cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani
  • jurnal-pendidikan-jasmani
  • Website
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 1,082 Documents
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET AKBAR FIRMANSYAH, ADIYANTO
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol 4, No 1 (2016): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016
Publisher : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Berdasarkan model yang cocok, efektif dan lebih mudah dilakukan dalam proses belajar mengajar , yaitu model pembelajaran langsung dan tidak langsung model sangat berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan dan untuk memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Akhirnya dapat dipahami bahwa penggunaan model yang tepat dan bervariasi akan dapat menjadi alat motivasi kegiatan belajar mengajar disekolah dan itu juga bisa membuat proses belajar mengajar menjadi efektif dan optimal.siswa sendiri akan lebih aktif, percaya diri dan bersemangat untuk mengikuti proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan model pembelajaran langsung dengan tidak langsung terhadap hasil belajar dribble bola basket pada studi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 bangil dalam mengikuti mata pelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Static Group Pretest – Posttest Design, dimana yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan sebanyak 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan sampel sebanyak 34 siswa. Hasil  (pre-test) model pembelajaran langsung adalah rata- rata skor 18.9841 standar deviation sebesar 4.02980 dengan variant 16.239 pada model pembelajaran tidak langsung adalah rata- rata skor 19.5418 standar deviation sebesar 4.71616 dengan variant 22.242. Hasil (post-test) pada model pembelajaran langsung adalah rata-rata skor 16.0141 standar deviation sebesar 3.21679 dengan variant sebesar 10.348 dan Hasil skor test dribble sesudah diberikan perlakuan (post-test) pada model pembelajaran tidak langsung adalah adalah rata-rata skor 16.9065 standar deviation sebesar 3.23807dengan variant sebesar 10.485. Dengan demikian siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri Bangil lebih meningkat hasil belajar dribble bola basket dimana presentase peningkatan untuk hasil belajar dribble bola basket pada kelompok model pembelajaran langsung saat sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran langsung yaitu sebesar 15.64 %. Sedangkan presentase peningkatan untuk hasil belajar dribble bola basket pada kelompok model pembelajaran tidak langsung yaitu  sebesar 13.49 %. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar dribble bola basket untuk kelompok model pembelajaran langsung terdapat peningkatan yang cukup dari pada kelompok model pembelajaran tidak langsung. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Dribble bola basket, Siswa XI IPA-1 Abstract Based on the suitable models, effective and easier that can be applied on learning process is direct learning model and indirect learning model. Both are very functional to relieve boredom and motivate the students in learning process. Finally, can be understood that apply the appropriate model and have variation can motivate the learning process and it can make the learning process become effective and optimal. the purpose of this research is to know the differnce between direct learning model and indirect learning model to the basket ball dribble learning outcomes of the students class  XI IPA SMAN 1 Bangil in following Physical Education subject. This research is included in pre experiments and have the static group pretest-postest design. The sample of this research is the students of class XI IPA 1 SMAN 1 Bangil Pasuruan which have amount 34 students. Based on the result of this research which have sample  34 students, the result (pretest) of direct learning model have average score 18.9841, standard deviation score 4.09280 and variant score 16.239. while the indirect learning have average score 19.5418, standard deviation score 4.71616, variant score 22.242. The result (post-test) of direct learning model have average score 16.0141, standar deviation score 3.21679, variant score 10.348 and the dribble test score after treatment (post-test) of indirect learning model have average score 16.9065, standar deviation score 3.23807 and variant score 10.485. Therefore, the students of class XI IPA-1 SMAN 1 Bangil have an increased in basketball dribble learning outcomes  by using direct learning model which have percentage improvement 15,64%%. While the enhancement of basketball dribble learning outcomes by using indirect learning model have percentage 13.49%. Acccording to the explanation, can be concluded that the basketball dribble learning outcomes of direct learning model group have an increased sufficient than indirect learning model group. Keywords : Learning model, Basketball dribble, Students XI IPA 1.  
PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN WHOLE PRACTICE DAN PART PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA FEBRINANDA ARMANTO, ADE
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol 4, No 1 (2016): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016
Publisher : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS VIII SMP SUNAN AMPEL PORONG) ALFAN ROSYID, ACHMAD
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol 4, No 1 (2016): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016
Publisher : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SURVEI PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DAN PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (PJOK)  DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN BOJONEGORO FAKHRUDIN SHOLEH, MOHAMMAD
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol 4, No 1 (2016): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016
Publisher : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Dalam undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa “Tujuan Pendidikan Nasional ialah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia beriman dan bertaqwa terhadap tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki keterampilan, pengetahuan kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan”. Untuk mewujudkan tujuan tersebut salah satunya adalah melaksanakan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yaitu, pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Untuk mendukung pelaksanaan UKS dibutuhkan berbagai pihak salah satunya adalah guru pendidikan jasmani. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMA Negeri se-Kecamatan Bojonegoro tahun 2015, (2) Untuk mengetahui gambaran Peran Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dalam  pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMA Negeri se-Kecamatan Bojonegoro tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena respondennya adalah seluruh populasi yaitu SMA Negeri se-Kecamatan Bojonegoro. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan angket. Teknik analisis data menggunakan presentase, mean, dan standart deviasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari lembar observasi UKS, strata yang terpenuhi dari tiga program pokok UKS yakni pada pendidikan kesehatan, dari ke 4 sekolah tersebut 2 sekolah berstrata optimal, dan 2 sekolah berstrata paripurna. Pelayanan Kesehatan, dari 4 sekolah 1 sekolah berstrata optimal. 1 sekolah berstrata standart, dan 2 sekolah bersetrata minimal. Pembinaan lingkungan sekolah sehat, 2 sekolah, 1 sekolah menempati strata standart, 1 sekolah menepati strata minimal. Hasil penghitugan angket guru PJOK, 4 guru sudah berperan dalam pelaksanaan UKS dan 6 guru sangat berperan dalam pelaksanaan UKS. Dengan nilai 126, rata-rata sebesar 12, standar deviasi 1,7 dan varian sebesar 2,9. Dari data tersebut dapat disimpulkan  bahwa Pelaksanaan UKS di SMA Negeri se-kecamatan Bojonegoro  baik, karena semua sekolah melaksanakan kegiatan UKS dan sebagian besar sekolah berstrata standart. Untuk peran guru PJOK harus lebih aktif dalam pembelajaran pendidikan kesehatan di sekolah. Kata Kunci : Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Peran Guru Pendidikan Jasmani   Abstract In law No. 20 of 2003 on National Education System states that "The goal of National Education is to educate the nation and develop the whole man , the man faithful and devoted to God Almighty and noble character , skills , knowledge, physical and spiritual health , personality steady and independent and sense of responsibility of community and nationality ". To realize these goals one of which is carrying out activities of School Health Unit ( SHU ), namely , health education , health care , and fostering a healthy school environment . To support the implementation of the school health program takes various parties one of which is a physical education teacher. The purpose of this study are : ( 1 ) To find a picture of the implementation of the School Health Unit ( SHU ) at the State Senior high school throughout the District Bojonegoro 2015 , ( 2 ) To reveal the role of the teacher of Physical Education , Sport and Health in the implementation of the School Health Unit ( SHU ) at the State Senior high school throughout the District Bojonegoro 2015. This type of research is non experiment with quantitative approach . This study is a population for which the respondent is the entire population of the State senior high school throughout the District of Bojonegoro . The instrument used in this study is the questionnaire . Data were analyzed using percentage , mean , and standard deviation. The results obtained from the school health observation sheet , strata which are met from three main programs namely school health efforts on health education , from 2 to 4 school the optimal stratified schools and 2 schools stratified plenary . Health Services , from 4 schools 1 school stratified optimal. 1 schools stratified standard , and 2 schools bersetrata minimal . Fostering a healthy school environment , 2 schools , 1 school occupies the strata standard , one school kept minimal strata . Results of the questionnaire counting of teachers of Physical Education , Sport and Health , 4 teachers have been instrumental in the implementation of the SHU and 6 teachers are very instrumental in the implementation of the SHU . With a value of 126 , an average of 12 , standard deviation of 1.7 and 2.9 variants. From these data it can be concluded that the implementation of the school health program in the State Senior high school districts throughout Bojonegoro good , because all the schools conducting SHU and most schools berstrat standard . For the role of the teacher of Physical Education , Sport and Health should be more active in teaching health education in schools Keywords : School Health Unit ( SHU ) , The Role of Physical Education Teachers.
PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DI SEKOLAH FULL DAY DAN SEKOLAH REGULER (STUDI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR THE NAFF DAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BALONGGABUS DI KABUPATEN SIDOARJO) MUFTI WIRAWAN, HANIF
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol 4, No 1 (2016): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016
Publisher : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pentingnya kebugaran jasmani siswa sangat mempengaruhi pola pikir dan kecerdasan siswa, Selain itu padatnya kegiatan sekolah juga menentukan kebugaran jasmani siswa dalam sekolah itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara siswa sekolah full day kelas IV Sekolah Dasar The Naff dengan siswa sekolah reguler kelas IV Sekolah Dasar Negeri Balonggabus di Kabupaten Sidoarjo, dan sekolah mana yang lebih baik tingkat kebugaran jasmaninya.   Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan perbandingan atau komparatif, yaitu tidak adanya perlakuan pada kelompok subyek tersebut. Sasaran penelitian ini adalah siswa  kelas IV sekolah Full day yaitu Sekolah Dasar The Naff  dan Sekolah Dasar Reguler yaitu Sekolah Dasar Negeri  Balonggabus, Besar populasi sebanyak 66 siswa yaitu 30 siswa untuk Sekolah Dasar  The Naff  dan 36 siswa untuk Sekolah Dasar Negeri Balonggabus. Instrumen yang digunakan adalah tes MFT (Multistage Fitness Test). Teknik analisis data menggunakan Uji-T (Indenpendent Sample T-Test) dengan  dibantu menggunakan Program SPSS (Statistical Package For Social Science) dengan tingkat kepercayaan 95%. Dari data yang terkumpul, diolah dan dianalisa, menunjukkan nilai p = 0,000 (p < 0,05) artinya ada perbedaan yang signifikan tingkat kebugaran jasmani siswa antara siswa kelas IV Sekolah Dasar The Naff sebesar 30.6300 dan Sekolah Dasar Negeri  Balong Gabus sebesar 28.1167 di Kabupaten Sidoarjo. Kesimpulan dalam penelitian ini, yaitu terdapat perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara siswa full day kelas IV Sekolah Dasar The Naff dengan siswa reguler kelas IV Sekolah Dasar Negeri Balonggabus. Tingkat kebugaran jasmani yang lebih baik adalah siswa full day Sekolah Dasar The Naff dengan Sig2 tailed sebesar 0,106 > 0,05 Kata kunci : Kebugaran Jasmani, Sekolah Reguler dan Sekolah Full Day Abstract The important of the student physical health influences the way of thinking and intelegence of the students, in the other side the full of scholl activities determine the physical of the students themselves. The purpose of this research is to know the difference of the physical health level between 4th grade elementary student at The Naff full day elementary school and Balonggabus regular elementary school state in Kabupaten Sidoarjo,and which school is better about the physical health from thoose elementary school. This research is quantitative research which uses comparative approach that there is no special treatment to the subject. The objective of this research are 4 grade elementary student SD The Naff full day school and 4th grade SDN Balonggabus Regular School. The population of this research are 66 students, 30 students are from The Naff elementary school and 36 are from students  Balonggabus elementary school state. The instruments which are used in this research are MFT ( Multistage Fitness Test) data analyz technique with uses T-tes (Independent Sample T-test) and SPSS program (Statistical Package For Social Science) with trust level 95%. From data collcted processed and analyzed, the research shows that p = 0,000(p < 0,05) it means there some significant defference between 4th grade SD The Naff Full Day school and grade SDN Balong Gabus regular school Kabupaten Sidoarjo. The conclusion of this research is there are some difference achivment about physical health of the students between 4th Elementary School of The Naff and Elementary School state of Balonggabus Sidoarjo. The physical health of student the Naff full day school better than Balonggabus reguler school with Sig2 tailed  0,106 > 0,05   Keywords : Physical Health, Regular School and Full Day School
MODIFIKASI PERMAINAN LARI ESTAFET UNTUK MENINGKATKAN GERAK DASAR MANIPULATIF ANAK TUNAGRAHITA RINGAN (STUDI PADA SDLB MERDEKA KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO) ARDIYANSYAH, WAHYU
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol 4, No 1 (2016): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016
