cover
Contact Name
Roni Herdianto
Contact Email
roni.herdianto@um.ac.id
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
tekno.journal@um.ac.id
Editorial Address
Gedung G.4, Lantai 1 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
ISSN : -     EISSN : 26864657     DOI : 10.17977
Core Subject : Engineering,
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are welcome
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 32, No 1 (2022)" : 9 Documents clear
Simulasi Digital Pengoptimalan Waktu Tutup Pintu Saluran Air Menggunakan Motor Stepper Berbasis Mikrokontroler Arduino Ilham Rizal Ma'arif; Ahmad Nur Fajri; Nur Rani Alham; Bima Sakti
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 32, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v32i1p245-253

Abstract

In the industrial world, it is called as instrumentation to support the performance of an industry. In this research, tools are designed automatically so as to minimize labor requirements and minimize errors if done manually. One of them is a tool designed to control the volume of water in PLTPS so that it does not overflow if excess volume. This control is made in the form of a digital simulation to facilitate understanding and clarify the process flow. In this simulation aims to find the most optimal input voltage used for stepper motors in closing the water channel with the fastest time. To rotate the bisteper at a maximum distance of 448 cm by producing 5 revolutions can be done by providing different input voltages and different times that is when the 2.20s are driven by 2.5 V input voltage, 1.50 s time is driven by 1.88 V voltage, time 2.07 voltage driven 1 V and time 0.35 s voltage driven 0.35 V. The most optimal voltage used is the voltage 1.88 V.
Halaman Depan Tekno Volume 32; Issue 1; Maret 2022 Ahmad Mursyidun Nidhom
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 32, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v32i1p%p

Abstract

Desain Aplikasi Web Pemasaran Khusus Untuk UMKM Berdasarkan Aspek Softskill, Perspektif : Propinsi Sulawesi Utara Maya Munaiseche; Tineke Saroinsong; Jeanely Rangkang; Marike A.S. Kondoj; Hedy D. Rumambi; Stieven Netanel Rumokoy
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 32, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v32i1p218-232

Abstract

Teknologi telah terus berkembang mengikuti zamannya. Pada bagian pemanfaatan internet sebagai bagian dari pelengkap aktifitas hidup manusia, internet telah menyentuh berbagai kelompok masyarakat dalam bagian penggunanya. Salah satu pemanfaatannya adalah dengan menggunakan fasilitas internet sebagai bagian dari media pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan suatu aplikasi web pemasaran khusus untuk UMKM dengan mempertimbangkan aspek soft-skill pengelola. Sample data UMKM diambil di propinsi Sulawesi Utara. Metode yang digunakan untuk mengetahui gambaran tentang pemahaman soft-skill dari pelaku UMKM, digunakan analisis deskriptif berdasarkan tanggapan responden. Hasil yang diperoleh dari data persepsi pelaku UMKM menunjukan responden 85% Baik. Berdasarkan data ini maka dibuatkan suatu aplikasi web pemasaran untuk digunakan bagi pelaku UMKM.
Perangkat Pengukuran Data Tumbuh Kembang dan Kesehatan pada Siswa TK Ilham Ari Elbaith Zaeni; I Made Wirawan; Muhammad Iqbal Akbar; Retno Indah Rokhmawati; Dessy Rif’a Anzani
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 32, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v32i1p175-184

