cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2020)" : 20 Documents clear
PENGEMBANGAN BOOKLET SELF EFFICACY KARIER UNTUK SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 KASREMAN , KUNIAWATI; NURYONO, WIRYO
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Self efficacy karier berpengaruh terhadap minat, tujuan dan seleksi aktivitas penunjang karier pada siswa. Self efficacy karier juga sangat memengaruhi perencanaan karier pada siswa, sehingga kurangnya self efficacy karier dapat mengakibatkan peserta didik kebingungan dan kesulitan dalam perencanaan karier. Hal ini perlu untuk mendapat bantuan salah satunya dengan media untuk membantu siswa mengembangkan self efficacy karier. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan media berupa booklet self efficacy karier untuk membantu siswa memahami dan mengembangkan self efficacy karier sehingga dapat merencanakan karier sejak awal. Metode penelitian ini ialah penelitian pengembangan R&D dalam Sugiyono (2017). Penelitian pengembangan merupakan proses yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk mulai dari merancang, mengembangkan dan menguji keefektifan produk yang dapat dimanfaatkan sebagai inovasi media dalam bidang pendidikan. Dalam penelitian ini dilakukan sampai tahap ke enam dari sepuluh tahap yaitu sampai uji coba pada kelompok kecil yang menghasilkan produk prototipe dengan alasan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya dalam penelitian. Uji akseptabilitas dilakukan pada ahli materi, media dan calon pengguna (guru BK dan siswa). Hasil uji validasi ahli materi dan calon pengguna (guru BK) memperoleh nilai sebesar 0,68, hasil uji validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 0,94, hasil uji validasi calon pengguna dengan nilai 81,66% yang masuk dalam kategori sangat sesuai dan sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa produk booklet self efficacy karier untuk siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Kasreman memenuhi akseptabilitas. Hasil uji coba dalam kelompok kecil dengan pretest-posttest dengan analisis menggunakan wilcoxon memperoleh hasil Asymp.sig.(2-tailed) bernilai ? = 0,018 yangmana lebih kecil dari nilai 0,05 sehingga dapat diputuskan bahwa Ha diterima artinya ada perbedaan tingkat self efficacy karier setelah penerapan booklet self efficacy karier. Sehingga dapat disimpulkan media booklet self efficacy karier dapat meningkatkan self efficacy karier siswa. Kata Kunci: pengembangan, booklet, self efficacy karier.
HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN PERILAKU ASERTIF DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 34 SURABAYA WAHYUNI TRESNAWATI, IKA; NAQIYAH, NAJLATUN
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan perilaku asertif dengan prokrastinasi akademik peserta didik kelas IX SMP Negeri 34 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi multiple product moment. Hasil dari analisis data dari korelasi product moment antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,698 dan taraf sigifikansi sebesar 0,000, perilaku asertif dengan prokrastinasi akademik sebesar -0,442 dan dan taraf sigifikansi sebesar 0,000 serta kontrol diri dengan perilaku asertif sebesar 0,719 dan taraf sigifikansi sebesar 0,000. Hasil analisis data dari korelasi multiple product moment secara bersama-sama antara ketiga variabel menunjukkan hasil koefisien korelasi sebesar 0,703 dan taraf sigifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa kontrol diri dan perilaku asertif secara bersama sama berhubungan dengan variabel prokrastinasi akademik dengan hubungan yang kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,495 memiliki arti bahwa variabel kontrol diri dan variabel perilaku asertif secara bersamasama memberikan pengaruh sebesar 49,5% terhadap prokrastinasi akademik, sedangkan untuk sisanya yaitu 50,5% dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kontrol Diri, Perilaku Asertif, Prokrastinasi Akademik
HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 20 SURABAYA ZAHIDAH, INAS; NAQIYAH, NAJLATUN
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan motivasi berprestasi dengan kecemasan akademik peserta kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 190 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 20 Surabaya. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri, skala motivasi berprestasi dan skala kecemasan akademik. Analisis yang digunakan yaitu korelasi product moment dan korelasi berganda dengan bantuan program SPSS Statistics 24 For Windows . Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan 1) Semakin tinggi efikasi diri dan motivasi berprestasi peserta didik maka semakin rendah kecemasan akademiknya. 2) Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,553 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dengan sumbangan efektif variabel efikasi diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kecemasan akademik peserta didik sebesar 30% sedangkan 70% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Efikasi, Motivasi, Kecemasan, Peserta didik.
