cover
Contact Name
Ardhi Prabowo
Contact Email
ardhiprabowo@mail.unnes.ac.id
Phone
+62818240132
Journal Mail Official
kreano@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Mathematics Department, D7 Building, 1st Floor. Mathematics and Science Faculty, Universitas Negeri Semarang. Taman Siswa Street, Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50229.
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
ISSN : 20862334     EISSN : 24424218     DOI : https://doi.org/10.15294/kreano.v13i2
Core Subject : Education,
Kreano is a place to share and communicate research results from researchers or invited authors. Kreano publishes original, novel, and empirical works in the field of mathematics education. Researchers can come from Lecturers, Teachers, Researchers, and students who need broad access to the publication of your research results. The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. Jurnal Kreano invites authors to conduct empirical research according to the classification in the Mathematics Education Database.
Articles 729 Documents
Skewed Normal Distribution Of Return Assets In Call European Option Pricing Sulistianingsih, Evy
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 1 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i1.1241

Abstract

Option is one of security derivates. In financial market, option is a contract that gives a right (notthe obligation) for its owner to buy or sell a particular asset for a certain price at a certain time.Option can give a guarantee for a risk that can be faced in a market.This paper studies about theuse of Skewed Normal Distribution (SN) in call europeanoption pricing. The SN provides aflexible framework that captures the skewness of log return. We obtain aclosed form solution forthe european call option pricing when log return follow the SN. Then, we will compare optionprices that is obtained by the SN and the Black-Scholes model with the option prices of market. Keywords: skewed normaldistribution, log return, options.
Menjadi Guru Matematika Kreatif dan Berwawasan Pendidikan Karakter -, Juhartutik
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 1 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i1.1242

Abstract

Pembelajaran matematika kontemporer sangat membutuhkan guru yang kreatif. Gurumatematika tidak cukup hanya menguasai bahan pembelajaran, melainkan harus cerdasdalam mengelola pembelajaran dengan memilih metode untuk mengembangkan kreativitaspeserta didik yang diwujudkan dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang berkualitas.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan guru matematikaseyogyanya memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kreativitas dalampemecahan masalah. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang memfasilitasipengembangan kemampuan berpikir kreatif adalah Creative Problem Solving (CPS).Muatan pendidikan karakter perlu ditambahkan sebagai dampak pengiring pembelajaranagar nilai-nilai positif menjadi penyeimbang aspek kognitif yang selama ini dikedepankandalam dunia pendidikan. Kata kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Creative Problem Solving, PendidikanKarakter.
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa Hendikawati, Putriaji
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 1 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i1.1243