Abstract

Proses tumbuh kembang anak merupakan hal penting yang harus diperhatikan sejak dini untuk mencapai perkembangan yang optimal. Antropometri gizi berhubungan dengan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai tingkat umur dan tingkat gizi. Ukuran antropometri terdiri dari berat badan dan tinggi badan. Tanda-tanda vital meliputi detak jantung, pernapasan (laju pernapasan), tekanan darah, dan suhu membantu menyadari masalah sejak dini atau menghilangkan kekhawatiran tentang keadaan anak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pengukuran data tumbuh kembang dan kesehatan pada siswa TK. Sistem Elektronik yang dikembangkan terdiri dari Mikrokontroler sebagai perangkat utama yang akan membaca input dari tombol setting dan beberapa sensor. Sensor yang dipasang terdiri dari sensor berat badan, sensor tinggi badan, sensor suhu badan, dan sensor denyut jantung serta oksimeter. Sensor untuk berat badan, tinggi badan, detak jantung, dan saturasi oksigen diuji selama tahap pengembangan. Data dari sensor akan ditransfer ke database melalui Wi-Fi menggunakan ESP8266. Informasi dalam database ini selanjutnya akan disimpan dan ditampilkan sebagai tabel dan grafik. Hasil pengujian pembacaan sensor menunjukkan bahwa pembacaan sensor mampu bekerja dengan baik. ESP8266 juga mampu mengirim data ke database. Data pembacaan sensor database dapat disajikan pada halaman website. Gadget pemantau data tumbuh kembang anak TK, serta kesehatannya, dapat berjalan dengan baik.
PROTOTIPE ALAT PEMARUT UBI KAYU MENGGUNAKANSENSOR INFRARED E18-D50NK BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 2560 DILENGKAPI MONITOR ARUS DAN TEGANGAN Afrizal Abdi Musyafiq; Dian Muhammad Firdaus; Galih Mustiko Aji; Hera Susanti
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 32, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v32i1p233-243

Abstract

Ubi kayu merupakan salah satu sumber pangan di Indonesia. Ubi kayu selain dijadikan sumber bahan pangan juga dijadikan perdagangan. Industri rumah tangga yang mengolah bahan dasar ubi kayu sebagai bahan dasar makanan. Proses pembuatan makanan ini masih menggunakan alat sederhana yang membutuhkan waktu lama. Tujuan adanya  tugas akhir ini adalah membuat alat yang berfungsi sebagai pemarut ubi kayu yang dapat menggantikan alat parut ubi kayu tradisional. Alat pemarut ubi kayu tersebut dapat bekerja secara otomatis dan dengan pengoperasian yang sederhana. Sensor Infrared E18-D50NK yang akan bekerja mendeteksi ubi kayu,bila ubi kayu terdeteksi maka secara otmatis relay aktif sehingga motor akan memutar pemarut, namun  bila tidak lagi mendeteksi ubi kayu, relay akan memutuskan sambungan listrik dan motor akan berhenti berputar. Alat pemarut ubi kayu ini juga dilengkapi monitor arus dan tegangan yang memudahkan untuk mengetahui daya yang digunakan pada saat pemarutan ubi kayu. Hasil dari tugas akhir ini adalah alat pemarut dapat memudahkan pemarutan ubi kayu sehingga menghasilkan parutan yang lebih banyak dan praktis digunakan.
Implementasi Digital Signature dan QR Code Pada Sertifikat Profesi Digital untuk Mengatasi Kasus Pemalsuan Sertifikat Desti Eka Sintyaningrum; Muladi Muladi; Muhammad Ashar
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 32, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v32i1p185-194

