cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2020)" : 16 Documents clear
PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP HORMAT SISWA KEPADA GURU DWI PARADITA, ANGGELINA; WARSITO WIRYOSUTOMO, HADI
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Driyorejo terdapat siswa yang memiliki sikap hormat kepada guru yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan sikap hormat siswa kepada guru sesudah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 siswa yang memiliki sikap hormat yang rendah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala sikap hormat siswa kepada guru. Metode analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 20 diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) =0,008. Bila dalam taraf kesalahan 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,008 ? 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan dari sikap hormat siswa kepada guru sesudah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Sikap Hormat Siswa
PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP HORMAT SISWA KEPADA GURU DWI PARADITA, ANGGELINA; WARSITO WIRYOSUTOMO, HADI
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Driyorejo terdapat siswa yang memiliki sikap hormat kepada guru yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan sikap hormat siswa kepada guru sesudah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 siswa yang memiliki sikap hormat yang rendah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala sikap hormat siswa kepada guru. Metode analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 20 diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) =0,008. Bila dalam taraf kesalahan 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,008 ? 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan dari sikap hormat siswa kepada guru sesudah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Sikap Hormat Siswa
PENGARUH KETERLIBATAN ORANGTUA DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH SMKN 6 SURABAYA ALMIRA MUSTIKANINGTYAS, KIKY; WARSITO WIRYOSUTOMO, HADI
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh (1) keterlibatan orangtua terhadap perilaku disiplin siswa di SMKN 6 Surabaya dan pengaruh (2) dukungan teman sebaya terhadap perilaku disiplin Siswa di SMKN 6 Surabaya, dan juga bagaimana keduanya secara bersama-sama mempengaruhi perilaku disiplin siswa di SMKN 6 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel para siswa SMKN 6 Surabaya jurusan tata boga yang dipilih dengan Teknik Propotional Stratified Random Sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 150 siswa. Data dikumpulkan melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi liniear berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai T-hitung keterlibatan orangtua (X1) sebesar 2.894 yang mana nilainya lebih besar dari T-tabel dan signifikansi 0,004 yang berarti keterlibatan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku disiplin siswa di sekolah (Y); dan nilai T-hitung dukungan teman sebaya (X2) sebesar 3.179 yang mana nilainya lebih besar dari T-tabel dan signifikansi 0,002 yang berarti keterlibatan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku disiplin siswa di sekolah (Y) , dan dengan uji secara simultan, nilai signifikansi sebesar 0,000 maka keterlibatan orangtua dan dukungan teman sebaya secara bersamaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku disiplin siswa di sekolah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumbangan relatif (X1) keterlibatan orangtua terhadap (Y) perilaku disiplin siswa di sekolah dalam penelitian ini adalah sebesar 46,91%. Sementara sumbangan relatif (X2) dukungan teman sebaya terhadap (Y) perilaku disiplin siswa di sekolah dalam penelitian ini adalah sebesar 53,03%. Kata kunci : Orangtua, Teman sebaya, Perilaku disiplin.
PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA NINGRUM, SEKAR; WARSITO WIRYOSUTOMO, HADI
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi belajar yaitu rangkaian usaha yang dapat mengakibatkan dorongan dalam diri individu maupun dari luar, untuk melakukan suatu tindakan belajar, sedangkan konseling realita merupakan suatu konseling yang menekankan pada realita masa sekarang, serta kesadaran dalam bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri tanpa merugikan dirinya ataupun orang lain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji ada peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan konseling realita. Metode penelitian yaitu kuantitatif. Jenis penelitian ini tergolong penelitian eksperimen. Desain penelitian yaitu menggunakan pre experimental one group pre test post test. Pelaksanaan penelitian diadakan di SMP Negeri 29 Gresik pada kelas VII. Subjek penelitian ini yaitu lima siswa kelas VII SMP Negeri 29 Gresik yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Lima siswa yang memiliki motivasi belajar rendah diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dan diberikan post test. Setelah itu hasilnya diuji menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS. Hasil yang diperoleh yaitu Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0.043, sehingga 0.043 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan konseling realita. Kata Kunci: Konseling Realita, Teknik WDEP, Motivasi Belajar
