cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2019)" : 21 Documents clear
PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKALMENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 WRINGINANOM GRESIK MERDEKAWATI, PANJI; CHRISTIANA, ELISABETH
Jurnal BK UNESA Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah ada peningkatan motivasi belajar pada siswa SMP Negeri 2 Wringinanom Gresik kelas VIII A setelah di beri layanan bimbingan klasikal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitativ. Dengan pendekatan One-Group Pretest-Posttest Design. Jumlah subyek penelitian sebanyak 32 siswa, dengan penggumpulan data menggunakan kuisioner motivasi belajar. Analisis yang dipakai oleh peneliti adalah analisis menggunakan SPSS dengan menggunakan perhitungan One-Sample Test. Hasil yang didapat dari perhitungan tersebut adalah nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.856 > 0.05. Reliability statistics dengan menunjukan cronbachs alpha menunjukan angka 0.745. Maka dapat disimpulkan adanya kenaikan motivasi belajar setelah subyek diberikan treatmen berupa video motivasi belajar. kunci: Bimbingan klasikal, motivasi, belajar, dan video motivasi belajar
PENERAPAN TEKNIK METAFORA BERBENTUK HEALING STORIES UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS X SMKN 8 SURABAYA JEMIPARERA, NITA; INDAH PRATIWI, TITIN
Jurnal BK UNESA Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This research is background by communication apprehension problem which experienced by students and it caused by negative thought that appear from their self about the judgments of others and self capability. Some of subject experienced unconfidently about their communication capability. Based on this problem the purpose of this research is to know about the effectiveness of applying metaphor technique in the form of healing stories to decrease the communication apprehension of students in the setting of counseling group design. The research design that used is one group pre-test and post test design. The subjects of this research are ten grade students of Vocational High School 8 Surabaya that consist of 4 students. The analysis data technique that used in this research is paired sample t test, because the data has normal distribution. The value of paired sample t test, known that ? = 0,014, this value is less than of significance level ? = 0,05 or (0,014< 0,05). The value is hypothesis o rejected and hypothesis a accepted. So, it can be conclude if there is difference of communication apprehension level before and after metaphor technique in the form of healing stories has applied. Therefore, the value of this research shown if the applying of metaphor technique in the form of healing stories can decrease the level of communication apprehension of the students. It is need the development knowledges toward counseling practice especially in metaphor technique in the form of healing stories and increasing delivering stories skill in order that this intervension can effective to be applying Keywords: communication apprehension, metaphor, healing stories ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kecemasan berkomunikasi yang dialami oleh siswa kelas X SMK Negeri 8 Surabaya yang disebabkan oleh pikiran negative yang muncul pada diri mereka tentang penilaian orang lain dan terhadap kemampuan diri sendiri. Beberapa dari subjek penelitian mengalami ketidakpercayaan diri terhadap kemampuannya dalam berkomunikasi. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penerapan teknik metafora berbentuk healing stories untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi yang dialami oleh siswa kelas X SMK Negeri 8 Surabaya dalam setting konseling kelompok. