cover
Contact Name
Fitri Indra Indikawati
Contact Email
fitri.indikawati@tif.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsarjana@tif.uad.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Sarjana Teknik Informatika
ISSN : 23385197     EISSN : 28093399     DOI : -
Core Subject : Science,
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) adalah jurnal online ditujukan sebagai sarana publikasi dari makalah yang disarikan dari hasil penelitian mahasiswa Teknik Informatika. Focus and Scope: Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Pengetahuan dan Data Mining (Data Mining) Teknologi Multimedia (Multimedia Technologies) Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligents) Grafika Komputer (Computer Graphics) Sistem Informasi (Information Systems)
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018): Februari" : 10 Documents clear
Visualisasi 3 Dimensi Perumahan Sebagai Media Informasi Pemasaran (Studi Kasus Griya Taman Srago Klaten) Thoat Khoirudin; Murinto Murinto
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2018): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i1.15177

Abstract

Strategi pemasaran dalam memasarkan perumahan merupakan hal sangat penting untuk menarik calon pembeli. Salah satu strateginya yaitu adalah pengelompokan perumahan kedalam berbagai tipe dan jenis rumah disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Informasi yang diberikan masih membingungkan bagi calon pembeli karena hanya diberikan tampilan berupa 2 dimensi saja. Media penyampaian informasi pemasaran saat ini belum cukup memberikan gambaran produk atau properti bagi konsumen/masyarakat.Tujuan dari penelitian ini agar konsumen atau calon pembeli mendapatkan informasi mengenai produk rumah. Obyek penelitian adalah pembuatan visualisasi 3D mengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka dan wawancara. Dengan menerapkan beberapa ilmu grafika komputer serta kemudian perancangan dan pembuatan visualisasi 3D menggunakan metode pipeline yaitu perancangan sistem: pengembangan dan pra produksi selanjutnya implementasi sistem: peoduksi dan pasca produksi lalu kamudian pengujian sistem. Hal akhir yang ingin dicapai sesuai dengan hasil pengujian terhadap responden(calon pembeli) yaitu diperoleh persentasi hasil adalah 60% Sangat Setuju , 41,666% Setuju, dan 1,666% Kurang Setuju dari hasil pengujian tersebut didapat kesimpulanbahwa visualisasi 3D perumahan sebagai media informasi pemasaran yang dibuat ini dapat sistem visualisasi 3D bangunan perumahan dapat membantu memberi informasi mengenai gambaran produk kepada calon pembeli di Griya Taman Srago.
Agen Crawler Alamat Email Menggunakan Metode Breadth-First Crawling Onie Yudho Sundoro; Andri Pranolo
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2018): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i1.12384

Abstract

Informasi sangat penting dalam kehidupan, segala sesuatu apapun yang dapat membantu manusia dalam penyampaian dan penyebarluasan informasi dengan menggunakan media komunikasi. Informasi bisa didapatkan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan webcrawler. Web crawler digunakan untuk melakukan penjelajahan dan pengambilan halaman-halaman web pada situs internet berdasarkan kata kunci tertentu. Temuan web crawler memiliki jumlah yang sangat banyak sehingga sulit mencari informasi yang spesifik seperti informasi kontak email. Conference and Event Manager (CEM) adalah sebuah website yang menyediakan sarana pembuatan event dan conference ilmiah yang akan dilakukan. CEM membutuhkan email yang banyak untuk publikasi informasi, maka dibutuhkan suatu tools dalam membantu menemukan dan mengumpulkan kontak email yang banyak secara cepat. Agen cerdas meringankan pengguna dari pencarian yang memakan waktu dan membosankan melalui informasi elektronik dari web yang besar dan rumit seperti web crawler. Web crawler ini dikembangkan dengan metode breadth first search untuk menguji dan menelusuri setiap link pada halaman pertama kemudian menelusuri setiap link pada halaman berikutnya begitu seterusnya sampai setiap level pada link telah dikunjungi. Metode penelitian yang digunakan adalah MaSE (Multiagen System Engineering) dalam melakukan rumusan kebutuhan, analisis, desain, dan implementasi. Sistem diuji dengan 2 metode, yaitu Black-box test yang menguji kesesuaian input output aplikasi dan Alpha test yang menguji kesesuaian user requirement aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan web crawler yang menggunakan metode breadth first search untuk pencarian email serta menguji agen crawler alamat email menggunakan metode breadth first search dalam mempermudah pengumpulan email. Hasil dari penelitian ini membangun aplikasi yang dapat mengumpulkan alamat email untuk mengirimkan informasi event atau conference. Hasil pengujian black box test pada aplikasi ini mencapai angka 100% kesesuaian dengan expected result. Sementara hasil pengujian alpha test mencapai angka 52% untuk skala sangat setuju dan 48% untuk skala setuju.
Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kinerja Pegawai Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Dan Sosial Augit Indatmowo; Sri Winiarti
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2018): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i1.15180

