cover
Contact Name
Fitri Indra Indikawati
Contact Email
fitri.indikawati@tif.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsarjana@tif.uad.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Sarjana Teknik Informatika
ISSN : 23385197     EISSN : 28093399     DOI : -
Core Subject : Science,
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) adalah jurnal online ditujukan sebagai sarana publikasi dari makalah yang disarikan dari hasil penelitian mahasiswa Teknik Informatika. Focus and Scope: Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Pengetahuan dan Data Mining (Data Mining) Teknologi Multimedia (Multimedia Technologies) Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligents) Grafika Komputer (Computer Graphics) Sistem Informasi (Information Systems)
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2018): Oktober" : 10 Documents clear
Penerapan Text Mining Pengelompokkan Judul Kerja Praktek Menggunakan Metode K-Means Clustering dengan Cosine Similarity Ika Kurnia Saputri; Tedy Setiadi; Lisna Zahrotun
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 3 (2018): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i3.15257

Abstract

Kerja Praktek adalah kegiatan mahasiswa yang dilakukan di masyarakat maupun di perusahaan atau instansi untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dan melihat relevansinya di masyarakat maupun melalui jalur pengembangan diri dengan mendalami bidang ilmu tertentu dan aplikasinya. Dalam pelaksanaanya, tidak sedikit mahasiswa bingung menentukan sebuah instansi, perusahaan ataupun tempat lain untuk dijadikan tempat Kerja Praktek. Oleh karena itu, perlu adanya pengelompokkan Judul Kerja Praktek sehingga dapat menjadi salah satu referensi pengetahuan bagi mahasiswa untuk mengetahui pola kelompok judul kerja praktek yang ada. Dalam pengelompokkan tersebut, dapat menggunakan metode Text Mining K-Means Clustering dengan Cosine Similarity untuk dapat mengelompokkan judul kerja praktek. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang algoritma K-Means Clustering dengan Cosine Similarity dan mengimplementasikan algoritma K-Means Clustering dengan Cosine Similarity dengan melakukan tahapan tokenizing, filtering dan stemming sehingga pada akhirnya akan didapatkan cluster-cluster judul kerja praktek. Data yang digunakan adalah data judul kerja praktek Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan sebanyak 355 data. Hasil pengujian dilakukan uji purity sebanyak 5 kali percobaan, dengan mengkombinasikan parameter M yang berbeda-beda sebagai titik pusat cluster diperoleh nilai terbaik sebesar 0,85 dengan kombinasi M=6 yang artinya semakin mendekati 1 mengindikasikan bahwa semakin banyak dokumen yang berhasil dikelompokkan dengan benar.
Penerapan Metode Left Corner Parsing Dalam Aplikasi Terjemahan Bahasa Indonesia ke Bahasa Bima Esty Istiqamah; Dewi Soyusiawaty
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 3 (2018): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i3.15253

Abstract

Bahasa Bima adalah bahasa daerah yang digunakan sebagi alat komunikasi oleh suku mbojo di kota Bima – Dompu, pulau Sumbawa, provinsi Nusa Tenggara Barat. Bahasa Bima susah untuk dipahami dan sudah memudar dikalangan remaja karena jarangnya mata pelajaran bahasa daerah yang diajarkan dan terbatasannya kamus bahasa Bima. Pada terjemahan bahasa dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat mempermudah dalam mengartikan bahasa Indonesia ke bahasa Bima sesuai dengan struktur kalimat dengan metode yang digunakan yaitu dengan metode left corner parsing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan, interview dan browsing. Analisis data untuk kebutuhan sistem berupa kata dan CFG. Perancangan sistem dilakukan dengan perancangan proses, perancangan LCP, perancangan kamus, perancangan SRP dan perancangan interface. Aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, sedangkan basis data menggunakan Mysql. Untuk pengujian aplikasi dilakukan menggunakan 2 metode yaitu pengujian black box test dan alpha test. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi penerjemah bahasa Indonesia ke bahasa Bima Nusa Tenggara Barat yang proses penerjemahan kalimat ada dalam kamus dengan menggunakan metode Left Corner Parsing.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Tentang Vocabulary Untuk Sekolah Dasar Kelas I Berbasis Multimedia di Sd Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta Rafika Soraya Luftiyani; Wahyu Pujiyono
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 3 (2018): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i3.15258

