cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
ADVANCE
ISSN : 23375221     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Terbitan Berkala Ilmiah (ADVANCE) Program Studi S1 Akuntansi diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "AUB" Surakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, dan masyarakat pada umumnya, terbit sesuai dengan kebutuhan. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan oleh media lain dan berhak menyingkat dan mengubah tanpa mengurangi maksud dan isi. Pendapat yang dinyatakan dalam jurnal ini merupakan pendapat pribadi tidak mencerminkan pendapat penerbit dan dewan redaksi.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2019): December" : 9 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta) Chrismas Frezza Pamungkas; Yenni Khristiana
ADVANCE Vol 6, No 2 (2019): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Efektifitas Sistem Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta) Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Surakarta, yaitu sebanyak 30.657 wajib pajak. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Surakarta dengan teknik pengambilan sampel secara acak sederhana (Simple Random Sampling). Metode analisis penelitian ini adalah regresi linier berganda yaitu uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan pada jenis uji regresi yang digunakan dalam penelitian ini hasil yang diperoleh menyatakan bahwa variabel Kualitas Pelayanan dan Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif signifikan, variabel Efektifitas Sistem Perpajakan berpengaruh negatif signifikan sedangkan variabel Sanksi Perpajakan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Kemauan Membayar Pajak Orang Pribadi. Hasil uji koefisien determinasi Adjusted R Square menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,776. Artinya, pengaruh yang diberikan oleh variabel independen Efektifitas Sistem Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan terhadap variabel dependen Kemauan membayar pajak sebesar 77,6% sedangkan sisanya 23,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
EVALUASI PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU DENGAN ANALISA PIECES PT KUSUMA MULIA TEXTILE Yelina Istiyani; Nugroho Wisnu Murti
ADVANCE Vol 6, No 2 (2019): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Kusuma Mulia Textile berlokasi di Jalan Raya Solo Sragen Km 9 Karanganyar. PT Kusuma Mulia Textile merupakan perusahaan pribadi dengan satu pemilik tunggal. Perusahaan ini bergerak di bidang industri tekstil. Proses produksinya yaitu proses celup (dyeing) dan finishing. Perusahaan menggunakan bahan baku berupa kain mori (grey/greige) dan benang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem akuntansi pembelian bahan baku. Selain itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah sistem akuntansi pembelian bahan baku yang diterapkan perusahaan telah ditunjang oleh sisitem pengendalian intern yang memadai. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem akuntansi pembelian bahan baku di PT Kusuma Mulia Textile telah cukup baik meskipun terdapat beberapa kelemahan. Kelemahan tersebut misalnya terjadi perangkapan fungsi yaitu menjalankan fungsi penerimaan dan fungsi penyimpanan yang akan menciptakan praktik yang tidak sehat dalam mewujudkan pengendalian internal yang memadai, Penggunaan dokumen belum bernomor urut cetak dan terdapat dokumen yang diotorisasi oleh pihak yang tidak berwenang dan tidak ada surat permintaan penawaran harga dan penawaran harga dari supplier hal ini dapat mempersulit dalam pengecekan setiap harga yang telah diberikan supplier.
PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, TOTAL ASSET TURN OVER, CURRENT RATIO, DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA Dea Nony Agustina; Mulyadi Mulyadi
ADVANCE Vol 6, No 2 (2019): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Debt to Equity Ratio, Total Assets Turn Over, Current Ratio, dan Net Profit Margin terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor perusahaan makanan dan minuman yang terdapat di Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Pemilihan sampel menggunakan tehnik Purposive Sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 15 perusahaan. Metode analisis dalam penelitian ini terdiri dari, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji R2. Hasil analisis menunjukkan bahwa bila terbebas dari uji asusmsi klasik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara individu variabel Debt to Equity Ratio, dan Current Ratio berpengaruh positif tidak signifikan terhadap variabel Pertumbuhan Laba Perusahaan Manufaktur di BEI, sedangkan variabel Total Assets Turn Over  dan  Net  Profit  Margin  berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Pertumbuhan Laba Perusahaan Manufaktur di BEI. Hasil uji R2 (koefisien determinasi) menunjukkan bahwa variabel Debt to Equity Ratio, Total Assets Turn Over, Current Ratio, dan Net Profit Margin mampu menjelaskan sebesar 18,5% terhadap variabel Pertumbuhan Laba Perusahaan Manufaktur di BEI, sedangkan sisanya 81,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti Return On Assets, Loan to Deposit Ratio, Debt to Assets Ratio, dan Return On Equity.
PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, DAN PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan Yogyakarta) Firnanda Nur Anggraini; Rina Ani Sapariyah
ADVANCE Vol 6, No 2 (2019): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris signifikansi pengaruh kompetensi, independensi, dan profesionalisme terhadap kualitas audit pada kantor akuntan publik Surakarta dan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampling 50 auditor yang bekerja di kantor akuntan publik Surakarta dan Yogyakarta. Uji kuisioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji R^2. Hasil uji kuisioner valid dan reliabel, Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa penelitian ini terdistribusi secara normal, tidak terjadi multikulinieritas, tidak terjadi heterokedastisitas, tidak terjadi autokorelasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan: kompetensi auditor berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kualitas audit, independensi auditor berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit, profesionalisme berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kualitas audit. Hasil dari uji R^2 sebesar 88,0% yang berarti kualitas audit mampu dijelaskan kompetensi, independensi, dan profesionalisme auditor, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian.
ANALISIS PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PEMBERIAN KREDIT (STUDI KASUS PADA PT. BANK KARTADHANI MULYA KABUPATEN SUKOHARJO) Heni Ramita Sari; Setyani Sri Haryanti
ADVANCE Vol 6, No 2 (2019): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Internal control is an organization planning and method which is used to keep or protect assets, to create accurate and trusted information, to fix efficiency, and to drive the management policy to be obeyed. The purposes of this research are to know the implementation of internal control system towards credit loan at PT. BPR Karthadhani Mulya Kabupaten Sukoharjo. This research uses case study at PT. BPR Kartadhani Mulya in Sukoharjo. Technique of collecting data uses interview, observation, and documentation. While technique of analyzing data uses control testing by using stop-or-go sampling method. The result of analysis data can be summarized that internal control system towards credit loan which is done by PT. BPR Kartadhani Mulya Kabupaten Sukoharjo has met the requirement of internal control system according to COSO (Committee of Sponsoring Organization). It consists of control environment, risk  assessment, controlling activities, information and  communication, and controlling.
PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2017 Bella Nurlintang Ramadhani; Murni Sulistyowati
ADVANCE Vol 6, No 2 (2019): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh financial distress, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 (tiga) tahun, yaitu mulai dari tahun 2015-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 17 perusahaan food and beverage yang  masih terdaftar di Bursa Efek  Indonesia. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan diperoleh sebanyak 14 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Financial Distress berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,040. Untuk variabel leverage berpengaruh tidak signifikan terhadap konservatisme akuntansi ditunjukkan dengan nilai  signifikansi sebesar 0,392. Dan untuk variabel ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap konservatisme akuntansi ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,757. Kemampuan variabel ukuran financial distress,leverage,dan ukuran perusahaan dalam menjelaskan konservatisme akuntansi sebesar 4,7% sebagaimana ditunjukkan dengan besarnya adjusted R square sebesar 0,047 sedangkan sisanya 95,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.Tujuandaripenelitianiniuntukmengetahuipengaruhfinancialdistress,leverage,dan ukuranperusahaanterhadap konservatismeakuntansipadaperusahaan foodandbeverageyangterdaftar diBursaEfekIndonesia. Periodeyang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  3  (tiga)  tahun,  yaitu  mulai  dari  tahun  2015-2017.  Penelitian  ini menggunakanpendekatankuantitatif.Populasidalampenelitianinisejumlah17perusahaanfoodandbeverage yang  masih  terdaftar  di  Bursa  Efek  Indonesia.Teknik  pengambilansampel  adalah  purposive  samplingdan diperolehsebanyak14perusahaan.Teknikanalisisdatayangdigunakan adalahregresilinierberganda.Hasil penelitianmenunjukkan bahwasecaraparsialFinancialDistressberpengaruhsignifikanterhadapkonservatisme akuntansiditunjukkan dengannilaisignifikansisebesar0,040.Untukvariabelleverageberpengaruh tidak signifikanterhadap  konservatismeakuntansi  ditunjukkandengannilai  signifikansisebesar  0,392.  Dan  untuk variabelukuranperusahaansecaraparsial   berpengaruhtidaksignifikanterhadapkonservatisme akuntansi ditunjukkan dengannilaisignifikansisebesar0,757.Kemampuanvariabelukuranfinancialdistress,leverage,dan ukuranperusahaandalammenjelaskankonservatisme akuntansisebesar4,7%sebagaimana ditunjukkan dengan besarnyaadjustedRsquaresebesar0,047sedangkan sisanya95,3%dipengaruhi olehfaktorlainyangtidak dimasukkankedalam modelpenelitian.
