cover
Contact Name
Moh. Danang Bahtiar
Contact Email
jpak@unesa.ac.id
Phone
+6281261243269
Journal Mail Official
jpak@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung G5 Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang Surabaya, Jalan Ketintang Surabaya 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
ISSN : 23376457     EISSN : 27227502     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian Pengembangan (R&D), Penelitian Eksperimen, dan Penelitian Tindakan Kelas/Action Riset yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Topik-topik penelitian meliputi : Model Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Kurikulum Pendidikan, Akuntansi, Ilmu Akuntansi, Keuangan, Perbankan dan Lembaga Keuangan.
Articles 490 Documents
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE, PEMAHAMAN AKUNTANSI KEUANGAN, KONTINUITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REKONSILIASI BANK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 10 SURABAYA SITI ANWARIAH
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 5 No 2 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasisMlectora inspire, pemahaman akuntansi keuangan, dan kontinuitas belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada materi rekonsiliasi bank kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya dengan sampel jenuh 125 siswa. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan angket.“Berdasarkan hasil analisa data, hasil uji t penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspireyaitu (0,006 < 0,05), pemahaman akuntansi keuangan (0,003 < 0,05), dan kontinuitas belajar (0,595 > 0,05) dan hasil uji F sebesar 6,717 dengan nilai probabilitas (sig) = 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire,Mpemahaman akuntansi keuangan, dan kontinuitas belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar materi rekonsiliasi bank siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya. Sedangkan secara parsial kontinuitas belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar materi rekonsiliasi bank siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya.”. Kata Kunci :Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire, Pemahaman Akuntansi Keuangan, dan Kontinuitas Belajar
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Materi Rekonsiliasi Bank Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu RINDANG ANDIARSA
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 5 No 2 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran menunjukan hasil yang signifikan terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran menggunakan lectora inspire., dan mengetahui tingkat kelayakan pengembangan menggunakan aplikasi lectora inspire sebagai multimedia interaktif pada pembelajaran akuntansi keuangan materi rekonsiliasi bank. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan Sadiman,yang melalui 6 tahap. Uji coba dilakukan dengan 20 peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasilnya menunjukan persentase yang diperoleh dari ahli media sebesar 87,23% dengan kriteria sangat layak. Persentase yang diperoleh dari ahli materi sebesar 82% dengan kriteria sangat layak. Persentase yang diperoleh dari hasil respon siswa sebesar 97,14% dengan kriteria sangat baik. Dan persentase dari keseluruhan hasil uji validasi dan respon siswa sebesar 88,79% dengan kriteria sangat layak. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis lectora inspire layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Multimedia Interaktif, Lectora Inspire, Rekonsiliasi Bank
STUDI TENTANG PENGGUNAAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KRIAN TRI YOGI SETIYARINI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 1 No 3 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Education is the most important thing in a country to become better in future. The quality of the education can be measured by the succeed of the teaching and learning processes. There are three aims of this research. First, to find out the learning materials that is used by the teacher to teach accounting for social eleventh graders. Second, the reason of the teacher using the learning materials. Third, to find out the feasibility of the learning materials that is used by the teacher in teaching accounting for XI social graders in SMA Negeri 1 Krian. This research was descriptive. The data was collected by using interview and checklist. The result of the study was the teaching and learning process in SMA Negeri 1 Krian used BSE Ekonomi and Module Economic Accounting. BSE Ekonomi had 90,23% with very good feasibility and Module Economic Accounting had 79,15% with very good feasibility. So that the researcher concluded that BSE Ekonomi and Module Economic Accounting were suitable to teach accounting because they suits the BSNP reference. Keywords: Learning Materials, Feasibility, BSNP
PEMETAAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KOTA MOJOKERTO VITA NURMAYASARI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 1 No 3 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Limitations of the media provided by the school become the burdens for the teachers to deliver lesson to the students. Based on the research can be concluded as follow: (1) PowerPoint as media used by the teacher for class XI in SMAN 1 Mojokerto City because it consdred quite attractive for the students and the teacher masters the media; (2) the result of the study has been examined by the expert and it determined that this media is fleksible to be used as the media for teaching accounting and it was indicated by the percentage 72,14% with a basic competency categories to make a decent overview of accounting cycle of service and 69,29% with category for basic competency the company financial reporting service; and (3) the responses of students to the use of media PowerPoint is very well and it’s demonstrated by the results of student questionaires with 78,13% for both categories of basic competency to make an overview of the accounting cycle and 82,15% service company with basic competency categories for company financial reporting services. Keywords: Instructional Media, Accounting Lesson
PEMETAAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARANEKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA NEGERI 13 SURABAYA DONI PRIHANTO
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 1 No 3 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to know the accounting instructional media used in the learning process, knows the reason for using instructional media and knowing the feasibility of instructional media used in the learning process. This research is a type of descriptive research. Performed at the class XI Ips SMAN 13 Surabaya. The subjek of this study is the use of intrucsional media in accounting . The data was collected using a interview guide and study sheet. Feasibility test is done by the validation test of instructional media by two media experts, The results compared with the interpretation criteria. Results of this study was the use of media as well as the feasibility of media powerpoint. Instructional media declared eligible based feasibility study according to media experts with a percentage of total by 70.71%. From the result above can be concluded media the learning powerpoint worthy used as a support the learning for subjects accounting on material cycle accounting services company. Keywords: Mapping, Learning Media, Accounting
PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN SCIENTIFIC APPROACH MATERI HARGA POKOK PESANAN RIZKA AULIA
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 4 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Modul atau bahan ajar yang digunakan di SMKN 2 Buduran saat ini masih belum sesuai dengan Kurikulum 2013 yang diterapkan di SMKN 2 Buduran. Dimana dalam Kurikulum 2013 proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach). Terdapat 5 tahapan belajar dalam pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan modul akuntansi perusahaan manufaktur berbasis scientific approach pada materi metode harga pokok pesanan di kelas XII Akuntansi SMKN 2 Buduran, mengetahui kelayakan modul dan mengetahui respon daripeserta didik. Pengembangan modul akuntansi perusahaan manufaktur ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah para ahli, lembar validasi para ahli dan angket respon siswa yang menghasilkan data kuantitatif. Hasil validasi sebesar 84,55% diperoleh dari ahli materi, 84% diperoleh dari ahli grafis, dan 82% diperoleh dari ahli bahasa, sehingga diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,77% yang artinya sangat layak. Sedangkan dari hasil angket respon peserta didik pada saat uji coba memperoleh rata-rata persentase sebesar 94,06% yang artinya sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul akuntansi perusahaan manufaktur dinyatakan sangat layak dan sangat baik apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran akuntansi perusahaan manufaktur di kelas XII Akuntansi SMKN 2 Buduran dan mendapat respon baik dari peserta didik. Kata Kunci: Modul Akuntansi, Scientific Approach, ADDIE, Metode Harga Pokok Pesanan.
