cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Proceedings of KNASTIK
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 144 Documents
VIDEO STREAMING TERKOMPRESI BERBASIS UPNP MENGGUNAKAN METODE KUANTISASI VEKTOR DENGAN ALGORITMA FAIR SHARE AMOUNT Shiddiqi, Ary Mazharuddin; Purwananto, Yudhi; Yanto, Dedy
Proceedings of KNASTIK 2009
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu contoh keunggulan teknologi yang ada saat ini yaitu streaming file. Definisi dari streaming file adalahteknik untuk mengirim file dari satu device ke device lain yang berjalan secara terus menurus sehingga user di device tujuanbisa menjalankan file yang dikirim dengan tidak menunggu semua file dari tempat asal selesai dikirimkan.Proses streaming membutuhkan bandwith yang besar, karena data audio dan video biasanya memiliki ukuran yangbesar. Dengan kondisi bandwidth yang terbatas, proses streaming sulit diimplementasikan. Oleh karena itu dibutuhkan solusiyang bisa melakukan streaming pada bandwidth yang terbatas. Salah satu solusi yang memungkinkan yaitu denganmenggunakan metode kompresi ke dalam data yang akan distreaming. Kompresi dilakukan menggunakan metode kuantisasivektor dengan menggunakan algoritma Fair Share Amount (FSA). Streaming juga mengimplementasikan teknologi UPnP(Universal Plug And Play) sehingga proses streaming bisa diautomatisasi tanpa perlu mengetahui address pada device -device yang terhubung. Source streaming disebut dengan device sedangkan tujuan streaming disebut dengan control point.Berdasarkan hasil uji coba menunjukan bahwa dengan menggunakan arsitektur UPnP, aplikasi video streamingterkompresi menggunakan metode quantisasi vektor dengan algoritma FSA bisa diterapkan dengan baik serta prosentasekompresi yang dihasilkan dengan metode ini mencapai 75,8 % sampai 85 % dari file aslinya.
SISTEM IDENTIFIKASI KATEGORI WEBSITE DENGAN METODE PEMBOBOTAN TF-IDF DAN METODE DECISION TREE Rachmat C, Antonius; Ashari, Ahmad
Proceedings of KNASTIK 2009
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Makin bertambahnya website yang bermunculan di Internet, membuat pengguna kadang mengalami kesulitanuntuk mencari website yang benar-benar tepat berisi topik dan kategori yang sesuai dengan yang diinginkan. Hal ini seringdihadapi oleh pengguna yang baru saja mengenal dunia Internet. Maka dari itu muncul kebutuhan untuk mengkategorikanwebsite berdasarkan kategori tertentu. Kumpulan kata dalam suatu halaman web dapat dianggap sebagai suatu basis datayang membutuhkan pemrosesan yang cukup kompleks agar dapat mengambil informasi-informasi penting di dalamnya.Pada penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi yang diharapkan mampu mengambil informasi yangtersembunyi di dalam kata-kata yang ada pada suatu halaman website tertentu, sehingga dapat digunakan untukmengkategorikan halaman website tersebut ke dalam kategori-kategori yang sudah ditentukan sebelumnya. Aplikasi inimenggunakan metode-metode text mining untuk menganalisa halaman website tertentu. Tahapan proses pembelajarannyaadalah tahap tokenisasi, penghapusan kata-kata umum dengan menggunakan stop word list, dan stemming. Setelah itudilakukan pembobotan tingkat kepentingan kata-kata dengan metode TF-IDF, dan akhirnya dilakukan klasifikasi denganmetode Decision Tree.Dengan selesainya penelitian ini dihasilkan suatu aplikasi server dan client yang mampu menganalisa halamanwebsite tertentu dan mengkategorikan halaman tersebut sesuai dengan kategori tertentu berdasarkan data pembelajaran yangsudah dilakukan sebelumnya.
IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD DENGAN TIGA MODE OPERASI BLOCK CIPHER PADA APLIKASI MMS KRIPTOGRAFI BERBASIS J2M Putra, R. Irawan Satria; Virgono, Agus; Usman, Koredianto
Proceedings of KNASTIK 2009
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Multimedia Messaging Service (MMS) adalah fitur telekomunikasi yang dikembangkan dari SMS, yang saat inimasih belum dibekali dengan kemampuan pengamanan dasar sehingga tidak terjamin keamanannya. Teknik kriptografisudah sangat umum diterapkan untuk pengamanan konten, dalam hal ini kami mengimplementasikan algoritma AdvanceEncryption Standar (AES) sebagai metoda pengamannannya. Penelitian ini juga melakukan analisa atas performansipenerapan AES dengan mode berbeda seperti CBC, CFB dan OFB. Dilakukan pembuatan perangkat lunak menggunakanJ2ME sebagai sarana pembuktian penelitian ini. Implementasi sukses dilakukan dengan performa yang baik seperti hanyamemerlukan waktu sekitar 3 detik untuk proses enkripsi dan dekripsi yang masih jauh dibawah batas standar 10 detik. ModeOFB memberikan delay setara CFB yang lebih kecil dari mode CBC, sedangkan tingkat keamanannya mode OFB > CBC >CFB.
IMPLEMENTASI ANNOTEA CLIENT BERBASIS WEB UNTUK MENGATASI ATURAN SAME ORIGIN POLICY Raharjo, Willy Sudiarto; Ashari, Ahmad
Proceedings of KNASTIK 2009
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proyek Annotea adalah salah satu contoh demonstrasi konsep Semantic Web yang sedang dibangun oleh TimBerners-Lee tentang konsep kolaborasi dengan memanfaatkan anotasi web berbasikan pada shared metadata. Namun sampaidengan saat ini, minimnya implementasi Annotea Client yang ada membuat proyek Annotea menjadi kurang berkembang.Sebagian besar dari implementasi Annotea Client yang ada juga membutuhkan keahlian khusus dari pengguna ataumengharuskan pengguna untuk menginstall aplikasi tersebut didalam sistem komputer mereka. Selain itu adanya hambatandari aturan Same Origin Policy yang membuat implementasi Annotea Client berbasis web sangatlah jarang.Pada penelitian ini dikembangkan sebuah implementasi Annotea Client berbasis web yang mampu melakukanoperasi-operasi dasar sesuai dengan spesifikasi protokol Annotea sekaligus mampu mengatasi permasalahan yangditimbulkan akibat adanya aturan Same Origin Policy sebagai konsekuensi aplikasi berbasis web.Sistem sudah mampu mengatasi masalah yang ditimbulkan akibat aturan Same Origin Policy dengan melakukanproses transformasi dengan memanfaatkan XSLT dan penggunaan query string pada URL.
IMPLEMENTASI SERVLET FILTERING UNTUK AUDITING DAN AUTENTIKASI PADA MANAJEMEN WEBSITE Kurniawan, Erick
Proceedings of KNASTIK 2009
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi Internet saat ini sudah sangat maju ini dapat dilihat dengan bertambahnya kompleksitasdari situs web. Pengunjung situs juga semakin banyak dan beragam oleh sebab itu dibutuhkan fasilitas Auditing danAutentikasi untuk mengetahui pengguna yang mengakses situs dan pembatasan hak akses pada halaman-halaman tertentu.Dalam penelitian ini akan digunakan teknik Servlet Filtering untuk proses Auditing dan Autentikasi dengan tujuan dapatmeningkatkan pelayanan dan keamanan dalam pengelolaan websites.
