Articles
1,420 Documents
Penggunaan Tanda-Tangan Digital untuk Menjaga Integritas Berkas Perangkat Lunak
Rinaldi Munir
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2005
Publisher : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pendistribusian perangkat lunak melalui web di internet memiliki sejumlah masalah. Salah satunyaadalah masalah integritas berkas yang telah di-download. Integritas berkas perangkat lunak berkaitan dengankeaslian berkas program, keutuhan, dan keabsahan pengembang perangkat lunak. Berkas program dapatdimodifikasi oleh pihak ketiga (menjadi tidak asli) atau mengalami kerusakan (corrupt) oleh virus ataugangguan selama transmisi dari komputer server ke komputer client (menjadi tiadk utuh). Selain itu, penggunaperangkat lunak perlu memastikan bahwa program yang ia download dibuat oleh pengembang program yangsah, dan bukan pengembang lain yang menyamar sebagi pengembang program yang asli. Masalah integritasberkas perangkat lunak ini dapat diselesaikan dengan menggunakan tanda-tangan digital. Tanda tangan digitaldibangkitkan dengan algoritma kriptografi kunci-publik. Tanda-tangan digital bergantung pada isi berkasprogram dan kunci pengembang perangkat lunak. Melalui proses verifikasi, pengguna dapat membuktikanintegriats berkas perangkat lunak yang ia downlaod dari situs web pengembang.Kata kunci: perangkat lunak, internet, integritas, kriptografi, tanda-tangan digital, kunci, verifikasi
Pengenalan Huruf Menggunakan Model Jaringan Saraf Tiruan Radial Basis Function dengan Randomize Cluster Decision
Muhammad Erwin Ashari Haryono
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2005
Publisher : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Artificial Neural Network is the adaptive model in Artificial Intelligence as become the model of learning.Many research in artificial neural network using BackPropagation. More of 70 prosen researcher using thismodel to solve all problem in its research. BP using supervised learning, which indicated the output as the basisof failure value as a feedback of its activation. This paper I will introduced another method in artificial neuralnetwork called Radial Basis Function to recognize various font. RBF is a mocel of ANN which adopt bothsupervised and unsupervised learning. The Hidden layer doesn’t form first when the building of its architecture.In this model Hidden layer will form after we could cluster for all various font itself. A number of hidden layerbased on a number of cluster center. Weighting in Hidden and output layer using Gaussian model andPseudoinverse matrices. Although I didn’t compare the result of both model BP and RBF for this problem, theresult of this research almost get 70 % success in order to recognize all font pattern.Keywords: Artificial Neural Network, adaptive, Radial Basis Function, Gaussian, Pseudoinve
PROTOTYPE APLIKASI TUMBUH KEMBANG BALITA BERBASISKAN ANDROID UNTUK KADER POSYANDU DI PEDESAAN
Bangun Wijayanto
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2012
Publisher : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Posyandu adalah salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan yang merupakan Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang diselenggarakan dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat. Dalam pelaksanaannya kader posyandu merekam dan menganalisis data yang didapatkan dari Kartu Menuju Sehat (KMS). Permasalahan yang sering terjadi adalah ketidak tersediaan data dalam Kartu Menuju Sehat yang sering kali terjadi karena kerusakan fisik dari kartu, pencatatan yang tidak teratur, kesalahan dalam perekaman maupun analisis data, hal tersebut berakibat pada pemberian penyuluhan yang kurang sesuai. Android merupakan sistem operasi yang dibuat oleh google dan dikhususkan untuk platform mobile. Perkembangan perangkat berbasiskan android saat ini sangat pesat dan semakin murah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan purwarupa (prototype) aplikasi tumbuh kembang balita berbasiskan android yang dapat dengan mudah digunakan oleh kader posyandu di pedesaan. Dengan adanya purwarupa (prototype) aplikasi tumbuh kembang balita berbasiskan android tersebut diharapkan ketepatan penyuluhan yang diberikan oleh kader posyandu dapat lebih meningkat seiring dengan keakuratan data yang terekam oleh sistem.
