cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Nalar Pendidikan
ISSN : 23390794     EISSN : 24770515     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini belum pernah diterbitkan dimedia cetak. Format penulisan artikel yang diterima sesuai dengan draft pedoman penulisan dan gaya selingkung jurnal nalar pendidikan LPM Penalaran UNM.
Arjuna Subject : -
Articles 186 Documents
PENGARUH KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI, KEPUASAN KERJA, DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH LENTERA HARAPAN SANGIHE Pratiwi, Edeline Ersanko
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 7, No 2 (2019): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.386 KB)

Abstract

Kepemimpinan yang melayani dapat efektif dijalankan jika pemimpin mampu mengambil keputusan yang tepat dalam segala kondisi dan situasi. Kepemimpinan yang melayani dan kepuasan kerja berperan untuk motivasi intrinsik guru sehingga memiliki pengaruh terhadap kinerja guru di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh positif kepemimpinan yang melayani, kepuasan kerja dan motivasi intrinsik terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian berjumlah 31 responden. Metode pengolahan data menggunakan analisis jalur (path analysis) Smart-PLS dan metode statistik deskriptif. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan (1) kepemimpinan yang melayani berpengaruh positif terhadap motivasi intrinsik, (2) kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap motivasi intrinsik, (3) motivasi intrinsik berpengaruh positif terhadap kinerja guru, (4) kepemimpinan yang melayani berpengaruh positif terhadap kinerja guru, dan (5) kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Kata kunci : kepemimpinan yang melayani, kepuasan kerja, motivasi intrinsik, dan kinerja guru.
UPAYA DOSEN MENINGKATKAN MOTIVASI MAHASISWA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Hayati, Mardhiyah
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 7, No 2 (2019): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : LPM Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.848 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v7i2.10669

Abstract

Motivation is a way that is done by giving encouragement to students to be more enthusiastic and passionate in the learning process, especially in the field of Arabic studies. Motivation is an important thing to note because motivation can improve morale, loyalty, responsibility, discipline, creativity, and enthusiasm of students. The purpose of this paper is to determine the efforts of lecturers in providing motivation to students in learning Arabic. Arabic is a part of religion, and knowing that the law is obligatory, because actually understanding the Book and as-Sunnah is a matter that is mandatory, and can not be understood except with Arabic.The data used are primary data obtained through interviews and observations. The data obtained were analyzed using descriptive analysis method. After an analysis, it can be concluded that the Arabic language education lecturer at the Raudhatul Jannah Arabic Language Education Institute (LPBA RJ) has provided motivation to students. Motivation provided Types of motivation used are positive and negative motivations. Positive motivation in the form of appreciation, praise, or prizes. While negative motivation is in the form of a reprimand.
PENGEMBANGAN STRUKTUR MATERI PELATIHAN TIK BAGI GURU SEKOLAH DASAR Syahid, Aah Ahmad
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 7, No 2 (2019): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : LPM Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.701 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v7i2.10838

Abstract

Pendidikan 4.0 menuntut guru sekolah dasar harus mampu mengintegrasikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan dan pembelajaran, oleh karena itu memiliki keterampilan dalam menggunakan TIK adalah sebuah keharusan. Paper ini membahas tentang hasil penelitian yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kurikulum pelatihan TIK agar guru menjadi profesional. Penelitian multitahun ini terlaksana sejak tahun 2015 hingga tahun 2019 dengan menggunakan metode R&D untuk; analisis kebutuhan, pengembangan struktur kurikulum dan pengembangan materi pelatihan. Pada hasil penelitian ini telah terbentuk struktur materi kurikulum pelatihan berupa susunan materi pelatihan yang dibutuhkan oleh guru sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan menggunakan TIK dalam pembelajaran. Kurikulum pelatihan ini diharapkan dapat terlaksana dalam bentuk pelatihan yang efektif karena disusun berdasarkan kebutuhan guru dalam keterampilan TIK untuk pembelajaran di sekolah dasar.
TUGAS GURU SEBAGAI PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SMP S TRI BAKHTI PIR TRANS SOSA IV atminah, tri
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 7, No 2 (2019): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jnp.v7i2.10858

Abstract

This research was made for teachers as curriculum developers who must be able to explain and implement the values contained in the curriculum for their students. To develop a curriculum, a teacher must achieve the following activities, namely: planning, implementing and evaluating the curriculum. Through curriculum planning, teachers can more easily achieve the goals of the learning process and can explore the potential or abilities of their students. After planning, the teacher must be able to implement the curriculum planning for students. Then after implementing the curriculum, the teacher must evaluate the curriculum used, whether the curriculum is running optimally, or vice versa. The steps that the teacher must take in teaching are preparing students, explaining the material, and evaluating students, to find out the success of teaching.Keywords: teacher, developer, curriculum
FULL DAY SCHOOL SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ERA GLOBALISASI Amelia, Zaza Yulianti; Dhita, Aulia Novemy
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 8, No 1 (2020): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.63 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v8i1.11103