Abstract

Berdasarkan observasi dari 4 kelas, dengan standar KKM 70, diperoleh 29,6% dari 108 siswa mendapatkan nilai di bawah standar. Kendala yang dialami siswa tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris, kesulitan dalam pengucapan. Guru masih mengajar dengan cara klasikal. Keterbatasan waktu hanya 35 menit dalam 1 kali pertemuan. Orangtua mengalami kesulitan dalam mendampingi belajar di rumah. Media pembelajaran bahasa Inggris tentang vocabulary berbasis multimedia ini dengan materi, latihan dan evaluasi dikembangkan untuk mengatasi masalah yang ada, memudahkan siswa untuk mempelajari kembali, belajar mandiri, orangtua dapat mendampingi saat di rumah dan meningkatkan motivasi belajar dengan target yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam pembuatan media pembelajar berbasis multimedia ini adalah metode pustaka, observasi, wawancara, analisis kebutuhan (pengguna dan sistem), perancangan konsep (skenario berbasis ICT, skenario evaluasi), storyboard, implementasi, pengujian sistem. Pengujian sistem blackbox test oleh guru untuk mengetahui kebenaran materi dan kelayakan media pembelajaran sebagai media bantu menyampaikan materi. Hasil pengujian dapat membantu dalam penyampaian materi dengan presentase sangat setuju 5,3% dan setuju 94,7% layak sesuai kebutuhan user. Alpha test diuji dengan 30 siswa untuk menguji kelayakan media pembelajaran yang efektif dan menarik dengan presentase sangat setuju 58%, setuju 41%, kurang setuju 1%,tidak setuju 0%. Hasil nilai evalusi telah mengalami kenaikan dan sudah memenuhi KKM. Kesimpulan bahwa aplikasi media pembelajaran interaktif bahasa inggris tentang vocabulary berbasis multimedia ini layak digunakan dalam proses pembelajaran
Prediksi Laju Pertumbuhan Penduduk Di Kabupaten Sleman Dengan Metode Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (Anfis) Dan Metode Sugeno Agus Dianto; Andri Pranolo
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 3 (2018): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i3.15248

Abstract

Pemerintah kabupaten Sleman hanya mendapatkan data penduduk di Kabupaten Sleman dilakukan hanya saat sensus penduduk saja, dimana ketika pemilu dan program pemerintah saja. Dalam sistem prediksi laju pertumbuhan penduduk menggunakan metodologi adaptive neurofuzzy infrence system (anfis) dan metode sugeno. Metode adaptive neuro-fuzzy infrence system (anfis) dimulai dengan tahap menentukan lapisan 1, lapisan 2, lapisan 3, lapisan 4, lapisan 5. tahap perancangan sistem, tahap implementasi/coding, dan tahap pengujian sistem. Sistem diuji dengan 2 metode yaitu Black Box Test dan Alpha Test. Hasil penelitian ini menghasilkan sistem prediksi Laju penduduk. Hasil perhitunan anfis untuk mengetahui perbandingan data sensus dan data hasil hitung anfis dan Hasil prediksi pada priode selanjutnya yang dihitung menggunakan metode sugeno dan metode geometri. Data tersebut menghasilkan perbandingan data sensus dan data hasil hitung anfis sebesar 0,44%, dengan hasil pengujian prediksi metode sugeno naik sebesar 16,10% pada tahun 2020 dapat diketahui sangat meningkat dan hasil pengujian dengan metode geometri sebesar 1,65% dapat diketahui laju pertumbuhan penduduk setiap tahunya. Dan kesimpulan dapat diambil perbandingan hasil sensus dengan hasil hitung anfis meningkat, sedangkan mengunakan metode sugeno lebih baik untuk memprediksi laju pertumbuhan penduduk dan dengan metodemgeometri dapat diketahui prediksi laju pertumbuhan setiap tahunnya.
Pembuatan Model Manajemen Risiko Pada Sistem Pengelolaan Sumber Daya Manusia Menggunakan Framework Cobit 5 di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Ika Pratikawati; Sri Handayaningsih
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 3 (2018): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i3.15254