Abstract

Sertifikat profesi merupakan dokumen penting yang digunakan sebagai bukti pengakuan yang sah sehingga tidak boleh dipalsukan. Namun di Indonesia masih banyak terjadi kasus pemalsuan sertifikat. Kurangnya sistem keamanan sertifikat dan sulitnya proses verifikasi sertifikat keaslian menjadi faktor utama terjadinya kasus pemalsuan sertifikat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sistem keamanan dengan mengimplementasikan digital signature dan QR Code untuk otentikasi keaslian sertifikat dan memudahkan pengguna dalam memverifikasi sertifikat mereka serta untuk meminimalkan kasus pemalsuan sertifikat. Aplikasi dibangun dalam sistem web sehingga memudahkan pengguna untuk mengaksesnya dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan pendeketan 4D. Pengujian black box dipilih sebagai metode pengujian untuk setiap fungsi dalam sistem ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah rumus analisis deskriptif. Terdapat dua skema utama dalam sistem yaitu skema pembuatan e-certificate dan skema verifikasi QR Code. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya aplikasi yang dirancang untuk mendukung penerbitan dan verifikasi keaslian sertifikat digital secara online. Hasil pengujian usability, aplikasi ini dinyatakan berkualitas sangat tinggi dengan nilai validitas sebesar 83,08%. Aplikasi pembuatan sertifikat profesi dengan menerapkan digital signature dan QR code dapat menerbitkan sertifikat dalam bentuk digital yang dapat mencegah dari tindak pidana pemalsuan sertifikat, yang ditunjukkan pada implementasi dan terbukti pada pengujian.
Implementasi Sensor Gas dan Termokopel Pada Oven Untuk Me-monitor Proses Pemanggangan kue Rendyansyah Rendyansyah; Renaldi Ago Pratama
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 32, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v32i1p195-205

Abstract

Kue merupakan makanan yang diminati oleh masyarakat. Kue dapat dipanggang dengan menggunakan pemanas atau oven. Pada penelitian ini, telah dikembangkan oven yang dapat mengatur suhu selama proses pemanggangan kue. Oven ini dilengkapi dengan sensor gas jenis metal oxide semiconductor yang berfungsi dalam mendeteksi aroma kue, dan sensor suhu termokopel tipe–K MAX6675 yang dapat mendeteksi suhu yang tinggi. Kedua sensor tersebut dipasang di dalam oven. Sinyal dari sensor-sensor tersebut diproses di dalam Mikro Arduino. Adapun motivasi perancangan alat ini adalah untuk mempermudah dalam memanggang kue, dimana pengguna dapat me-monitor dan indikator dari kue yang dipanggang. Indikator berupa buzzer mengeluarkan tanda atau suara apabila sinyal dari sensor gas dan termokopel mencapai batas ambang yang ditentukan. Sedangkan display berupa LCD menampilkan tulisan atau informasi yang menerangkan bahwa kue telah matang. Di dalam percobaan ini kue yang digunakan adalah adonan kue kering, dimana hasil percobaan menunjukkan bahwa alat tersebut dapat memberikan kematangan pada kue dengan cukup baik. Selama proses pemanggangan kue, sistem memberikan informasi suhu dalam derajat celcius dan aroma dalam nilai ADC di LCD display dan notifikasi buzzer saat kue telah matang.
Game Edukasi Telitung (Teliti Berhitung) pada Pembelajaran Anak Usia Dini untuk meningkatkan Motivasi Belajar Ahmad Mursyidun Nidhom; Gres Dyah Kusuma Ningrum; Shofiyah Al Idrus
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 32, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v32i1p255-264