SEGMENTASI CITRA MENGGUNAKAN CLUSTERING DENGAN PENDETEKSI SADDLE POINT Saikhu, Ahmad; Soelaiman, Rully; Hambali, Imam
Proceedings of KNASTIK 2009
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Segmentasi citra adalah proses membagi citra ke dalam region-region yang terpisah, di mana setiap region adalahhomogen dan mengacu pada sebuah kriteria keseragaman yang jelas. Segmentasi yang dilakukan terhadap citra harus tepatagar informasi yang terkandung di dalamnya dapat diterjemahkan dengan baik.Penelitian ini menggunakan algoritma meanshift untuk segmentasi. Mean shift merupakan prosedur nonparametric sederhana untuk mengestimasi kerapatan gradient.Metode ini mempunyai parameter untuk mengontrol resolusi hasil segmentasi. Untuk mendeteksi boundary klasterdigunakan algoritma saddle point.Berdasarkan hasil uji coba menunjukkan waktu proses dan jumlah klaster dalamsegmentasi tergantung pada nilai parameter bandwidth domain spasial hs, bandwidth domain range hr, dan klaster terkecil Myang dimasukkan. Semakin besar nilai hs maka waktu segmentasi semakin lama. Semakin besar nilai hs,hr, dan M makajumlah klaster semakin sedikit. Boundary yang dihasilkan saddle point menjadi lebih halus.
IMPLEMENTASI TEKNOLOGI SINGLE SIGN ON DENGAN STUDI KASUS JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA ITS Suadi, Wahyu; Nurdeni, Deden Ade
Proceedings of KNASTIK 2009
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi komputer dewasa ini sangat pesat, terlebih lagi ketika ditemukannya teknologi jaringankomputer dan internet. Seiring dengan perkembangan internet, banyak dibangun sistem yang bersifat real-time dan online,yang memungkinkan seseorang dapat mengaksesnya dari mana saja dan mendapatkan informasi terkini. Sistem tersebutdibangun sendiri–sendiri (stand alone) dan banyak yang membutuhkan user identity yang unik agar dapat mengakses sistemtersebut.Jurusan Teknik Informatika mempunya berbagai macam aplikasi web based dalam menunjang aktivitasakademiknya, seperti web berbagai macam praktikum, web kuliah virtual, web monitoring TA, web perpustakaan digitaldan web perkuliahan. Semua akses ke aplikasi-aplikasi tersebut masing-masing merlukan otentikasi user yang unik untukseorang mahasiswa atau user. Hal ini menyebabkan user akan melakukan proses login berkali-kali.Teknologi Single Sign On memberikan kemudahan kepada user untuk proses otentikasi. User hanya perlumelakukan satu kali login untuk mengakses semua aplikasi yang ada. Teknologi ini memerlukan satu buah user identityyang unik untuk seorang user yang disimpan dalam sebuah credential store. Otentikasi dari semua aplikasi yang ada diaturoleh sebuah server otentikasi (Central Authentication Services) yang menangani validasi dan authorisasi user identity yangtersimpan dalam server yang menyimpan informasi user tersebut. Server Otentikasi ini memberikan sebuah karcis atauServices Ticket ke browser user di sisi client jika identitas user sama dengan identitas user di server database. Ticket Servicesini digunakan browser untuk mengakses aplikasi lain yang memerlukan otentikasi tanpa melakukan login kembali.
MENGELOLA BEBAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MULTIMEDIA Chandra, Francisca H
Proceedings of KNASTIK 2009
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi informasi menyebabkan banyak perubahan yang mendasar dalam pembelajaran. Diantaranyaadalah e-learning, pembelajaran menggunakan media komputer, pembelajaran jarak jauh dan masih banyak lagi. Umumnyapembelajaran tersebut merupakan pembelajaran mandiri (self learning). Sebagai konsekuensinya diperlukan kontenpembelajaran multimedia yang mampu dan menarik perhatian mengikat pembelajar agar dapat tetap terikat padapembelajaran. Pembelajaran multimedia menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat ditawar lagi. Dalam pembelajaranmultimedia terjadi situasi dimana kata-kata, suara, gambar dan animasi hadir bersama-sama. Hal ini dapat menyebabkanpembelajar mengalami kelebihan beban kognitif dalam upaya mereka mencerna informasi yang disajikan. Dalam mendesainkonten pembelajaran multimedia harus diperhatikan beban kognitif tersebut. Dengan banyaknya perangkat lunak yangmemberikan kemudahan bagi pengajar untuk merancang konten pembelajaran multimedia, maka pengajarpun perlumengetahui cara merancang konten multimedia yang mampu dicerna oleh pembelajar. Paper ini menyajikan beberapa teoridan hasil penelitian tentang cara-cara untuk mengelola beban kognitif dalam pembelajaran multimedia.
