cover
Contact Name
Cucuk Budiyanto
Contact Email
cbudiyanto@staff.uns.ac.id
Phone
+62271718419
Journal Mail Official
jiptek@fkip.uns.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Teknik dan Kejuruan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta Kampus V UNS Pabelan Jl. Ahmad Yani 200 Pabelan Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
ISSN : -     EISSN : 25986430     DOI : doi.org/10.20961/jiptek
JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan is a scientific publication that intended to facilitate articles and scholarly writings of empirical research in the field of Vocational and Engineering Education. JIPTEK is open for academia, students, researchers, and practitioners who aim to contribute to the field of Vocational and Engineering Education. The main scope of JIPTEK is on the exploration of vocational education and training, civil engineering, mechanical engineering, and informatics. JIPTEK is also concern the development of contemporary media in vocational education in theoretical realm as well as a practical one, especially the scope of local, national, and global. The journal is published bi-annually in July and December.
Articles 136 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 Achmad Siddik Fathoni
JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 14, No 2 (2021): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This manuscript is retracted by the publisher for double publication. The title has been included in Volume 13 issue 2 2020 
PEMANFAATAN MEDIA ONLINE PADA KELOMPOK BIDANG ILMU MATA KULIAH KEPENDIDIKAN DAN STRUKTUR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUAN Indah Permatalestari; Tuti Iriani; M. Agphin Ramadhan
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan 2023: In PRESS
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v0i0.68518

Abstract

This study aims to determine the use of online media by students in educational courses and structures in the Building Engineering Education study program UNJ. This research is a descriptive study using a survey method. The population of this study were students of the Building Engineering Education study program class of 2017 and 2018 who had implemented structural and educational courses in the even semester (112) of the 2019/2020 Academic Year, a total of 297 students. The sampling technique in this study used cluster random sampling, so that a sample total of 160 students. Data collection using a questionnaire. The results showed that educational courses used more online media than structure courses. In addition, the most widely used online media is google classroom and whatsapp group with a percentage of more than 80%. The types of online media used in educational courses include google classroom, whatsapp group, email and quizizz. Meanwhile, in the structure course, online media only uses google classroom and whatsapp group. Students take advantage of online media to obtain references or learning resources, as a means of discussion, download subject matter and easy studendts in accessing online media in the good category.
PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN TANAH LIAT OLEH FLY ASH BATUBARA TERHADAP NILAI THERMAL PROPERTIES SEBAGAI UPAYA MEMETAKAN MATERIAL BATU BATA YANG RAMAH LINGKUNGAN Jedy Green Forest; Budi Siswanto; Anis Rahmawati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 10, No 1 (2017): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v10i1.14962

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggantian sebagian tanah liat oleh fly ash batubara terhadap nilai thermal properties batu bata; (2) persentase optimal penggantian sebagian tanah liat oleh fly ash batubara untuk mendapatkan batu bata dengan daya hambat panas maksimal; (3) nilai perbandingan thermal properties yang dihasilkan oleh batu bata dengan campuran fly ash batubara pada variasi campuran 0%, 15%, 30%, 40%, dan 50%. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Karakteristik batu bata yang diuji pada penelitian ini adalah berat jenis, susut bakar, porositas, kuat tekan, dan konduktivitas termal. Benda uji yang digunakan terbuat dari tanah liat dengan campuran fly ash batubara dengan dimensi 23 cm x 11 cm x 5 cm. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, ada pengaruh penggantian sebagian tanah liat oleh fly ash batubara terhadap nilai thermal properties (Fhitung 57,927 > Ftabel 4,67). Kedua, Persentase 50% merupakan persentase optimal penggantian sebagian tanah liat oleh fly ash batubara dengan daya hambat panas sebesar 0,201 Kcal/mhºC. Ketiga, nilai thermal properties yang dihasilkan oleh batu bata dengan campuran fly ash batubara pada variasi campuran 0%, 15%, 30%, 40%, dan 50% masing-masing untuk konduktivitas termal sebesar 0,362 Kcal/mhºC; 0,264 Kcal/mhºC; 0,282 Kcal/mhºC; 0,215 Kcal/mhºC; dan 0,201 Kcal/mhºC dan nilai densitas sebesar 1,35 gr/cm3; 1,18 gr/cm3; 1,14 gr/cm3; 1,02 gr/cm3; dan 0,98 gr/cm3. Kata Kunci: batu bata, fly ash batubara, thermal properties, konduktivitas termal
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH II Arif Sofarul Anwar; Sukatiman Sukatiman; Abdul Haris Setiawan
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 10, No 1 (2017): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v10i1.14964