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) adalah bagian dari keseluruhan manajemen sumber daya yang ada, dan tersedia dalam suatu organisasi dan merupakan faktor yang paling penting. Adanya kesenjangan antara peraturan lama dengan peraturan baru mengakibatkan sistem SDM tidak dapat digunakan secara menyeluruh pada setiap proses yang terjadi dalam pengelolaan sumber daya manusia sehingga sistem dapat digunakan jika peraturaannya sudah terpenuhi. Karyawan SDM tidak dapat mengambil data-data yang sudah diinputkan, karena belum adanya fasilitas untuk mengambil kembali data-data (mendownload). Terdapat 10% karyawan atau dosen yang belum bisa menggunakan system SDM, dan 70% sudah mengenal tetapi masih kesulitan dalam menggunakan sistem sumber daya manusia (SSDM), sehingga mengakibatkan sistem yang tersedia belum digunakan secara maksimal oleh pihak bersangkutan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan survey menggunakan kuisioner. Kemudian dilakukan analisis risiko terhadap dua kondisi yaitu menganalisis proses pengolahan data yang berjalan saat ini serta gambaran risiko terkait proses bisnis dan kondisi yang diharapkan dalam mewujudkan SDM yang handal sesuai dengan tujuan SDM. Kemudian dilakukan pembuatan model manajemen risiko yang meliputi pemodelan proses bisnis, penilaian risiko, pemetaan risiko, penanganan risiko dan pemenuhan aktifitas pada setiap proses domain APO12. Berdasarkan hasil capability level, tingkat kematangan saat ini pada SDM berada pada tingkat kematangan level 0 dengan nilai 0,04. Penanganan risiko yang dapat dilakukan untuk menangani risiko pada pengelolaan sistem sumber daya manusia yaitu mencegah dan memperbaiki risiko pada proses perengkrutan dosen, dokumentasi dosen, pengajuan jabatan akademik dosen. Dimana setiap risiko yang terjadi diberikan strategi penangan. Rekomendasi dari skripsi ini berupa model manajemen risiko. Model manajemen risiko tersebut telah diuji kelayakannya sehingga layak untuk diterapkan pada bagian pengelolaan sistem sumber daya manusia UAD.
Pengembangan Aplikasi Authoring Tools Buku Teks Elektronik (E-Textbook) Berbasis Web Sasti Yudho Lukito Aji; Ardiansyah Ardiansyah
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 3 (2018): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i3.15250

Abstract

Elektronik book (ebook) adalah salah satu layanan informasi berbentuk buku digital. Ebook bisa diakses menggunakan media digital seperti komputer, notebook dan handphone. Ebook saat ini banyak digunakan karena berbagai kelebihan yang ditawarkan. Kenyataannya, berbagai kelebihan ebook tersebut ternyata tidak diimbangi dengan kenyamanan dalam menulis, me-review dan mengedit buku digital melalui peramban. Beberapa kendala tersebut bisa diatasi dengan adanya Aplikasi authoring tools buku teks elektronik (e-text book) berbasis web. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuisioner. Kemudian dianalisis untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Implementasi aplikasi memanfaatkan Codeigniter framework dan MySql database untuk penyimpanan data. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan aplikasi authoring tools buku teks elektronik (e-Teksbook) berbasis web yang digunakan untuk mempermudah penulis buku dalam menulis, mereview dan mengedit konten digital berbasis web melalui peramban. Pengujian sistem dengan metode black box dengan hasil lulus dan telah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu digunakan juga metode post-study untuk mengetahui tingkat usability aplikasi yang dikembangkan ini dengan nilai 68.5 (skala 0..100).
Pembuatan Model Customer Relationship Management (CRM) Menggunakan Metode Cobit 4.1 Pada Bidang Perikanan Dan Seksi Budidaya Air Tawar Di Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi DIY Neneng Nur Afifah; Sri Handayaningsih
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 3 (2018): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i3.15255

