cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
ANALISIS PENGARUH PEMBERDAYAAN GURU TERHADAP KINERJANYA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR KOTA SURABAYA Waspodo Tjipto Subroto,
Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PKn MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DALAM MENUMBUHKAN SIKAP ILMIAH SISWA Alim Salamah,
Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Abstrak bahasa Indonesia Penelitian ini dikategorikan ke dalam eksperimen semu atau Pre Experimental Design, sering disebut juga dengan istilah “quasi experiment”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran berdasarkan masalah dapat menumbuhkan sikap ilmiah siswa pada pembelajaran PKn pokok bahasan menghargai keputusan bersama, melalui rancangan pre-eksperimental menggunakan One Group Pre-test and Post-test design. Perangkat pembelajaran PKn diterapkan pada siswa kelas V SD Negeri Ketintang 1 Gayungan Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan perangkat pembelajaran PKn model pembelajaran berdasarkan masalah dalam menumbuhkan sikap ilmiah, mendeskripsikan pengelolaan kelas dalam kegiatan belajar mengajar, dan  mendeskripsikan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis data penelitian penerapan perangkat pembelajaran PKn model pembelajaran masalah menunjukkan bahwa rentang skor rata-rata kemampuan guru (peneliti) dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan 1 sampai pertemuan 5 adalah 3,0 – 4,0, hal ini menunjukkan bahwa guru sudah mampu mengelola pembelajaran berdasarkan masalah dengan baik dan sangat baik. Rata-rata persentase aktivitas siswa yang dominan selama kegiatan belajar mengajar adalah berdiskusi satu kelas untuk menganalisis pemecahan masalah yang terdapat dalam LKS sebesar 25.4% dan menyatakan ide/mengajukan pertanyaan dengan rata-rata persentase sebesar 21.1%, hal ini menunjukkan bahwa siswa aktif selama kegiatan belajar mengajar. Demikian juga dengan hasil pengamatan terhadap sikap ilmiah siswa menunjukkan adanya peningkatan rentang skor penilaian sikap ilmiah yaitu 1,125 – 1,500 (kategori sangat rendah) pada saat sebelum pembelajaran dan rentang skor sesudah pembelajaran adalah 2.863–3.163 (kategori tinggi). Sedangkan reliabilitas rata-rata instrumen pengamatan pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan sikap ilmiah siswa adalah sebesar 99,3%. Dari hasil penerapan perangkat pembelajaran PKn model pembelajaran masalah menunjukkan bahwa model pembelajaran berdasarkan masalah dapat digunakan untuk menumbuhkan sikap ilmiah siswa pada pembelajaran PKn pokok bahasan menghargai keputusan bersama. Guru sudah mampu mengelola pembelajaran dengan baik dan sangat baik menggunakan perangkat PKn model pembelajaran berdasarkan masalah. Sedangkan, aktitivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar menunjukkan bahwa siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran berpusat pada siswa.   Kata-kata Kunci:penerapan perangkat pembelajaran, pembelajaran berdasarkan masalah, dan sikap ilmiah siswa.         Abstrak Bahasa Inggris This research categorized into apparent experiment or Pre Experimental Design, often is called as also with term "quasi experiment". This research done to know whether study based on the subject can grow scientific position of student at study of PKn discussion fundamental esteems decision together, through planning pre-experimental applies One Group Pre-test and Post-test Design. Study peripheral of PKn applied at class student V SD Negeri Ketintang 1 Gayungan Surabaya. This purpose of this research to description result of applying of study peripheral of PKn study model based on subject in growing scientific position, description of management of class in school activity, and description of student activity in school activity. Result of applying research data analysis of study peripheral of PKn study model of subject indicates that score spread average of teacher ability ( researcher) in managing study at meeting of 1 until meeting of 5 is 3.0 – 4.0, this thing indicates that teacher have been can manage study based on the subject carefully and very good. Average of dominant student activity percentage during school activity is discussing one classes to analyze trouble-shooting which there is in LKS equal to 25.4% and express idea/propose question with average of percentage equal to 21.1%, this thing indicates that student active during school activity. And so it is with result of observation to scientific position of student shows existence of improvement of assessment score spread of scientific position that is 1.125 – 1.500 (very low category) at the time of before study and score spread after study is 2.863-3.163 (high category). While reliability average of instrument of observation of management of study, student activity, and scientific position of student is equal to 99.3%. From result of applying of study peripheral of PKn study model of subject indicates that study model based on the subject applicable to grow scientific position of student at study of PKn discussion fundamental esteems decision together. Teacher have been can manage study carefully and very good applies peripheral PKn study model based on the subject. While, student activity during school activity indicates that student to play more active in study and study is centered on the student.   Keywords: Applying of Study Peripheral, Study Based on the Subject, and Scientific Position of Student.  