CITRA DIRI REMAJA PUTRI DITINJAU DARI KECEMASAN PENGGUNAAN INSTAGRAM OKTAVIDYA SARI, NINA; NAQIYAH, NAJLATUN
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Citra diri remaja putri adalah pembentukan diri yang meliputi perasaan dan pandangan diri sendiri. Pada masa remaja, gambaran tubuh serta penampilan dapat mempengaruhi penerimaan dirinya. Kasus citra diri remaja putri yang cemas dalam penggunaan Instagram ditemui di SMA Negeri 1 Kebomas. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mencari tahu secara mendalam tentang bentuk citra diri remaja putri ditinjau dari kecemasan penggunaan instagram, serta peran guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan diri remaja putri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan rancangan metode studi kasus. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah lima remaja putri di SMA Negeri 1 Kebomas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan triangulasi. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah lima bentuk citra diri dari lima remaja putri yang menggunakan instagram yaitu mulai dari mengedit foto/video, mencari informasi, berbagi konten, meniru gaya/fashion orang sampai pada mengekspresikan perasaan individu. Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasinya adalah memberikan layanan konseling individu serta mengadakan sosialisasi. Kata Kunci: citra diri, instagram, remaja putri.
HUBUNGAN PARENTIFICACATION DAN SELF WORTH DENGAN PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK SMK NEGERI DI KEDIRI LESTARI, FITRI; TRI HARIASTUTI, RETNO
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara parentification dan self worth dengan perilaku agresif SMK Negeri di Kediri. Terdapat dua variabel bebas, yaitu parentification dan self worth, serta satu variabel terikat perilaku agresif. Alat ukur di dalam penelitian ini menggunakan inventori parentifikasi, skala harga diri, dan skala perilaku agresif. Metode yang di terapkan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 373 peserta didik SMK Negeri di Kediri. Analisis data yang digunakan yaitu teknik korelasi ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara parentifikasi dengan perilaku agresif, demikian dengan self worth tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku agresif, selanjutnya parentifikasi dan self worth tidak ada hubungan yang signifikan dengan perilaku agresif. Kata Kunci : Parentification, Self worth, Perilaku Agresif.
HUBUNGAN PELIBATAN ORANG TUA DAN SELF-EFFICACY DENGAN PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI DI KECAMATAN JOMBANG HERMAWATI, WINDA; TRI HARIASTUTI, RETNO
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukkmengetahui hubungan pelibatan orang tua dan self-efficacy dengan perencanaan karier pada kelas X. Penentuan subjek penelitian didasarkan untuk mengetahui keeratan hubungan perencanaan karier pada peserta didik sedini mungkin pada tingkatan peserta didik kelas X SMAN (Sekolah Menengah Atas Negeri) dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik proporsional random sample. Metode penelitian yang digunakan adalahkkuantitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik uji korelasi Pearson dan teknik korelasi ganda dengan bantuan rumus regresi berganda untuk menghitung tingkat korelasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan signifikan pelibatan orang tua dengan perencanaan karier ditunjukkan dengan P value 0,000 .< 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,498 menunjukkan keeratan hubungan sedang, terdapat hubungan signifikan self-efficacy dengan perencanaan karier dengan P value 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,634 menunjukkan keeratan hubungan kuat, terdapat hubungan pelibatan orang tua dan self-efficacy dengan perencanaan karier dengan P value 0,000 .< 0,05 menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,644 yang berarti memiliki hubungan kuat. Kata Kunci: pelibatan orang tua, self-efficacy, perencanaan karier
HUBUNGAN ANTARA PELIBATAN ORANG TUA DAN PERANG TEMAN SEBAYA DENGAN PERENCANAAN STUDI LANJUT PESERTA DIDIK SMP NEGERI DI KECAMATAN WONOKROMO SURABAYA ARIMBI, AJENG; TRI HARIASTUTI, RETNO
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara pelibatan orang tua dan perencanaan studi lajut peserta didik di SMP Negeri di Kecamatan Wonokromo, (2) hubungan antara peran teman sebaya dengan perencanaan studi lanjut peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Wonokro Surabaya, dan (3) hubungan antara pelibatan orang tua dan peran teman sebaya dengan perencanaan studi lanjut peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Wonokromo Surabaya. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pelibatan orang tua, skala peran teman sebaya dan skala perencanaan studi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 289 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dan korelasi ganda regresi linier dengan menggunakan variabel pelibatan orang tua (X1), variabel peran teman sebaya (X2) sebagai variabel terikat dan variabel perencanaan studi lanjut (Y) sebagai variabel bebas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai koefisien korelasi antara X1 dengan Y sebesar 0,311 yang berada pada tingkat koefisien hubungan antar variabel yang sangat rendah yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pelibatan orang tua dan perencanaan studi lanjut. (2) nilai koefisien korelasi antara X2 dengan Y sebesar 0,143 yang berada pada tingkat koefisien hubungan antar variabel yang sangat rendah yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antar peran teman sebaya dan perencanaan studi lanjut, dan (3) nilai koefisien korelasi antara X1, X2, dan Y sebesar 0,331 yang berada pada tingkat koefisien hubungan antar variabel yang sangat rendah yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pelibatan orang tua, peran teman sebaya, dan perencanaan studi lanjut. Kata Kunci: Pelibatan Orang Tua, Peran Teman Sebaya, dan Perencanaan Studi Lanjut