Abstract

Pembelajaran anak usia dini merupakan konsep pembelajaran awal yang difokuskan pada mekanisme berfikir kreatif dan imajinatif, hal ini sejalan konsep pembelajaran sepanjang masa yang mengakumulasi nilai kemandirian siswa, dalam hal ini anak usia dini diberikan stimulus untuk meningkatkan motivasi belajar. Salah satunya adalah dengan mengembangkan paket pembelajaran game edukasi. Pengembangan Game Edukasi Telitung merupakan pengembangan game edukasi yang dikhususkan untuk anak usia dini dengan rancangan game play yang memberikan stimulus terhadap perkembangan motivasi belajar, sampling dari penelitian ini sebayak 100 sampling yang diambil secara puposive sampling pada siswa SD Lab UM. Hasil yang didapatkan adalah 1). Pengembangan Game Edukasi ini berdasarkan permalahan yang dihadapi peserta didik usia dini dalam peningkatan motivasi belajar matematika di era pademi; 2). Uji validitas pegembangan produk game edukasi didapatkan hasil sangat valid, hal ini tersebar dari nilai validitas, yang dikalkulasikan dengan Tse (Total Skor Empirik) dan TSm (Total Skor Maksimal) yang pada aspek Rekayas Perangkat Lunak mendapatkan hasil 98,08%, Aspek Komunikasi Visual mendaptkan 100% dan Gamifikasi Pembelajaran mendapatkan hasil 91,67%, rata-rata pada uji validitas yang memuat 3 aspek tersebut menghasilkan total rata-rata 99,04% atau dalam kriteria linkert disimpulkan dalam kriteria sangat valid; 3). Pada uji pengaruh pada peningkatan motivasi belajar juga didapatkan dari hasil pengambilan data motivasi yang menghasilkan  total keseluruhan aspek motivasi belajar yang dinilai di angka 88,16% dan masuk dalam kategori tinggi. Dari hasil simpulan tersebut dapat pemgembangan Game Edukasi Telitung (Teliti Berhitung) pada Pembelajaran Anak Usia Dini berhasil meningkatkan Motivasi Belajar secara signifikan.
RANCANG BANGUN APLIKASI LAYANAN TRANSAKSI PRODUK MEBEL STUDI KASUS: DESA LEILEM, SULAWESI UTARA Gilbert Limbengpiah; Christopel Hamonangan Simanjuntak; Stieven Netanel Rumokoy; Stenly Dodie
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 32, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v32i1p206-217

Abstract

Desa Leilem dikenal dengan desa industri mebel yang memproduksi bermacam-macam produk mebel untuk rumah, sekolah, kantor, tempat ibadah, hotel dan lain-lain. Dari hasil pengumpulan data yang penulis lakukan, terdapat 78 Industri mebel di desa leilem. Di desa leilem terdapat 463 kepala keluarga dan ada sekitar 246 kepala keluarga berprofesi sebagai tukang kayu atau pembuat mebel. Dalam proses pemesanan mebel di desa ini didapati masih menggunakan cara yang sederhana yaitu pelanggan mengunjungi tempat industri mebel tersebut dan melakukan pemesanan ditempat. Hal ini dapat menjadi sebuah kendala dalam hal jarak dan waktu saat melakukan pemesanan. Saat melakukan pemesanan tentu pelanggan harus terlebih dahulu mencari informasi letak tempat dan profil dari penjual yang akan mereka pilih sehingga menemukan penjual yang memproduksi mebel sesuai kriteria pelanggan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah aplikasi layanan transaksi mebel berbasis web responsif yang didukung dengan sistem pemesanan yang mudah dimana pembeli bisa memesan produk mebel tanpa perlu bertemu langsung dengan penjual. Aplikasi juga menampilkan informasi mebel, jenis mebel serta kontak penjual untuk memudahkan pembeli dalam membeli. Pada aplikasi juga terdapat fitur pencarian lokasi penjual jika ada pembeli yang ingin melihat langsung toko penjual. Pada implementasinya, aplikasi dirancang dan dibangun melalui beberapa tahapan. Tahap awal ialah studi pustaka dimana pencarian literature dan data terkait penelitian. Selanjutnya ialah analisa kebutuhan dimana mencari kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi ini. Pada tahap desain, dirancang diagram konteks, DFD dan ERD sistem. Pada penelitian ini menghasilkan desain sistem yaitu 1 diagram konteks dimana terdapat 3 aktor dan 12 aliran data sistem. Pada rancangan DFD menghasilkan 2 diagram level 1 dan 1 diagram level 2. Pada desain ERD menghasilkan 1 diagram yang mengambarkan 7 entitas, 7 relasi dan 36 atribut yang terbagi pada tiap entitas. Aplikasi yang dibangun berbasis web yang mengikuti desain sistem yang telah dibuat. Aplikasi diuji dengan menggunakan blackbox dimana 13 form mendapatkan actual result berhasil atau telah berjalan sesuai dengan ekspektasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 9