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU DINA FITRI FERDIANSYAH AINUL YAQIN
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 5 No 3 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Faktor ekstern yang dianggap memiliki peran penting serta berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah kebiasaan belajar siswa dan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Boyolangu yaitu sebanyak 159 siswa. Sampel penelitian berjumlah 113 responden yang diambil dengan teknik proportional statified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa (1) kebiasaan belajar siswa dan kreativitas siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari besaran sig = 0,000<0,05 (2) kebiasaan belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari besaran sig = 0,000<0,05 dan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,328 dengan nilai thitung sebesar 4,936 dan,(3) kreativitas siswa secara parsial berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari besaran sig = 0,000<0,05 dan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,468 dengan nilai thitung sebesar 8,414. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar Siswa, Kreativitas Siswa
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI PERSEDIAAN UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 10 SURABAYA NOVI NORISTA SARI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 5 No 3 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan bahan ajar yang dikemas apik sesuai dengan kurikulum 2013 dapat menunjang kegiatan belajar siswa. Melalui pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis scientific approach untuk siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 10 Surabaya dapat membantu siswa menumbuhkan minat belajar dan menambah referensi relevan serta dapat digunakan siswa untuk belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap Lembar Kegiatan Siswa akuntansi yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4P yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup (lembar telaah para ahli) dan angket terbuka (lembar validasi para ahli dan angket respon siswa). Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya yang telah menerima materi persediaan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan penyajlan, kelayakan Bahasa, dan kelayakan kegrafikan masing-masing diperoleh persentase sebesar 81.3%, 85%, 88%, 96.5% dengan rata-rata kelayakan sebesar 87.7%. Sedangkan respon siswa diperoleh persentase sebesar 91%. Dengan demikian, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya pada materi persediaan. Kata Kunci: Scientific Approach, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Materi Persediaan
ANALISIS TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 22 SURABAYA NURUL KURNIAWATI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 1 No 3 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Instructional media is use to gain the aims in teaching learning process. This study aimed to describe the materials used, the reasons teachers use instructional materials and to investigate the feasibility of teaching materials used in XI IPS Class at SMA Negeri 22 Surabaya. This study is kind of descriptive study with quantitative approach. Techniques of data collection are documentation, interviews and expert review of the media. Technique of data analysis is descriptive analysis and to measure the feasibility of the media instructional is descriptive quantitative. The result of this study shows that powerpoint is the most usually media being used by the teacher. Beside that, based of the media expert reviewer shows that powerpoint which is used in first Base Competence to fifth BaseCompetence in XI IPS class of SMA Negeri 22 Surabaya is feasible. Keywords:media, accounting, SMA
Pengembangan Media Pengayaan Permainan Dart Game Accounting Pada Materi Jurnal Penyesuaian Kelas X SMK Negeri Di Surabaya EKI PUJI LESTARI; JONI SUSILO WIBOWO
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 6 No 3 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Perkembangan dalam dunia pendidikan mendorong guru untuk kreatif dan inovatif dalam menyampaikan ilmu kepada siswa. Salah satunya ialah dengan penggunaan media yang menyenangkan dan inovatif didalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pengayaan berupa permainan Dart Game Accounting pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa untuk kelas X SMK Negeri di Surabaya yang telah teruji layak untuk digunakan dalam kegiatan pengayaan dan memperoleh respon positif oleh peserta didik. Pengembangan media pengayaan Dart Game Accounting menggunakan model Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE). Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar telaah dan lembar validasi ahli materi, lembar telaah dan lembar validasi ahli media dan angket respon siswa. Dart Game Accounting di uji coba kepada 20 siswa kelas X SMK Negeri di Surabaya. Hasil validasi menunjukkan bahwa validasi dari ahli materi memperoleh presentase sebesar 80% dengan kategori layak, validasi dari ahli media memperoleh presentase sebesar 86,15% dengan kategori sangat layak dan 80,5% untuk respon siswa dengan kategori siswa paham. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pengayaan Dart Game Accounting pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa kelas X SMK Negeri di Surabaya dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pengayaan dan mendapatkan respon bahwa siswa paham dalam mempelajari materi. Kata Kunci : Media Pengayaan, Dart Game Accounting, Jurnal Penyesuaian. Abstract Development in the world of education encourages teachers to be creative and innovative in receiving knowledge to students. One of them is the use of fun and innovative media in learning.The purpose of this research is to produce enrichment media in the form of Dart Game Accounting in the journal entries of adjustment service company for class X vocational high school in Surabaya which has been tested feasible to be used in enrichment activity and get positive response by learners. Development of Dart Game Accounting enrichment media using Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE) model.The research instrument used in this research is the review sheet and the validation sheet of the material expert, the review sheet and the validation sheet of the media expert and the student response questionnaire. Dart Game Accounting is tested to 20 students of class X vocational high school in Surabaya. Validation results indicate that the validation of the material expert obtained a percentage of 80% with a decent category, validation from the media expert obtained a percentage of 86.15% with very decent category and 80.5% for student responses to the category of students understand.This research can be concluded that Dart Game Accounting enrichment media on journal entries adjustment service company class X vocational high school in Surabaya can be utilized in enrichment activity and get response that student understand in studying material. Keywords: Enrichment Media, Dart Game Accounting, Journal Adjustment.

Page 1 of 49 | Total Record : 490