Publisher : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (STUDI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CANDI SIDOARJO) ARIF, MUHAMMAD
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol 4, No 1 (2016): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016
Publisher : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) merupakan bagian dari pendidikan manusia Indonesia seutuhnya. Pendidikan jasmani di sekolah mempunyai arti penting dari pendidikan keseluruhan, untuk mempunyai tujuan tersebut maka pengajaran PJOK memanfaatkan aktivitas jasmani sebagai sarana utama gerak. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk  mengetahui apakah ada pengaruh penerapan modifikasi bolavoli terhadap efektivitas pembelajaran PJOK, 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan modifikasi terhadap efektivitas pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian one group pretest – post test design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling, karena sampel yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1. Kuisioner FCE (Formative Class Evaluation), 2. Lembar Observasi Kelas Dikjasor. Hasil penelitian yang diperoleh dari lembar kuisioner FCE (Formative Class Evaluation) pada saat pertemuan pertama (pre-test) mendapatkan hasil sebesar 2,66%, sedangkan pada pertemuan ketiga (post-test) mendapatkan hasil sebesar 2,90%. Dari hasil pre-test dan post-test terjadi peningkatan sebesar 9,02%. Sedangkan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon mendapatkan hasil Zhitung -3,857  nilai Ztabel -1,96 dengan taraf signifikansi 0,05 (5%). Dan dari hasil lembar observasi kelas dikjasor juga menunjukan bahwa nilai akhir dari pertemuan kedua saat pemberian perlakuan (treatmen) pertama sebesar 80,8% mengalami peningkatan pada pertemuan ketiga saat pemberian perlakuan (treatment) kedua menjadi 92,6% dengan kategori baik sekali.  Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan modifikasi permainan bolavoli terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo. Penerapan modifikasi permainan bolavoli berpengaruh sebesar 9,02% terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo. Kata Kunci : Modifikasi, pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Abstract Sport and health education is part of the Indonesian education. In school, sport education has essential role from the whole education. In order to fulfill that purpose, sport and health education use sport as the media. The aim of this study is 1. To determine whether there is influence the application of learning volleyball modification of the effectiveness of learning PJOK, 2. To determine how much influence the implementation of modifications to the learning effectiveness PJOK learning in class VIII SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo. This type of research is a quasi experimental research with a quantitative approach to research design one group pretest - post test design. The sampling technique used in this study is a cluster random sampling, as samples were randomly selected. The instrument used in this study were 1. Questionnaires FCE (Class Formative Evaluation), 2. Classroom Observation Sheet Dikjasor. The result from questioner Formative Class Evaluation in the first meeting (pre-test) amounted to 2,66%, while at the third meeting (post-test) get the result of 2,90%. From result of pre-test an post-testthere is an increase of 9,02%. While the result of the hypothesis test of using Wilcoxon test, can be obtained the result value Zcount-3,857 value Ztable -1,96 with the level of significance 5% (0,05) and from the result of the observation class dikjasor also indicated that the end of the second meeting while giving first treatment of 80,8% rise in the third meeting while giving second treatment being 92,6% in category of very good. From the data, it can be concluded that there is a significance influence from the  implementation of volley ball modification learning to the effectiveness of learning physical education, sport and health in SMPN 2 Candi Sidoarjo. The implementation of volley ball modification learning is 9,02% towards effectiveness of learning physical education, sport and health in SMPN 2 Candi Sidoarjo. Keywords : modification, of learning physical education, sport and health
PERBANDINGAN KESEHATAN PRIBADI SISWA SDN DI KOTA DENGAN MI DI DESA (STUDI PADA SISWA KELAS VI SD MODEL TERPADU BOJONEGORO DAN MI MUHAMADIYAH 18 SUMBERREJO) SYAIFUDDIN, ACHMAD
