cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Kreano
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Kreano, mempublikasikan artikel-artikel yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka, dan kreasi inovasi lain di bidang pendidikan matematika dan pembelajarannya. Jurnal Kreano ini ber-ISSN yang diterbitkan LIPI, ISSN: 2086-2334.
Arjuna Subject : -
Articles 694 Documents
Development of Arithmetic Rows and Series Learning Media in Malay Islam Context
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 13, No 1 (2022): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v13i1.34701

Abstract

This study aims to produce computer-based mathematics learning media using the Adobe Animate CC application on arithmetic sequences and series material in the context of Malay Islam with valid and prismatic categories. This type of research is design research in the development study section of the Akker method with the Tessmer procedure which consists of a preliminary stage and a prototyping stage with a formative evaluation flow (self-evaluation, one-to-one, small group, and field test stages). The research subjects were students of class XI MA Aulia Cendekia Palembang. The results show that the learning media developed is valid and practical.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis komputer menggunakan aplikasi Adobe Animate CC pada materi barisan dan deret aritmetika dalam konteks Islam Melayu dengan kategori valid dan priaktis. Jenis penelitian ini adalah design research pada bagian development study metode Akker dengan prosedur Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary dan tahap prototyping dengan alur formative evaluation (tahap selft evaluation, one-to-one, small group, dan field test). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MA Aulia Cendekia Palembang. Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid dan praktis.
Truth-Seekers Students' Critical Thinking Process in Solving Mathematics Problems with Contradiction Information
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 13, No 1 (2022): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v13i1.33286

Abstract

The aims of this study are (1) to describe the critical thinking processes of truth-seekers students in solving math problems with contradiction information based on the theory of mental mechanisms and structures, and (2) to find valid and effective learning models to improve the critical thinking processes of truth-seekers students. The subjects of this study were truth-seekers at SMPN 7 Jember. Data collection methods in this study were tests, observations, and interviews. The results of the research are that students who do truth-seeking in this study build mental mechanisms consisting of interiorization, coordination, and encapsulation and construct all mental structures, namely actions, processes, objects, and schemas. So, it can be concluded that the mental mechanism process of truth-seekers students in this study is not complete even though the mental structures have all been constructed in their minds. The model found to improve the critical thinking process based on the research findings is the infusion learning model by focusing on the habit of solving mathematical problems with contradiction information.Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa truth-seekers dalam menyelesaikan soal matematika dengan informasi yang kontradiksi berdasarkan teori mekanisme dan struktur mental, dan (2) menemukan model pembelajaran yang valid dan efektif untuk meningkatkan proses berpikir kritis siswa yang truth-seekers. Subjek penelitian ini adalah siswa yang truth-seekers di SMPN 7 Jember. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian yaitu siswa yang melakukan truth-seeking dalam penelitian ini membangun mekanisme mental yang terdiri dari interiorisasi, koordinasi, dan enkapsulasi serta mengkonstruk seluruh struktur mental yaitu aksi, proses, objek, dan skema. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses mekanisme mental siswa truth-seekers dalam penelitian ini tidak lengkap walaupun struktur mentalnya telah dikonstruk semua dalam pikirannya. Model yang ditemukan untuk meningkatkan proses berpikir kritis berdasarkan temuan penelitian adalah model pembelajaran infusi dengan memfokuskan pada pembiasaan pemecahan masalah matematika dengan informasi yang kontadiksi.
Analysis of Elementary School Students' Difficulties in Fraction Addition
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 13, No 1 (2022): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v13i1.35275

Abstract

This study aims to analyze the fraction addition difficulties of fourth-grade students at SDN Candinegoro No. 484. This study utilizes a qualitative approach and case study method. This study's data collection methods included tests and interviews. Data analysis consists of data reduction, data presentation, and data verification. The results of the analysis indicate that students have difficulty learning fraction addition. Students' difficulties with applying concepts, applying principles, and solving verbal problems. Through this study, it is anticipated that teachers will be able to identify the types of difficulties encountered by students when learning fraction addition. Hence, teachers can overcome the errors made by students when working on fraction addition problems. Moreover, teachers can use these guidelines when creating lesson plans to anticipate that there will be no fraction-related difficulties.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan penjumlahan pecahan siswa kelas IV SDN Candinegoro No. 484. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Metode pengumpulan data penelitian ini meliputi tes dan wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari penjumlahan pecahan. Kesulitan yang dialami siswa pada saat menggunakan konsep, prinsip, dan menyelesaikan masalah verbal. Melalui penelitian ini diharapkan guru dapat mengidentifikasi jenis-jenis kesulitan yang dihadapi siswa ketika mempelajari penjumlahan pecahan. Dengan demikian, guru dapat mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa saat mengerjakan soal penjumlahan pecahan. Selain itu, guru dapat menggunakan pedoman tersebut saat membuat rencana pelaksanaan pembelajaran untuk mengantisipasi agar tidak ada kesulitan terkait pecahan.
Two-Variables Linear System: A Smartphone-Based-E-Module with a Realistic Mathematic Education Approach
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 13, No 1 (2022): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v13i1.31661