SNIFFS: Sistem Berkas Virtual untuk Jaringan Sosial Berbasis Web Service
Kurniawan Lastanto;
Ahmad Ashari
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2009
Publisher : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Dalam makalah ini diperkenalkan Sniffs (Social Netwok Interface/File System), sebuah sistem berkas virtualuntuk jaringan sosial berbasis web service. Sistem berkas ini memungkinkan sembarang program mulai dariutilitas baris perintah sederhana hingga aplikasi desktop yang kompleks untuk mengakses jaringan sosialmelalui antarmuka sistem berkas standar. Sniffs menerjemahkan panggilan sistem berkas yang terjadi danmeneruskannya sebagai invokasi terhadap web service yang disediakan oleh penyedia layanan jaringan sosial.Untuk mengakomodasi berbagai web service yang berbeda dari berbagai platform API jaringan sosial,komunikasi spesifik terhadap suatu platform API dilakukan melalui driver-driver konektivitas. Pengelolaancache diterapkan sebagai upaya untuk mengatasi waktu tunda jaringan dan mengurangi kerja server. Hasilimplementasi yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Sniffs mampu menyediakan antarmukajaringan sosial dalam sistem berkas standar.Kata Kunci: sistem berkas virtual, jaringan sosial, web service
Analisis Karakteristik Individu dan Perilaku Pengguna Internet Banking: Reliabilitas dan Validitas Instrumen Pengukuran
Ashur Harmadi;
Budi Hermana
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2005
Publisher : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Analisis proses adopsi teknologi informasi banyak menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),yang terdiri dari 3 variabel utama, yaitu persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, serta keinginandan atau intensitas penggunaan teknologi. Penelitian cross-sectional ini mengkaji proses adopsi internetbanking pada sebuah bank Swasta nasional. Subyek penelitiannya adalah 30 orang pengguna yang dipilihdengan metode snowball sampling. Hasil Uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen pengukuran yangdigunakan dalam penelitian ini adalah reliable hanya untuk variabel persepsi manfaat dan kemudahanpenggunaan, sedangkan variabel keinginan mengadopsi menunjukkan reliabilitas yang rendah Hasil ujiconstruct validity menunjukkan bahwa instrumen pengukuran untuk variabel persepsi manfaat dan kemudahanpenggunaan menunjukkan validitas yang tinggi. Hasil analisis independent t test menunjukkan bahwa keduavariabel tersebut tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan bidang pendidikan. Hasil ujiANOVA menunjukkan bahwa hanya persepsi manfaat yang dipengaruhi oleh lama waktu adopsi, dan kisarannilai transaksi melalui internet banking. Persepsi manfaat menunjukkan korelasi kuat positif dengan persepsikemudahan penggunaan dan kisaran nilai transaksi. Sedangkan frekuensi penggunaan internet bankingmenunjukkan korelasi yang lemah dengan persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan.Kata Kunci: TAM, perceived usefulness, perceived easy of use, internet banking
Pemetaan Peranan Teknologi Informasi di dalam Program Peningkatan Kualitas Radikal-Total
Hari Agung Yuniarto
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2005
Publisher : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Program peningkatan kualitas radikal-total, atau yang biasa disebut dengan Business Process Reengineering (BPR), dewasa ini sudah banyak diadopsi oleh para pelaku bisnis untuk meningkatkan keuntungan secara drastis dan agar sukses bersaing dengan para kompetitor bisnisnya. BPR adalah sebuah program peningkatan kualitas barang / jasa yang dilakukan secara drastis dan dalam cakupan yang luas sekaligus, sehingga salah satu karakteristik BPR ialah bersifat high-risk. Dengan demikian BPR mempunyai filosofi yang berlawanan dengan Continuous Improvement Program (CIP). Di dalam industri, sifat aliran bahan yang terjadi pada suatu sistem produksi akan sangat mempengaruhi ragam jenis informasi dan pula decision support tool yang akan dipilih. Sehingga pada akhirnya sistem produksi yang diamati dapat menjadi efektif dan efisien. Penelitian ini bermaksud mengembangkan sebuah model konseptual terintegrasi yang dapat memetakan / mapping peranan teknologi informasi di dalam BPR agar dapat dicapai integrasi sub-systems yang ada dalam keseluruhan sistem produksi tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bila di dalam pelaksanaan program BPR dilakukan pendekatan dengan teknologi informasi yang inofatif maka fleksibilitas, kerjasama tim, dan cross-functionally coordinated management akan tercapai. Kata kunci: Business Process Re-engineering, teknologi informasi, quality improvement
Identifikasi Neuropsikologis Terhadap Video Iklan Secara Real-Time Menggunakan Fast Fourier Transform dan Support Vector Machine
Reza Indrawan;
Esmeralda C. Djamal;
Ridwan Ilyas
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2017
Publisher : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penayangan iklan pada media televisi atau media lain membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga efektivitas video iklan perlu diuji setiap detiknya berdasarkan perilaku neuropsikologis seseorang. Hal ini perlu dilakukan agar biaya yang dikeluarkan untuk iklan diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Namun untuk mengidentifikasi perilaku neuropsikologis seseorang secara real-time tidak mudah, diperlukan suatu perangkat yang terintegrasi untuk mengetahui perilaku tersebut. Elektroensephalogram (EEG) merupakan perangkat yang dapat menangkap aktivitas listrik di otak, sinyal tersebut dapat menginformasikan perilaku otak seseorang ketika melihat video iklan. Penelitian ini membangun sistem identifikasi neuropsikologis secara real-time yang terintegrasi dengan EEG wireless menggunakan Fast Fourier Transform (FFT) untuk ekstraksi sinyal EEG dan identifikasi menggunakan Support Vector Machine (SVM) dengan luaran tiga kelas yaitu tertarik, kurang tertarik, dan tidak tertarik. Ekstraksi menggunakan FFT dilakukan dengan mengubah sinyal EEG ke dalam frekuensi alpha, beta, dan tetha serta proses identifikasi dilakukan menggunakan SVM dengan mencari hyperplane terbaik untuk memisahkan dua kelas.