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol 4, No 1 (2016): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016
Publisher : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Masa sekolah dasar ialah merupakan masa siswa mengalami perkembangan. Peran guru sebagai pihak yang berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan siswa harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi upaya untuk mengoptimalkan peningkatan kesehatan pribadi siswa. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah lingkungan, dikarenakan di setiap daerah mempunyai lingkungan yang berbeda-beda, sehingga lingkungan mempunyai peran dalam pengaruh kesehatan pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kesehatan pribadi siswa kelas 4 SD Model Terpadu Bojonegoro di kota dengan siswa kelas 4 MI Muhamadiyah 18 Sumberrejo di desa. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan menggunakan metode eks-post-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Model Terpadu Bojonegoro dan siswa MI Muhamadiyah 18 Sumberrejo. Penelitian ini menggunakan teknik purposive random sample atau sampel acak bertujuan, yang mengambil sampel kelas 4 saja. Teknik analisa yang digunakan dalam peneltian ini adalah t test. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata nilai kesehatan pribadi siswa kelas 4 SD Model Terpadu Bojonegoro sebesar 84.463 dengan standar deviasi 6.8616. Sedangkan pada MI Muhamadiyah 18 Sumberrejo didapat nilai rata-rata 70.955 dengan standar deviasi 10.8680. Dengan perhitungan melalui program statistical program for social science (SPSS) for windows evaluation 18.0. Berdasarkan hasil dari uji-t 2 kelompok berbeda yaitu diperoleh hasil keseluruhan dengan signifikan 0,0001, dengan nilai t -6.874 dan selisih mean antara SDN di kota dan MI di desa adalah 13,508. Karna nilai signifikan < α 0,05 maka Ha diterima. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang bermakna antara kesehatan pribadi siswa SDN di kota dengan MI di desa dan kondisi kesehatan pribadi siswa SDN di kota yang lebih baik.    Kata Kunci : Kesehatan Pribadi, di kota, dan di desa Abstract Moments in elementary school are the moments where students gained their fundamental development. Teachers, who have important role in giving influence to the students’ development, have to pay a very great attention to factors which are potential to affect the students’ personal hygiene, so that the students can get a maximum development in their personal hygiene. Factors which need to be noticed are the environment. Therefore there is possibility of differences in their personal hygiene. The purpose of this research is to know the difference of the basic movement ability between the fourth grade students of Model Terpadu State Elementary School in the urban area of Bojonegoro with the other fourth grade student of Muhamadiyah 18 Sumberrejo Islamic School in the sub-urb area of Bojonegoro. This is a non-experiment research which uses ex-post-facto method. The population of this reseach is tdudents of Model Terpadu state elementary school Bojonegoro and Muhamadiyah 18 Sumberrejo state islamic school Bojonegoro. This research uses purposive random sample, which takes the sample of the fourth grade students only. Data analysis technique which is used in this research is t-test. Based on the result of the research, it is known that the average score for the personal hygiene of the fourth grade students of Model Terpadu Bojonegoro State Elementary School is  84.463 with the deviation standart of 6.8616. While, the average score for the personal hygiene of the fourth grade students of Muhamadiyah 18 Sumberrejo State Elementary School is 70.955 with the deviation standart of 10.8680. By using 18 statistic program, statistical program for social science (SPSS), It is known that the tcalculation for two difference group is result with significant 0,0001 with t value -6.874 and mean difference between elementary school in the urban and sub-urb school is 13,508. Because significant value is < α 0,05 Therefore Ha is accepted. In conclusion there are significant difference between the personal hygiene of student in the urban and sub-urb school and condition of personal hygiene more than better student in the urban school. Keywords : Personal Hygience, Urban area, Sub-urb area
