cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajemen Informatika
  • jurnal-manajemen-informatika
  • Website
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 165 Documents
KESESUAIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKADU) TERHADAP TUGAS AKADEMIK DOSEN GENERASI BABY BOOMERS Sari, Novita Lia
Jurnal Manajemen Informatika Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh kesesuaian SIAKADU pada tugas terhadap kinerja individu dosen. Model penelitian yang digunakan yaitu model penelitian kesesuaian teknologi pada tugas (task technology fit) yang dikembangkan oleh Goodhue &Thompson tahun 1995 yang dikombinasikan dengan variabel kebiasaan penggunaan (habitual use) yang dikembangkan oleh Chung tahun 2015. Variabel-variabel yang digunakan yaitu karakteristik tugas, karakteristik teknologi, karakteristik individu, kesesuaian teknologi pada tugas, penggunaan, kebiasaan penggunaan, faktor internal, faktor eksternal dan dampak kinerja. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Surabaya pada bulan Maret sampai bulan Juli 2019. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada 54 dosen dari generasi baby boomers yang menggunakan SIAKADU dari berbagai jurusan. Data hasil kuesioner dianalisis dengan teknik analisis data Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS. Penelitian ini menghasilkan 4 hipotesis diterima dan 5 hipotesis ditolak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi PPTI sebagai bahan evaluasi/masukan dalam mengambil kebijakan terkait pengembangan kualitas  sistem informasi akademik. Kata Kunci: Kesesuaian Teknologi pada Tugas, Sistem Informasi Akademik, Kinerja Individu
PEMILIHAN METODE RISK ASSESSMENT PADA UPT-TIK DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) Azizah, Masyaratul
Jurnal Manajemen Informatika Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk melakukan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya risiko di dalam suatau Peguruan Tinggi maka, perlu dilakukan adanya manajemen  risiko. Saat ini manajemen risiko semakin flexible. Dimana lembaga dan instansi termasuk perguruan tinggi dapat memilih metode penilaian risiko dan tools yang beragam dan dapat disesuaikan dengan fokus dan kebutuhan.  Walaupun begitu, banyaknya metode penilaian risiko tersebut menyebabkan perguruan tinggi kesulitan dalam menentukan metode mana yang paling sesuai. Metode pemilihan penilaian risiko yang digunakan pada penelitian ini adalah metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Metode AHP merupakan sebuah metode yang dapat membantu memecahkan persoalan yang kompleks dengan membentuk struktur hirarki untuk dapat mengembangkan bobot atau prioritas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode penilaian risiko yang sesuai pada UPT-TIK di Perguruan Tinggi wilayah kota Surabaya. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan 2 cara yaitu secara manual menggunakan metode AHP dan software menggunakan expert choice. Hasil dari penelitian ini adalah prioritas utama dimiliki oleh metode MAGERIT dengan nilai bobot sebesar 0.146 atau 14.60%, prioritas kedua dimiliki oleh Metode Mehari dengan nilai bobot sebesar 0.119 atau 11.90% prioritas ketiga dimiliki oleh metode EBIOS dengan nilai bobot sebesar 0.117 atau 11.70%.Kata Kunci: Analytical Hierarchy Process, AHP, Risk Assessment, Perguruan Tinggi
RANCANG BANGUN GAME EDUKASI BELAJAR AKSARA DAN TATA KRAMA BAHASA JAWA UNTUK SD KELAS 4 BERBASIS ANDROID Adenansyah, Fanandia Mochamad
Jurnal Manajemen Informatika Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi di era globalisasi ini, merupakan suatu hal yang digunakan untuk mempermudah semua kebutuhan. Begitu juga halnya dengan media pembelajaran, di jaman sekarang banyak dikenalkan metode pembelajaran yang unik melalui game dengan tema edukasi. Game edukasi adalah game yang dikemas dengan didalamnya terdapat materi pembelajaran. Bahasa Jawa, diajarkan mulai dari kecil, dan masih digunakan hingga sekarang dan menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah. Sayangnya pembelajaran Bahasa Jawa sangat sulit untuk dilakukan dijaman sekarang, permasalahan timbul mulai dari lingkungan dan orang tua yang jarang menggunakan bahasa ini sehari-hari. Oleh karenanya, game ini diharapkan untuk memberi kemudahan pembelajaran materi aksara dan tata krama Bahasa Jawa yang dibentuk dalam sebuah permainan menggunakan sebuah media objek gambar yang menarik, juga suara sebagai pelengkap perangsang minat belajar anak. Game ini juga dilakukan pengujian melalui kuesioner untuk menguji kelayakan lewat ahli media pada guru, dan uji kemajuan minat belajar dari murid, yang didapatkan hasil dari ahli media sebesar 90,1% dan uji minat sebesar 88,1%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa implementasi dari game ini layak digunakan sebagai media pembelajaran aksara dan tata krama bahasa jawa. Kata kunci: media pembejalaran, game edukasi, aksara, tata krama, bahasa jawa.