Abstract

Manajemen pelayanan terhadap pelanggan belum bisa memenuhi kebutuhan customer, hal ini menyebabkan pendataan menjadi kurang lengkap, dan akan terhambat dalam pengawasan, monev pelayanan sehingga acuan dalam pengembangan sistem informasi yang mengarah pada layanan hubungan antara Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY dengan customer untuk masa yang akan datang. Hal ini yang mendasari pengukuran dengan menggunakan COBIT 4.1 fokus pada perspektif customer, pembuatan kerangka Customer Relationship Management (CRM) yang dilihat dari sudut pandang proses bisnis dan kebutuhan yang berorientasi pada pelayanan tetapi tidak sampai pada pembuatan aplikasi. Adapun tahapan dalam pembuatan model CRM antara lain analisis customer prespektif dilakukan dengan perhitungan cobit 4.1, pembuatan proses bisnis kondisi saat ini, proses bisnis baru, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur jaringan, pembuatan model CRM, uji kelayakan model dan rekomendasi. Maka diperoleh hasil Kerangka Model CRM di Dinas Kelautan dan Perikanan DIY serta perhitungan COBIT 4.1 yaitu bidang perikanan penilaian. Sehingga dapat memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan customer melalui sistem informasi yang disarankan untuk dikembangkan. Sehingga diharapkan akan penilaian 100% responden menyetujui model CRM yang diusulkan dapat diimplementasikan dan dapat membantu meningkatkan pelayanan khususnya pada Bidang Perikanan serta UPTD BPTPB seksi perikanan budidaya air tawar sebagai bahan acuan dimasa mendatang, sehingga terjalin hubungan yang kondusif dengan customer.
Pengembangan User Experience (UX) dan User Interface (UI) Aplikasi Ibeauty Berbasis Android Anang Purnomo; Ardiansyah Ardiansyah
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 3 (2018): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i3.15251

Abstract

Bisnis salon mulai berkembang di masyarakat. Hal ini disebabkan oleh tingginya animo masyarakat akan gaya hidup dan pentingnya penampilan. Semakin banyaknya salon kecantikan dan spa akan memacu pengusaha salon dan spa untuk meningkatkan mutu dan pelayanan. Pada umunya salon kecantikan belum memiliki aplikasi pemesanan layanan paket perawatan kecantikan. Salah satu aplikasi salon berbasis mobile memiliki beberapa kelebihan yaitu untuk melakukan pemesanan user tidak terlalu kesulitan dikarenakan iSalon mempunyai tampilan yang sederhana. Dari hasil analisis aplikasi mobile yang ada untuk menu perawatan tidak dipisahkan antar kategori. Di dalam melakukan pemesanan kurang efektif, dikarenakan untuk melakukan pemesanan diperlukan beberapa langkah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk membuat perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi iBeauty yang bertujuan nantinya dapat menjadi acuan programmer dalam mengimplementasikan menjadi sebuah aplikasi yang real. Langkah awal yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi yang kemudian dilakukan analisa data, deskripsi kebutuhan user dan kebutuhan sistem, dan pembuatan diagram aliran data. Tahap selanjutnya adalah perancangan desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi iBeauty dan melakukan pengujian usability mengunakan metode Post Study (SUS) dan Post Task (SEQ) dengan efektivitas dan efisiensi. Berdasarkan hasil pengukuran desain User Experience dan User Interface aplikasi iBeauty yang dikembangkan sesuai dengan pengujian usability terbukti membantu dalam proses pengembangan dengan hasil pengukuran tingkat keberhasilan pengguna sebesar 100%, pengukuran kemudahan pengguna dengan nilai rata-rata skor SEQ 6,7 (mudah) dan pengukuran kepuasan pengguna dengan nilai rata – rata SUS responden anggota 86,67 (Acceptable).
Pembuatan Model Enterprise Architecture Planning Menggunakan Metode TOGAF ADM di Dinas Pendidikan Dasar Bantul Azalia Ramadhani; Tedy Setiadi
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 3 (2018): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i3.15256

