cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP)
ISSN : 23389621     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa di bidang Pendidikan Administrasi Perkantoran berupa penelitian dasar, perencanaan, perancangan, dan studi pengembangan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Ejournal.unesa.ac.id hadir untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai macam jurnal tentang ilmu Ekonomi. Dalam situs Jurnal ini anda dapat menemukan berbagai macam jurnal dalam bentuk PDF. Jurnal JPAP terbit secara berkala setiap 4 bulan sekali.
Arjuna Subject : -
Articles 220 Documents
PENGARUH PERSON ORGANIZATION FIT TERHADAP MOTIVASI  DAN KINERJA KARYAWAN PADA KARYAWAN PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR (BANK JATIM) CABANG LAMONGAN INTAN PRAMESTI, ANNUR
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konsep hubungan person organization fit dengan motivasi dan kinerja karyawan sangat penting karena berkaitan dengan perannya dalam pencapaian kesuksesan suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara person organization fit dengan motivasi dan kinerja karyawan. Penelitian dilakukan pada karyawan PT. Bank Jatim Cabang Lamongan dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 120 responden. Alat pengumpul data berupa kuisioner dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tehnik statistik regresi sederhana dengan bantuan program SPSS versi 17. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana terdapat hubungan yang positif antara person organization fit terhadap motivasi karyawan. Hal ini menunjukkan person organization fit  berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi karyawan, sehingga adanya person organization fit akan meningkatkan motivasi karyawan. Begitu juga dengan hasil analisis pengaruh person organization fit terhadap kinerja karyawan, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara person organization fit terhadap kinerja karyawan. Dengan demikian hipotesis yang menduga bahwa person organization fit mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi dan kinerja karyawan dapat diterima. Kata kunci : person organization fit, motivasi, kinerja
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA KOMPETENSI DASAR MENGOPERASIKAN PERALATAN PERKANTORAN PADA MESIN KETIK MANUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X APK 3 DI SMK PAWIYATAN SURABAYA BUDI PARAMITA, APRILIA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru selama kegiatan belajar mengajar mata pelajaran dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar Mengoperasikan Peralatan Perkantoran pada Mesin Ketik Manual, bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti mata pelajaran dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar Mengoperasikan Peralatan Perkantoran pada Mesin Ketik Manual, bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti mata pelajaran dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar Mengoperasikan Peralatan Perkantoran pada Mesin Ketik Manual. Sasaran dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Pawiyatan Surabaya. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian tindakan yang terdiri dari empat langkah meliputi perencanaan, tindakan, refleksi, dan revisi yang dilaksanakan dalam dua putaran. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, dokumentar, dan pengamatan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK 3 SMK Pawiyatan. Dimana untuk penerapan model pembelajaran langsung pada tiap siklus mengalami peningkatan yang sangat baik dimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran langsung sangat baik dan siswa sudah sangat baik pula dalam proses pembelajaran.   Kata Kunci : Model pembelajaran langsung, hasil belajar
PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENGELOLA PERALATAN KANTOR DI KELAS X APK-1 SMKN 1 BOJONEGORO JALMAV, MEIRLYN
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa kelas X APK 1 SMK N 1 Bojonegoro tahun ajaran 2011/2012 dalam penerapan contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada mata diklat mengelola peralatan kantor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitiannya siswa kelas X APK 1. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus setelah melakukan penilitian dan menganalisisnya maka di peroleh kesimpulan sebagai berikut: nilai rata-rata aktivitas guru pada tiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 2,07 pada siklus II nilai rata-rata sebesar 3.00 sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa di tiap siklusnya mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 2,15 pada siklus II nilai rata-rata sebesar 3,00. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 15% pada siklus II sebesar 84%. Keywords: contextual teaching and learning (CTL), model pembelajaran langsung
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR BERKOMUNIKASI (STUDI PADA SISWA DI SMKN 4 SURABAYA) EKA JUWITANINGRUM, NUR