Abstract

Perkembangan sistem informasi di Dinas Tenaga kerja Transmigrasi dan sosial Kabupaten Kebumen pada dasarnya sudah dikembangkan namun belum secara optimal.Masih belum adanya suatu metode yang digunakan untuk menentukan kinerja pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi.Karena terdapat banyak pegawai hal tersebut menyebabkan kurang efisien waktu dan juga keamanan datanya kurang terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem pendukung keputusan analisis kinerja pegawai dinas tenaga kerja transmigrasi dan sosial yang dapat memudakan dalam menganalisis kinerja pegawai. Subyek yang akan dibahas pada penelitian ini adalah aplikasi system pendukung keputusan analisis kinerja pegawai dinas tenaga kerja transmigrasi dan sosial. Adapun dalam penelitian ini terdapat metode pengumpulan data.Metode tersebut antara lain metode study pustaka, wawancara dan observasi. Tahap pengembangan aplikasi meliputi analisis kebutuhan, perancangan system, implementasi dan pengujian system.Dalam perancangan sistem terdapat beberapa tahapan untuk pegembangan sistemyaitu model keputusan, alur keputusan, pemodelan proses, pemodelan data dan struktur tabel.Metode keputusan dalam dalam menggunakan metode ini Kriteria Bayes.Pengujian sistem dilakukan dengan metode pengujian penerimaan dan pengujian usability system metode Usability Sistem.Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak system pendukung keputusan analisis kinerja pegawai dinas tenaga kerja transmigrasi dan sosial dengan metode kriteria bayes dan menggunakan parameter kinerja pegawai yang terdiri dari sasaran kerja individu, sasaran kinerja pegawai dan prestasi kerja. Hasil uji terhadap system disimpulkan bahwa system dapat diterima oleh user dan layak digunakan dengan hasil 100%.
Media Pembelajaran Materi Pengenalan Opengl Pada Mata Kuliah Grafika Komputer Jamhari Widadi; Murinto Murinto
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2018): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i1.12386

Abstract

Pembelajaran Grafika Komputer pada materi pengenalan OpenGL bagi sebagian mahasiswa masih sulit dipahami. Berdasarkan data yang diperoleh dari 10 mahasiswa yang sedang dan yang pernah mengambil mata kuliah grafika komputer, terlihat bahwa jumlah prosentase mahasiswa yang belum memahami materi objek dua dimensi dan tiga dimensi lebih banyak dari pada mahasiswa yang paham akan materi pengenalan OpenGL. Jumlah mahasiswa yang membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa yang tidak membutuhkan. Untuk itu perlu dibangun aplikasi pembelajaran grafika komputer khususnya pada materi objek dua dimensi dan tiga dimensi agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah memahami materi yang disampaikan dosen. Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran grafika komputer pada materi pengenalan OpenGL.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, dan metode observasi. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah yang diperoleh, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, design document dan diagram navigasi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, pengetesan sistem alpha test. Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran grafika komputer pada materi pengenalan OpenGL bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang berdasarkan hasil pengetesan tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menunjang pembelajaran Grafika Komputer
Perancangan Aplikasi Android Sebagai Sarana Periklanan Menggunakan Qr Code Shidik Shidik; Herman Yuliansyah
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2018): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i1.15176