Penggunaan Pohon Keputusan untuk Klasifikasi Tingkat Kualitas Mahasiwa Berdasarkan Jalur Masuk Kuliah
Selly Artaty Zega
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2014
Publisher : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ditujukan untuk mengetahui tingkatkualitas mahasiswa program studi Teknik InformatikaPoliteknik Negeri Batam berdasarkan jalur masuk kuliah danfaktor lainnya sebagai data yang tersimpan dalam basis datamahasiswa. Penelitian dilakukan pada data mahasiswaangkatan 2007-2009, dari data tersebut dilakukan pembagiandata training dan data testing.Data miningmengekstrasi data untuk menemukan informasidan pattern dalam menentukan tingkat kualitasmahasiswa.Metode classification dilakukan padadata traininghingga menemukan suatu rule(proses learning)yang dapatditerapkan untuk mengklasifikasikan kategori tingkat kualitasmahasiswa pada data baru. Proses learning menggunakanteknik decision tree C.45 mengubah fakta menjadi pohonkeputusan yang merepresentasikan aturan yang lebih mudahdipahami. Selanjutnya validasi terhadap data testing dilakukanuntuk menemukan modeldecision tree terbaik.Analisis juga menghasilkan informasi tentang pengaruhjalur masuk kuliah dalam menentukan tingkat kualitasmahasiswa.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi PT. Maju Bersama (Studi Kasus: Penjualan dan Piutang Usaha)
Suparto Darudiato
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2007
Publisher : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelemahan dan kebutuhan sistem informasi akuntansipenjualan dan piutang usaha PT. Maju Bersama untuk diberikan usulan perbaikan berupa rancangan sisteminformasi yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis perusahan.Sistem informasi akuntansi (SIA) penjualan dan piutang yang diusulkan membahas analisis umur piutang,kelayakan pemesanan pelanggan berdasarkan saldo kredit, penentuan limit kresit dan mempermudah penyajianlaporan yang dibutuhkan dalam mempercepat pengambilan keputusan.Penelitian dilakukan dengan cara studi lapangan berupa investigasi karyawan serta analisis proses bisnisdan dokumen perusahaan terkait. Sedangkan analisis dan perancangan sistem informasi dilakukan denganpendekatan berorientasi objek di mana semuanya digambarkan dengan notasi UML.Kata kunci: Analisis, perancangan, sistem informasi, penjualan, piutang.
Jaga Jogja: Platform Laporan Masalah Pariwisata Berbasis Web
M. Ulil Albab Surya Negara;
Iqbal Syauqi Mubarak;
Arief Rahman Fajri;
Yasmin Aulia Ramadhini;
Dimas Adi Wibowo;
Dhomas Hatta Fudholi;
Ari Sujarwo
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2019: Peran Sains Data Dari Perspektif Akademisi dan Praktisi
Publisher : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Jumlah turis domestik maupun mancanegara yang mengunjungi kawasan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta masih terus mengalami fluktuasi. Hal tersebut berkaitan dengan citra destinasi wisata di Yogyakarta dalam sudut pandang para wisatawan. Untuk menjaga citra baik kawasan wisata di Yogyakarta, diperlukan usaha untuk menjaga kebersihan, keamaan, serta infrastruktur sarana dan prasarana di kawasan tersebut. Namun jumlah petugas Dinas Pariwisata dan Dinas Pekerjaan Umum yang bertanggung jawab sebagai pengelola dan pemelihara tidak sebanding dengan banyak kawasan yang perlu dijaga. Untuk itu, perlu peran aktif dari masyarakat untuk turut serta menjadi pengawas serta pelapor permasalahan kebersihan, keamaan, serta infrastruktur sarana dan prasarana di kawasan wisata di seluruh wilayah DIY. Metode yang digunakan dalam pengujian rancangan Jaga Jogja adalah usability testing. Metode ini menguji pemanfaatan sistem oleh pengguna. Metode ini dipilih untuk mengetahui tingkat manfaat yang didapatkan user dari solusi yang ditawarkan oleh sistem Jaga Jogja. Hasil dari analisis yang ditawarkan oleh penelitian ini adalah sebuah aplikasi bernama Jaga Jogja. Aplikasi ini difungsikan sebagai sebuah platform untuk menampung laporan permasalah di kawasan wisata oleh para masyarakat yang disebut dengan Hero Jogja. Melalui platform tersebut, Dinas DIY akan terbantu dalam mengawasi serta menangani permasalahan yang terjadi kawasan wisata serta lebih mudah dalam berkomunikasi dengan pihak pengelola. Sehingga pengawasan dan penanganan permasalahan di kawasan wisata akan lebih efektif.