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACK   Based on preliminary studies researchers in selecting a class XI Apk I SMK Negeri 4 Surabaya because the lack of student motivation in learning, demonstrated by some students who arrive late, students who played the phone, chatting with other young students, there are students who come late, interaction between teachers and students and the reverse is also one student to another student minimal, and student learning outcomes is low. Based on the research it is known that an increase in learning outcomes at each meeting and any material. It can be seen from the results of student learning to accept incoming calls on the material I encounter an average value of 2.4. At the second meeting of the average value of 3. While the material did call out the third meeting of the average value of 2.5. the fourth meeting of the average value of 4. Students with hands-on learning models are trained with the skills to practice, so that students easily understand and grasp the material. So that the value at each meeting has increased. As for the motivation of students based on research conducted that students experienced an increase in motivation to learn. This is evidenced by the number choices of students who get the percentage of 80-90%. So the model of direct instruction can improve student motivation. So it can be concluded that the model of direct instruction to improve student motivation and students can apply in everyday life. Keywords: learning outcomes, student motivation, direct instruction. Berdasarkan studi pendahuluan peneliti dalam memilih kelas XI Apk I SMK Negeri 4 Surabaya karena yaitu kurangnya motivasi siswa dalam belajar, ditunjukkan dengan ada beberapa siswa yang datang terlambat, siswa yang memainkan ponsel, siswa ngobrol dengan siswa lainnya, masih ada siswa yang datang terlambat, interaksi antara guru dengan siswa dan sebaliknya juga satu siswa kepada siswa yang lainnya minim,dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada tiap pertemuan dan setiap materi. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa untuk materi menerima telepon masuk pada pertemuan I rata-rata nilai sebesar 2,4. Pada pertemuan  II rata-rata nilai sebesar 3.  Sedangkan pada materi melakukan telepon keluar  pada pertemuan III  rata-rata nilai sebesar 2,5. pada pertemuan IV  rata-rata nilai sebesar 4. Dengan model pembelajaran langsung siswa dilatih dengan keterampilan untuk praktek, sehingga siswa mudah memahami dan menangkap materi. Sehingga nilai pada setiap pertemuan mengalami peningkatan. Sedangkan untuk motivasi siswa berdasarkan pada penelitian yang dilakukan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam motivasi belajar. Hal ini terbukti dengan banyaknya pilihan siswa yang mendapatkan prosentase sebesar 75-90%. Jadi dengan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan motivasi siswa. Kata kunci : hasil belajar, motivasi siswa, pembelajaran langsung.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA DIKLAT MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PELANGGAN FEBRIKA WULANDARI, DINI
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT The study intends to examine the learning and teaching activities of the teacher in providing service to customers using Direct Instruction (DI) to find out the students learning outcome, and the teacher activities to the use of DI. The subject of the study were the eleven graders of office administration at SMKN 1 Probolinggo. The data were obtained observation, documentation, and test. The result of the study shows that learning activities performed by the teacher were considered good in cycle 2. Additionally, the learning outcome of the students increased to the use of DI.   Key words: direct instruction, study result   ABSTRAK Penelitian ini bermaksud untuk meneliti kegiatan belajar dan mengajar dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung (MPL) untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan aktivitas guru dengan penggunaan MPL. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI administrasi perkantoran di SMKN 1 Probolinggo. Data diperoleh observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar yang dilakukan oleh guru dianggap baik dalam siklus 2. Selain itu, hasil belajar siswa meningkat dengan penggunaan MPL.   Kata kunci : model pembelajaran langsung, hasil belajar
PENERAPAN ARSIP ELEKTRONIK DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR HARIANTO, WAWAN
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 1, No 3 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK   Penerapan metode pengarsipan secara elektronik dalam sebuah organisasi diperlukan untuk mendukung kegiatan pengarsipan upaya tercapai efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan, serta mampu melestarikan arsip yang memiliki informasi atau nilai penting bagi penggunanya. Jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah domain. Dalam penerapan arsip elektronik, jenis media yang digunakan bermacam-macam seperti CD, DVD, mikrofilm dan media elektronik lainnya. Pengelolaan arsip statis tersebut terdiri dari tiga tahapan yaitu, akuisisi, pendeskripsian umum, dan preservasi. Untuk menunjang kegiatan penerapan dibutuhkan sarana dan prasarana yang baik untuk pengawasan dan pemeliharaan agar tercapai tujuan yang telah direncanakan. Selain itu juga dibutuhkan sistem yang sesuai untuk penerapan yang dilaksanakan dengan didukung oleh personil pengarsipan yang kompeten di bidangnya, serta memiliki keterampilan dan kemampuan yang mendukung penerapan arsip elektronik.   