cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
ISSN : 19790503     EISSN : 25031244     DOI : http://dx.doi.org/10.15294/jipk
Arjuna Subject : -
Articles 758 Documents
PEMAKSIMALAN KOMPETENSI KIMIA SISWA SMA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENERAPAN PENELITIAN SEDERHANA Widodo, Antonius Tri
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 2, No 1 (2008): January 2008
Publisher : Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum Berbasis Kompetensi lebih menekankan pembentukan  kompetensi secara utuh bukan hanya aspek kognisi  tetapi  juga psikomotor dan afeksi. Namun demikian di lapangan guru masih cenderung mengejar target pencapaian materi ajar, sebagai akibatnya pembentukan kompetensi  tidak  terbentuk  secara maksimal. Penelitian  ini  bertujuan memaksimalkan  kompetensi  siswa  dalam  bidang Kimia  siswa  kelas X SMA  dengan pembelajaran  yang menerapkan  penelitian  sederhana. Subyek  penelitian  adalah  siswa Kelas X-10 SMA 3 Semarang yang termasuk favorit di Semarang dengan masukan siswa yang rerata nilai ujian nasionalnya termasuk amat baik. Pendekatan penelitian yang dipilih adalah  penelitian  tindakan  kelas  dengan  pertimbangan  penelitian  ini  akan memperoleh data proses dan sekaligus produk pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus, dengan setiap siklus selalu berisi kegiatan perencanaan, tindakan, Observasi dan Evaluasi-Refl eksi. Hasil penelitian menunjukkan  rerata aspek kognisi sebesar 76, 04 melebihi target 75. Aspek keterampilan sebesar 75 adalah sama dengan target, sementara aspek afeksi dengan rearata 53,74 termasuk kategori baik. Dari segi kreativitas juga muncul adanya ide atau gagasan baru yaitu penggunaan kertas buram sebagai pengganti  kertas saring untuk pemisahan komponen warna daun. Dengan penelitian sederhana siswa lebih aktif belajar dan mereka menggunakan sumber belajar yang lebih bervariasi.Kata Kunci: kompetensi, penelitian sederhana
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER DENGAN MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT Miswadi, Siti Sundari; Priatmoko, Sigit; Inayah, Al
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 2, No 1 (2008): January 2008
Publisher : Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimiaberbantuan komputer antara yang berpendekatan chemo-edutainment (CET) denganyang tidak berpendekatan CET untuk materi pokok laju raksi pada siswa kelas XI SMAN11 Semarang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling, dandiperoleh siswa kelas XI-IA 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI-IA 2 sebagaikelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dantes. Analisis data terdiri atas analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Faktor yang ditelitiadalah peningkatan hasil belajar kognitif yang diukur dengan tes obyektif. Dari hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar kimia berbantuankomputer antara yang diberi pendekatan CET dengan yang tidak diberi pendekatan CETdan peningkatan hasil belajar kimia berbantuan komputer yang diberi pendekatan CET lebihbaik daripada yang tidak diberi pendekatan CET untuk materi pokok laju reaksi pada siswakelas XI SMA Negeri 11 Semarang.Kata Kunci: hasil belajar kimia, pembelajaran berbantuan komputer, chemo-edutainment
PENINGKATAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS BAGI MAHASISWA MELALUI PERKULIAHAN PRAKTIKUM KIMIA ANALISIS INSTRUMEN BERBASIS INKUIRI -, Saptorini
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 2, No 1 (2008): January 2008
Publisher : Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was aimed to improve the generic skill (observation, sense of scale,causality, logical frame, and logical inference) of students. The research was conductedby using education research and development design. The data were collected by test,questionnaire, and observation sheets. The subject of research was fourth semester studentsof chemistry education programme of educational institute of Central Java. Achievement ofgeneric skill enhancement was evaluated by written exam, deed test, work observation, andstudents’ work results. The result of research showed the signifi cant enhancement of thewhole developed aspects. The success was shown also by the students’ positive attituderesponse.Keywords: science generic skill; instrument analytical chemistry