PENGEMBANGAN BOOKLET SELF COMPASSION UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 MENGANTI NUR FADILAH, ELA; NURYONO, WIRYO
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Self compassion adalah kemampuan seseorang untuk memberikan kasih sayang untuk dirinya dengan kebaikan diri, kepeduliaan saat mengalami suatu masalah, kesusahan dan tantangan dalam kehidupan mereka. Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada siswa disebabkan dari rendahnya tingkat kebahagiaan, kurangnya rasa optimis dan rendahnya motivasi dalam diri. Booklet mampu memberikan informasi secara lengkap dengan didesain secara menarik agar siswa merasa senang untuk membacanya. Tujuan penelitian pengembangan ini teruntuk membuat media booklet self compassion untuk mengetahuiiaspek akseptabilitas mencakup 4 aspek yaitu aspek kegunaana, aspekokelayakan, aspek0ketepatan, dan aspek kepatutan.m Metode pengembangan booklet self compassion menggunakan prosedur pengembangan dari Sugiyono (2017). Penelitian dilaksanakan hingga tahapan ke tujuh dari sepuluh tahapan yakni hingga revisiiproduk dari hasil uji coba produk (kelompok kecil) dengan menggunakan bimbingannkelompok. Uji akseptabilitas dilaksanakan dengan uji ahli materi, kemudian uji ahli media, dan uji calonnpengguna (guruubimbingan dan konseling dan siswa). Hasil validasi uji akseptabilitas dengan ahlinmateri memperoleh skor 1 terkategori sangat sesuai, pada uji akseptabilitas dengan ahli media memperoleh skor 1 terkategori sangat sesuai, pada uji akseptabilitas uji akseptabilitas calon pengguna yaitu guruubimbingan dan konseling memperolehiskor 1 terkategori sangat sesuai, pada uji akseptabilitas calonnpengguna yaitu siswa rata-rata keseluruhan penilaian memperoleh nilai 97,77% dalamnkategori sangattbaik tidak perlu direvisi..Berdasarkan hasil tersebuttbooklet self compassion memenuhi akseptabilitas. Kemudian hasil uji coba produk (kelompok kecil) dengan pre-test dan post-test memperoleh hasil uji t asymp.sig (2 tailed) mempunyai nilai ?.=0,004 denganntaraf signifikan 5% atau 0,05. Dikarenakan nilai 0,004 lebihhkecilldari 0,05.maka dapattdiputuskannHaiditerima mengartikan terdapat perbedaan tingkat selfncompassion sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulannya bahwa media booklet self compassion mampu meningkatkan self compassion pada siswa kelas X IPS 2. Kata Kunci: Pengembangann, Booklet, Self Compassion, Siswa
PENGEMBANGAN BOOKLET PENCEGAH KEPEKAAN SELF INJURY SISWA DI SMP NEGERI 20 SURABAYA CINDY PRISTIYANTI, DELLA; NURYONO, WIRYO
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang terjadi di Indonesia salah satunya adalah self-injury, hal ini diperkuat dengan hasil studi pendahuluan yang di lakukan SMP Negeri 20 Surabaya yaitu diperoleh informasi berdasarkan penyebaran angket, bahwa siswa kelas 8 mengalami permasalahan pada bidang pribadi, khususnya kurangnya pengetahuan tentang bahaya self-injury dan cara mencegahanya, serta dilakukan wawancara kepada siswa dan guru bk sebagai penunjang informasi hasil permasalahan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan pengembangan berupa produk yaitu media booklet pencegah kepekaan self-injury siswa. Diharapkan booklet tersebut dapat bermanfaat untuk siswa, serta bermanfaat bagi guru bk untuk memberikan pelayanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan R&D dalam Sugiyono (2017). Uji akseptabilitas dilakukan pada ahli materi, media dan calon pengguna (guru BK dan siswa). Hasil uji validasi ahli materi dan calon pengguna (guru BK) memperoleh nilai sebesar 0,75, hasil uji validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 0,83, hasil uji validasi calon pengguna siswa dengan nilai 83,45% yang masuk dalam kategori sangat sesuai dan sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa produk booklet pencegah kepekaan self-injury siswa SMP Negeri 20 Surabaya telah memenuhi akseptabilitas. Hasil uji coba dalam kelompok terbatas menunjukkan hasil uji Paired Sample T-Test memperoleh Sig.(2-tailed) = 0,008 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Karena nilai 0,008 lebih kecil dari 0,05 maka dapat diputuskan H? diterima artinya ada perbedaan tingkat kerentanan sel-injury setelah penerapan produk booklet pencegah kerentanan self-injury siswa. Sehingga dapat disimpulkan media booklet pencegah kepekaan self-injury dapat menurunkan kepekaan self-injury pada siswa. Kata Kunci: pengembangan, booklet, kepekaan self-injury.