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengungkap dan menganalisis faktor-faktor yangmempengaruhi perolehan indeks prestasi mahasiswa. Populasi penelitian adalahmahasiswa program studi Pendidikan Matematika FMIPA Unnes dan dipilih sampelsebanyak 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified cluster randomsamplingdengan sampel penelitian berjumlah 114 mahasiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks Prestasi (IP) mahasiswa dipengaruhioleh beberapa variabel antara lain: variabel suasana hati, membagi waktu, hubungandengan keluarga, penjelasan dosen, suasana tempat tinggal, kegiatan selain kuliah, bakat,adaptasi lingkungan, pantauan orang tua, perhatian orang tua, pergaulan, makan dan gizi,IQ dan EQ, kemampuan sosialisasi, kondisi keuangan, suasana belajar kampus, pancaindera kemampuan menangkap materi, dan olahraga. Setelahdilakukan analisis faktor danproses reduksi diperoleh5 faktor yang mempengaruhi IP mahasiswa. Lima faktor tersebutadalah Faktor Manajemen Diri, Faktor Lingkungan Sekitar, Faktor Kondisi Eksternal,Faktor Kondisi Fisik dan Faktor Olahraga.Hasil penelitian ini bermanfaat bagi mahasiswa serta para dosen khususnyapenentu kebijakan di jurusan Matematika FMIPA Unnes, untuk mengembangkan sertameningkatkan faktor-faktor yang mempengaruhi IP mahasiswa yang berhubungan dengankebijakan dalam kampus agar dapat memberikan kontribusi positif bagi perolehan IPmahasiswa. Kata kunci: analisis faktor, indeks prestasi, mahasiswa.
Meminimalisir Hambatan Belajar Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Suatu Tautologi Pada Mata Kuliah Analisis Real I dengan Memberdayakan Penalaran yang Berasaskan Prinsip Reductio Ad Absurdum -, Wuryanto
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 1 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i1.1244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menekan seminimal mungkin hambatan belajar yang dialamioleh sebagian besar mahasiswa terutama dalam menyelesaikan soal -soal pembuktian suatutautologi. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan meningkatkanfrekuensi pengerjaan soal pembuktian suatu tautologi dengan berasaskan penalaran reductioad absurdum yang senantiasa bertolak dari sebuah pengandaian bahwa yang benar adalahingkaran dari tautologi , namun pada akhirnya pengandaian itu harus dicabut, karena , denganberangkat dari sebuah asumsi yang mengingkari kebenaran suatu tautologi, ternyatamemunculkan sebuah kontradiksi . Pada dasarnya penalaran yang berasaskan reductio adabsurdum adalah sebuah alternatif untuk mencapai akhir bukti kebenaran suatutautologi yang tertuang baik dalam bentuk implikasi maupun bi-implikasi melalui bukti taklangsung. Ketika seseorang tak dapat secara langsung memberdayakan hipotesis yangdipunyai untuk mencapai akhir bukti bahwa pernyataan “ jika x bersifat P maka x bersifat Q”merupakan suatu tautologi , ia masih punya kesempatan untuk membuktikan kebenaran daripernyataan “ jika x bersifat P maka x bersifat Q” apabila ia berhasil menunjukkan bahwapernyataan “ada x yang bersifat P tetapi x tidak bersifat Q” merupakan suatu kontradiksi.Dari hasil penelitian ini memberi petunjuk bahwa pembelajaran Analisis Real 1 yangdisertai tindakan berupa pemberdayaan penalaran berasaskan prinsip reductio ad absurdum,berhasil menekan hambatan belajar mahasiswa dalam mengerjakan dengan benar soal-soalpembuktian suatu tautologi, yang ditengarai adanya peningkatan ketajaman berfikirmahasiswa dalam menyusun premis-premis dengan logika yang benar untuk mencapai akhirsuatu bukti yang absah, meskipun baru sebatas kenaikan jumlah mahasiswa berkemampuanakademik cukup dari yang semula memperoleh nilai D pada Angkatan 97 meningkatmencapai nilai C pada Angkatan 98, dan penurunan jumlah mahasiswa berkemampuanakademik sedang dari yang semula memperoleh nilai E pada Angkatan 97 meningkatmencapai nilai D dan bahkan ada yang mencapai nilai C pada Angkatan 98. Kata Kunci : Tautologi, reductio ad absurdum, kontradiksi, implikasi, bi-implikasi
EstimasiParameter ModelMixture Of Mixture Untuk Pengeluaran Rumah Tangga Pada Data Susenas Kota Semarang Abidin, Zaenal
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 1 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i1.1245