Abstract

An innovative teaching material such as e-module were needed to assist students understanding the concept of mathematics. In this Research is develop an e-module using Realistic Mathematics Education approach in Linear Equation System Two Variables. Research method is using ADDIE model which consist of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The validators of this research were content and media experts, while the research subjects were students of 7th grades in Pleret Bantul Junior High School. The instruments used in data collection were interview and questionnaire. By the calculation results, the e-module was considered feasible by contents and media experts. From the validation of content expert get average of 3.56 with very good criteria, while from the media expert get 3.65 with very good criteria. The e-module was considered practical according to the students’ responses. In terms of practicality, average score of small class trial was 3.17 with good criteria, while average score of large class trial was 3.22 with good criteria. So, the average score based on content and media experts also student class trials get 3.40 with very good criteria. Therefore, smartphone-based e-module with realistic mathematics education approach on linear equation system with two variables material was feasible to use.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul dengan berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validator penelitian ini yaitu ahli materi dan media serta subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pleret Bantul. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian berupa wawancara dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan, e-modul termasuk layak oleh ahli materi dan ahli media. Dari validasi ahli materi dan media mendapatkan kategori yang sama yaitu sangat baik dengan nilai rata-rata 3,56 dan 3,65. Berdasarkan uji kepada peserta didik e-modul termasuk praktis dengan kriteria baik pada uji coba kelas kecil dan besar dengan nilai 3,17 dan 3,22. Berdasarkan dari rata-rata gabungan ahli materi dan media serta uji coba peserta didik mencapai rata-rata skor 3,40 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulannya e-modul berbasis smartphone dengan pendekatan Realistic Mathematics Education pada materi sistem persamaan linear dua variabel layak digunakan.
Sign Language Mathematics Lecture Video as Assistive Technology for Inclusive Class in Higher Education
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 13, No 1 (2022): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v13i1.33342

Abstract

This research was motivated by the acceptance of one deaf student in the Department of Computer Science UNNES in the 2020/2021 academic year. Therefore, this research aims to provide the study with efforts to increase the absorption of deaf students in the inclusive class through the discovery of Assistive Technology. The method used in this research is Mixed Method with a qualitative and Research Development (RD) approach. Data collection includes class observations, interviews, triangulation of results, and stages of RD. Research activities include: (1) lecturer of mathematical courses made PPt files, filled in Lecturer's Voice, and filled in Sign Language. (2) Video tested in inclusive class. (3) Finalization of Assistive Technology Videos and the results were noted. Research Results: (1) multi-function video prototypes were obtained for deaf students in inclusive classes in mathematical courses. (2) There was an increase in the activity and absorption of students in the inclusive class. In conclusion, it is necessary to make assistive technology in the form of learning videos that contain sign language to increase the absorption of deaf students in the inclusive class in mathematical courses.Penelitian ini dilatarbelakangi telah diterimanya satu mahasiswa Tunarungu pada Jurusan Ilmu Komputer UNNES pada tahun ajaran 2020/2021. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah memberikan kajian upaya meningkatkan daya serap mahasiswa Tunarungu di kelas Insklusif melalui penemuan Teknologi Asistif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan pendekatan kualitatif dan Research Development (RD). Pengumpulan data meliputi; observasi kelas, wawancara, triangulasi hasil, dan tahapan RD. Kegiatan penelitian meliputi: (1) dosen pengampu mata kuliah matematis membuat file PPt, diisi suara dosen, dan diisi Bahasa Isyaratnya. (2) Video diujicobakan di kelas Inklusif. (3) Finalisasi video Teknologi Asistif dan dicatat hasilnya. Hasil penelitian: (1) Diperoleh Prototip video Multi-Fungsi untuk mahasiswa Tunarungu di kelas Inklusif pada mata kuliah matematis. (2) Ada peningkatan aktivitas dan Daya Serap mahasiswa di kelas Inklusif. Kesimpulannya: Untuk meningkatkan daya serap mahasiswa Tunarungu di kelas Insklusif pada mata kuliah matematis, perlu dibuat Teknologi Asistif berupa video pembelajaran yang berisi Bahasa Isyarat.
Junior High School Students’ Mathematical Communication in the Written Answers Problem
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 13, No 1 (2022): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v13i1.35221