Abstract

Dinas Pendidikan Dasar Bantul mempunyai permasalahan utama yaitu, kurangnya perencanaan dan tanpa memikirkan kunci utama dalam proses pengembangan sistem informasi yaitu perancangan, perancangan sistem informasi yang baik harus melihat dari berbagai sudut pandang pengembangan sistem, dimulai dari mendefinisikan arsitektur bisnis yang ada dalam organisasi, mendefinisikan arsitektur data yang akan digunakan, mendefinisikan arsitektur aplikasi yang akan dibangun serta mendefinisikan arsitektur teknologi yang mendukung jalannya sistem informasi tersebut. Hal ini yang mendasari peneliti membuat model Enterprise Architecture Planning (EAP) dengan menggunakan TOGAF ADM. Sehingga manfaat yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil penelitian menghasilkan model EAP yang meliputi arsitektur bisnis, arsitektur sistem informasi, dan arsitektur teknologi yang digunakan dalam mengembangkan sistem infomasi yang terintegrasi untuk mendukung kebutuhan organisasi di Dinas Pendidikan Dasar Bantul. Pada penelitian ini akan dibahas tentang “Pembuatan Model Enterprise Architecture Planning Di Dinas Pendidikan Dasar Bantul. Tahapan penelitian ini meliputi analisis yaitu analisis menggunakan metode Togaf ADM, analisis kondisi yang diharapkan, analisis GAP, pembuatan EAP, uji kelayakan dan rekomendasi. Togaf adalah kerangka kerja untuk enterprise architecture yang menyediakan pendekatan luas pada desain, perencanaan, implementasi dan penguasaan dari arsitektur informasi perusahaan. Hasil dari penelitian ini berupa Model Enterprise Architecture Planning dan kelayakan model menunjukkan pemodelan yang dibuat di Dinas Pendidikan Dasar Bantul valid dengan pengujian langsung dengan kepala Dinas Pendidikan Dasar Bantul diperoleh 100%, sehingga dengan presentase tersebut nantiya dapat digunakan sebagai acuan dalam pembangunan EAP dan panduan terhadap tim bidang program.
Rancang Bangun UI (User Interface) / UX (User Interface) Aplikasi Manajemen Skripsi Pada Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan Alfiana Novi Aulia; Ardiansyah Ardiansyah
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 6, No 3 (2018): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i3.15252

Abstract

Skripsi atau Tugas Akhir merupakan karya tulis ilmiah dari hasil penelitian mandiri untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan S1 sesuai dengan program studinya. Di Universitas Ahmad Dahlan terdapat koordinator yang bertanggung jawab atas pengelolaan skripsi. Dengan banyaknya mahasiswa yang mengambil skripsi karena sifatnya wajib, koordinator skripsi tersebut mengalami kesulitan dalam mengelolanya disebabkan karena prosesnya masih dengan cara manual. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk membuat perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi manajemen skripsi yang bertujuan nantinya dapat menjadi acuan programmer dalam mengimplementasikan menjadi sebuah website atau aplikasi yang real. Langkah awal yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan literatur atau studi pustaka. Kemudian dilakukan analisis data, deskripsi kebutuhan user dan kebutuhan sistem, dan pembuatan diagram alir data. Tahap selanjutnya adalah perancangan desain user experience (UX) dan user interface (UI) aplikasi manajemen skripsi dan melakukan pengujian usability menggunakan metode Post Study (SUS) dan Post Task (SEQ) dengan mengukur efektivitas, efisiensi dan kepuasan responden. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pada desain user experience dan user interface aplikasi manajemen skripsi berbasis website yang dikembangkan sesuai dengan pengujian usability terbukti membantu dalam proses pengembangan dengan hasil pengukuran efektivitas untuk tingkat keberhasilan mahasiswa, koordinator dan dosen sebesar 100%, 100%, dan 97 %. Kemudian untuk hasil rata-rata SEQ mahasiswa, koordinator dan dosen sebesar 6,7, 5,5 dan 6,7. Pengukuran efisiensi rata-rata responden dalam mengerjakan task tidak terlampaui jauh signifikan dibandingkan dengan pengguna ahli, pengukuran kepuasan mendapatkan total skor nilai 86,6 untuk aplikasi mahasiswa, total skor nilai 71,3 untuk aplikasi koordinator dan total skor nilai 75 untuk aplikasi dosen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa rancangan aplikasi manajemen skripsi adalah Acceptable. Dan desain aplikasi sudah layak digunakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10