PENGARUH PELAYANAN, RELIGIUSITAS, DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP MINAT MENABUNG 2019 (STUDI KASUS BANK BRI SYARIAH CABANG PALUR KARANGANYAR) Rakrian Yuda Mukti; Andri Octaviani
ADVANCE Vol 6, No 2 (2019): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh Pelayanan, Religiusitas, dan Tingkat Pendapatan terhadap minat menabung di BRI Syariah Karanganyar. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank BRI Syariah Karanganyar dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk menghitung besarnya koefisien regresi guna menunjukkan besarnya pengaruh variabel pelayanan, religiusitas dan tingkat pendapatan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan uji goodness of fit (Uji F) digunakan untuk menguji kelayakan model dalam penelitian. Hasil pengujian uji F menunjukkan bahwa model regresi dapat digunakan untuk memprediksi minat menabung, dari hasil uji goodness of fit (uji F) menunjukkan bahwa penelitian ini layak untk di teliti. Hasil pengujian uji t menunjukan bahwa pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung dan tingkat pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di BRI Syariah Karanganyar. Variabel pelayanan, religiusitas dan tingkat pendapatan mampu menjelaskan variabel  minat menabung sebesar  ebesar  79,1% menjelaskan variabel  minat menabung di Bank BRI Syariah. Sedangkan sisanya 20,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti yang tidak masuk dalam penelitian ini.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA FINANSIAL DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Ridwan Wahyudi; Rina Ani Sapariyah
ADVANCE Vol 6, No 2 (2019): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.83 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris signifikansi pengaruh Kinerja Perusahaan yang mempengaruhi  kinerja finansial. Kinerja Perusahaan dalam penelitian ini  diproksikan ke dalam Leverage ,Ukuran Perusahaan dan Kepemilikan saham publik terhadap Kinerja finansial dengan Corporate Social responsibility sebagai Variabel Intervening. Objek dalam penelitian ini adalah  perusahaan Properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Data diperoleh dari web BEI di www.idx.co.id. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria penentuan sampel terdapat 20 perusahaan Properti yang mempublikasikan laporan keuangan secara lengkap. Penelitian ini menggunakan alat analisa regresi linear berganda dan analisis jalur (path analysis). Penelitian ini memperoleh hasil bahwa Leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif  tetapi tidak signifikan terhadap corporate social responsibility, Kepemilikan saham publik berpengaruh positip tetapi tidak signifikan terhadap corporate social responsibility, Leverage berpengaruh positip tetapi tidak signifikan terhadap kinerja finansial, Ukuran perusahaan dan kepemilikan saham publik  berpengaruh negatif  tetapi tidak signifikan terhadap kinerja finansial, Corporate social responsibility berpengaruh positif dan  signifikan terhadap kinerja finansial. Nilai R square total sebesar 0,163, artinya variabel kinerja finansial dijelaskan oleh dimensi leverage, ukuran perusahaan dan kepemilikan saham publik dengan corporate social responsibility sebagai variabel intervening sebesar 16,3% dan sisanya sebesar 83,7 % dijelaskan faktor lain di luar model penelitian, misalnya solvabilitas, keputusan investasi, kebijakan deviden, dan good corporate governance. Kata Kunci:   Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik, Corporate Social Responsibility   dan Kinerja Finansial
PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA Arief Budhi Dharma; Ika Swasti Putri
ADVANCE Vol 6, No 2 (2019): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap negara memiliki program pendidikan yang menjadi pijakan penciptaan generasi penerus yang handal, cerdas dan memiliki integritas pada bangsanya. Pendidikan merupakan faktor pendukung yang menerangi peranan penting di segala sektor.  Mahasiswa sebagai pelaku pendidikan senantiasa menjunjung nilai integritas dengan memilih universitas yang kompatible.   Keputusan memilih oleh mahasiswa dipengaruhi oleh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari; produk, harga, promosi, tempat, proses, orang, dan pelayanan. Permasalahan dalam penelitian ini antara lain: sejauhmana pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari; produk, harga, promosi, tempat,  proses, orang, dan pelayanan terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta, dan sejauh mana pengaruh status akreditasi terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta. Berdasarkan nilai  standardized coefficient diketahui secara parsial bahwa variabel pelayanan  memiliki pengaruh positif (7,916) dan lebih dominan dibandingkan dengan variabel lain (produk, harga, promosi, tempat, orang, dan proses). Melalui teknik regresi linier sederhana dapat diketahui bahwa status akreditsi mampu menjelaskan 24.4 % terhadap  keputusan mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini secara serempak strategi bauran pemasaran yang terdiri dari; produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta. Status akreditasi berpengaruh terhadap keputusan Mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta.                                                                                   Kata kunci : Bauran Pemasaran, dan Keputusan Memilih.

Page 1 of 1 | Total Record : 9