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Merancang media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah Ilmu Ukur Tanah II. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah Ilmu Ukur Tanah II. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) melalui prosedur pengembangan media pembelajaran yaitu : (1) Tahap studi pendahuluan dengan melaksanakan studi lapangan dan studi literatur. (2) Tahap studi perancangan dengan melakukan penyusunan desain media yang dibagi menjadi 3 bagian diantaranya: penyusunan draft materi, penyusunan naskah materi, penyusunan storyboard dan penentuan kebutuhan software dan hardware. Kemudian pengambilan video, screenshoot video, editing video, dubbing audio dan penyusunan dalam adobe flash professional cs6. Selanjutnya melakukan validasi penilaian kepada para ahli / pakar materi, media dan pembelajaran untuk menilai kelayakan media pembelajaran. Selanjutnya melakukan uji coba terbatas dengan 8 mahasiswa yang pernah menempuh mata kuliah ilmu ukur tanah II dan uji coba luas kepada 54 mahasiswa PTB FKIP UNS yang pernah menempuh mata kuliah ilmu ukur tanah II. (3) Tahap evaluasi merupakan tahap akhir dari proses perancangan terkait model final media pembelajaran mata kuliah ilmu ukur tanah II. Berdasarkan hasil penelitian dari penilaian ahli materi menyatakan bahwa media pembelajaran ilmu ukur tanah II sangat layak digunakan dengan persentase sebesar 90%. Penilaian ahli media menyatakan bahwa perancangan media pembelajaran ilmu ukur tanah II termasuk kategori sangat layak dengan persentase 98,5%. Penilaian ahli pembelajaran menyatakan bahwa perancangan media pembelajaran ilmu ukur tanah II sangat layak dengan persentase sebesar 92% sedangkan uji coba terbatas hasil yang diperoleh sebesar 82,5% menyatakan bahwa media pembelajaran yang dirancang sangat layak kemudian pada uji coba luas menyatakan dengan persentase 79% bahwa media pembelajaran termasuk kategori layak. Kata Kunci: media pembelajaran, ilmu ukur tanah II, video tutorial
PENGARUH FLY ASH SEBAGAI BAHAN TAMBAH BETON RINGAN FOAM TERHADAP BERAT JENIS, KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP AIR, UNTUK MATERIAL DINDING STRUKTUR Satrio Putranto; Chundakus Habsya; Anis Rahmawati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 10, No 1 (2017): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v10i1.14966

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penambahan fly ash dan foam terhadap berat jenis beton ringan foam, (2) pengaruh penambahan fly ash dan foam terhadap kuat tekan  beton ringan foam, (3) pengaruh penambahan fly ash  dan foam terhadap daya serap air  beton ringan foam, dan (4) persentase fly ash dan foam pada beton ringan foam yang memenuhi mutu sebagai dinding struktur sesuai SNI 03-3449-2002. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental yang dilakukan di laboratorium. Sampel yang digunakan berupa beton ringan foam berbentuk silinder sebanyak 120 buah dengan diameter 75 mm dan tinggi 150 mm. Persentase penambahan fly ash terhadap berat pasir adalah 0%, 15%, 30%, 45%, 60%. Sedangkan persentase penambahan volume  foam terhadap volume beton adalah 20%, 30% dan 40% dari perbandingan 1 foam agent: 40 air . Pengujian kuat tekan, daya serap air dan berat jenis dilakukan pada umur beton 28 hari. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh kuat penambahan fly ash dan foam terhadap berat jenis beton ringan foam, ada pengaruh sangat kuat penambahan fly ash dan foam terhadap kuat tekan  beton ringan foam dan ada pengaruh sedang penambahan fly ash  dan foam terhadap daya serap air  beton ringan foam. Dalam penelitian ini tidak terdapat persentase fly ash dan foam pada beton ringan foam yang memenuhi syarat sebagai dinding struktur. Kata kunci: Berat jenis, kuat tekan, daya serap air, fly ash, beton ringan foam
EVALUASI KINERJA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNS MENGGUNAKAN METODE INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEMS (IPMS) Bekti Khonaah; Suharno Suharno; Budi Harjanto
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 10, No 1 (2017): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v10i1.14968

