cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Allemania
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Bahasa dan Sastra Jerman. ISSN: 2088-7582 Terbit setahun dua kali setiap bulan Juni dan Desember, berisikan artikel hasil penelitian, kajian (teori maupun aplikasi) serta resensi pustaka sekitar pendidikan bahasa dan sastra Jerman.
Arjuna Subject : -
Articles 75 Documents
SISTEM FONOLOGI BAHASA JERMAN SEBAGAI LANDASAN PENGUASAAN PELAFALAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Putrasulung Baginda
Allemania Vol 2, No 2 (2013): Allemania - Januari 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan sederhana ini mencoba menjabarkan sistem fonologi bahasa Jerman sebagai sebuah bahasa yang berposisi jauh dari rumpun bahasa Indonesia. Tulisan ini bertujuan memberikan kilasan kepahaman bahwa bahasa Jerman memiliki sistem yang kontras dengan bahasa Indonesia. Dalam tulisan ini digambarka seluruh aspek fonologi yang bisa dibahas disertai dengan contoh katanya, sehingga bisa diketahui bunyinya melalui reka kata yang sudah dipelajari dalam kelas-kelas pembelajaran bahasa Jerman.
PENDEKATAN PSIKOANALITIS DALAM PENGAJARAN DEUTSCHE LITERATUR Metty Ribka Manila; Lucky Herliawan Y.A.
Allemania Vol 2, No 2 (2013): Allemania - Januari 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini menyajikan rumusan-rumusan teoretis untuk menjernihkan istilah pendekatan psikoanalitis dalam menginterpretasikan karya sastra. Selanjutnya dibentangkan penerapan uraian tersebut khususnya dalam menganalisis cerpen ‘Heimkehr’ dalam bentuk parabel karya Franz Kafka. Di samping itu, contoh interpretasi juga disajikan untuk melengkapi tulisan ini.
MODEL PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN UNTUK CALON PEMANDU WISATA BERBAHASA JERMAN DI JAWA BARAT Hutabarat, Mery Dahlia
Allemania Vol 2, No 1 (2012): Allemania - Juni 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Absolventen von Deutschabteilungen in Indonesien haben zurzeit ganz selten Chance als Deutschlehrer an Schulen zu bekommen. Es wäre nützlich, wenn an Deutschabteilungen Tourismus als einer der Lernstoffe angeboten würde. Deshalb wurde eine Untersuchung durchgeführt, in der Lernmodelle fürFremdenbegleiter bzw. Fremdenführer in Westjava gemacht und geprobt wurden. Untersuchungsmethode dazu ist deskriptiv qulitative Methode und die Probanden waren Studenten im 7. Semester, die am Seminar Deutsch für spezielle Verwendung teilgenommen haben. Dabei benutzte man die Lernstragien wie autonomes Lernen, kommunikativen Unterricht und Rollenspiel. Von den Proben der Lernmodelle ergibt sich, dass mehr Studenten aktiv sind, um ihre Rolle als Fremdenführer an einer bestimmten Sehenswürdigkeit zu spielen.
EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN BAHASA ASING DI SMA Mahfuddin, Azis
Allemania Vol 1, No 1 (2011): Allemania - Juni 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 telah berjalan lima tahun. Mata pelajaran bahasa asing (Jerman, Arab, Prancis dan Jepang) dalam kurikulum tersebut merupakan mata pelajaran pilihan yang tujuannya mengacu pada kebermaknaan dari bahasa asing tersebut (khususnya dalam konteks kehidupan global sekarang ini). Persoalan pokok yang dihadapi dewasa ini adalah bagaimana agar bahasa asing menjadi pengetahuan yang bermakna bagi peserta didik. Pada era global ini, bahasa asing sudah mendapat tempat bagi para peminatnya, karena alur komunikasi, pengetahuan, dan teknologi sangat membutuhkan penguasaan dan kemampuan bahasa tersebut. Namun sejauh mana pembelajaran bahasa asing tersebut sudah memberi makna pada kebutuhan peserta didik dalam kiprahnya, perlu ada evaluasi dan pengkajian ulang mengenai hal ihwal pengajaran bahasa asing.
Laporan Buku: Einfach Grammatik Nining Warningsih
Allemania Vol 2, No 2 (2013): Allemania - Januari 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Einfach Grammatik merupakan buku gramatik bahasa Jerman “tree in one”, karena mencakup materi untuk tingkat A1, A2 dan B1 yang berorientasi pada kerangka acuan Eropa. Latihan-latihan yang terdapat dalam buku ini disusun sebagai persiapan untuk ujian Start Deutsch 1 dan Start Deutsch 2 serta Zertifikat Deutsch.