M-EQ Plus: Aplikasi Mobile Kecerdasan Emosional dan Konten-Konten Pendukung untuk Siswa SMP Kristian, Deni; Suyoto, Suyoto; Ernawati, Ernawati
Proceedings of KNASTIK 2009
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Makalah ini akan membahas “M-EQ Plus” yaitu Mobile Emotional Intelligence Plus berbasis multimedia. Aplikasiini merupakan aplikasi kecerdasan emosional dan konten-konten pendukung yang ditanamkan pada perangkat selular untuksiswa SMP di Indonesia. Aplikasi tersebut dibagi menjadi 6 bagian yaitu: tes EQ (emotional intelligence), profil tokoh -tokoh yang memiliki kecerdasan emosi yang baik, komik lucu, ramalan zodiak, info bantuan, dan info pembuat aplikasi.Fungsionalitas yang disediakan untuk pengguna adalah uji tipe emosi yang digunakan untuk menganalisa tipe dasar emosipengguna dan ramalan zodiak untuk mengetahui karakter sifat emosi pengguna. Penentuan tipe emosi melalui aplikasi inidilakukan dengan menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diberikan oleh sistem dan menginputkan angka tanggal lahir danbulan kelahiran pengguna untuk mengetahui hasil ramalan zodiak. Ada tiga metode yang akan digunakan untukmengembangkan aplikasi kecerdasan emosional berbasis multimedia, yaitu studi literatur, wawancara dan pengembanganperangkat lunak. Metode studi literatur dilakukan untuk mempelajari bahan-bahan tentang kecerdasan emosional untuksiswa SMP, sedangkan metode wawancara digunakan untuk meminta masukan/komentar dan menguji coba aplikasi kepadapengguna, serta metode pengembangan perangkat lunak dilakukan untuk menganalisa, mendesain, mengimplementasikandan menguji aplikasi. Aplikasi “M-EQ Plus” tersebut diimplementasikan dengan menggunakan Adobe Flash CS3 dan FlashLite 2.0. Aplikasi ini telah diujicobakan pada 37 responden yang terdiri dari 36 siswa SMP Negeri 4 Depok-Sleman-Yogyakarta dan seorang psikolog dengan menggunakan perangkat selular Nokia 5700 dan Nokia N95 dengan hasil 35%orang memberikan penilaian sangat baik, dan 52% orang memberikan penilaian baik, dan juga para siswa dapat mengetahuitingkat kecerdasan emosinya dan menggunakan konten-konten pendukung dalam aplikasi ini.
Pemanfaatan Enterprise Content Management dalam Sistem Temu Kembali Susanto, Budi
Proceedings of KNASTIK 2009
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebuah Enterprise Content Management (ECM) menyediakan fasilitas dan fungsi yang sangat lengkap terkaitdengan kumpulan dokumen, termasuk fasilitas pencarian full text. Namun karena ECM merupakan sebuah aplikasi backend,dalam beberapa hal masih sulit untuk digunakan. Aplikasi information retrieval untuk dokumen dengan topik upayaperdamaian merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan pencarian danmanajemen dokumen yang berasal dari beberapa sumber. Pemanfaatan ECM dalam sistem ini dirasakan sangat baik karenatersedianya API (Application Programming Interface) berbasis web service yang memudahkan untuk melakukan operasioperasipengambilan, pengubahan, dan juga pendefinisian metadata. Selain itu ECM juga dapat membantu mendefinisikanworkflow pengaksesan dokumen dalam sistem ini.

Page 1 of 15 | Total Record : 144


Filter by Year

2009 2013