cover
Contact Name
Fitri Indra Indikawati
Contact Email
fitri.indikawati@tif.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsarjana@tif.uad.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Sarjana Teknik Informatika
ISSN : 23385197     EISSN : 28093399     DOI : -
Core Subject : Science,
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) adalah jurnal online ditujukan sebagai sarana publikasi dari makalah yang disarikan dari hasil penelitian mahasiswa Teknik Informatika. Focus and Scope: Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Pengetahuan dan Data Mining (Data Mining) Teknologi Multimedia (Multimedia Technologies) Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligents) Grafika Komputer (Computer Graphics) Sistem Informasi (Information Systems)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021): Februari" : 5 Documents clear
Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko BK Ethnic Cloth Sahat Parluhutan Lumban Batu; Ade Surya Budiman; Nia Nuraeni
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2021): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v1i1.18905

Abstract

BK Ethnic Cloth merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pakaian. Namun masih menggunakan cara manual, seperti data produk, transaksi penjualan dan laporan penjualan, kemudian di lakukan proses komputerisasi dengan cara memasukankedalam aplikasi pengolah angka yang dimana peluang melakukan kesalahan menjadi lebih besar karena dibutuhkan ketelitian serta waktu yang relative lebih lama. Tujuan Dilakukannya penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi penjualan berbasis web untuk memberikan kemudahan dalam memproses serta menyimpan data-data transaksi penjualan, sehingga kinerja operasional toko akan lebih mudah dalam proses transaksi penjualan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Waterfall dengan melakukan studi literatur mengenai sistem kerja website e-commerce, kemudian dilakukan inplementasi perancangan sistem dan desain website e-commerce. Sedangkan perangkat lunak dalam pembuatan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter, untuk code editor menggunakan sublime text 3 dan untuk database menggunakan MySQL. Maka hasil penelitian menunjukan bahwa perancangan sistem informasi penjualan dapat membantu pelanggan mengakses informasi mengenai produk yang dijual dalam melakukan proses pemesanan produk. Kata Kunci: Sistem Informasi, Penjualan, Website.
Rekonstruksi 3D Untuk Model Wajah Virtual Akademik Menggunakan Sensor Kinect 2 Siti Sofia Rani; Adhi Prahara
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2021): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v1i1.19014

Abstract

Massive multiplayer online game (MMOG) seperti world of warcraft, aion atau second life telah mendapatkan perhatian luar biasa pada perkembangan game vitual. Salah satu kelebihan MMOG pada game virtual setiap player dapat berkomunikasi secara langsung yang di wakili dengan karakter visual tiga dimensi. MMOG juga mendukung grafik permainan pada komputer hingga permainan yang digunakan menggunakan karakter visual tiga dimensi menjadi terlihat nyata.Penelitian ini memanfaatkan alat sensor kinect 2 dan Microsoft Kinect yang membantu untuk merekam avatar tiga dimensi yang dapat dipersonalisasikan. Dari perkembangan alat sensor yang bernama Kinect 2 sensor dapat mempermudah rekontruksi 3D untuk model wajah pada avatar game virtual dan di proses menggunakan teknik modeling 3D hingga visual dari hasil sensor Kinect 2 menggambarkan tampak nyata dari player dalam bentuk visual.Penelitian ini menghasilkan rekontruksi 3D untuk model wajah pada avatar game virtual akademik menggunakan sensor Kinect 2. Hasil pengujian SUS untuk uji modelling dan visual avatar 3D menghasilkan nilai rata-rata 41,6 dari sekala 5, maka masuk kategori acceptable yang artinya aplikasi dapat diterima. 
Virtual Reality Tour Menggunakan Metode Gambar Panorama 360 Sebagai Media Informasi dan Pengenalan Gedung Perkuliahan Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan Yogi Anggara; Guntur Maulana Zamroni
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2021): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v1i1.19045