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 8 Surabaya yang terdiri dari 4 orang siswa. Teknik analsis data penelitian yang digunakan adalah uji paired sample t test, karena data yang didapatkan berdistribusi normal. Hasil uji paired sample t test , diketahui ? = 0,014 nilai ini lebih kecil dari taraf signifikansi ? = 0,05 atau (0,014< 0,05). Hasilnya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan jika terdapat perbedaan tingkat kecemasan berkomunikasi sebelum dan sesudah diterapkannya teknik metafora berbentuk healing stories. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan jika penerapan teknik metafora berbentuk healing stories dapat mengurangi kecemasan berkomunikasi yang dialami oleh siswa. Perlu adanya pengembangan pengetahuan terhadap praktik konseling ini khususnya teknik metafora berbentuk healing stories dan peningkatan keterampilan dalam menyampaikan cerita agar intervensi ini efektif diterapkan. Kata kunci : Kecemasan Berkomunikasi, Metafora, Healing Stories
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN DART BOARD INTERAKSI SOSIAL DALAM BIMBINGAN KELOMPOK KELAS X IPA SMA NEGERI 12 SURABAYA HUSNIYAH, LUTFIYATUL; INDAH PRATIWI, TITIN
Jurnal BK UNESA Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 12 Surabaya. Hasil dari angket DCM yang telah dibagikan di kelas X dan hasil wawancara dari guru BK bahwa masalah siswa selain keterlambatan yaitu masalah interaksi sosial yang rendah khususnya siswa kelas X yang baru memasuki sekolah baru yang disebabkan karena kurangnya pemahaman antara pribadi dan orang lain. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan suatu produk pengembangan yaitu media permainan dart board interaksi sosial yang dapat membantu guru BK dalam memberikan suatu layanan bimbingan kelompok pada siswa untuk meningkatkan interaksi sosial. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang memaparkan 10 tahapan pengembangan. Penelitian ini hanya membatasi sampai 5 tahapan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari hasil akseptabilitas ahli materi 76,51% dengan kategori Baik, Tidak perlu direvisi, ahli media 80,15% dengan kategori Baik, Tidak perlu direvisi, ahli praktisi (konselor) 81,87% dengan kategori Sangat Baik, Tidak perlu direvisi, dan calon pengguna (siswa) 92,75% dengan kategori Sangat Baik, Tidak perlu direvisi. Data kualitatif didapatkan dari saran dan masukan dari ahli dan telah direvisi. Sehingga media permainan dart board interaksi sosial telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang mencakup aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Perlu adanya pengembangan pada tahapan uji lapangan sesuai dengan prosedur pengembangan borg and gall serta perlu adanya pengembangan informasi tentang interaksi sosial sesuai dengan kebutuhan siswa dan kebutuhan di lapangan selanjutnya. Kata kunci: pengembangan, dart board interaksi sosial, bimbingan kelompok, interaksi sosial
PENERAPAN KONSELING KELOMPOK ROLE PLAYING UNTUK MENGENDALIKAN EMOSI MARAH SISWA DI SMPN 3 TAMAN SIDOARJO AMANAH, MIFTAHUL; INDAH PRATIWI, TITIN
Jurnal BK UNESA Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan konseling kelompok dengan teknik role playing untuk mengendalikan emosi marah siswa kelas VIII di SMPN 3 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen yakni pre exsperimental one group pretest post test. Dalam penelitian, peneliti menggunakan konseling kelompok teknik role playing dengan melibatkan siswa kelas VIII di SMPN 3 Taman Sidoarjo yang memiliki mengendalikan emosi marah rendah. Berdasarkan hasil analisis perhitungan angket mengendalikan emosi marah yang diberikan untuk menentukan subjek penelitian diperoleh 5 siswa yang memiliki skor mengendalikan emosi marah yang rendah. Kemudian diberikan perlakuan berupa konseling kelompok teknik role playing serta di akhir perlakuan diberikan post test. Berdasarkan hasil analisis test statistic uji wilcoxon dengan bantuan SPSS 22 diketahui Asymp. Sig. (2- tailed) bernilai 0,043. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan konseling kelompok teknik role playing dapat meningkatkan kemampuan mengendalikan emosi marah siswa kelas VII SMPN 3 Taman Sidoarjo. Kata Kunci : Mengendalikan Emosi Marah, Konseling Kelompok, Teknik Role Playing