Kata kunci: Arsip elektronik, Metode pengarsipan elektronik   ABSTRACT Implementation of electronic archiving methods within an organization is required to support archiving activities in order to achieve effectiveness and efficiency in archiving management, and to preserve documents or informations that have significant value for its users. Type of this research is descriptive research using qualitative approach. Data collection techniques used by the author are observation, interviews and documentation study. Data analysis techniques used by the author is the domain. Implementation of electronic archiving methods using vary types of media such as CDs, DVDs, microfilm and other electronic media. The static archive management consists of three stages: acquisition, general description and preservation. In order to support the implementation, good facilities and infrastructures are required for supervision and maintenance to achieve the goals planned. It also need a suitable system supported by personnels that competent in their field, and have the skills and abilities which support the implementation of electronic archiving. Keywords: electronic archives, electronic archiving method
PENGARUH PERSON ORGANIZATION FIT TERHADAP MOTIVASI  DAN KINERJA KARYAWAN PADA KARYAWAN PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR (BANK JATIM) CABANG LAMONGAN INTAN PRAMESTI, ANNUR
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 1, No 3 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK   Konsep hubungan person organization fit dengan motivasi dan kinerja karyawan sangat penting karena berkaitan dengan perannya dalam pencapaian kesuksesan suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara person organization fit dengan motivasi dan kinerja karyawan. Penelitian dilakukan pada karyawan PT. Bank Jatim Cabang Lamongan dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 120 responden. Alat pengumpul data berupa kuisioner dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tehnik statistik regresi sederhana dengan bantuan program SPSS versi 17. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana terdapat hubungan yang positif antara person organization fit terhadap motivasi karyawan. Hal ini menunjukkan person organization fit  berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi karyawan, sehingga adanya person organization fit akan meningkatkan motivasi karyawan. Begitu juga dengan hasil analisis pengaruh person organization fit terhadap kinerja karyawan, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara person organization fit terhadap kinerja karyawan. Dengan demikian hipotesis yang menduga bahwa person organization fit mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi dan kinerja karyawan dapat diterima. Kata kunci : person organization fit, motivasi, kinerja   ABSTRACK   The concept of person organization fit relationship with the motivation and performance of employees is very important because it relates to their role in achieving an organization's success. This study aimed to determine whether there is a positive and significant relationship between person organization fit with the motivation and performance of employees. The study was conducted at PT. Bank of East Java Branch Lamongan by the number of subjects a total of 120 respondents. Data collection tool in the form of questionnaires and interviews. Data analysis was performed with the statistical technique of simple regression with SPSS version 17. Based on the results of a simple regression analysis found a positive relationship between person organization fit on employee motivation. This shows the person organization fit has positive and significant impact on employee motivation, so that a person organization fit will increase employee motivation. So also with the results of the analysis of the influence of person organization fit on employee performance, there is a positive and significant relationship between person organization fit on employee performance. Thus the hypothesis suspect that person organization fit has a positive and significant impact on employee motivation and performance is acceptable.  Keywords: person organization fit, motivation, performance
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA KOMPETENSI DASAR MENGOPERASIKAN PERALATAN PERKANTORAN PADA MESIN KETIK MANUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X APK 3 DI SMK PAWIYATAN SURABAYA BUDI PARAMITA, APRILIA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 1, No 3 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to determine (1) how teachers activities for teaching and learning activities subject to the direct instruction model on the basis of competence Office Equipment Operates on Manual Typewriter. (2) How does the student activity during the follow subjects with direct instruction model on the basis of competence Office Equipment Operates on Manual Typewriter. (3) How is student learning outcomes after following subjects by direct instruction model on the basis of competence Office Equipment Operates on Manual Typewriter. The population in this study was a class X Pawiyatan SMK Surabaya, while the sample in this study was a class X APK 3 which follow subjects manage office equipment amounted to 30 students. The results of this study indicate that the application of an effective model of direct instruction to improve student learning outcomes of class X APK SMK Pawiyatan 3. For the implementation of direct instruction model at each cycle in which the well has increased the ability of teachers to manage both direct instruction and students have been very good also in the learning process.   