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI PADA POKOK BAHASAN ENERGI DAN PERUBAHANNYA UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP ILMIAH SISWA Dwi Wahyudiati,
Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Bahasa Indonesia Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, karena dalam penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran Sains SD berorientasi model pembelajaran diskusi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Ajar Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, dan Instrumen Sikap Ilmiah Siswa. Pengembangan perangkat tersebut mengacu pada pengembangan perangkat model 4-D. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas & efektivitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan, serta sikap ilmiah siswa sesudah pembelajaran. Subyek  penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas IV SDN No.3 Ketangga (uji coba 1), dan 27 orang siswa kelas IV di SDN No.2 Ketangga (uji coba 2) Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur-Nusa Tenggara Barat. Rancangan uji coba yang digunakan untuk pengambilan data adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase rata-rata tingkat kesulitan Buku Ajar Siswa pada uji coba 1 & 2 adalah 6,3% dan 6,4%, sedangkan persentase tingkat kesulitan LKS pada uji coba 1 dan 2 sebesar 7,3%.  Persentase rata-rata tingkat keterbacaan Buku Ajar Siswa  pada uji coba 1 & 2 adalah 84,7 dan 84,2%, sedangkan persentase tingkat keterbacaan LKS pada uji coba 1 & 2 sebesar 90,3% dan 87,5%. Keterlaksanaan RPP selama pembelajaran (uji coba 1 & 2) dapat terlaksana dengan baik (81,25%-100%), serta kemampuan pengelolaan pembelajaran berkategori baik (3,69-3,81). Pada uji coba 1 dan 2 respon siswa terhadap pembelajaran positif (persentase siswa yang merasa tertarik dengan pembelajaran adalah 96% & 85,9%, dan siswa merasa baru terhadap komponen sikap ilmiah siswa yang diajarkan sebesar 87,5% & 86,1%). Aktivitas siswa yang dominan muncul baik pada uji coba 1 yaitu mengemukakan pendapat/ide kepada teman dengan persentase 24,1%, dan bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru atau teman (uji coba 2) sebesar 24,8%. Demikian juga dengan hasil pengamatan terhadap sikap ilmiah siswa mengalami peningkatan sesudah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran diskusi, baik pada uji coba 1 maupun uji coba 2 dari kategori sangat rendah (rentang skor 1,1-1,4) menjadi kategori tinggi dengan rentang skor 2,5-2,7. Kendala yang dihadapi selama pembelajaran adalah komponen sikap ilmiah yang diajarkan masih dirasakan baru oleh siswa sehingga pada saat melatihkan komponen tersebut terkesan lambat dan guru (peneliti) harus dengan sabar melatihkannya. Dari hasil uji coba 1 & 2 menunjukkan bahwa kualitas dan efektivitas perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran diskusi yang dikembangkan adalah baik, dan dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa.   Kata-kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Diskusi, dan SikapIilmiah Siswa.       Abstrak Bahasa Inggris This research is a developmental research, in which an elementary school learning device is developed. The learning device is discussion-oriented learning model which consists of lesson plan, text book, exercise book, and an instrument measuring students’ scientific attitude which refer to the development of 4-d model device. Generally speaking, this research intends to find out the quality and the effectiveness of the device developed also the students’ scientific attitude. The research subject is 10 fourth grader students of SDN No.3 Ketangga (the first experiment) and 27 fourth grader students of SDN No.2 Ketangga (the second experiment) subdistrict Suela, East Lombok, NTB. The research design used is One Group Pretest-Postest Design. The analysis result points out that the average percentage of students’ text book and exercise book difficulty rate (in first and second test) is 6,3% and 6,4%, the average percentage of students’ text book (in first and second test) is 7,3%. Exercise book legibility rate (in first and second test) is 84,7% and 84,2%, whereas the average percentage of reading text book (in first and second test) is 90,3% and 87,5%. The implementation of lesson plan can be carried out well (81,25%-100%), the learning management ability is categorized good (3,69-3,81), in first and second test students’ response toward learning process is positive (percentage of students feel interested in the learning process are 96% and 85,9%, and 87,5% & 86,1% students feel new toward the newly-introduced scientific attitude component), and the dominant students’ activity that is well-mannered brainstorming in first test is 24,1%, asking and answering from the teacher of friend (in second test) is 24,8%. Based on the observation, there is also improvement in students’ scientific attitude after the discussion-oriented learning model  in both the first and the second experiment from very low category (1,1-1,4) to high category (2,5-2,7). The obstacle during the learning process is the scientific attitude component that is still new to the students so that in introducing it, the process tends to be slow and the teacher (researcher) has to be patient.    