Abstract

Periklanan ditujukan untuk mempengaruhi sikap dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu produk atau merek. Tujuan ini bermuara pada upaya mempengaruhi prilaku dan mendorong keinginan konsumen melakukan pembelian. Iklan yang dilakukan dapat menggunakan berbagai macam media, mulai media dari penyebaran brosur, pemasangan iklan di media elektronik seperti radio, televisi dan lain-lain. Untuk pemasangan iklan di media elektronik contohnya iklan di televisi tentunya membutuhkan dana yang lebih besar dibandingkan pemasangan iklan di media cetak seperti surat kabar, brosur dan lain – lain. Selain itu iklan mempunyai batas waktu penayangan, semakin lama waktu penayangan maka semakin besar anggaran yang akan dikeluarkan. Untuk melakukan iklan di media cetak seperti brosur, iklan hanya dapat dilihat dalam beberapa waktu tertentu, karena brosur yang disebar terbuat dari kertas yang akan hancur apabila terkena air dan terbakar. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data dengan metode studi pustaka, dan observasi. Perancangan aplikasi android yang mencakup identifikasi masalah, analisis kebutuhan sistem, teknologi qr code, perancangan user experience, perancangan user interface, dan pengujian dilakukan dengan metode post study (SUS) dan post task (SEQ). Berdasarkan penilitian yang dilakukan, maka dihasilkan sebuah rancangan aplikasi android sebagai sarana periklanan menggunakan qr code. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa perancangan aplikasi dapat diterima (acceptable) dan rata-rata task yang dilakukan saat diuji adalah sangat mudah
Pengembangan User Experience (UX) dan User Interface (UI) Aplikasi Pembaca Skripsi Tabloo di Perpustakaan Kampus III UAD Angga Ibnu Barata; Ardiansyah Ardiansyah
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2018): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i1.15173

Abstract

Salah satu bentuk kemajuan pesat dari pengelolaan koleksi tugas akhir, skripsi, tesis maupun disertasi di perpustakaan perguruan tinggi (PT) di Indonesia adalah dengan tersedianya koleksi tersebut dalam format elektronik (eThesis). Akan tetapi walaupun sudah dalam format digital dan bisa diakses dari luar dalam kenyataannya akses yang diberikan masih sangat terbatas. Hadirnya tablet dengan platform Android yang murah dan handal bisa menjadi solusi alternatif memecahkan masalah di atas. Aplikasi pembaca skripsi di Perpustakaan Kampus III UAD saat ini belum di lakukan pengujian terhadap User Experience (UX) dan User Interface (UI), yang nantinya akan dirasakan langsung oleh pengguna aplikasi yang berada di Perpustakaan Kampus III UAD apakah sudah memenuhi aspek-aspek Usabillitas atau belum. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Kemudian dianalisis untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Implementasi desain User Experience (UX) dan User Interface (UI) menggunakan aplikasi JustInMind, Corel Draw, dan Photoshop. Pengujian sistem dilakukan dengan 2 metode, metode pengujian Post Study dan metode pengujian Post Task.
Pengukuran Tingkat Kesuksesan Sistem Informasi Apotek Rumah Sakit Pura Raharja Dengan Pendekatan Model Delone Dan Mclean Muh Thoyib; Sri Handayaningsih
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2018): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i1.15183