PENERAPAN STRATEGI DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MENGURANGI NO MOBILE PHONE PHOBIA (NOMOPHOBIA) DI SMKN 1 DRIYOREJO , ESTININGSIH; NURSALIM, MOCHAMAD
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nomophobia merupakan ketakutan yang dialami seseorang saat jauh dari smartphone. Apabila seseorang dihadapkan disuatu tempat yang tidak memiliki jaringan internet atau daya baterai habis, maka kecenderungan perilaku yang ditampakkan dapat mengurangi tingkat konsentrasi seseorang. Oleh karena itu, strategi desensitisasi sistematis dapat digunakan guna meminimalisir kecemasan dari tingkah laku tertentu, dengan menggunakan respon alternatif yang berlawanan dari tingkah laku yang hendak diubah. Caranya yakni dengan berulangkali mengingat dan membayangkan kejadian yang membangkitkan kecemasan serta menekan kecemasan itu dengan relaksasi. Tujuan penelitian ini agar peserta didik dapat meminimalisir kecemasannya saat jauh dari smartphone dengan subjek penelitian yakni lima peserta didik yang memliki skor nomophobia sangat tinggi. Jenis penelitian ini adalah experimen, dengan jenis one group pretest-posttest design. Sedangkan metode dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan skala Nomophobia dan ditemukan 5 subjek penelitian. Hasil analisa menggunakan Uji Paired Samples T-Test diketahui nilai Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000. Maka, dapat dilihat nilai 0,43 > 0,05 atau 0,43 lebih besar daripada 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penerapan strategi desensitisasi sistematis efektif untuk mengurangi nomophobia di SMKN 1 Driyorejo. Kata Kunci: Nomophobia, desensitisasi sistematis, smartphone.
LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR TEMAN SEBAYA SISWA DI SMAN 1 MENGANTI IMROATUN NABILA, EFA; NURSALIM, MOCHAMAD
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunikasi interpersonal antar teman sebaya merupakan proses transfer pesan atau informasi oleh siswa antar sebaya. Tujuan dilakuan penelitian ini untuk menguji apakah Latihan asertif dapat meningkatkan komunikasi interpersonal antar teman sebaya pada siswa. penelitian berjenis Pre-Experimental design dengan dengan menggunakan metode one group Pre-test Post test design. Dengan memberikan perlakuan kepada 8siswa yang kurang mampu dalam komunikasi interpersonal antar teman sebaya di kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Menganti sebagai subjek penelitian. Untuk teknik dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket komunikasi interpersonal dengan 54 item pernyataan. Dengan menggunakan Uji Pired Sample test sebagai teknik analisis data. Hasil dari pengujian hipotesis mendapatkan hasil bahwa Sig. (2-tailed) menyatakan 0,000. Dan t Hitung 7,616 maka t Tabelnya adalah -2,364. Dari hasil tersebut pengambilan keputusan menurut pedoman Uji Paired Simple t test. disimpulkan bahwa -7,616> -2,364. Hasil dari analisis data pada penelitian ini bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan skor sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa Latihan asertif.Kata Kunci : Latihan asertif, Komunikas iInterpersonal, Teman Sebaya
PENGEMBANGAN MEDIA MODIFIKASI TRUTH AND DARE CARD INTERAKSI SOSIAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII E DI SMP NEGERI 29 GRESIK ALVA RAMADHANI, ROWENA; NURSALIM, MOCHAMAD
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik lewat media modifikasi Truth and Dare Card interaksi sosial. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 29 Gresik dengan uji coba secara terbatas kepada 5 peserta didik dari kelas VIII E. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan pengembangan. Pada penelitian ini dibatasi dengan hanya melakukan 5 tahapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba awal, dan (5) revisi produk. Jenis data penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil uji akseptabilitas kepada ahli media sebesar 86,46%, ahli materi sebesar 89,32%, ahli praktisi (konselor/guru BK) sebesar 81,77%, dan calon pengguna (peserta didik) sebesar 95% dengan kriteria sangan baik, tidak perlu direvisi. Sedangkan, data kualitatif diperoleh melalui kritik dan saran oleh para ahli dan calon pengguna dan telah selesai direvisi. Sehingga media modifikasi Trurt and Dare Card interaksi sosial dapat dikatakan telah memenuhi kriteria akseptabilitas dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Kata kunci : modifikasi truth and dare card, interaksi sosial
PENERAPAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KETAPANG NURLAILA, AZZAH; PURWOKO, BUDI
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik self instruction dapat meningkatkan self esteem siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ketapang. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self esteem. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah empat siswa yang memiliki tingkat self esteem paling rendah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji tanda (paired sample t test) yaitu menganalisis perubahan data sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik self instruction. Pada hasil uji tanda keempat subyek mengalami peningkatan (+). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik self instruction dapat meningkatkan self esteem siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ketapang. Kata Kunci : Self esteem, teknik self instruction, siswa

Page 1 of 2 | Total Record : 16