Abstract

The mathematical communication of junior high school students is contained in written answers to mathematics, especially in finding patterns of problem-solving, presentation, and rewriting using the language, which is the purpose of this research. Expressing a mathematical situation into a mathematical model in writing can be done by reading and understanding the problem repeatedly, making connections between mathematical concepts and relevant images, making observations on the pictures given, then sorting the numbers based on the views, providing a complete explanation. Then ask students to illustrate the correct and correct answers in their language. The need to pay attention and maximize the time for students to communicate their findings. Creating a learning atmosphere that supports mathematical communication by getting students to dare to express opinions or ideas related to lessons and enrich themselves by seeking information from various sources.Komunikasi matematis siswa SMP yang terkandung dalam jawaban tertulis matematika, terutama dalam menemukan pola pemecahan masalah, penyajian, dan penulisan ulang menggunakan bahasanya. Menyatakan situasi matematika ke dalam model matematika secara tertulis, dapat dilakukan dengan cara membaca dan memahami masalah secara berulang-ulang, membuat hubungan antara konsep matematika dan gambar yang relevan, melakukan pengamatan pada gambar yang diberikan, kemudian mengurutkan angka berdasarkan gambar, memberikan penjelasan yang lengkap, kemudian meminta siswa untuk mengilustrasikan jawaban dalam bahasa mereka sendiri yang benar dan benar. Perlunya memperhatikan dan memaksimalkan waktu bagi siswa untuk mengomunikasikan temuannya. Menciptakan suasana belajar yang mendukung komunikasi matematis dengan cara membiasakan siswa memberanikan diri mengemukakan pendapat atau gagasan terkait pelajaran, dan memperkaya diri dengan mencari informasi dari berbagai sumber.
Pengembangan Bahan Ajar Pengajaran Mikro Matematika Kelas SBI Sujadi, Imam; Sugaiarto, Bambang
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 1 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v1i1.217

Abstract

This research aims at producing printed teaching materials for micro teaching program which can be used as one of learning resources for students of international standard school  in  Math Department. The main activity in this research is developing teaching material which is designed to support the achievement of teaching curricular i.e the students are capable of teaching math in international program. This covers two stages- exploration and developing draft model. In the first stage, the researchers performed related literatures reviews and collected varied information related to the problems faced by the students/ teachers in conducting teaching activities in international program. Based on the data gathered, the draft model was developed. Results of the research show that the English competence of the students in math department needs to be enhanced. Courses related to micro teaching program for international school should be rigorously planned, syllabus and its implementation in teaching learning process needs to be revised. In the micro teaching program for international standard school, students have to practice activities dealing with planning classroom management, using media, and developing lesson plan in English. The provision of teaching and learning resources for micro teaching program of  international standard school in math department is far from sufficient level and needs improvement. Teaching materials developed cover how to start the lessons, structure the lesson, use learning aids/media, use textbooks, respond to students’ performance, and administer the exams. Developing varieties of teaching materials and their periodical revision are badly needed. Key words : English competence, micro teaching, teaching materials.
Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Writing In Perfomance Tasks (Wipt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis junaedi, Iwan
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 1 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v1i1.218

Abstract

The problem of this paper  is mathematical writing as a part of mathematical communication aspect that has not been developed optimally for the  students. One of a teaching process to develop the students’ability in mathematical writing is Writing in Performance Tasks (WiPT) strategy. The main purpose of this paper is to investigate whether a teaching process using WiPT strategy can increase  students’ability in mathematical writing. Key words: WiPT Strategy, mathematical writing, communication.
Hands On Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Asesmen Kinerja Siswa Kartono, Kartono
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 1 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v1i1.219