Abstract

Perkembangan teknologi, tuntutan pekerjaan yang semakin meningkat, bertambahnya jumlah data yang harus diolah, keterbatasan waktu dan tenaga, tingkat keakuratan dan demi meningkatnya suatu kualitas kerja, hal-hal tersebut yang mendorong manusia untuk menciptakan peralatan yang dapat membantu mereka dalam mencapai tujuan mereka. Sebuah sistem informasi digunakan untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan ataupun pekerjaan dalam bidang apotek disebut sistem informasi apotek. Sistem informasi apotek haruslah lengkap dan efisien karena ini akan menyangkut pada pelayanan terhadap pasien. Dengan harapan hasil pengukuran tingkat kesuksesan sistem ini dapat dipakai mengevaluasi keberhasilan sistem dan dapat menghasilkan rekomendasi kepada Apotek RS Pura Raharja. Menurut DeLone dan McLean (1992) dalam menentukan kesuksesan sistem informasi mencakup 6 elemen. Enam elemen tersebut menjadi dasar penelitian ini yaitu pembuatan kuisioner berdasarkan ke 6 elemen Delone dan McLean dimana kuisioner akan di Uji Validitas dan Reliabilitas. Setelah dilakukan penyeaaran kuisioner maka akan dihitung hasil pengolahan data dengan menggunakan pembagian kriteria berdasarkan Standar Deviasi. Hasil analisis olah data akan dijadikan bahan untuk membuat rekomendasi kepada pihak menejemen RS Pura Raharja. Hasil penelitian ini diperoleh sebuah Rekomendasi terhadap Sistem Informasi Apotek yang mampu melayani pasien dengan baik dan efisien agar mampu meningkatkan mutu Rumah Sakit Pura Raharja. Hasil pengukuran kualitas sistem tingkat kesuksesan baru 10,00% sangat baik. Hal ini perlu ditingkatkan lagi karena kualitas sistem sangat berhubungan dengan kualitas informasi sehingga kualitas informasi tingkat kesuksesan sangat baik baru 16,67%. Sedangkan pengguna akan berhubungan dengan kepuasan pemakai. Dari hasil penelitian pengguna tingkat kepuasan sangat baik baru 20,00%. Kepuasan pemakai merupakan keseluruhan evaluasi dari pengalaman pengguna dalam menggunakan sistem informasi dan dampak potensial dari sistem informasi. Hasil penelitian dapat digunakan masukan atau rujukan untuk peningkatan sistem informasi di apotik Rumah Sakit Pura Raharja, Bangeran, Bumirejo, Lendah, kulon Progo yang sudah dipersiapkan secara matang tentang sistem informasinya.
Penerapan SEO (Search Engine Optimization) White Hat Menggunakan Metode Link Kontekstual Untuk Meningkatkan Serp di Website Infonasa.com Asep Setiawan; Fiftin Noviyanto
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2018): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i1.15175

Abstract

Search engine memiliki pengaruh besar pada pemeringkatan sebuah website. Semakin baik maka akan mempermudah website mendapat pengunjung.  Dibutuhkan optimasi SEO (Search Engine Optimization) agar meningkatkan website berada diposisi teratas atau halaman pertama search engine. Permasalahan apabila website tidak menerapkan SEO maka efeknya Search Engine akan sulit mengenali sebuah website di internet. Terdapat 2 metode untuk optimasi, sebagian pemilik website mengoptimasi dengan metode black hat yang menyalahi aturan search engine hanya mencari hasil cepat tetapi bisa sangat cepat juga mengakitbatkan website terkena sandbox atau banned. Metode white hat merupakan metode yang sesuai dengan aturan yang dikembangkan oleh search engine. Analisis website Infonasa.com akan diterapkan dengan satu metode pilihan dan beberapa tahapan. Metode yang digunakan adalah SEO white hat dengan link building kontekstual. Langkah awaldilakukan dengan menganalisis website Infonasa dengan beberapa tool online. Menganalisis kebutuhan sistem, melakukan persiapan, pelaksanaan yang meliputi pengukuran awal, optimasi dan pengukuran akhir kemudian melakukan tahap evaluasi. Dan terakhir metode pengujian menggunakan uji statistik one way anova. Hasil analisis penukuran awal website Infonasa menunjukan hasil yang kurang optimal, berdasarkan kondisi tersebut dilakukan optimasi. Hasil pengukuran akhir, penerapan SEO white hat dengan link building kontekstual serta evaluasi kinerja yang dilakukan terhadap website Infonasa menunjukan bahwa terdapat kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji statistik one way anova yang menghasilkan nilai –p = 0.00<0.05. Analisispenerapan SEO yang sudah dilakukan mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kinerja website pada peringkat search engine.
Aplikasi Pengolahan Citra Untuk Deteksi Tingkat Kematangan Pada Buah Kelengkeng Dengan Metode Perbandingan Kadar Warna Royyan Yuni Miladi; Murinto Kusno
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2018): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i1.15185