HUBUNGAN ANTARA PELIBATAN ORANG TUA DAN PERAN TEMAN SEBAYA DENGAN KECENDERUNGAN TRIAD-KRR PADA PESERTA DIDIK SMA DI KABUPATEN GRESIK HURRIYAH, MUSLIMATUL; TRI HARIASTUTI, RETNO
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kehidupan remaja yang semakin bebas dapat membawa remaja mengarah pada perilaku kehidupan yang tidak sehat, yakni TRIAD-KRR (Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja) yang terdiri dari pernikahan dini, seks pra nikah, dan NAPZA. Penelitian yang berjudul ?Hubungan antara Pelibatan Orang Tua dan Peran Teman Sebaya dengan Kecenderungan TRIAD-KRR pada Peserta Didik SMA di Kabupaten Gresik? bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara variabel dengan Y, varibel dengan Y, serta variabel dan dengan Y. Penelitian yang digunakan yaitu peneltian korelasional dengan tipe Explanatory Design untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara dua variabel atau lebih. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster dengan mengambil masing-masing satu sekolah dari empat wilayah atau zona di kabupaten Gresik. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 367 peserta didik. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji statistik non parametrik berupa uji korelasi Kendall?s tau-b dan uji korelasi konkordansi kendall (Kendall?s W Test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis pertama menggunakan uji korelasi Kendall?s tau-b menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai correlation coefficient sebesar ? 0,138 yang berati tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel dengan Y. Sedangkan uji hipotesis yang kedua menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dan nilai correlation coefficient sebesar 0,212 yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara varibel dengan Y. Pengujian hipotesis ketiga didapatkan nilai parsial kendal sebesar 0,25 dengan nilai F sebesar 12,15 yang berati lebih besar daripada F tabel (3,02) dan menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel dan dengan Y. Kata Kunci : Pelibatan Orang Tua, Peran Teman Sebaya, Kecenderungan TRIAD-KRR.
STUDI KEPUSTAKAAN TEORI KONSELING “DIALECTICAL BEHAVIOR THERAPY” ROESNILAM SYAFITRI, EVITA; NURYONO, WIRYO
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini diawali dari perlunya konselor maupun guru BK mengetahui teknik konseling baru yang ada untuk mengikuti perkembangan zaman dan menambah pengetahuan. Belum adanya referensi mengenai DBT menjadi latar belakang peneliti untuk melakukan penelitian. Ditinjau lebih lanjut, DBT dapat digunakan untuk permasalahan mengenai kesulitan mengatur emosi pada remaja. Remaja seringkali mengalami kesulitan dalam mengelola emosinya. Karena itu dibutuhkan suatu teknik yang tepat sebagai upaya untuk mengatasinya. Namun dalam pelaksanannya, di tiga perguruan tinggi yaitu Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Negeri Yoyakarta belum mengajarkan dan memperkenalkan teknik konseling Dialectical Behavior Therapy. Penelitian ini bertujuan untuk menginformasikan pengetahuan mengenai teori konseling ?Dialectical Behavior Therapy?. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai teknik konseling ?Dialectical Behavior Therapy?. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau yang disebut dengan Library Research. Hasil penelitian ini tersusunnya kajian teknik konseling Dialectical Behavior Therapy yang merujuk pada komponen-komponen 5 buku dan 8 jurnal internasional serta maskan dari dosen pembimbing yaitu: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1)sejarah perkembangan dan tokoh pencetus DBT, 2)konsep utama DBT, 3)tujuan dari konseling DBT, 4)teknik dan prosedur DBT, 5)keberhasilan DBT, 6)ruang lingkup dan sasaran DBT, 7)saran dan rekomendasi dari teknik konseling DBT. Kata Kunci: studi kepustakaan, teknik konseling, dialectical behavior therapy
HUBUNGAN PELIBATAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMPN DI KECAMATAN WIYUNG SURABAYA NURLITA WIDYA, SHERRIN; TRI HARIASTUTI, RETNO
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuannyang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelibatan orang tua, kedisiplinan dengan kemandirian belajar peserta didik SMPN di Kecamatan Wiyung Surabaya. Penenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 753, dan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu 261 peserta didik kelas VII dari tiga sekolah Negeri yang ada di Kecamatan Wiyung Surabaya. Instrumen pengumpul data berupa: 1) skala pelibatan orang tua, 2) skala kedisiplinan dan 3) skala kemandirian belajar. Analisis yang digunakan yaitu korelasi kendall parsial dengan bantuan program SPSS Statistics 25 For Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan ada hubungan antara pelibatan orang tua dan kedisiplinan secara bersama-sama dengan kemandirian belajar peserta didik di SMPN Wiyung Surabaya. Ditemukan nilai r = 0,247, dan ditemukan niali F hitung sebesar 8,47 maka dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi antara pelibatan orang tua, kedisiplinan dan kemandirian belajar sangat signifikan. Kata Kunci: pelibatan orang tua, kedisiplinan, kemandirian belajar, peserta didik

Page 1 of 2 | Total Record : 20