cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK)
ISSN : 1441089X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan adalah media ilmiah yang independen bagi para Dosen dan Peneliti di bidang ilmu Akuntansi. Terbit tiga kali dalam setahun, pada bulan April, Agustus dan Desember. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian terapan bidang akuntansi dalam arti luas. Pedoman bagi penulis dicantumkan pada halaman Author jurnal ini.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2000): Jurnal Ilmiah Kesatuan" : 2 Documents clear
Peranan Anggaran Biaya Produksi Sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Biaya Produksi Dalam Menunjang Kegigatan Produksi (Studi Kasus di PT. Dasar Rukun) Rosita, Siti Ita
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 2, No 1 (2000): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sejalan dengan perkembangan dunia usaha pada umumnya, banyak perusahaan-perusahaan berkembang menjadi perusahaan yang lebih besar. Sehubungan dengan perkembangan perusahaan tersebut, aktivitas-aktivitas yang ada didalam suatu perusahaan menjadi bertambah banyak, baik jenisnya maupun volume kegiatan yang dilaksanakan. Jika di dalam perusahaan kecil, jumlah dan jenis kegiatan yang dilakukan adalah terbatas sehingga fungsi perencanaan dan pengawasan dapat dilakukan dengan mudah, maka tidaklah demikian untuk perusahaan besar. Perusahaan yang berkembang lebih besar mempunyai kegiatan yang lebih banyak baik jenis maupun volume-nya, sehingga fungsi perencanaan dan pengawasan menjadi tidak sesederhana perusahaan yang belum berkembang. setiap perusahaan dewasa ini menghadapi persaingan yang sangat ketat dan tidak terkecuali, baik dalam melakukan kegiatannya atau dalam perkembangannya. Keadaan ini mengharuskan setiap perusahaan untuk melakukan pengelolaan secara baik dan matang dalam perencanaannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi penetapan dan penyusunan anggaran biaya produksi perusahaan dan mengkaji peranan anggaran biaya produksi sebagai alat perencanaan dan pengendalian biaya produksi untuk menunjang kegiatan produksi Dari hasil penelitian diperoleh beberapa faktor yang merupakan dasar dilakukannya penyusunan anggaran yaitu: harga, tarif UMR dan jumlah tenaga kerja langsung.
Analisis Segmentasi Pasar, Penetapan Pasar Sasaran dan Penentuan Posisi Pasar dalam Kaitannya dengan Volume Penjualan Teh Sedap Pada PT. Perkebunan XIII di Bandung Supriadi, Yoyon
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 2, No 1 (2000): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk dapat memanfaatkan setiap peluang yang muncul secara optimal serta dapat menghadapi dan menyelesaikan ancaman baik dari dalam maupun dari luar perusahaan dengan efektif dan efisien, maka perusahaan perlu membuat serangkaian kebijakan, strategi dan taktik yang tepat. Namun demikian untuk setiap pengambilan keputusan oleh perusahaan, terlebih dahulu perusahaan harus ampu melakukan antisipasi, pemahaman serta penguasaan terhadap masalah yang timbul baik berupa peluang maupun ancaman. Strategi maupun taktik yang digunakan dalam menghadapi setiap peluang dan ancaman yang bervariasi, memerlukan perlakuan dan pendekatan yang berbeda, tergantung dari jenis permasalahannya. Kebijakan mengenai segmentasi pasar, penetapan sasaran dan penentuan posisi pasar adalah merupakan penerapan dari jantung pemasaran strategis modern yang banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dalam memilih jenis pemasaran sasarannya. Hal ini terbukti bahwa jenis pemasaran ini membantu perusahaan mengidentifikasikan peluang pasar dengan lebih baik. Dengan demikian perusahaan dapat mengembangkan produk yang tepat, mampu menentukan harga, saluran distribusi dan periklanannya bagi masing-masing target pasar dengan efisien. Sehingga daripada perusahaan melakukan usaha pemasaran yang tidak efektif, lebih baik menitik beratkan pada pembeli yang berminat tinggi untuk membeli. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan posisi pasar dengan melakukan analisis segmentasi pasar dan penetapan pasar sasaran yang berkaitan dengan volume penjualan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi dan korelasi antara variabel volume penjualan (Y) dengan biaya pemasaran (X). Persamaan regresi yang didapatkan adalah Y=-86.378,783 + 6,983X, dengan nilai R^2 sebesar 82,107%.

Page 1 of 1 | Total Record : 2