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dari Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) Integrated Performance Measurement Systems (IPMS) yang tujuan utamanya adalah merancang sistem pengukuran; (2) Analytical Hierarchy Process (AHP) yang bertujuan untuk melakukan pembobotan indikator; dan (3) Objective Matrix (OMAX) yang bertujuan untuk melakukan pengukuran kinerja. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil rancangan pengukuran kinerja terdiri dari 14 indikator yang termasuk dalam 6 kriteria perspektif pengukuran kinerja. Kedua, tingkat kinerja pada tiap Key Performance Indicators (KPI) yang paling tinggi adalah indikator tersedia instrumen baku untuk mengukur kinerja dosen dalam perkuliahan, sedangkan kinerja yang paling rendah adalah indikator 95% lembar Berita Acara Perkuliahan (BAP). Kinerja Program Studi Pendidikan Teknik Mesin secara keseluruhan memiliki indeks kinerja sebesar 5,055, sehingga kinerja pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin masuk dalam kategori mengalami peningkatan kinerja. Ketiga, kinerja yang perlu ditingkatkan pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta terdapat 8 Key Performance Indicators (KPI).  Kinerja yang perlu diperbaiki pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta adalah 95% lembar Berita Acara Perkuliahan  (BAP) terisi. Kata Kunci: pengukuran kinerja, IPMS, AHP, Pendidikan Teknik Mesin, KPI.
PENGARUH BATAS OTOMASI SUDUT STANG KEMUDI (STEER ANGLE) TERHADAP TIMING AUTO CANCEL SEIN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328P Kholid Yusuf Eryandi; Yuyun Estriyanto; Indah Widiastuti
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 10, No 1 (2017): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v10i1.14970

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kinerja auto cancel sein berdasarkan batas otomasi sudut kemudi ditinjau dari kecepatan dan (2) untuk menemukan batas otomasi sudut stang kemudi (steer angle) yang paling sesuai. Sistem auto cancel sein diterapkan berbasis Mikrkontroler ATmega328P. Penelitian ini menggunakan penyelidikan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1), terdapat perbedaan hasil timing auto cancel sein berdasarkan batas otomasi sudut stang kemudi (steer anglei). Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian data menunjukkan, bahwa ketika batas otomasi diubah maka data hasil kinerja auto cancel sein juga ikut berubah. Perubahan itu mengindikasikan bahwa batas otomasi sudut kemudi mempengaruhi kinerja auto cancel sein. kedua, (2). Batas otomasi yang paling sesuai untuk ditetapkan pada mikrokontroler adalah 3ᵒ, karena pada batas tersebut memiliki penyimpangan yang paling kecil, dengan nilai simpangan rata-rata sebesar 0.632.Kata Kunci : Auto Cancel Sein, Batas Otomasi sudut Stang Kemudi, Timing autocancel sein, Potensiometer, Mikrokontroler.
PENGEMBANGAN STANDAR PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI WILAYAH SURAKARTA Sarwo Edi; Suharno Suharno; Indah Widiastuti
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 10, No 1 (2017): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v10i1.14972

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan prakerin pada program keahlian Teknik Pemesinan di SMK wilayah Surakarta. 2) Mengembangkan Standar Pelaksanaan Prakerin pada program keahlian Teknik Pemesinan di SMK wilayah Surakarta.Penelitian ini merupakan penelitian komparatif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah SMK dengan program keahlian Teknik Pemesinan di Surakarta. Sampel yang terpilih adalah SMK N 5 Surakarta, SMK Pancasila Surakarta, dan SMK PGRI 1 Surakarta dengan teknik pengambilan sampel  purposive sampling. Penelitian ini dimulai dari pengumpulan data, analisis data dan pengambilan Kesimpulan. Jenis data yang dugunakan yaitu data kualitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis dokumen.Berdasarkan hasil penelitian, alur pelaksanaan prakerin yang dapat diusulkan adalah sebagai berikut 1) Tahap Sinkronisasi Industri, 2) Tahap Evaluasi Kelayakan Industri, 3) Tahap penetapan Industri Sementara, 4) Tahap Sosialisasi Prakerin, 5) Tahap Pemilihan DU/DI oleh Peserta Prakerin, 6) Tahap Final Penetapan Industri, 7) Tahap Pembuatan Kerjasama dengan DU/DI, 8) Tahap Pembekalan Prakerin, 9) Tahap Pelaksanaan Prakerin, 10) Tahap Pembimbingan Peserta Prakerin, 11) Tahap Penanganan Siswa Bermasalah, 12) Tahap Penarikan Prakerin, 13) Tahap Penilaian dan Sertifikasi Peserta Prakerin, dan 14) Tahap Pengumpulan dan Pemberkasan Rekaman Prakerin.Kata Kunci: Sekolah Menengah Kejuruan, Prakerin, SOP
PEMBUATAN APLIKASI WEB BERBASIS SMS SEBAGAI MEDIA PENYALUR INFORMASI DAN KOMUNIKASI ANTARA SEKOLAH DENGAN ORANG TUA SISWA Efrem Heri Budiarto; Rosihan Ari Yuana; Dwi Maryono
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 10, No 1 (2017): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v10i1.14974