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN PERAN AKTIF SISWA MELALUI MODEL PBI DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF Wahyuni, Sri; Kristianingrum, Anis
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 2, No 1 (2008): January 2008
Publisher : Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Diketahui bahwa peran aktif siswa kelas XI suatu SMA di Semarang dalam mengikutiproses pembelajaran masih rendah. Siswa kurang termotivasi untuk menjawab pertanyaanyang diberikan oleh guru dan sebagian besar siswa menganggap bahwa kimia merupakanmata pelajaran yang sulit. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar kimia kurangmaksimal yang berdampak pada tidak tercapainya ketuntasan belajar secara klasikalmaupun individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarkimia dan peran aktif siswa dengan model PBI menggunakan media CD interaktif padapokok bahasan termokimia. Subyek penelitian ini adalah kelas XI IPA-3 dengan jumlah 41siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen data tentang kondisiawal siswa diambil dari nilai tes semester I. Pretes dan postes bertujuan untuk mengetahuihasil belajar kognitif. Penilaian peran aktif siswa diperoleh dari pengamatan melalui lembarobservasi, data analisis kuesioner diperoleh melalui lembar kuesioner. Berdasarkan datayang diperoleh, nilai peran aktif siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Peningkatanperan aktif siswa juga disertai dengan peningkatan hasil belajar. Hasil belajar kognitif padasiklus I, II dan III berturut-turut adalah 63,4 ;71,0 dan 76,5. Ketuntasan belajar klasikal padasiklus I,II dan III berturut-turut adalah 73,1%, 82,9% dan 95,1%. Penelitian ini meningkatkanhasil belajar dan peran aktif siswa.Kata Kunci: PBI, CD interaktif, hasil belajar
LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN PERKULIAHAN DASAR PEMISAHAN ANALITIK Sumarni, Woro
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 2, No 1 (2008): January 2008
Publisher : Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research of Lesson Study followed by the observation composed by analytical expertise lecturers was conducted. The aims of this activity are to raise the quality of lesson plan  produced  by  the  lecturers,  the  mastering  of  learning  material  for  each  of  lecturers conducting  the Principles  of Analytical Separation  course,  the  knowledge  of  observing the  learning  activity, and motivation  of  lecturer  for  self-developments. The responses of lecturers showed that they acquired a good comprehension, particularly on how the students learning and how lecturers teaching. The others are they got a positive value inside the learning process; they had the ability to improve the learning process systematically through collaborative inquiry and they got knowledge from the other lecturers. Thereby, the Lesson Study activity had to be experienced the benefi t by the analytical expertise lecturers. From the obtained results, it is suggested that the lesson study would be applied continually and collaboratively, so we could gain various benefi ts such as collegiality strengthening and the reinforcement of daily learning activity related to the long term purposes.Keywords: lesson study; process quality; learning result
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBASIS SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI Kusuma, Ersanghono; Wijayati, Nanik; Wibowo, Langgeng Setyo
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 2, No 1 (2008): January 2008
Publisher : Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis SAVI merupakan suatuperpaduan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk lebih aktif, kritis dalammenyelesaikan masalah. Pendekatan SAVI memberikan kolaborasi keintelektualan siswayang didukung aspek auditori dan visual dalam pembelajaran serta melatih siswa untukmampu menyelesaikan masalah yang ditemuinya. Subyek dalam penelitian tindakan kelasini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri I Wirosari. Data diambil dengan menggunakantes dan lembar observasi. Rerata hasil belajar Kimia siswa pada pokok bahasan Laju Reaksisebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis SAVI 58,49(ketuntasan klasikal 55,81%). Nilai rata-rata siklus I, II dan III berturut-turut adalah 64,84 (ketuntasan klasikal 69,77%), 68,93 (ketuntasan klasikal 79,07%), dan 74,79 (ketuntasanklasikal 86,05%). Hasil belajar yang dicapai dari siklus ke siklus menunjukkan adanyapeningkatan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Kimia siswa denganditerapkannya model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis SAVI. Berdasarkan hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis SAVIdapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Laju Reaksi.Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, NHT, SAVI
PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN -, Soeprodjo; Priatmoko, Sigit; Sariana, Elisa Yuyun
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 2, No 1 (2008): January 2008
Publisher : Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagian  siswa SMA Negeri  1  Temanggung merasa  kesulitan memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Hal ini dapat diatasi apabila guru menerapkan model pembelajaran learning Cycle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model learning Cycle terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA semester 2 SMA Negeri  1  Temanggung  tahun  ajaran  2007/2008  yang  berjumlah  143  siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas XI  IPA-4  yang  berjumlah  36  siswa  sebagai  kelas  eksperimen  yang  pembelajarannya menggunakan model Learning Cycle dan kelas XI IPA-3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas control. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa nilai post test rata-rata kelompok  eksperimen  73,79  dan  kelas  kontrol  65,28. Pengujian  terhadap  hipotesis diperoleh harga r11 = 0,53 dan  SE r11 x 1,961 = 0,30. Oleh karena harga r11 > SE r11 x 1,961 dapat  disimpulkan bahwa ada  pengaruh penggunaan model  Learning  Cycle  terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Temanggung pada pokok materi kelarutan dan hasil  kali  kelarutan  tahun  ajaran  2007/  2008. Berdasarkan hasil  perhitungan koefi sien determinasi diperoleh pengaruh sebesar 28,38%.Kata Kunci: model learning cycle
PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRUTH AND DARE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA DENGAN VISI SETS Priatmoko, Sigit; Binadja, Achmad; Putri, Seli Triana
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 2, No 1 (2008): January 2008
Publisher : Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh mediapermainan Truth and Dare dalam pembelajaran bervisi SETS terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar kimia siswayang diberi media permainan Truth and Dare dengan siswa yang tidak diberi media permainanTruth and Dare dalam pembelajaran bervisi SETS. Metode dokumentasi, observasi, dantes digunakan untuk mengumpulkan data. Uji kesamaan dua varians menunjukkan bahwavarians data hasil belajar kedua kelompok eksperimen tidak berbeda. Pada uji perbedaanrata-rata hasil belajar diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata hasil belajar kelompokeksperimen I lebih baik dari kelompok eksperimen II. Pada uji ketuntasan belajar klasikal,persentase siswa kelompok eksperimen I yang telah mencapai ketuntasan belajar lebihbesar dibandingkan dengan kelompok eksperimen II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwamedia permainan Truth and Dare dalam pembelajaran bervisi SETS berkontribusi sebesar30% terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar kimia siswa yang diberi media permainanTruth and Dare lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tidak diberi media permainanTruth and Dare. Dengan demikian, media permainan Truth and Dare maupun pembelajaranbervisi SETS dapat menjadi alternatif dalam pencapaian hasil belajar kimia yang lebih baik.Kata Kunci: media Truth and Dare, hasil belajar, pembelajaran bervisi SETS
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT MELALUI PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR DAN PENILAIAN PORTOFOLIO Sugiyo, Warlan; -, Latifah; Abidin, Zaenal
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 2, No 1 (2008): January 2008
