cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
ADVANCE
ISSN : 23375221     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Terbitan Berkala Ilmiah (ADVANCE) Program Studi S1 Akuntansi diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "AUB" Surakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, dan masyarakat pada umumnya, terbit sesuai dengan kebutuhan. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan oleh media lain dan berhak menyingkat dan mengubah tanpa mengurangi maksud dan isi. Pendapat yang dinyatakan dalam jurnal ini merupakan pendapat pribadi tidak mencerminkan pendapat penerbit dan dewan redaksi.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2020): December" : 5 Documents clear
Upaya Mengoptimalkan Pemungutan Pajak Daerah untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Surakarta Mulyadi Mulyadi; Endah Nawangsasi
ADVANCE Vol 7, No 2 (2020): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pajak daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kota Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan yang telah diaudit di kota Surakarta  periode 2016 sampai dengan 2019. Sampel dipilih dengan menggunakan metode sensus. Data diolah menggunakan metode uji statistik regresi linear berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Pajak Hotel, Pajak Hiburan dan  Pajak Reklame secara parsial berpengaruh negative tetapi signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), Sedang Pajak Restoran dan Pajak Penerangan Jalan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kelima variabel independen secara simultan  berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Asli Daeah. Jadi masih ada kesempatan Pemerintah Kota Surakarta dalam mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu dengan memungut Pajak Resoran kepada Wajib Pajak yaitu pemilik restoran yang masih belum dibayarkan. Selain itu juga memaksimalkan pemungutan Pajak Penerangan Jalan kepada Pembayar Rekening listrik. Untuk Pajak Hotel, Pajak Hiburan dan Pajak Reklame supaya tidak menurun penerimaannya agar dikelola secara professional. Adjusted R Square menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah dipengaruhi oleh variabel Independen sebesar 95,5%  dan sisanya 4,5% dijelaskan oleh variabel di luar penelitian ini.
Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Penilaian Pasar Terhadap Return Saham (pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bei 2016-2018) Iqbal Kurnia Pratama; Indriyana Widyastuti
ADVANCE Vol 7, No 2 (2020): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan penilaian pasar terhadap return saham pada perusahaan manufaktur sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Effeck Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 (tiga) tahun, yaitu dimulai dari tahun 2016-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 26 perusahaan sektor industri makanan dan minuman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan. Teknik analisa data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham, profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham, penilian pasar berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham. Hasil Uji adjusted R square menunjukkan bahwa likuiditas, profitabilitas, dan penilian pasar terhadap return saham mampu menjelaskan sebesar 35% terhadap struktur modal sedangklan sisanya 65% dipengaruhi oleh variabel lain.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Corporate Social Responsibility (CSR) di dalam Perusahaan Food And Beverage Lisa Agatha Kartika Rosa; Andri Octaviani
ADVANCE Vol 7, No 2 (2020): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memberikan bukti empiris pengaruh profitabilias, leverage dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode tahun 2017-2019. Populasi yang digunakan penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2019, populasi dalam penelitian ini 26 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini 22 perusahaan  dengan teknik pengambilan sampel metode Purposive Sampling. Data penelitian dianalisis dengan teknik uji analisis regresi linier berganda, uji t dan koefesien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh negatif tetapi signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), leverage berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).
Tax Avoidance dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Siti Hayati Efi Friantin; Ika Swasti Putri
ADVANCE Vol 7, No 2 (2020): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan signifikansi bahwa Tax Avoidance  dipengaruhi oleh factor-faktor seperti Debt To equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), ukuran perusahaan dan Return On Assets terhadap tax avoidance pada perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 45 perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 (tiga) tahun, yaitu pada tahun 2016 – 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan diperoleh sampel data sebanyak 29 perusahaan. Teknik analisis data meliputi uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Debt To Equity Ratio berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap tax avoidance pada Perusahaan LQ 45. Variabel Current ratio berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap tax avoidance pada Perusahaan LQ 45. Variabel ukuran perusahaan (size) berpengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance pada Perusahaan LQ 45. Return On Assets berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance pada Perusahaan LQ 45. Hasil uji F secara simultan Debt To Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), ukuran perusahaan dan Return On Assets (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel tax avoidance. Kemampuan variabel Debt To Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), ukuran perusahaan dan Return On Assets (ROA) dalam menjelaskan tax avoidance sebesar 14,5% Sebagaimana ditujukan dengan besarnya nilai adjust R square sebesar 0,145  sedangkan sisanya 85.5% dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan E-Filing bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Isnaeni Putri Lutfiyanti; Indriyana Widyastuti
ADVANCE Vol 7, No 2 (2020): December
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan persepsi kepuasan terhadap penggunaan E-Filing bagi wajib pajak orang pribadi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di Kota Surakarta. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji f, uji t, dan uji R2). Hasil penelitian analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan persepsi kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan E-Filing bagi wajib pajak orang pribadi. Hasil uji t menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan persepsi kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan E-Filing bagi wajib pajak orang pribadi. Hasil uji F menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan persepsi kepuasan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan E-Filing bagi wajib pajak orang pribadi. Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 40,8%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5