Abstract

Mahasiswa UAD setiap tahun semakin bertambah saat ini UAD memiliki 25.239 mahasiswa dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara, serta Keadaan di luar prediksi berupa wabah penyakit covid-19 telah membawa perubahan yang mendesak pada sektor pendidikan. Informasi terkait UAD banyak dicari oleh mahasiswa baru dan masyarakat umum namun informasi yang dapat diakses masih sangat sedikit terutama informasi yang sudah dalam bentuk visual.Pengembangan Virtual Tour ini menggunakan metode gambar panorama 360. Gambar panorama 360 adalah beberapa gambar yang digabungkan untuk mendapatkan gambar yang lebih luas dan lebih detail. Pengembangan perangkat lunak pada Virtual Tour ini menggunakan metode Waterfall.Hasil penelitian ini berupa aplikasi Virtual Tour sebagai media pengenalan gedung perkuliahan kampus 4 UAD. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Black Box didapat persentase kelayakan 100 % dapat disimpulkan bahwa aplikasi layak untuk digunakan dan hasil pengujian dengan SUS didapat skore SUS 88.775 dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan dengan baik serta mudah digunakan oleh pengguna.Kata kunci: Gambar panorama 360, Gedung Perkuliahan Kampus 4 UAD, Virtual Tour
Pengenalan Emosi untuk Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Google Form Dengan Metode K-Nearest Neighbor Wirdha Ningsih; Murein Mardhia
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2021): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v9i1.19208

Abstract

Electroencephalography (EEG) merupakan alat untuk merekam aktivitas gelombang otak yang dapat dimanfaatkan untuk memvalidasi tingkat kebergunaan dengan pendekatan user experience (UX) dalam mendesain antarmuka aplikasi. Proses pengujian UX secara umum termasuk mengamati perubahan emosi seseorang yang sedang berinteraksi dengan aplikasi dimana hasilnya tidak bisa langsung disimpulkan. Klasifikasi emosi yang diteliti yaitu keadaan senang dan sedih. Emosi senang mempresentasikan kemudahan yang dirasakan saat berinteraksi dengan aplikasi, sedangkan emosi sedih merepresentasikan adanya perasaan bingung atau frustasi.Sinyal yang digunakan sinyal beta berjenis attention dengan stimulus pengerjaan task pada aplikasi google form. Penelitian ini mengaplikasikan metode K-Nearest Neighbor sebagai klasifikasi dengan ekstraksi fitur orde pertama. Responden yang digunakan sebanyak 30 dengan 3 kali perulangan berjumlah 90 data. Sebanyak 20 responden 3 kali perulangan berjumlah 60 data dijadikan sebagai data training dan 10 responden dengan 3 kali perulangan berjumlah 30 data dijadikan sebagai data uji.Pada penelitian ini didapatkan hasil pengujian emosi seseorang dalam keadaan senang dan sedih. Pengujian yang dilakukan dengan Confusion Matrix untuk menentukan tingkat akurasi. Nilai akurasi tertinggi yang didapat pada pengujian sinyal beta berjenis attention sebesar 73,3%.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Pertama Swasta Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus Kota Yogyakarta) Septa Rismanto; Mutaqin Akbar
Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2021): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v1i1.18181

Abstract

Jurnal ini berisi tentang penerapan metode Simple Additive Weighting(SAW) pada sistem pemilihan SMP swasta yang terletak di Kota Yogyakarta. Sistem akan memilihkan smp swasta yang cocok sesuai bobot yang dimasukkan ke beberapa kriteria yang telah disiapkan dalam sistem. Penelitian ini menggunakan 42 data dasar SMP swasta yang didapatkan dari pusat data di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang dipadukan dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan hasil wawancara dengan obyek penelitian. Kriteria yang diambil dalam menerapkan metode SAW pada sistem ini adalah biaya SPP, dana pengembangan, akreditasi, dan ketersediaan sarana prasarana. Dari percobaan sistem oleh 32 responden, didapatkan 24 responden yang menyatakan puas dengan kesimpulan yang ditawarkan oleh sistem, sehingga akurasi sistem dapat dinyatakan sebesar 75%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5