Abstract

Geometri merupakan cabang matematika yang diajarkan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi, namun berdasarkan suatu penelitian hasil belajar geometri kurang memuaskan khususnya hasil belajar geometri sekolah. Hasil belajar geometri sekolah terkait langsung dengan kegiatan pembelajarannya. Pembelajaran geometri akan efektif apabila kegiatan yang dilakukan sesuai dengan struktur kemampuan berpikir siswa. Menurut Teori Van Hiele tentang pembelajaran geometri, bahwa tingkat kemampuan berpikir siswa dalam belajar geometri meliputi lima tingkat , yaitu visualisasi, analisis, deduksi informal, deduksi, dan rigor.Tingkatan berpikir tersebut akan dilalui siswa secara berurutan, kecepatan berpindah dari tingkat ke tingkat berikutnya banyak bergantung pada isi dan metode pembelajarannya.Perlu disediakan aktivitas-aktivitas dalam pembelajaran yang sesuai dengan tingkat berpikir siswa dalam bentuk hands on activity. Melalui hands on activity akan terbentuk suatu penghayatan dan pengalaman untuk  menetapkan suatu pengertian, karena mampu membelajarkan secara bersama-sama kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik serta dapat memberikan penghayatan secara mendalam terhadap apa yang dipelajari, sehingga apa yang diperoleh oleh siswa tidak mudah dilupakan. Hands on activity selain sebagai komponen kegiatan pembelajaran, dapat dimanfaatkan sebagai intrumen asesmen, khususnya asesmen kinerja siswa. Gunakanlah hands on activity pada pembelajaran geometri sekolah dan manfaatkan kegiatan tersebut sebagai bentuk asesmen kinerja siswa. 
Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Volum Benda Putar Berbasis Teknologi Dengan Strategi Konstruktivisme Student Active Learning Berbantuan CD Interaktif Kelas XII Rudiyanto, M S; Waluya, S B
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 1 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v1i1.220

Abstract

Kemampuan mengkonstruksi pengetahuan merupakan aspek yang penting dalam belajar matematika. Rendahnya kemampuan siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan mempengaruhi kualitas belajar siswa yang berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut dilakukan dengan pembelajaran yang menekankan keaftifan siswa. Model pembelajaran yang menekankan siswa yang akan dibahas pada makalah ini adalah Model pembelajaran dengan Strategi Konstruktivisme Student Active Learning berbantuan CD interaktif (KSAL). Pengembangan model pembelajaran KSAL mengacu pada model pengembangan Plom (1977) yang terdiri dari Premilinary Investigation, Design, Realization, Test, Evaluation, Revision, and Implementation. Model KSAL memiliki unsure sintakmatik yang tercermin dalam RPP memuat strategi yang merupakan modifikasi model TTW dan model CLD yang terdiri dari bridge, grouping, think, write, reflection, and evaluation. Model ini menempatkan guru sebagai fasilitator. CD interaktif dalam model KSAL ini dirancang agar siwa belajar mandiri. Materi dalam CD terdiri dari materi volum benda putar, lembar kerja siswa, lembar tugas siswa, permainan dan tes akhir dan disusun secara kontruktivisme yakni memungkinkan siswa membangun pengetahuan dalam menemukan konsep volum benda putar. Kata kunci: kontruktivisme, Student Active Learning, volum benda putar.

Page 1 of 70 | Total Record : 694


Filter by Year

2010 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 13, No 1 (2022): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 12, No 2 (2021): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 12, No 1 (2021): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 11, No 2 (2020): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 11, No 1 (2020): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 10, No 2 (2019): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 10, No 1 (2019): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 9, No 1 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 9(1) Vol 8, No 2 (2017): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 8, No 1 (2017): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 8, No 1 (2017): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 7, No 2 (2016): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 7, No 1 (2016): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 7, No 2 (2016): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 7, No 1 (2016): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 6, No 2 (2015): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 6, No 1 (2015): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 6, No 2 (2015): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 6, No 1 (2015): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 5, No 2 (2014): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 5, No 1 (2014): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 5, No 2 (2014): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 5, No 1 (2014): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 4, No 2 (2013): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 4, No 1 (2013): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 4, No 2 (2013): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 4, No 1 (2013): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 3, No 2 (2012): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 3, No 1 (2012): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 3, No 2 (2012): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 3, No 1 (2012): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 1 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 1 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 2 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 1 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 2 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 1, No 1 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif More Issue