Abstract

Perkembangan Teknologi yang pesat di bidang komputer telah mendorong semakin berkembangnya penelitian dan penerapan teknik pengolahan citra. Proses identifikasi buah-buahan dan sayuran yang dilakukan secara manual tidak efisien dan kurang teliti untuk jumlah yang cukup besar. Bertitik tolak pada kasus tersebut, maka penelitian ini bertujuan membangun sistem untuk penentuan tingkat kematangan berdasarkan tingkat kandungan nilai warna RGB pada buah kelengkeng. Subyek penelitiannya adalah membangun aplikasi untuk mengetahui tingkat kematangan kedalam 2 fase yaitu matang dan tidak matang. Data dalam penelitian ini menggunakan citra buah kelengkeng yang diambil dengan menggunakan kamera akan diambil sebagian (crooping) menjadi 300 x 300 pixels dan diganti format menjadi *.bmp,*.jpg, atau *.png yang kemudian akan diekstrak ciri warnanya, dan dikalkulasi tingkat kadar warna R(red), G(green), B(blue). Kemudian dibandingkan nilai rata-rata RGB dengan nilai RGB pada database yang telah dilakukan pengujian kematangannya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi literatur dengan menggunakan data-data dari buku dan internet, metode wawancara kepada pedagang buah untuk memastikan data yang diperoleh mengenai informasi buah. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan 20 sampel citra buah kelengkeng yang terdiri 10 citra kelengkeng mentah dan 10 citra kelengkeng matang menunjukkan bahwa hasil untuk pengujian buah kelengkeng matang mencapai 100% dan untuk buah kelengkeng mentah mencapai 100%.
Pembuatan Model Customer Relationship Management (CRM) Bidang Perindustrian (Studi Kasus Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi DIY) Wahit Desta Prastowo; Ali Tarmuji
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2018): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i1.12382

Abstract

Dinas Perindagkop merupakan salah satu bidang unggulan Pemda DIY yang telah menerapkan Blueprint IT DIY (Jogja Cyber Province). Salah satu bidang di Disperindagkop yaitu Bidang Perindustrian, bidang tersebut memiliki kendala yaitu terbatasnya SDM dan kurangnya penguasaan dan pemanfaatan teknologi, Pelayanan yang dilakukan Dinas dalam melayani pelaku industri saat ini menggunakan caraofflinedatang langsung ke dinas dan mengisi formulir buku tamu, Sistem informasi Dinas hanya sebatas sistem informasi untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dan tidak memberikan informasi untuk customer. Pihak Dinas terutama Bidang Perindustrianbelummemilikirancangan yang jelas untuk membangun sistem CRM. Subyek padapenelitian ini adalah “Pembuatan Model CRM di Bidang PerindustrianDisperindagkop DIY”. Tahapan Penelitian ini antara lain analisis yaitu analisis saa tini, Perhitungan Cobit 4.1, analisis kondisi yang diharapkan, analisis GAP, pembuatan model CRM, uji kelayakan dan Rekomendasi. Hasil dari penelitian iniberupa“Kerangka Model CRM di Bidang Perindustrian Disperindagkop DIY.Dan hasil uji kelayakan model menunjukkan 100% sesuai, sehingga dengan persentase tersebut nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam pemetaan CRM dan panduan terhadap tim management dalam perencanaan aplikasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10