Keywords: models of direct instruction, learning outcomes   ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru selama kegiatan belajar mengajar mata pelajaran dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar Mengoperasikan Peralatan Perkantoran pada Mesin Ketik Manual, bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti mata pelajaran dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar Mengoperasikan Peralatan Perkantoran pada Mesin Ketik Manual, bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti mata pelajaran dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar Mengoperasikan Peralatan Perkantoran pada Mesin Ketik Manual. Sasaran dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Pawiyatan Surabaya. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian tindakan yang terdiri dari empat langkah meliputi perencanaan, tindakan, refleksi, dan revisi yang dilaksanakan dalam dua putaran. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, dokumentar, dan pengamatan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK 3 SMK Pawiyatan. Dimana untuk penerapan model pembelajaran langsung pada tiap siklus mengalami peningkatan yang sangat baik dimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran langsung sangat baik dan siswa sudah sangat baik pula dalam proses pembelajaran.   Kata Kunci : Model pembelajaran langsung, hasil belajar
PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENGELOLA PERALATAN KANTOR DI KELAS X APK-1 SMKN 1 BOJONEGORO JALMAV, MEIRLYN
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 1, No 3 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this research is to know teacher activity, student activity and learning result of student in class X grade APK 1 SMK N 1 Bojonegoro academic year 2011/2012, in the application of contextual teaching and learning (CTL) with direct instruction learning, model in office equipment management mattery. Is quality research in classroom action research (PTK) After observe and analyse that mattery, we got the data: the average of teacher activity value in each cycle is increase. In the first cycle the average of teacher activity is 2,07 in the second cycle is 3, however the average of student activity value in each cycle is increase to 2,15 and in the second cycle the average is 3. Classical mastery learning in the first cycle is the 15% and in the second cycle is 84%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa kelas X APK 1 SMK N 1 Bojonegoro tahun ajaran 2011/2012 dalam penerapan contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada mata diklat mengelola peralatan kantor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitiannya siswa kelas X APK 1. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus setelah melakukan penilitian dan menganalisisnya maka di peroleh kesimpulan sebagai berikut: nilai rata-rata aktivitas guru pada tiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 2,07 pada siklus II nilai rata-rata sebesar 3.00 sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa di tiap siklusnya mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 2,15 pada siklus II nilai rata-rata sebesar 3,00. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 15% pada siklus II sebesar 84%.   Keyword: contextual teaching and learning (CTL), Model Pembelajaran Langsung.
PENGEMBANGAN MODUL MENGIDENTIFIKASI SARANA DAN PRASARANA ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA DIKLAT MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNTUK SISWA SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO MILADIYAH, ANA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 1, No 3 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model modul yang meliputi kesesuaian materi, ketertiban bahasa, dan ilustrasi modul sebelum dan setelah dikembangkan, mengetahui kelayakan modul, dan respon siswa terhadap modul yang telah dikembangkan. Penelitian ini memiliki delapan langkah pengembangan yang telah dimodifikasi, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, dan produksi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa model modul sebelum dikembangkan masih terdapat beberapa kekurangan dan modul yang telah dikembangkan menyempurnakan kekurangan modul yang ada pada aspek kesesuaian materi, ketertiban bahasa, dan ilustrasi modul. Modul Mengidentifikasi Sarana dan Prasarana Administrasi Perkantoran dinyatakan sangat layak dengan hasil persentase 89,58%. Dan respon siswa terhadap modul dinyatakan sangat baik dengan persentase 81,9%. Kata kunci:   pengembangan modul, sarana dan prasarana administrasi perkatoran     ABSTRACT The purpose of this research is to knowing about before and after models of module, knowing advisability of module, and students response to the module that have been developed. This research has eight-steps development which has been modified, they are potentials and problems, data collection, product design, product validation, revision of product, product testing, product revision, and production. The result showed that the models of module before developed still has some shortcomings and developed module improve existing module shortages in suitability of the materials, orderly of language, and module illustration of aspects. Identify Facilities And Infrastructure Office Administration module stated very decent with percentage of 89,58%. And students response stated very good at rating of 81,9%. Key words:  development of module, facilities and infrastructure office administration.

Page 1 of 22 | Total Record : 220