PENERAPAN KONSELING KELOMPOK BEHAVIOR TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK SISWA KELAS XI SMK NURUL HIDAYAH BUNGAH GRESIK AINI MAWALIYAH, RIFQI; INDAH PRATIWI, TITIN
Jurnal BK UNESA Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perilaku merokok merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mengkonsumsi batang rokok yang telah dibakar dengan cara di hisp. Adanya fenomena di lapangan yang mengarah pada perilaku merokok siswa maka perlu peran serta berbagai pihak terutama guru BK dalam membantu siswa mengurangi perilaku merokok yaitu dengan menggunakan teknik self-management. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji efektifitas konseling kelompok behavior teknik self-management untuk mengurangi perilaku merokok siswa kelas XI SMK Nurul Hidayah Bungah Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre experiment dengan rancangan penelitian yaitu one grup pretest ? post test. metode pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu uji statistik non parametrik menggunakan uji wilcoxon. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 siswa dari kelas XI memperoleh hasil pretest termasuk dalam kategori perilaku merokok tinggi. Berdasarkan hasil analisis test statistic uji wilcoxon diketahui Asymp. Sig. (2- tailed) bernilai 0,027, Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan konseling kelompok behavior teknik self-management dapat mengurangi perilaku merokok siswa kelas XI SMK Nurul Hidayah Bungah Gresik. Kata kunci: Konseling Kelompok Behavior,Teknik Self-Management,Perilaku Merokok
STUDI KASUS TENTANG PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMP NEGERI 3 SAWOO KABUPATEN PONOROGO DALAM PERSPEKTIF COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) KURNIA PERDANA, RISKY; NURYONO, WIRYO
Jurnal BK UNESA Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya siswa yang sering berperilaku agresif di SMP Negeri 3 Sawoo Kabupaten Ponorogo sehingga sangat diperlukan suatu kajian mengenai perilaku agresif ditinjau dari perspektif Cognitive Behavior Therapy (CBT). Di dalam kajian penelitian perilaku agresif ini akan disajikan bentuk-bentuk perilaku agresif siswa di sekolah, faktor-faktor penyebab perilaku yang dimunculkan di sekolah, perilaku agresif siswa dalam perspektif Cognitive Behavior Therapy (CBT), dan upaya serta hambatan konselor sekolah/ guru BK dan peran wali kelas dalam menghadapi siswa berperilau agresif di sekolah. Penelitian studi kasus ini dilaksanakan di kelas VIII A, karena terdapat dua siswa yang mendapatkan hasil penolakan tertinggi dalam sosiometri yang telah dianalisis, lalu diperkuat dengan pengamatan/ observasi di kelas VIII A dan wawancara dengan konselor/ guru BK beserta catatan anekdot BK mengenai kedua siswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan kajian mengenai suatu pemahaman bentuk-bentuk perilaku agresif siswa, faktor-faktor yang menyebabkan siswa berperilaku agresif, perilaku agresif ditinjau dari perspektif Cognitive Behavior Therapy (CBT), dan upaya serta hambatan konselor sekolah/ guru BK dan wali kelas dalam menghadapi siswa berperilaku agresif di lingkup sekolah. Hasil penelitian menghasilkan suatu kajian bahwa kedua siswa yang berperilaku agresif secara verbal maupun non verbal di sekolah, cenderung pada perilaku agresif non verbal seperti merusak barang, melempar barang, menyakiti orang lain secara fisik dan lain sebagainya. Faktor