Publisher : Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar kimia siswa Madrasah Aliyah Al-Asror Semarang yang kurang maksimal dikarenakan metode pembelajaran kurang variatif.Model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan Pendekatan Jelajah AlamSekitar disertai penilaian portofolio dilakukan menggunakan metode variatif diantaranyaturnamen, demonstrasi siswa, dan diskusi kelompok. Konsep pembelajaran dikaitkan denganlingkungan alam sekitar sehingga dapat mempermudah siswa dalam mempelajarinya.Prosedur penelitian dirancang tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaituperencanaan, tindakan, pengamatan dan refl eksi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatifdengan membagi skor yang diperoleh dengan skor total, dan dikalikan 100%. Berdasarkananalisis data yang diperoleh, terjadi peningkatan nilai kognitif pada siklus I dari pretes44,74 dan postes 64,74 sebesar 20,00. Untuk siklus II dari pretes 51,84 dan postes 71,84sebesar 20,00. Sedangkan siklus III, dari pretes 58,73 dan postes 74,40 sebesar 17,70dengan standar ketuntasan belajar sebesar 97,37%. Team Game Tournament (TGT) denganPendekatan Jelajah Alam Sekitar Disertai Penilaian Portofolio dapat meningkatkan hasilbelajar kimia siswa.Kata Kunci: team game tournament, jelajah alam, portofolio
HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN METODE THINK-PAIR-SHARE DAN METODE EKSPOSITORI Sunarto, Wisnu; Sumarni, Woro; Suci, Eli
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 2, No 1 (2008): January 2008
Publisher : Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian dalam rangka mengkomparasikan hasil belajar kimia bagisiswa yang mendapat pembelajaran melalui metode Think-Pair-Share dengan siswa yangmendapatkan pembelajaran melalui metode ekspositori pada pokok bahasan kelarutan danhasil kali kelarutan di kelas XI SMA Negeri 2 Brebes. Sampel dalam penelitian ini diambilmelalui teknik random cluster. Kelas eksperimen 1 mendapatkan pembelajaran denganmetode Think-Pair-Share sedangkan kelas eksperimen 2 mendapatkan pembelajarandengan metode ekspositori. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes (untuk aspekkognitif), observasi (untuk aspek psikomotorik) dan angket (untuk aspek affektif). Hasilanalisis data menunjukkan: untuk aspek kognitif rerata hasil belajar kelompok eksperimen1 = 75,4 dan s = 8,4, dan rerata hasil belajar kelompok eksperimen 2 = 70,8 dan s = 6,7,melalui uji t satu pihak rerata hasil belajar kelompok 1 lebih baik dibandingkan reratahasil belajar kelompok 2 (α = 5%). Hasil belajar aspek afektif ( x1 = 82,80 dan 2 = 77,57),sedangkan hasil belajar aspek psikomotorik (1 =78,32 dan 2 = 75,59) Simpulan penelitianini adalah hasil belajar kimia metode Think-Pair-Share lebih baik daripada pembelajaranmetode ekspositori.Kata Kunci: think-pair-share, ekspositori

Page 1 of 76 | Total Record : 758


Filter by Year

2008 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 18, No 1 (2024): January 2024 Vol 17, No 2 (2023): July 2023 Vol 17, No 1 (2023): January 2023 Vol 16, No 2 (2022): July 2022 Vol 16, No 1 (2022): January 2022 Vol 15, No 2 (2021): July 2021 Vol 15, No 1 (2021): January 2021 Vol 14, No 2 (2020): July (2020) Vol 14, No 1 (2020): January (2020) Vol 13, No 2 (2019): July (2019) Vol 13, No 1 (2019): January (2019) Vol 12, No 2 (2018): July 2018 Vol 12, No 1 (2018): January 2018 Vol 11, No 2 (2017): July 2017 Vol 11, No 1 (2017): January 2017 Vol 11, No 1 (2017): January 2017 Vol 10, No 2 (2016): July 2016 Vol 10, No 2 (2016): July 2016 Vol 10, No 1 (2016): January 2016 Vol 10, No 1 (2016): January 2016 Vol 9, No 2 (2015): July 2015 Vol 9, No 2 (2015): July 2015 Vol 9, No 1 (2015): January 2015 Vol 9, No 1 (2015): January 2015 Vol 8, No 2 (2014): July 2014 Vol 8, No 2 (2014): July 2014 Vol 8, No 1 (2014): January 2014 Vol 8, No 1 (2014): January 2014 Vol 7, No 2 (2013): July 2013 Vol 7, No 2 (2013): July 2013 Vol 7, No 1 (2013): January 2013 Vol 7, No 1 (2013): January 2013 Vol 6, No 2 (2012): July 2012 Vol 6, No 2 (2012): July 2012 Vol 6, No 1 (2012): January 2012 Vol 6, No 1 (2012): January 2012 Vol 5, No 2 (2011): July 2011 Vol 5, No 2 (2011): July 2011 Vol 4, No 1 (2010): January 2010 Vol 4, No 1 (2010): January 2010 Vol 3, No 2 (2009): July 2009 Vol 3, No 2 (2009): July 2009 Vol 3, No 1 (2009): January 2009 Vol 3, No 1 (2009): January 2009 Vol 2, No 2 (2008): July 2008 Vol 2, No 2 (2008): July 2008 Vol 2, No 1 (2008): January 2008 Vol 2, No 1 (2008): January 2008 More Issue