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) Azis Mahfuddin
Allemania Vol 2, No 2 (2013): Allemania - Januari 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), khususnya di tingkat SMA sudah berjalan enam tahun lebih. Hasil sementara kurikulum ini belum sesuai dengan harapan, karena masih banyak kendala yang dihadapi, baik yang berkenaan dengan kesesuaian antara materi dengan tujuan, maupun yang berkenaan dengan standar isi, standar kompetensi, standar kompetensi lulusan, dan lain sebagainya. KTSP pada jenjang pendidikan menengah (SMA, MAN), memang disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar isi (SI) dan standar kompetensi lulusan (SKL), serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Tujuannya adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri, dan dapat mengikuti pendidikan lebih lanjut. Namun sampai saat ini belum ada alat evaluasi yang standar yang dapat melihat sejauh mana KTSP dilaksanakan dengan baik, termasuk hasilnya.
EINFÜHRUNG ZU SPRECHÜBUNGEN Hutabarat, Mery Dahlia
Allemania Vol 2, No 2 (2013): Allemania - Januari 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melatih pembelajar untuk berbicara dalam bahasa asing yang sedang ditekuninya membutuhkan tehnik latihan yang beraneka cara. Tehnik latihan itu mengacu kepada berbagai teori yang telah pernah digunakan dalam metode pembelajaran bahasa asing yang aktuil pada tiap-tiap zaman. Namun demikian, tehnik yang lama tetap sangat berguna untuk melatih pembelajar agar dapat berbicara. Saat ini berbicara dalam bahasa asing juga mengacu kepada standar acuan yang ditetapkan dalam Gemeinsamen Europäischen Referenzrahmen.
PENGAJARAN BAHASA ASING DAN USIA PEMBELAJAR Permatawati, Irma
Allemania Vol 1, No 1 (2011): Allemania - Juni 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pengajaran bahasa, khusunya bahasa asing, seorang pengajar tidak hanya cukup berbekal pengetahuan bahasa yang baik saja, namun perlu juga memperhatikan karakteristik dari pembelajar bahasa. Anak-anak, remaja, dan dewasa merupakan kelompok pembelajar yang berbeda berdasarkan usia. Masing-masing kelompok usia memiliki keunggulan dan kelemahan dalam konteks pembelajaran bahasa. Hal ini penting untuk diketahui dan diperhatikan oleh seorang pengajar agar ia mampu memilih pendekatan mengajar serta bahan ajar yang tepat guna keberhasilan pengajaran
PEMAHAMAN TEKS BAHASA SUMBER DALAM PENERJEMAHAN (SEBUAH KAJIAN KONSEPTUALTEORETIK) Amir Amir
Allemania Vol 2, No 2 (2013): Allemania - Januari 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemahaman teks bahasa sumber (TBSu) dalam penerjemahan pada hakikatnya bermaksud untuk mengungkap informasi atau pesan yang terdapat dalam TBSu dengan melalui tahapan: menganalisis, mensintesis dan sekaligus proses mencari padanan. Dengan kata lain, pemahaman informasi atau pesan dalam penerjemahan itu tidak hanya bersifat reseptif tetapi juga reproduktif
EFEKTIVITAS PENERAPAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA BAHASA JERMAN Pepen Permana
Allemania Vol 2, No 2 (2013): Allemania - Januari 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemanfaatan internet dalam pembelajaran bahasa Jerman yang belum optimal, prestasi mahasiswa dalam kemampuan menulis yang belum memuaskan, dan pembelajaran menulis bahasa Jerman yang kurang inovatif adalah tiga hal utama yang melatarbelakangi diselenggarakannya penelitian ini, yang bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Online dengan penerapan aplikasi Learning Management System (LMS) dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. LMS adalah salah satu cara dalam mengembangkan pembelajaran Online atau e-learning, yang merupakan sebuah aplikasi pengelolaan pembelajaran berbasis web yang memfasilitasi pembelajar untuk belajar sebagaimana mestinya dalam sebuah kelas virtual, kelas dalam dunia maya. LMS yang digunakan dalam penelitian ini adalah LMS berbasis Moodle yang telah tersedia di alamat http://lms.upi.edu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Pada kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan penerapan LMS, sementara pada kelompok kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional dalam kelas. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari serangkaian tes awal dan tes akhir, dan kemudian dianalisis dengan uji perbandingan rata-rata (uji t) dan uji perbedaan skor gain. Setelah data penelitian terkumpul dan dianalisis, diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa ternyata kemampuan menulis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Terbukti pula bahwa pembelajaran dengan aplikasi LMS lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa. Mengingat penelitian inimenghasilkan sesuatu yang positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, maka disarankan bagi lembaga penyelenggara