PERBANDINGAN TINGKAT PERCAYA DIRI MAHASISWA YANG MENGIKUTI PENCAK SILAT DALAM KATEGORI LAGA DAN KATEGORI SENI (STUDI PADA UKM PENCAK SILAT TAPAK SUCI UNESA) STYO PERTIWI, RANDY
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol 4, No 1 (2016): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016
Publisher : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Rasa percaya merupakan hal yang penting dalam setiap diri seseorang untuk melakukan segala hal apapun yang bertujuan untuk  mencapai suatu keberhasilan yang diinginkan, selain itu sangatlah dibutuhkan untuk kehidupan bermasyarakat dalam bersosialisasi dan menyesuaikan diri di dalam lingkungan masing – masing individu. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) adalah ekstrakurikuler yang mengajarkan tentang berbagai hal serta membimbing dalam mengembangkan bakat, minat, keterampilan yang dimiliki oleh seseorang yang mengikuti kegiatan tersebut dengan nilai – nilai kepribadian yang positif. UKM pencak silat tapak suci, salah satu UKM di UNESA, dapat membantu dalam meningkatkan percaya diri mahasiswa yang mengikuti dan terjun langsung dalam latihan maupun pertandingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat percaya diri mahasiswa yang mengikuti pencak silat dalam kategori laga dan kategori seni pada UKM pencak silat tapak suci UNESA. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen melalui pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 14 mahasiswa yang mengikuti pencak silat  dalam kategori lagaberjumlah 7 mahasiswa dan kategori seni berjumlah 7 mahasiswa pada UKM pencak silat tapak suci UNESA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket / kuisioner. Sedangkan untuk menganalisis data dalam penelitian ini ialah menggunakan uji beda (t – test). Berdasarkan hasil perhitungan diketahui nilai rata – rata (mean) untuk mahasiswa yang mengikuti pencak silat dalam kategori laga sebesar 98,71 dengan standar deviasi 7,29. Sedangkan untuk mahasiswa yang mengikuti pencak silat dalam kategori seni nilai rata – rata (mean) sebesar 104,571 dengan standar deviasi sebesar 3,551. Kemudian untuk nilai signifikan variabel adalah – 1,910 dan lebih besar dari £ 0,05. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna antara tingkat percaya diri mahasiswa yang mengikuti pencak silat dalam kategori laga dan kategori seni pada UKM pencak silat tapak suci UNESA. Kata Kunci : Percaya Diri, Unit Kegiatan Mahasiswa, Pencak Silat. Abstract Confidence is important for everyone who carries out everything to achieve a demanded success as well as to socialize and adapt in an environment  in society life. UKM (the unit of students Activy) is an extracurricular which teaches students various things and guide students, who join these activities, in developing their talents, interests, and skills with positive personality values. Tapak Suci martial arts is one of the students activity units which can help students to improve their confidence who join and directly involve in training and matches. The purpose of this study was to determine differences in the level of students’ confidence who joined martial arts between fight and arts category in students activity unit of Tapak Suci martial arts in UNESA. This qualitative research used non-experimental approach with experiments design. The population were 14 students, consisting of 7 students in arts the category and 7 students in fight category in students activity unit of Tapak Suci martial arts in UNESA. The data were collected by using questionnaires and analyzed by using t - test. The result showed that the average value (mean) of students who joined fight category was 98.71 with a standard deviation of 7.29. and those that joined arts category was 104.571 with a standard deviation of 3.551. Then for the significant value of the variable was - 1.910 and greater than £ 0.05. Therefore, it can be concluded that there is no significant difference between the level of students’ confidence who join martial arts in fight and arts category in students activity unit of Tapak Suci martial arts in UNESA Keywords: Confidence, Student Activity Unit, Martial Arts
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (STUDI PADA SISWA PUTRA KELAS VII SMP NEGERI 1 BALONGPANGGANG GRESIK) PRASTYO KURNIAWAN, ADI
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol 4, No 1 (2016): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016
Publisher : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 109 | Total Record : 1082