cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Health,
Arjuna Subject : -
Articles 37 Documents
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA KEPERAWATAN RUMAH SAKIT rofii, muhamad
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan Vol 2, No 1 (2011)
Publisher : STIKES Widya Husada Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat telah merambah ke berbagai sektor termasukkesehatan. Nilai sebuah informasi dalam kesehatan lebih berharga daripada nilai investasi. Olehkarena itu, dalam membuat informasi diperlukan sebuah sistem yang dapat membuat sebuahinformasi yang tepat dan akurat. Sistem informasi manajemen perlu didefinisikan lebih detail untukmendapatkan informasi yang lebih spesifik, khususnya untuk sumber daya keperawatan di rumahsakit. Sistem informasi sumber daya manusia keperawatan memberikan informasi kepada seluruhmanajer di rumah sakit yang berkaitan dengan sumber daya manusia keperawatan. Rumah sakit dapatmengaplikasikan sistem informasi manajemen dalam manajemen sumber daya keperawatankhususnya dalam perencanaan tenaga keperawatan di rumah sakit, rekruitmen dan seleksi tenagakeperawatan, pengelolaan tenaga keperawatan, kompensasi, pengembangan karir, dan pelaporanlingkungan untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia yang efektif dan efisien.Kata kunci: Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Keperawatan
Meningkatkan Kualitas Dokumentasi Asuhan Keperawatan Dengan Sistem Informasi Keperawatan Berbasis Komputer ningsih, mulyaningsih
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan Vol 2, No 1 (2011)
Publisher : STIKES Widya Husada Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dokumentasi keperawatan merupakan salah satu bagian penting dalam proses asuhankeperawatan. Namun pada kenyataannya sering kita temukan dokumentasi keperawatan kuranglengkap dan tidak dapat dipertanggungjawabkan, bahkan cenderung diabaikan. Untukmeningkatkan kualitas dan kuantitas dokumentasi asuhan keperawatan maka perlu dilakukanadanya suatu perubahan dalam sistem pendokumentasian. Dari hasil penelitian didapatkanbahwa dengan penerapan sistem informasi keperawatan dalam dokumentasi asuhankeperawatan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas dokumentasi asuhan keperawatan.Namun untuk menghasilkan dokumentasi yang berkualitas maka perawat membutuhkandukungan melalui pendidikan dalam aplikasi perangkat lunak dan dalam melaksanakan konsepkeperawatan dan menerapkan proses keperawatan.Kata kunci: dokumentasi, keperawatan, sistem informasi
PENGEMBANGAN DOKUMENTASI KEPERAWATAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI dewi, sari candra
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan Vol 2, No 1 (2011)
Publisher : STIKES Widya Husada Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dokumentasi keperawatan adalah setiap catatan baik tertulis maupun elektronik yang menggambarkan layanan keperawatan yang diberikan kepada klien dan dapat digunakan sebagai bukti bagi tenaga yang berwenang. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi aktivitas pengelolaan data dan informasi di bidang keperawatan sehingga mempengaruhi perkembangan dalam pendokumentasian keperawatan. Dokumentasi keperawatan yang sejak awal merupakan pencatatan dalam format kertas (paper based) dapat dikembangkan menjadi electronic based dengan dukungan teknologi informasi dan sistem komputerisasi. Dokumentasi keperawatan berbasis teknologi informasi ini memberikan keuntungan bagi perawat dalam hal waktu pendokumentasian yang lebih singkat, keterbacaan data dan kemudahan akses bila dibandingkan dokumentasi dalam format kertas. Pengembangan dokumentasi keperawatan berbasis teknologi informasi tetap harus memperhatikan prinsip kerahasiaan data klien, komprehensif, akurat, tepat waktu, dan jelas mengidentifikasi pemberi perawatan sehingga perlu adanya kebijakan dan pedoman yang jelas bagi tenaga perawat dalam menjalankan sistem ini.   Kata kunci: Dokumentasi Keperawatan, Teknologi Informasi
PERKEMBANGAN DOKUMENTASI KEPERAWATAN BERBASIS KOMPUTER sukesi, Ns. Niken Sukesi, S. Kep, M.Kes
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan Vol 2, No 1 (2011)
Publisher : STIKES Widya Husada Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelayanan keperawatan merupakan pelayanan profesional dari pelayanan kesehatan yang tersediaselama 24 jam secara berkelanjutan selama masa perawatan pasien. Pelayanan keperawatanmemegang peranan penting dalam upaya menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan di rumahsakit. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, maka sangat dimungkinkan bagi perawatuntuk memiliki sistem pendokumentasian asuhan yang lebih canggih dengan memanfaatkanperkembangan tehnologi informasi. Pendokumentasian keperawatan dengan menggunakan komputerdiharapkan akan membantu meningkatkan dokumentasi keperawatan yang berkualitas.Pemikiran tentang dokumentasi keperawatan yang terkomputerisasi di buat dalam rangkamemudahkan dan mempercepat pendokumentasian asuhan keperawatan yang dibuat. Dengan sistemini perawat lebih dapat menghemat waktu dan perawat akan lebih sering berada di samping pasien.Dokumentasi yang terkomputerisasi ini pencatatan dapat dilakukan akurat dan lengkapKata kunci: dokumentasi; keperawatan; tehnologi informasi
PENGGUNAAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI PADA PELAYANAN KESEHATAN ANAK DAN REMAJA ramawati, dian
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan Vol 2, No 1 (2011)
Publisher : STIKES Widya Husada Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebutuhan akan penggunaan teknologi informasi menjadi sangat penting dalam bidangkesehatan khususnya keperawatan karena teknologi dapat menciptakan lingkungan yang amanuntuk praktik keperawatan dengan mengurangi dampak negative dari risiko dan tanggung jawabpekerjaan yang selama ini menakutkan bagi sebagian besar perawat anak. Bahkan teknologiinformasi juga dapat membantu perawat anak dalam merencanakan, melakukan danmengevaluasi tindakan keperawatan pada anak dan remaja serta keluarga. Berbagai softwareteknologi informasi berbasis computer telah dirancang untuk memudahkan peran perawat dalampemberian asuhan keperawatan, edukator dan advokat bagi anak dan remaja. Efisiensi danefektifitas waktu serta tenaga yang dapat dihemat oleh penggunaan teknologi informasi menjadisangat bermanfaat bagi perawat anak sehingga dapat lebih berkonsentrasi pada kualitas asuhanyang diberikan. Dan menjadi tantangan tersendiri bagi perawat anak agar selalumengembangkan kemampuan dan pengetahuan terkait penggunaan teknologi informasi yangterkini sehingga dapat lebih mudah dalam menjalin hubungan atau interaksi dengan klien anakdan remaja serta keluarga yang berbasis teknologi ini dimana dan kapan saja.Kata kunci: teknologi informasi, perawat anak, anak, remaja, asuhan keperawatan
SISTEM TELEMEDIKA BERBASIS ICT DALAM PENGELOLAAN MASALAH KESEHATAN KOMUNITAS hadi, Suhadi
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan Vol 2, No 1 (2011)
Publisher : STIKES Widya Husada Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyampaian pelayanan-kesehatan melalui jarak jauh bidang kesehatan dan keperawatan merupakansalah satu alternative pelayanan kesehatan masyarakat yang perlu dikembangkan pada era globalisasisaat ini. Penggunaan telemedika bersifat multidisiplin, menerapkan teknologi elektronika, komputer,telekomunikasi, serta instrumentasi, untuk transfer informasikedokteran dari satu tempat ke tempat laindalam membantu pelaksanaan prosedur kesehatan. Pengamatan terhadap perkembangan telemedikadi seluruh dunia menunjukkan bahwa aplikasinya untuk kesehatan masyarakat lebih berpengaruh padanegara berkembang, namun tingkat kegagalannya cukup konsisten dalam akseptabilitas dankeberlangsungannya sebagai akibat kekurang-siapan organisasi kesehatan untuk menerimaperubahan serta faktor lain yang sejak semula tidak mendukung keberlangsungannya.Pengembangan konsep sistem telemedika masyarakat berbasis ICT yang mengutamakan efektifitas,akseptabilitas dan keberlangsungan dari penerapan sistem secara nyata masih perlu dipikirkan denganaplikasi yang sederhana. Sistem yang dikembangkan dirancang dengan menggunakan teknologi yangsesuai, tersedia dan secara teknis maupun ekonomis dapat dioperasikan secara swadaya. Aplikasidisesuaikan dengan kebutuhan nyata pengguna serta dirancang seefektif dan semudah mungkin untukmeningkatkan akseptabilitas penerapan sistem. Sistem Telemedika Masyarakat berbasis ICT dapatdigunakan untuk memonitor Status Penyakit & Penanggulangan Wabah, untuk Manajemenpenanggulangan TBC penyakit-penyakit yang berbasis di komunitas. Sistem telemedika masyarakatuntukpelayanan antenatal, mobile telemedicine system with multiple telecommunication link,Teleopthalmology,dan Disaster Telemedicine System (e-Health Kiosk for Aceh).Kata Kunci : Telemedika. ICT
PENGGUNAAN TELE HYPNOBIRTHING PADA PRENATAL CLASS DI RUMAH SAKIT khayati, Nikmatul
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan Vol 2, No 1 (2011)
Publisher : STIKES Widya Husada Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi berdampak pada kemajuan teknologi informasi di bidang kesehatantermasuk keperawatan. Area keperawatan antara lain perawatan pada perempuan menjelangmelahirkan . Pada saat ini perempuan yang memasuki masa menjelang melahirkan akanmenghadapi nyeri yang semakin bertambah sampai periode kelahiran. Kondisi ini berdampakpada fisik maupun mental. Dampak fisik seperti makin lamanya kala II persalinan apabilaproses kelahiran terjadi secara alamiah. Berdasarkan riset yang telah dilakukan denganmenggunakan hypnobirthing menunjukkan hasil bahwa kala II berlangsung lebih cepat dari 12jam menjadi 4,5 jam. Selain itu hypnobirthing membawa pengaruh positif pada perubahanmental klien yang mengalami nyeri ante dan intra natal. Mengacu pada hal ini perlu kiranyaprogram hypnobirthing perlu dikembangkan untuk mengefisienkan waktu dan tenaga dari klienmaupun petugas berupa terapi yang dipandu dan dipantau dari jarak jauh berupa telehypnobirthing.Keyword: tele hypnobirthing