RANCANG BANGUN SIMDEPAD (SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI PERKEMBANGAN ANAK DISABLITAS) BERBASIS WEB RIZKY MAULIDY, FAHMI
Jurnal Manajemen Informatika Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tumbuh kembang ABK (anak berkebutuhan khusus) cenderung fluktuatif menyebabkan perawatan ABK membutuhkan MONEV (Monitoring dan Evaluasi) untuk perkembangan kedepan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis melakukan analisis sistem manual yang ada di Sanggar ABK Anak Cerdas sebagai pedoman pembuatan rancang bangun SIMDEPAD (Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Perkembangan Anak Disablitas) berbasis web. SIMDEPAD diimplementasikan menggunakan Laravel sebagai framework yang mempermudah perkembangan kedepan, Lumen sebagai RESTful API yang mempercepat pemuatan data dan pertukaran data dengan aplikasi lain, JWT (JSON Web Token) sebagai autentikasi keamanan hak akses, dan MySQL sebagai database penyimpanan data. Hasil dari implementasi digunakan untuk menyesuaikan kebutuhan peserta didik ABK dengan jadwal pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan Sanggar ABK Anak Cerdas, pengumpulan data monitoring pendamping dalam periode perbulan, hasil report evaluasi perbulan, dan penyampaian tumbuh kembang anak ke orang tua. Dengan adanya SIMDEPAD, MONEV anak-anak dengan kebutuhan khusus akan didukung dan menjadi lebih mudah, terutama di Sanggar ABK Anak Cerdas.
RANCANG BANGUN APLIKASI DIGITAL CREATIVE SERVICE RABBIT MEDIA BERBASIS WEB (STUDI KASUS:RABBIT MEDIA) ALFIN NASRUL HUDA, MOCHAMMAD
Jurnal Manajemen Informatika Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil riset APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 sebanyak 143,26 juta jiwa. Berdasarkan data tersebut mendorong pelaku usaha untuk beralih ke internet dalam mengembangkan usahanya. Rabbit media adalah salah satu badang usaha dalam bidang industri kreatif yang masih belum memanfaatkan perkembangan internet dengan maksimal. Maka dibuatlah aplikasi berbasis website pada penelitian ini. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode SDLC waterfall yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap analisis kebutuhan dan sistem lama, tahap perancangan sistem baru, tahap implentasi dan pengujian. Pembuatan website ini menggunakan framework laravel dan database MySQL. Hasil dari perancangan ini yaitu aplikasi digital creative rabbit media berbasis web yang diharapkan dapat mempermudah konsumen dalam memesan dan mempermudah pemilik usaha dalam mengelola layanan yang disediakan.
RANCANG BANGUN APLIKASI PAPERLESS OFFICE BERBASIS WEB SEBAGAI SISTEM PENGOLAHAN DAN PENCATATAN DATA MENGGUNAKAN RESTFUL API (STUDI KASUS : QIS (YASASAN QUALI INTERNATIONAL SURABAYA)) THORIQUL FALAHI, M.