Abstract

Globalisasi merupakan suatu penanda perkembangan zaman yang mengubah tatanan hidup masyarakat dunia dalam berbagai bidang, salah satunya budaya. Peserta didik sebagai bagian dari tatanan ini ikut membantu berbagai kebermanfaatan diiringi dengan berbagai negatif yang meresahkan masyarakat, sehingga pendidikan sesuai dasar peradaban sangat penting. Dalam hal ini, perlu adanya suatu sistem pembelajaran yang mampu mendorong peningkatan pendidikan yang berkarakter peserta didik dalam menyesuaikan diri akan memperbaiki zaman namun masih sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Sistem pembelajaran itu adalah Sekolah Sehari Penuh  yang dicanangkan oleh Mendikbud, Muhadjir Effendy
METODE TRANSLITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Praheto, Biya Ebi; Utomo, Felix Baskara Bhakti
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 8, No 1 (2020): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jnp.v8i1.11524

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa mahasiswa Program Studi PGSD UST melalui implementasi metode transliterasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Program Studi PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa kelas 3A dikarenakan kemampuan membaca aksara Jawa paling rendah dibandingkan kelas lainnya. adapun objek penelitiannya yaitu kemampuan membaca aksara Jawa. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, dokumen, dan tes. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjuukan terjadinya peningkatan kemampuan membaca aksara Jawa pada mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil kegiatan prasiklus hingga siklus II. Hasil pada prasiklus menunjukkan rata-rata nilai sebesar 46,84 dengan ketuntasan klasikal sebesar 41,03% dan hasil siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata sebesar 76,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 64,1%. Selanjutnya, masih terjadi peningkatan kembali pada siklus II dan sudah mencapai indikator penelitian yang direncanakan. Pada siklus II, nilai rata-rata klasikal  sebesar 85,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,2%%.
OPTIMALISASI PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT (STAD) DI SMAN 15 GOWA. Marlina, Sitti; Hamran, Hamran
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 1, No 1 (2013): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jnp.v1i1.11708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA Negeri 15 Gowa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement (STAD). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini, meneliti siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Gowa yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar ekonomi. Pada siklus I persentase aktivitas belajar sebesar 34.71%, meningkat menjadi 82,07% pada siklus II. Adapun prestasi belajar siswa, ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan ketuntasan secara klasikal dari siklus I sebesar 19,3 % kemudian pada siklus II mencapai 87.9% atau 29 dari 33 siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar.
PENGARUH PENGGUNAAN TIK DALAM PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL UJIAN NASIONAL SISWA SMA DI KABUPATEN ENDE Sara, Kristina; Mando, L.B. Finansisus
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 7, No 2 (2019): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.593 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v7i2.11815

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan TIK dalam pembelajaran terhadap hasil ujian nasional (UN) siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil UN siswa, (3) pengaruh penggunaan TIK dalam pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil UN siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian survey dengan cara menyebarkan kuesioner. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Alsiora, SMA Swasta Katolik ST. Petrus, dan SMA Swasta Adyaksa Kabupaten Ende tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah sampel sebanyak 93 siswa. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan TIK dalam pembelajaran dengan hasil UN siswa, dibuktikan thitung10,570>1,990ttabel dengan signifikansi 0,000<0,05. (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil UN siswa, dibuktikan thitung0,875<1,990ttabel dengan signifikansi 0,384>0,05. (3) Ada pengaruh posistif dan signifikan secara bersama-sama antara penggunaan TIK dan motivasi belajar terhadap hasil UN siswa, dibuktikan Fhitung89.041>3.10Ftabel dengan signifikansi 0.000<0.05.
OPTIMALISASI PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT (STAD) DI SMAN 15 GOWA Marlina, Sitti
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 7, No 2 (2019): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.086 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v7i2.11816

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA Negeri 15 Gowa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement (STAD). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini, meneliti siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Gowa yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar ekonomi. Pada siklus I persentase aktivitas belajar sebesar 34.71%, meningkat menjadi 82,07% pada siklus II. Adapun prestasi belajar siswa, ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan ketuntasan secara klasikal dari siklus I sebesar 19,3 % kemudian pada siklus II mencapai 87.9% atau 29 dari 33 siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar
ANALISIS SCHOOLOGY MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA SISWA TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 1 TAMBELANGAN Jamal, Samsul
JURNAL NALAR PENDIDIKAN Vol 7, No 2 (2019): JURNAL NALAR PENDIDIKAN
Publisher : Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.572 KB) | DOI: 10.26858/jnp.v7i2.11818

Abstract

Di era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ini, e-learning telah semakin dikembangkan dan diimplementasikan oleh sebagian besar Sekolah Menengah Kejuruan karena dampak positif dan keuntungannya bagi pelajar dan pendidik. Sistem e-learning dipandang sebagai platform yang berpotensi signifikan dalam proses belajar mengajar. Learning Management System (LMS) seperti Schoology telah mendapatkan perhatian di kalangan pendidik saat ini. Karena fitur-fiturnya sebagian besar pendidik mengadopsi Schoology sebagai platform pembelajaran dan pengajaran. Oleh karena itu, artikel ini mengeksplorasi penerimaan Schoology, Sistem Manajemen Pembelajaran online (LMS) di antara siswa Teknik Elektronika Industri. Satu set kuesioner berdasarkan Technology Acceptance Model (TAM) diberikan kepada 53 siswa Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Tambelangan. Analisis kuantitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis data dengan menggunakan perangkat lunak statistik IBM SPSS. Hasilnya menunjukkan respons positif dalam menggunakan Schoology sebagai platform pembelajaran karena fleksibilitas, sederhana, User friendly, dan berbagai fungsionalitasnya lainnya.

Page 1 of 19 | Total Record : 186