanawu ditinjau dari segi Context, Input, Proses, Product (CIPP). Salah satu tolak ukur keberhasilan SMK adalah seberapa besar lulusannya dapat terserap ke industri. SMK belum bisa dikatakan berhasil jika hanya mengantarkan siswanya mendapatkan ijazah, akan tetapi harus ada tindak lanjut setelah lulus yaitu dengan menjembatani lulusan untuk mendapatkan pekerjaan melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah membentuk BKK. Oleh sebab itu, diperlukan penyelenggaraan BKK yang optimal. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Udanawu. Pengumpulan data mengunakan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase, akhir penelitian berupa rekomendasi pembenahan. Hasil penelitian penyelenggaraan BKK di SMK Negeri 1 Udanawu menunjukan bahwa, 1) ditinjau dari segi context mendapatkan persentase sebesar 75,49%, 2) ditinjau dari segi input mendapatkan persentase sebesar 74,72%, 3) ditinjau dari segi proses mendapatkan persentase sebesar 75,36%, 4) ditinjau dari segi product mendapatkan persentase sebesar 73,43%. Kesimpulan penelitian penyelenggaraan BKK di SMK Negeri 1 Udanawu yaitu, 1) ditinjau dari segi context berjalan dengan “Baik”, 2) ditinjau dari segi input berjalan dengan “Cukup Baik”, 3) ditinjau dari segi proses berjalan dengan “Baik”, 4) ditinjau dari segi product berjalan dengan “Cukup Baik”. 
Sistem penjernih air limbah rumah tangga dengan kendali PID berbasis arduino Mokhamad Sholihul Hadi; Alfin Firmansyah; Fatma Cahyaningrum; Ahmad Sariful Anwar; Dwi Arini Mufarichah
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.132 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i2p191-199

Abstract

Penelitian  membuat alat penjernih air limbah rumah tangga menggunakan sIstem kendali PID berbasis Arduino. Sistem ini terdiri dari penggabungan teknologi penjernih air yang sudah ada dengan teknologi mikrokontroler yang dapat menjalankan sistem secara otomatis. Pada wadah penyaringan atau water treatment terdiri dari bahan-bahan alami yaitu tawas, batu zolit, batukali, ziloit pasir, batu apung, pasir silica, karang jahe, karbon aktif. Setelah melalui penyaringan air akan diukur kejernihannya menggunakan sensor LDR, apabila air tersebut masih keruh maka akan dipompa kembali ke dalam wadah penyaringan kembali. Air yang telah melewati alat penjernih ini dapat digunakan ulang untuk non konsumsi sehari hari. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan set poin terbaik pada 518 , kp=1, ki=0.2, kd=0.01, Ts=0.1. Hasil pengujian skala laboratorium untuk tingkat kekeruhan air hasil treatment menggunakan prototipe sistem ini didapatkan angka 2.48 NTU yang merupakan indikasi air yang dijernihkan tersebut layak untuk dikonsumsi.
Perbedaan hasil belajar dasar desain grafis dengan menerapkan model pembelajaran CBL (Challenge Based Learning) berbantuan animasi dibandingkan model pembelajaran CBL berbantuan web pada siswa kelas X di SMK Islam Batu Ahmad Lutfi Hidayatulloh; Tri Atmadji Sutikno; I Made Wirawan
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.595 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i2p142-148

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan perberbedaan hasil belajar dasar desain grafis dengan menerapkan model pembelajaran CBL (Challenge Based Learning) berbantuan animasi dibandingkan model pembelajaran CBL berbantuan web pada siswa kelas X di SMK Islam Batu. Penelitian ini menggunakan racangan eksperimen semu dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian yaitu 22 siswa sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan penerapan model pembelajaran CBL berbantuan animasi dan 17 siswa diberi perlakuan penerapan model pembelajaran CBL berbantuan web. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan tes dalam ranah kognitif dan psikomotorik. Dalam uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil signifikansi sebesar 0,03 untuk ranah kognitif dan 0,04 untuk ranah psikomotorik. Kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 51,82 di ranah kognitif dan 40,77 di ranah psikomotorik, sedangkan kelas kontrol mengalami kenaikan sebesar 41,41 di ranah kognitif dan 43,40 di ranah psikomotorik. Selisih hasil belajar untuk ranah kognitif dari kedua kelas yaitu sebesar 6,58 dan 6,46 untuk ranah psikomotorik. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dasar desain grafis dengan menerapkan model pembelajaran CBL berbantuan animasi dibandingkan model pembelajaran CBL berbantuan web.
Implementasi algoritma simple additive weighting untuk menentukan reviewer PKM pada portal PKM di Universitas Negeri Malang Zakaria .; Hakkun Elmunsyah; Ahmad Fahmi
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.042 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i2p149-165