Jurnal Manajemen Informatika Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi informasi telah berkembang menjadi teknologi yang banyak dimanfaatkan untuk mempermudah berbagai perkerjaan yang ada pada seluruh lapisan masyarakat, termasuk salah satunya yaitu pencatatan suatu data. Pencatatan suatu data akan menjadi lebih mudah apabila telah menggunakan bantuan teknologi informasi, namun pada kenyataanya masih banyak Lembaga atau institusi yang masih menggunakan cara lama yaitu pencatatan data secara manual pada buku dimana hal tersebut terjadi pada subjek penelitian ini yaitu Yayasan Quali International Surabaya. Tentunya hal tersebut masih sangat tidak efektif mengingat canggihnya teknologi yang ada pada era sekarang. Berangkat dari hal tersebut, maka langkah yang diambil adalah membuat rancang bangun aplikasi paperless office berbasis website menggunakan framework Laravel dan RESTful API sebagai sistem pencatatan data yang juga dapat mengambil data dari website Lembaga. Aplikasi paperless office dibuat menggunakan metode prototype yang memiliki beberapa tahapan proses pembuatan aplikasi berupa pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, dan menguji sistem. Beberapa tahapan pada metode prototype dapat berlangsung beberapa kali berdasarkan kesesuaian hasil yang diinginkan pada setiap tahapan. Dengan adanya aplikasi paperless office, proses pengolahan dan pencatatan data pada Yayasan Quali International Surabaya menjadi lebih terpusat pada satu aplikasi berbasis website yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.Technology of information has been developed into a valuable technology that is widely used to facilitate various jobs that exist in all levels of society, including data recording. The process of data recording will be easier if technology of information applied. But in fact there are still many institutions using the old method, in which the data are still manually recorded on books. The manual data recording occurs in the subject of this research, Surabaya Quali International Foundation. Indeed, it is still very ineffective since technology has already elevated sophisticatedly in the present era. Hence, the steps taken are to make a website-based paperless office application design using the laravel framework and RESTful API as the system of data recording that can also retrieve data from the Institutional website. The paperless office application is made using the prototype method which has certain stages of the application making process. They are gathering needs, building prototypes, and testing the system. Stage in the prototype method can take several times based on the suitability of the achieved results at each stage. Using the paperless office application, the processing and recording of data at Surabaya Quali International Foundation becomes more centralized on a website-based application that can be accessed anywhere, and anytime.
RANCANG BANGUN APLIKASI PAPERLESS OFFICE BERBASIS WEB SEBAGAI SISTEM PENGOLAHAN DAN PENCATATAN DATA MENGGUNAKAN RESTFUL API (STUDI KASUS : QIS (YASASAN QUALI INTERNATIONAL SURABAYA)) THORIQUL FALAHI, M.
Jurnal Manajemen Informatika Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi informasi telah berkembang menjadi teknologi yang banyak dimanfaatkan untuk mempermudah berbagai perkerjaan yang ada pada seluruh lapisan masyarakat, termasuk salah satunya yaitu pencatatan suatu data. Pencatatan suatu data akan menjadi lebih mudah apabila telah menggunakan bantuan teknologi informasi, namun pada kenyataanya masih banyak Lembaga atau institusi yang masih menggunakan cara lama yaitu pencatatan data secara manual pada buku dimana hal tersebut terjadi pada subjek penelitian ini yaitu Yayasan Quali International Surabaya. Tentunya hal tersebut masih sangat tidak efektif mengingat canggihnya teknologi yang ada pada era sekarang. Berangkat dari hal tersebut, maka langkah yang diambil adalah membuat rancang bangun aplikasi paperless office berbasis website menggunakan framework Laravel dan RESTful API sebagai sistem pencatatan data yang juga dapat mengambil data dari website Lembaga. Aplikasi paperless office dibuat menggunakan metode prototype yang memiliki beberapa tahapan proses pembuatan aplikasi berupa pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, dan menguji sistem. Beberapa tahapan pada metode prototype dapat berlangsung beberapa kali berdasarkan kesesuaian hasil yang diinginkan pada setiap tahapan. Dengan adanya aplikasi paperless office, proses pengolahan dan pencatatan data pada Yayasan Quali International Surabaya menjadi lebih terpusat pada satu aplikasi berbasis website yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.Technology of information has been developed into a valuable technology that is widely used to facilitate various jobs that exist in all levels of society, including data recording. The process of data recording will be easier if technology of information applied. But in fact there are still many institutions using the old method, in which the data are still manually recorded on books. The manual data recording occurs in the subject of this research, Surabaya Quali International Foundation. Indeed, it is still very ineffective since technology has already elevated sophisticatedly in the present era. Hence, the steps taken are to make a website-based paperless office application design using the laravel framework and RESTful API as the system of data recording that can also retrieve data from the Institutional website. The paperless office application is made using the prototype method which has certain stages of the application making process. They are gathering needs, building prototypes, and testing the system. Stage in the prototype method can take several times based on the suitability of the achieved results at each stage. Using the paperless office application, the processing and recording of data at Surabaya Quali International Foundation becomes more centralized on a website-based application that can be accessed anywhere, and anytime.