Abstract

BadanPusatStatistik (BPS) memilikitanggungjawabuntukmenyediakan data yangdibutuhkandalamperencanaanpembangunan.Beberapa data sosial yang yangdihasilkanBPS diperolehmelaluiSurveiSosialEkonomiNasional(Susenas).Susenasdidesainuntukmendapatkan data sosialpendudukdalamlingkup yangluas.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmemperolehsuatufungsidistribusimixture ofmixture yang dibentukdarifungsidensitasrumahtanggadalambentukmixture.Dalampenelitianini, data yang akandigunakanadalah data persentasepengeluaranrata-rata per kapitasebulanmenurutjenispengeluarandangolonganpengeluaran perkapitasebulandari data SusenasKorJuli 2007 kota Semarang,untukdaerahperkotaansaja. Sebelumdilakukananalisis, dilakukaneksplorasi datadenganmengelompokan data kedalamtiapjenispengeluaran rumah tangga.Tahapberikutnya adalah menentukandistribusi data darijenispengeluaranrumahtangga.Kemudian menentukannilai parameter distribusi prior setiapjenis pengeluaran rumahtangga. Distribusi prior yang digunakanadalah prior konjugate (sekawan). Selanjutnyamenentukanmasing-masingfungsi posterior untukmasing-masingfungsisebaranpadafungsimixturewilayahdengan Bayesian –MCMCdenganmenggunakanpaket program WinBugs 1.4. Terakhir dilakukanestimasifungsisebaranmixtureofmixtureuntuktiapjenispengeluaran rumahtanggaDalampenelitianini model mixture of mixture yangdihasilkanadalah:(|, ) = 0.5011(|) + 0.4989(|). Kata kunci: MCMC, Mixture of Mixture, Susenas.
Penerapan Teknik Penilaian Learning Journal Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Segiempat -, Kartono; Imron, Ali
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 1 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i1.1246

Abstract

Berawal dari rendahnya prosentase jumlah siswa untuk mencapai tuntasbelajar pada pembelajaran matematika khususnya geometri. Terdapat satukegiatan yang merupakan komponen kegiatan pembelajaran yang berfungsiganda yaitu penyusunan learning journal oleh siswa. Di satu pihak berfungsisebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran dan di lain pihak sebagaiinstrumen penilaian untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui efektifitas penerapan teknik penilaian learing jurnal padamodel pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswakelas VII pada materi pokok segiempat.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMPN 3Karanglewas.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes danmetode observasi yang kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasilpenelitian.Presentase ketuntasan hasil belajar siswa untuk aspek pemecahanmasalah pada siklus I = 78.79% dan siklus II = 90.91%. Presentase ketuntasanhasil belajar untuk aspek keaktifan siswa pada siklus I = 78,79 % dan siklus II =87,88 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik penilaian learningjournalpada model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasilbelajar siswa kelas VII C SMPN 3 Karanglewas pada materi segiempat efektif. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, learning journal.
Penerapan Model Pembelajaran Berlandaskan Pengembangan Kepribadian pada Program Studi Pendidikan Matematika Agoestanto, Arief
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 2 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v1i2.1490

Abstract

This classroom action research applied personality based learning which increase students condition as subject of progressing their personality. The aims of the research were involving personality based learning model for students as mathematics teacher candidate, increasing students affection, study result based personality, dynamics of students activities and students learning process were followed multi directions interactions among students. The main finding of this study, the average of first cycle test was 50,2 and the post-test was 57, difference between them was 6,8. The average of activities and competence performance during first cycle was 6,8 this value was more than success standard i.e. 6,5. The habits of study based personality was not enough planted in themselves, but this was decreased in next cycles. The average of teaching lecturers performance during first cycle was good enough i.e. 7,1 so that was more thansuccess indicator i.e. 6,5. The average of second cycle was good enough i.e. 72,94 and the difference between them was 5,02 it was more than 5 so standard of success was attained. The average of individual score in team work was 66,67 it was more than minimum success indicator i.e. 6,5. The average of teaching lecturers performance in second cycle was 8,07 more than first one i.e. 7,33 maybe caused the lecturer was more familiar with this method.Keywords: personality based learning, mathematics teacher candidate
IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika Susiana, Eny
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 2 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v1i2.1491

Abstract

Most educators agree that problem solving is among the most meaningful and importantkinds of learning and thingking. That is, the central focus of learning and instructionshould be learning to solve problems. There are several warrants supporting that claims.They are authenticity, relevance, problem solving engages deeper learning angtherefore enhances meaning making, and constructed to represent problems (problemsolving) is more meaningful. It is the reason why we must provide teaching and learningto make student’s problem solving skill in progress. There are many informationprocessingmodels of problem solving, such as simplified model of the problem-solvingprocess by Gicks, Polya’s problem solving process etc. One of them is IDEAL problemsolving. Each letter of IDEAL is stand for an aspect of thinking that is important forproblem solving. IDEAL is identify problem, Define Goal, Explore possible strategies,Anticipate outcme and Act, and Look back and learn. Using peer interaction andquestion prompt in small group in IDEAL problem solving teaching and Learning canimprove problem solving skill.Kata kunci: IDEAL Problem Solving, Interaksi Sebaya, Pertanyaan Penuntun, KelompokKecil.
Sifat Baik Solusi Kuadrat Terkecil Regresi Fuzzy Dengan Variabel Dependen Fuzzy Tak Simetris Kharisudin, Iqbal
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 2 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v1i2.1492