Abstract

Salah satu program untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa adalah dengan mengikuti event Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Di Universitas Negeri Malang (UM) telah mengikuti event ini sebagai ajang kreatifitas mahasiswa. Namun pada periode tiga tahun terakhir (2015-2017) terjadi penurunan persentase PKM yang didanai oleh Dikti dengan 24% pada tahun 2015, 5,7% pada tahun 2016, dan 2,86% pada tahun 2017. Berdasarkan hasil wawancara dengan Staf Ahli WR III, penurunan persentase tersebut diakibatkan oleh kurangnya kualitas konten dan kualitas administrasi saat mengajukan PKM. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah dengan memonitoring dan mengevaluasi pembuatan proposal PKM saat sebelum diunggah dan diajukan ke Dikti. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi Portal PKM yang dapat menangani proses monitoring, evaluasi, dan administrasi kelengkapan PKM. Portal PKM dikembangkan dengan menggunakan Model Waterfall yang terdiri dari empat langkah yaitu: (1) Analyze; (2) Design; (3) Code; dan (4) Test. Portal PKM juga menerapkan Algoritma Simple Additive Weighting (SAW) untuk proses rekomendasi reviewer yang cocok dengan jenis PKM yang akan dievaluasi. Selain mengembangkan produk, dilakukan proses pengujian kelayakan produk untuk mengetahui tingkat validitas dan kelayakan produk untuk diterapkan di lingkungan UM. Pengujian dilakukan oleh ahli sistem informasi dan pengguna pada setiap level user. Berdasarkan hasil dari uji coba fungsionalitas oleh ahli sistem informasi dan pengguna, diperoleh persentase validitas sistem 99,04 % dari sisi ahli sistem informasi, 99,59% dari sisi mahasiswa, 100% persen dari dosen, sisi subag kemahasiswaan, tim penalaran, dan admin. Dari hasil tersebut, didapatkan rata-rata persentase hasil pengujian sebesar 99,80% yang menunjukkan bahwa Portal PKM dinilai valid dan dapat digunakan di lingkungan UM.
Halaman Depan Jurnal Tekno - 28 (2) Khoirudin Asfani
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.776 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i2p%p

Abstract

Open online course adaptif berbasis framework Irawan Dwi Wahyono
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.604 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i2p103-115

Abstract

Keamanan jaringan  komputer menjadi isu penting dalam beberapa dekade terakhir, pemerintah dan beberapa organisasi internasional telah menginvestasikan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan profesional untuk keamanan jaringan komputer. Selain itu, meningkatnya insiden kejahatan keamanan jaringan komputer, pemerintah dan beberapa organisasi melakukan pencengahan dengan melakukan pembelajaran terhadap mahasiswa tentang keamanan jaringan komputer. Beberapa pihak mengembangkan model pembelajaran yang sesuai untuk siswa dan mahasiswa, serta mencari metode pembelajaran yang tepat untuk menghasilkan profesional di bidang keamanan jaringan komputer yang lebih efektif.Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem Learning berbasis framework dalam bentuk Open Online Course yang bersifat  Adaptif  pada Mata Kuliah Keamanan Sistem Komputer untuk mahasiswa Teknik Informatika (TI). Manfaat dari framework ini  untuk meningkatkan kemampuan belajar dan skill dalam keamanan jaringan  komputer berbasis  industri, perusahaan startup dan kemampuan penyelesaikan kompetisi CTF pada  IT network security. Framework yang dirancang bersifat Adaptif yaitu sesuai minat dan topic dari Keamanan Jaringan Komputer setelah menyelesaikan pretest per topik.Pengujian pada penelitian ini  adalah pengujian dampak dan peningkatan kemampuan belajar dan skill  mahasiswa pada Keamanan Sistem Komputer dan Kompentensinya. Berdasarkan pengujian pada kelompok kecil sebanyak 20 mahasiswa dengan melihat keberhasilan menyelesaikan 3 Topik CTF dengan setiap topik berjumlah 100  soal keamanan jaringan komputer  pada kompetisi Capture The Flag didapatkan hasil rata-rata validasi sebesar  83,01 dan tingkat kelulusan sebesar 93%.
Pengembangan bahan ajar interaktif pada matapelajaran sistem komputer berbasis PBL untuk SMK Arizia Aulia Aziiza; Syaad Patmanthara; Triyana Widiyaningtyas
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.696 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i2p166-176