PEMBUATAN APLIKASI USULAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA BERBASIS WEB AKBAR PRIAMBODO, MUHAMMAD
Jurnal Manajemen Informatika Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan pembangunan desa merupakan proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa dengan masyarakat dalam rangka mencapai tujuan pembangunan desa. Dengan adanya kemajuan teknologi dapat menunjang kegiatan Usulan Perencanaan Kegiatan Pembangunan Desa. Permasalahan yang ada saat ini masih banyak desa yang melaporkan hasil RKP Desa dengan sistem manual. Analisis sistem dilakukan dengan cara menguraikan suatu sistem utuh kedalam bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan yang akan ditemukan kelemahan dan kelebihan pada sistem tersebut. Dari Aplikasi APEDA ini diharapkan dapat lebih dapat mempermudah kegiatan perancangan RKP Desa di suatu desa hingga tervalidasi oleh pihak Kabupaten.
ANALISIS KESESUAIAN TEKNOLOGI PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT PADA APLIKASI OVO Puspita, Yuanita Candra
Jurnal Manajemen Informatika Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Digital payment merupakan teknologi yang memberikan pandangan baru bagi masyarakat tentang pembayarang non?tunai yang jauh  lebih praktis, efisien dan aman dalam setiap bertransaksi. Sebagian orang mengenal digital payment sebagai dompet digital atau uang ponsel  yang bisa digunakan membayar berbagai transaksi yang telah tersedia. Salah satu aplikasi yang mendukung adanya teknologi ini adalah OVO. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Task Technology Fit dan dikombinasikan dengan salah satu variabel dari Technology Acceptance Model (TAM) yaitu perceived usefulness. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesesuaian tugas teknologi digital payment terhadap masyarakat umum yang menggunakan aplikasi OVO. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner secara offline dan online sebanyak ±?551 responden. Responden tersebut terdiri dari masyarakat umum yang menggunakan aplikasi OVO. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software SMARTPLS. Kata Kunci : Digital Payment, Task Technology Fit, Perceived Usefulness.
SISTEM INFORMASI KELULUSAN DAN KRIPTOGRAFI IJASAH PADA LEMBAGA PENDIDIKAN PENERBANGAN Ramadhan, Kevin Andhika
Jurnal Manajemen Informatika Vol 9, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem informasi merupakan suatu sistem yang berisi kumpulan data yang akan diolah menjadi suatu informasi yang nantinya dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk tujuan tertentu maupun dalam menunjang proses pengambilan keputusan. Sedangkan keamanan informasi merupakan proses pengamanan data atau informasi dari upaya penyalahgunaan agar data atau informasi yang merupakan salah satu asset suatu organisasi dapat terjaga dan tidak digunakan oleh pihak lain tanpa ijin. Dalam pelaksanaannya salah satu lembaga pendidikan penerbangan di Sidoarjo melakukan aktifitas administrasi layanan kelulusan masih dilakukan dengan manual. Adapun system yang digunakan hanya berupa pemanfaatan Microsoft office. Sehingga dirasa sangat kurang efektif dan efisien dalam pelaksanaan pelayanannya. Selain itu tidak terdapat upaya pengamanan ataupun validasi ijazah yang dikeluarkan oleh lembaga tersebut juga membuat dokuen ijazah yang dikeluarkan sangat beresiko terhadap penyalahgunaan, pemalsuan, maupun penggandaan. Sehingga perlu adanya pengamanan dokumen sertifikat untuk menghidari penyalahgunaan tersebut. Untuk itu dibangun sebuah system informasi kelulusan dan pengamanan ijazah pada Lembaga Pendidikan penerbangan di Sidoarjo. Dalam pelaksanaannya system ini dibangun berbasis wesite dan mobile application untuk membantu sekolah melakukan pelayanan administrasi kelulusan dan melakukan validasi ijazah. Sedangkan upaya pengamanan ijazah dilakukan dengan membuat QR Code pada ijazah dengan menggunakan kriptografi agar QR Code yang ada pada ijazah tidak mudah dipalsukan. Diharapkan dengan adanya system informasi elulusan dan pengamanan ijazah sekolah akan lebih mudah melakukan pelayanan administrasi kelulusan dan ijazah yang dikeluarkan terjamin keamanannya sehingga tidak mudah disalahgunakan. Kata Kunci : Sistem Informasi Kelulusan, Keamanan informasi, QR Code, Ijasah.

Page 1 of 17 | Total Record : 165