Abstract

Penelitian tentang hubungan di antara fenomena-fenomena real merupakan dasardari tujuan sains dan memainkan peranan penting dalam pengambilan keputusan di dalamkehidupan sehari-hari. Analisis regresi statistik merupakan salah satu alat yang powerfuluntuk menjelaskan hubungan tersebut. Dalam makalah ini dibahas model analisis regresifuzzy dengan variabel dependen fuzzy tak simetris dan variabel independen tegas. Modeltersebut merupakan generalisasi model regresi fuzzy simetris, yaitu model regresi denganvariabel dependen fuzzy simetris. Solusi model tersebut juga merupakan generalisasi darimodel regresi linear biasa. Ide dasar analisis regresi fuzzy tak simetris adalah memodelkanpusat dari variabel dependen fuzzy tipe dengan mengadopsi model regresi klasik,selanjutnya secara simultan memodelkan tepi kiri dan tepi kanan variabel dependen fuzzymelalui model regresi linear sederhana. Pada makalah ini secara spesifik dikaji sifat-sifat baiksolusi kuadrat terkecil model regresi fuzzy dengan variabel dependen fuzzy tak simetris.Kata kunci: data fuzzy , model pusat, model tepi, solusi kuadrat terkecil.
Model Deterministik untuk Epidemi Flu Babi Pada Populasi Babi Kharis, Muhammad
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 2 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v1i2.1493

Abstract

Flu babi yang pada tahun 2009 merebak membuat dunia khawatir akan terjadi epidemi yangmewabah secara global. Influensa babi merupakan penyakit saluran pernafasan akut yang sangatmenular, disebabkan oleh virus influensa tipe A yang termasuk dalam orthomyxovirus. Babimerupakan induk semang utama virus influensa babi. Virus tersebut dapat menular pada manusiadan bangsa burung atau sebaliknya. Dalam tulisan ini akan dikaji model matematika untuk epidemiflu babi pada populasi babi. Model tersebut merupakan model deterministik yang merupakanpendekatan untuk kasus epidemi ini. Diharapkan hasil kajian ini dapat bermanfaat dalampenanggulangan wabah flu babi pada sumber utama yaitu populasi babi sehingga dapat dilakukanpencegahan sebelum mewabah di populasi manusia.Kata kunci: Epidemi, Influensa babi, Model deterministik.

Page 1 of 73 | Total Record : 729


Filter by Year

2010 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2023): Vol 14, No 2 (2023): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 14, No 1 (2023): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 13, No 2 (2022): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 13, No 1 (2022): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 12, No 2 (2021): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 12, No 1 (2021): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 11, No 2 (2020): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 11, No 1 (2020): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 10, No 2 (2019): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 10, No 1 (2019): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 9, No 1 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 9(1) Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 8, No 2 (2017): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 8, No 1 (2017): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 8, No 1 (2017): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 7, No 2 (2016): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 7, No 2 (2016): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 7, No 1 (2016): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 7, No 1 (2016): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 6, No 2 (2015): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 6, No 2 (2015): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 6, No 1 (2015): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 6, No 1 (2015): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 5, No 2 (2014): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 5, No 2 (2014): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 5, No 1 (2014): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 5, No 1 (2014): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 4, No 2 (2013): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 4, No 2 (2013): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 4, No 1 (2013): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 4, No 1 (2013): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 3, No 2 (2012): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 3, No 2 (2012): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 3, No 1 (2012): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 3, No 1 (2012): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 1 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 1 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 2 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 2 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 1 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 1 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif More Issue