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matapelajaran sistem komputer kelas X di SMK Negeri 1 Banyuwangi, bahan ajar yang digunakan masih berupa file dengan format .pdf dari guru dan bersumber dari internet. Bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 revisi masih belum tersedia mengakibatkan siswa kesulitan untuk belajar secara mandiri maupun kelompok, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Bahan ajar berupa buku digital yang dikembangkan terintegrasi dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) yang diharapkan mampu mengajak siswa aktif dalam belajar secara mandiri maupun kelompok diskusi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dengan penyampaian materi menggunakan power point. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design. Development, Implementation, and Evaluation). Model pengembangan ini meliputi 5 langkah, yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Sebelum bahan ajar diimplementasikan, dilakukan validasi dan uji coba untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berupa buku digital ini. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase validasi sebesar 92.1% sedangkan ahli media sebesar 86.05%. Uji coba dilakukan sebanyak 3 tahap, yaitu: (1) uji coba perseorangan memperoleh hasil sebesar 77%, (2) uji coba kelompok kecil memperoleh hasil sebesar 81.1%, dan (3) uji coba kelompok besar memperoleh hasil 88.3%. 
Studi prakiraan beban listrik menggunakan metode artificial neural network Yuan Octavia; Arif Nur Afandi; Hari Putranto
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.188 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i2p116-129

Abstract

Pada penelitian ini, dilakukan prakiraan beban listrik jangka panjang menggunakan metode Artificial Neural Network (ANN) dengan penerapan algoritma backpropagation pada studi kasus distribusi energi listrik Area Mojokerto. Pada penelitian ini digunakan 8 variabel, dimana untuk variabel dependent berupa beban listrik, sedangkan untuk variabel independent digunakan 7 variabel yaitu jumlah penduduk, PDRB, jumlah pelanggan sektor rumah tangga, jumlah pelanggan sektor industri, jumlah pelanggan sektor usaha, jumlah pelanggan sektor sosial, dan susut distribusi. Berdasarkan hasil percobaan beberapa arsitektur ANN, diperoleh hasil MAPE pengujian terbaik sebesar 0.512% yang berarti memiliki tingkat akurasi tinggi. Hal ini berarti metode ANN dengan algoritma backpropagation dapat diterapkan sebagai metode prakiraan beban listrik untuk studi kasus pada distribusi energi listrik Area Mojokerto. Model ANN-backpropagation terbaik pada penelitian ini adalah variasi bobot dan bias awal diatur secara manual dengan modifikasi menggunakan algoritma inisialisasi Nguyen Widrow, jaringan memiliki 2 hidden layer dengan penyusunan 5 neuron pada hidden layer 1 dan 15 neuron pada hidden layer 2, nilai learning rate dan momentum berturut-turut adalah 0.9 dan 0.1. Berdasarkan arsitektur ANN terbaik, prakiraan beban listrik distribusi area Mojokerto pada tahun 2018 sampai dengan 2030 cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, meskipun ada penurunan sebesar 0.157% dari tahun 2027 ke tahun 2028. Hasil prakiraan terendah ada pada tahun 2018 dengan hasil 312.7489 MW dan beban tertinggi ada pada tahun 2030 dengan hasil 383.5597MW. Hasil prakiraan beban listrik Area Mojokerto dari tahun 2018 sampai dengan 2030 mengalami kenaikan sebesar 22.641% dengan kenaikan rata-rata 1.728% per tahunnya

Page 1 of 1 | Total Record : 9