penyebab perilaku agresif yang dilakukan kedua siswa adalah faktor internal yakni keyakinan/ core beliefs yang menyimpang dan faktor eksternal meliputi lingkungan sekitar siswa seperti teman, keluarga maupun tuntutan sosial. Perilaku agresif kedua siswa ditinjau dari perspektif Cognitive Behavior Therapy (CBT) disebabkan oleh adanya keyakinan inti/ core beliefs yang diyakini siswa seperti tak mampu atau helpless, tak disayang atau unlovable, dan tak berharga atau worthless. Upaya yang telah dilakukan oleh konselor sekolah/ guru BK dalam menangani kedua siswa ini adalah menegur, melaksanakan bimbingan dan konseling individu, berkolaborasi dengan wali kelas, kesiswaan serta wali murid. Tetapi, terdapat hambatan yakni tidak merubah perilaku siswa secara signifikan, hanya bersifat sesaat. Sedangkan upaya yang telah dilakukan oleh wali kelas dalam menangani kedua siswa berperilaku agresif adalah menegur, mengancam, berkolaborasi dengan konselor sekolah/ guru BK, kesiswaan dan wali murid. Hambatan yang ditemui oleh wali kelas adalah perilaku agresif siswa hanya mereda sesaat, dan kemudian perilaku agresif tersebut muncul kembali. Kata Kunci: studi, perilaku, agresif, siswa, Cognitive Behavior Therapy (CBT), keyakinan inti
PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PERENCANAAN KARIER PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PROPPO PAMEKASAN SAFIRA WIDOWATI, UDA; NURYONO, WIRYO
Jurnal BK UNESA Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persoalan karier pada peserta didik dapat menyebabkan ketidaktepatan dalam memutuskan pekerjaan dan banyaknya pengangguran. Persoalan itu perlu bantuan diantaranya dengan kartu bergambar perencanaan karier yang membantu peserta didik dalam merancang kariernya. Pembuatan media kartu bergambar perencanaan karier adalah upaya pengembangan kartu tentang penyusunan karier dan dilakukan secara berkelanjutan sehingga peserta didik mampu merencanakan karier. Tujuan penelitian adalah menciptakan media kartu bergambar untuk membantu perencanaan karier siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Proppo Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan R&D dalam Sugiono (2016: 297) yang menyebutkan sebagai suatu proses untuk menciptakan hasil tertentu dan menguji efektifitas luaran tersebut. penelitian pengembangan adalah suatu proses yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji Pada penelitian ini menggunakan 6 tahap dari 10 tahap pengembangan yang telah dikembangkan hal ini dikarenakan terbatasnya waktu dan biaya penelitian. Penilaian akseptabilitas dilakukan oleh validator ahli materi, ahli media, dan calon pengguna. Penilaian oleh validator ahli materi memperoleh sebesar 90,39%, penilaian akseptabilitas oleh ahli media memperoleh nilai sebesar 86,82%, penilaian akseptabilitas oleh calon pengguna (Guru BK atau Konselor) memperoleh nilai sebesar 90,39%, dan penilaian oleh siswa memperoleh nilai sebesar 94,33% dengan semua kategori sangat baik, tidak perlu direvisi. Berdasarkan penilaian tersebut maka media kartu bergambar perencanaan karier untuk membantu perencanaan karier siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Proppo Pamekasan memenuhi kriteria akseptabilitas. Hasil dari uji Wilcoxon berdasarkan output yang diketahui lebih dari batas kritis penelitian karena nilai Asymp.Sig 0,112 lebih besar dari >0,05, dengan Ho: tidak ada perbedaan tingkat perencanaan karier antara sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan media kartu bergambar perencanaan karier dan Ha: ada perbedaan tingkat perencanaan karier antara sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan media kartu bergambar perencanaan karier, maka dengan hasil tersebut Ha diterima. Kata Kunci: Pengembangan, Media Kartu Bergambar Perencanaan Karier, Perencanaan Karier.
BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 SURABAYA RIZEKIA, VIVI; CHRISTIANA, ELISABETH
Jurnal BK UNESA Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir siswa dengan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas XI SMAN 3 Surabaya. Berdasarkan permasalahan yang diteliti tentang perencanaan karir siswa yang rendah disebabkan oleh siswa belum mengetahui kepribadiannya, bakat- minat, serta kurangnya pengetahuan tentang program studi lanjut dan jenis-jenis karir. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan one group pre-test and post-test design dengan menggunakan angket yang telah divalidasi sebagai alat pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa kelas XI di SMAN 3 Surabaya yang memiliki skor perencanaan karir rendah. Hasil jumlah subjek pretest yaitu 627 dengan rata-rata 105 dikategorikan ke dalam kategori rendah dan hasil jumlah subjek posttest yaitu 808 dengan rata-rata 135 dikategorikan ke dalam kategori sedang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,028. Dalam ketetapan ? (taraf kesalahan) sebesar 5% maka 0,028 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima artinya ada perbedaan nilai antara pre-test dan post-test sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam meningkatkan perencanaan karir siswa. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Perencanaan Karir
PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET PERENCANAAN KARIER UNTUK SISWA SMAN 1 SUMBERREJO MEIDY ADRIYANI, NADIA; DIBYO WIYONO, BAMBANG
Jurnal BK UNESA Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk booklet perencanaan karier yang memenuhi kriteria akseptabilitas produk yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2010) yang terdiri dari 10 tahapan namun peneliti hanya melakukan sampai pada tahap kelima karena keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki oleh peneliti. Kelima tahap tersebut terdiri dari: 1) Potensi dan masalah, 2) Mengumpulkan informasi, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, dan 5) Perbaikan desain. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian pada booklet perencanaan karier yang mencakup aspek akseptabilitas (kegunaan, kelayakan, ketepatan, kepatutan). Angket tersebut terdiri dari angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket validasi calon pengguna. Berdasarkan hasil validasi desain yang dilakukan melalui uji ahli materi diperoleh persentase penilaian akseptabilitas produk sebesar 82,9% dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu direvisi, dari uji ahli media diperoleh persentase penilaian akseptabilitas produk sebesar 97,5% dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu direvisi, dari uji calon pengguna (guru BK) diperoleh persentase penilaian akseptabilitas produk sebesar 96% dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu direvisi, sedangkan dari uji calon pengguna (siswa) diperoleh persentase penilaian akseptabilitas produk sebesar 94,5% dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu direvisi. Dari paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa produk media booklet perencanaan karier telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Kata Kunci: Pengembangan, Media Booklet­ Perencanaan Karier
PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK AVERSI UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA SMPN 3 GRESIK NIMATUL ULA, RISNANDA; INDAH PRATIWI, TITIN
Jurnal BK UNESA Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perilaku agresif adalah perilaku yang dilakukan oleh suatu individu dengan tujuan untuk menyakiti, menyerang dan melukai individu lain, objek lain bahkan pada dirinya sendiri. Perilaku agresif ini sering terjadi di lingkungan sekolah dan dapat mempengaruhi suasana serta proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini berfokus pada perilaku agresif. Perilaku ini terjadi di kelas VIII-E SMPN 3 Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku yang tidak dikehendaki (agresif) pada siswa di kelas VIII-E SMPN 3 Gresik setelah diberikan perlakuan dengan teknik aversi. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Design dengan menggunakan desain A-B. Pada penelitian ini berfokus kepada 4 subyek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan keempat subyek mengalami perubahan sehingga terdapat penurunan rata-rata skor untuk fase baseline maupun fase intervensi. Subyek yang pertama MF pada fase baseline memiliki rata-rata skor 11.6, pada fase intervensi rata-rata skor 9.6. Subyek yang kedua NRRS pada fase baseline memiliki rata-rata skor 11.5, pada fase intervensi rata-rata skor 9.9. Subyek yang ketiga APR pada fase baseline memiliki rata-rata skor 9.4, pada fase intervensi rata-rata skor 6.2. Subyek yang terakhir MRR pada fase baseline memiliki rata-rata skor 9, pada fase intervensi rata-rata skor 7.1. Data ini menunjukkan bahwa keempat subyek mengalami penurunan pada masa intervensi dan penurunanya bersifat positif bagi subyek. Dapat disimpulkan terdapat penurunan rata-rata skor pada perubahan perilaku agresif dari keempat subyek MF, NRRS, APR dan MRR setalah diberikan perlakuan konseling individu dengan menggunakan teknik aversi. Kata Kunci: Konseling Individu, Aversi, Perilaku Agresif

Page 1 of 3 | Total Record : 21