From the result of the first and second experiment, it shows that the quality and effectiveness of discussion learning model-oriented learning device is well developed and able to improve the students’ scientific attitude.   Keywords: Learning Device Development, Discussion Learning Model, and Students Scientific Attitude  
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI INKUIRI PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN PKN DI SD POKOK BAHASAN HAK ASASI MANUSIA Herlina,
Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III MI Wahyu Sukartiningsih,
Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI PENDEKATAN CTL DI KELAS V SEKOLAH DASAR Arif Firmansyah,
Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI GENIUS LEARNING STRATEGY PADA POKOK BAHASAN PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR Yuli Hartati,
Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Bahasa Indonesia Genius Learning Strategy instruksi berorientasiadalah seperangkat pendekatan praktis dalam upaya meningkatkan hasil dan proses pengajaran dan berorientasi pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan set instruksi peralatan dan untuk mengetahui hasilbelajar siswa setelahmenerapkan Genius Learning Strategy instruksiberorientasi sebagai alternatif variasi instruksi. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test designdengan subyek 12 siswa dalam percobaan I dan20 siswa di sidangII dilaksanakan di SDN Wonokromo III Surabaya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil uji cobaI dan II sidang menunjukkanbahwa Genius Learningdikembangkan set instruksiStrategi berorientasi peralatan yang baik dan telah memenuhi kelayakan sebagai instruksi setperalatan pada pelajaran (ilmu alam) IPA di sekolah dasar kelas V di Sirkulasi Darahsubyek manusia ditinjau dari validitas set peralatan, tingkat kesulitan buku siswa, pembacaanbuku siswa, dankelayakan dari rencanainstruksi. Ditinjau dari peran mahasiswa aktif selama instruksi berlangsung, parasiswa belajar kelengkapanbaik secara individual maupun klasikal, dan minat siswa dan motivasi selama menghadiriinstruksi dapat disimpulkan bahwa Genius Learning Strategy instruksi berorientasidapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: GeniusLearning Strategy, Sirkulasi Darah Manusia   Abstrak Bahasa Inggris Genius Learning Strategy oriented instruction is a set of practical approaches in the effort to increase the outcome and process of instruction and is oriented on the student. The purpose of this research was to develop the instruction sets of equipment and to find out the learning outcome of student after applied the Genius Learning Strategy oriented instruction as an alternative of instruction variation. Research design used was the one group pre-test post-test design with subjects of 12 students in trial I and 20 students in trial II was implemented at SDN Wonokromo III Surabaya. Data analysis used the descriptive quantitative analysis. From the results of trial I and trial II indicated that the developed Genius Learning Strategy oriented instruction sets of equipment was good and have met the feasibility as the instruction sets of equipment on the IPA (natural sciences) lesson in the elementary school of grade V on the Human Blood Circulation subject matter reviewed from the validity of sets of equipment, the difficulty level of student book, the readability of student book, and the feasibility of instruction plan. Reviewed from the student active role during the instruction went on, the students learning completeness both individually and classically, and the student interest and motivation during attending the instruction could be concluded that the Genius Learning Strategy oriented instruction can increases the student learning outcome.   Key Words: Genius Learning Strategy, Human Blood Circulation  
URGENSI NILAI-NILAI EKONOMI ISLAM BAGI PESERTA DIDIK Moch. Khoirul Anwar,
Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA BERBANTUAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DI SEKOLAH DASAR Nuraini,
Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKn MODEL HOMESCHOOLING di SEKOLAH DASAR Nurul Aini,
Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 16