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN MELALUI TELENURSING DI RUMAH SAKIT koewandari, retno koeswandari ndari
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan Vol 2, No 2 (2011)
Publisher : STIKES Widya Husada Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dalam era sekarang ini telah membuat terobosan yang sangatbesar, khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi. Hampir semua orang telah menggunakantelepon sebagai bahan untuk melakukan aktifitasnya, termasuk bidang keperawatan denganmengembangkan telenursing. Penggunaan perangkat telepon dan data komputer sebagai pendukungpemberi layanan keperawatan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pemberian layanankepada pasien serta meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan. Pemanfaatan telenursing dalampelayanan keperawatan dapat dilakukan dengan melakukan pembicaraan kepada pelanggan melaluitelepon, dapat juga digunakan untuk konsultasi, pembimbingan keperawatan bagi masyarakat yangmempunyai penyakit kronis dan membutuhkan perawatan, juga dapat digunakan untuk menjalinhubungan dengan pasien dan perjanjian serta mengingatkan untuk selalu melakukan perawatankesehatan dengan baik. Metode telenursing adalah melakukan konsultasi dan komunikasi antarapasien dengan petugas kesehatan di rumah sakit sehingga tercipta komunikasi yang harmonis untukmencapai tujuan keperawatan yang diinginkan. Berbagai sarana dan prasarana pendukung sangatdibutuhkan untuk keberhasilan telenursing tersebut. Meskipun demikian di Indonesia masih perluadanya upaya perbaikan dalam infrastruktur, integrasi data kesehatan, maupun sumber daya manusiasebagai provider.Kata Kunci: telenursing, pelayanan keperawatan, perawat, pasien
DAMPAK PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP KESELAMATAN PASIEN DAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN rudianti, yulistiana
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan Vol 2, No 2 (2011)
Publisher : STIKES Widya Husada Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan sistem informasi manajemen salah satunya adalah penggunaan Electronic MedicalRecord (EMR). EMR merupakan rekam medis seumur pasien dalam format elektronik, dan bisadiakses dengan komputer dari suatu jaringan dengan tujuan utama menyediakan atau meningkatkanperawatan serta pelayanan kesehatan yang efisien dan terpadu. Dampak penggunaan EMR terhadapkeselamatan pasien dan kualitas pelayanan keperawatan yaitu memungkinkan perawat untukmengelola asuhan keperawatan secara efisien dan lebih berfokus memberikan pelayanan kepadapasien dengan berprinsip pada keselamatan pasien. Peran perawat menjadi lebih optimal sebagaiwujud tanggung jawab perawat untuk mengantisipasi, mendeteksi dan mediator yang menjaminkeselamatan pasien. Keakuratan dan pengenalan terhadap adanya kesalahan tindakan pelayanankesehatan dengan cepat dapat diinformasikan oleh EMR yang mempunyai kemampuan lebihdibandingkan dengan electronic patient record (EPR). Dampak lainnya adalah tantangan bagi perawatuntuk konsisten menyediakan lingkungan dan kualitas keamanan yang tinggi. Kesiapan dan keyakinanyang positif diperlukan untuk bersama-sama memanfaatkan penggunaan EMR sesuai tujuan yangdiharapkan dalam organisasi.
Pengembangan Informatika Keperawatan Melalui Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dewi, Mursidah
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan Vol 2, No 2 (2011)
Publisher : STIKES Widya Husada Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berbagai tingkat kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan keperawatan, mengharuskan praktikkeperawatan memiliki suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat mengintegrasikan ilmupengetahuan dan teknologi informasi dalam keperawatan. Luasnya lingkup tanggung jawab keperawatandan kehadiran perawat secara berkesinambungan mendampingi pasien, menempatkan keperawatan padaposisi sentral bagi layanan kesehatan dan pusat informasi pasien. Tulisan ini menelaah penerapan SistemPendukung Keputusan (SPK) dari perspektif kegiatan pengembangan sistem informasi keperawatan. Hasiltelaah menunjukkan pengembangan SPK ini dapat dirasakan manfaatnya dalam meningkatkankeselamatan pasien yaitu mencegah terjadinya adverse event, pengambilan keputusan yang berdasarkandata, bukti serta analisa yang sesuai dengan kebutuhan pelayanan keperawatan. Tantangan utamapengembangan SPK dalam pelayanan keperawatan adalah bagaimana para pengambil keputusan dapatmenterjemahkan komitmen dan kebijakan untuk mengintegrasikan sistem informasi keperawatan ke dalamrencana strategis serta mengembangkan infrastruktur yang mendukung upaya peningkatan kualitaspelayanan keperawatan melalui Sistem Pendukung Keputusan (SPK).Kata kunci : Informatika keperawatan; Sistem pendukung keputusan; Kualitas pelayanan; Keperawatan.

Page 1 of 4 | Total Record : 37