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat membantu orang tua dan pihak sekolah dalam hal penyampaian informasi. Aplikasi ini berbasis Web dan SMS (Short Message Service). Aplikasi ini dapat menghubungkan orang tua murid dan sekolah melalui SMS yang dikirim. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kudus dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, menyebarkan lembar penilaian dan dokumentasi. Model yang digunakan dalam pembuatan Aplikasi Web Berbasis SMS sebagai media penyalur informasi dan komunikasi antara sekolah dengan orang tua siswa adalah Waterfall dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1) Communication berupa diskusi awal antara peneliti dengan pihak sekolah. (2) Planning merupakan tahap perancangan kebutuhan software, kebutuhan hardware dan kebutuhan fungsionalitas. (3)Modeling yaitu tahap perancangan aplikasi yang berfokus pada pemrosesan data. Tahap ini dimulai dengan pembuatan Use case Diagram, Flowchart, DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram), Desain Tabel dan Relasinya, dan yang terakhir adalah pembuatan Desain Tampilan Aplikasi. (4)Construction yaitu tahap implementasi berdasarkan alur data dan alur aplikasi yang telah dibuat. (5)Deployment merupakan tahap pengujian kepada pihak SMK dengan bimbingan dari peneliti untuk mendapatkan masukan untuk pengembangan aplikasi yang selanjutnya. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi web berbasis SMS yang mampu mempermudah komunikasi antara sekolah dan orang tua siswa dengan hasil pengujian sebagai berikut : Dari ahli sistem 82,4, dari guru dan staf tata administrasi 81,6, dan dari orang tua 79,76. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak untuk digunakan. Kata Kunci : SMS Gateway, web, penyalur informasi dan komunikasi, SMS
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB SEBAGAI SISTEM PENGOLAHAN NILAI SISWA DI SMK NEGERI 1 KUDUS Farid Suryandani; Basori Basori; Dwi Maryono
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Vol 10, No 1 (2017): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jiptek.v10i1.14976

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem informasi pengelolaan nilai untuk memudahkan guru dalam mengelola nilai rapor siswa. Sistem informasi ini ditujukan untuk digunakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sistem informasi ini berbasis web, sehingga dapat diakses oleh guru untuk mengelola nilai dan siswa bisa melihat hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kudus. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Sebagai Sistem Pengolahan Nilai Siswa di SMK Negeri 1 Kudus dilaksanakan dengan lima tahap yaitu : (1) Communication merupakan diskusi antara peneliti dengan pihak sekolah tentang pengembangan sistem. (2) Planning merupakan tahap perancangan kebutuhan fungsional, kebutuhan software dan kebutuhan hardware dari sistem yang dikembangkan. (3). Modeling yaitu tahap perancangan sistem yang berfokus pada pemrosesan data. Tahap ini dimulai dengan pembuatan Usecase Diagram, Flowchart, DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram), Desain Tabel Basis Data dan Relasinya dan pembuatan Desain Tampilan Sistem. (4) Construction yaitu tahapan pada rancangan yang telah dibuat, di implementasikan ke dalam kode (program). (5) Deployment merupakan tahap pengujian kepada pihak SMK untuk mendapatkan umpan balik tentang kelayakan dan pengembangan sistem yang selanjutnya. Nilai akhir dari penelitian ini adalah 93,1% dari ahli sistem, 85,3% dari  guru dan staf tata usaha dan 82,4% dari siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem ini sangat layak untuk digunakan.Kata Kunci : Sistem Informasi Akademik, berbasis web, pengelolaan nilai siswa

Page 1 of 14 | Total Record : 136