Abstrak
Bahasa Indonesia
Penelitian
ini termasuk penelitian pengembangan, karena dalam penelitian ini dikembangkan
perangkat pembelajaran Sains SD berorientasi model pembelajaran diskusi.
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, Buku Ajar Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, dan Instrumen Sikap
Ilmiah Siswa. Pengembangan perangkat tersebut mengacu pada pengembangan
perangkat model 4-D. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kualitas & efektivitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan,
serta sikap ilmiah siswa sesudah pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas IV
SDN No.3 Ketangga (uji coba 1), dan 27 orang siswa kelas IV di SDN No.2
Ketangga (uji coba 2) Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur-Nusa Tenggara
Barat. Rancangan uji coba yang digunakan untuk pengambilan data adalah One
Group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
persentase rata-rata tingkat kesulitan Buku Ajar Siswa pada uji coba 1 & 2
adalah 6,3% dan 6,4%, sedangkan persentase tingkat kesulitan LKS pada uji coba
1 dan 2 sebesar 7,3%. Persentase
rata-rata tingkat keterbacaan Buku Ajar Siswa
pada uji coba 1 & 2 adalah 84,7 dan 84,2%, sedangkan persentase
tingkat keterbacaan LKS pada uji coba 1 & 2 sebesar 90,3% dan 87,5%.
Keterlaksanaan RPP selama pembelajaran (uji coba 1 & 2) dapat terlaksana
dengan baik (81,25%-100%), serta kemampuan pengelolaan pembelajaran berkategori
baik (3,69-3,81). Pada uji coba 1 dan 2 respon siswa terhadap pembelajaran
positif (persentase siswa yang merasa tertarik dengan pembelajaran adalah 96%
& 85,9%, dan siswa merasa baru terhadap komponen sikap ilmiah siswa yang
diajarkan sebesar 87,5% & 86,1%). Aktivitas siswa yang dominan muncul baik
pada uji coba 1 yaitu mengemukakan pendapat/ide kepada teman dengan persentase
24,1%, dan bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru atau teman (uji coba 2)
sebesar 24,8%. Demikian juga dengan hasil pengamatan terhadap sikap ilmiah
siswa mengalami peningkatan sesudah diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran diskusi, baik pada uji coba 1 maupun uji coba 2 dari kategori
sangat rendah (rentang skor 1,1-1,4) menjadi kategori tinggi dengan rentang
skor 2,5-2,7. Kendala yang dihadapi selama pembelajaran adalah komponen sikap ilmiah yang diajarkan masih
dirasakan baru oleh siswa sehingga pada saat melatihkan komponen tersebut
terkesan lambat dan guru (peneliti) harus dengan sabar melatihkannya. Dari hasil uji coba
1 & 2 menunjukkan bahwa kualitas dan efektivitas perangkat pembelajaran
berorientasi model pembelajaran diskusi yang dikembangkan adalah baik, dan
dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa.
Kata-kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran
Diskusi, dan SikapIilmiah Siswa.
Abstrak Bahasa
Inggris
This research is
a developmental research, in which an elementary school learning device is
developed. The learning device is discussion-oriented learning model which
consists of lesson plan, text book, exercise book, and an instrument measuring
students scientific attitude which refer to the development of 4-d model device.
Generally speaking, this research intends to find out the quality and the
effectiveness of the device developed also the students scientific attitude.
The research subject is 10 fourth grader students of SDN No.3 Ketangga (the
first experiment) and 27 fourth grader students of SDN No.2 Ketangga (the
second experiment) subdistrict Suela, East Lombok, NTB. The research design
used is One Group Pretest-Postest Design. The analysis result points out that
the average percentage of students text book and exercise book difficulty rate
(in first and second test) is 6,3% and 6,4%, the average percentage of
students text book (in first and second test) is 7,3%. Exercise book
legibility rate (in first and second test) is 84,7% and 84,2%, whereas the
average percentage of reading text book (in first and second test) is 90,3% and
87,5%. The implementation of lesson plan can be carried out well (81,25%-100%),
the learning management ability is categorized good (3,69-3,81), in first and
second test students response toward learning process is positive (percentage
of students feel interested in the learning process are 96% and 85,9%, and
87,5% & 86,1% students feel new toward the newly-introduced scientific
attitude component), and the dominant students activity that is well-mannered
brainstorming in first test is 24,1%, asking and answering from the teacher of
friend (in second test) is 24,8%. Based on the observation, there is also
improvement in students scientific attitude after the discussion-oriented
learning model in both the first and the
second experiment from very low category (1,1-1,4) to high category (2,5-2,7).
The obstacle during the learning process is the scientific attitude component
that is still new to the students so that in introducing it, the process tends
to be slow and the teacher (researcher) has to be patient. From the result of the first and second
experiment, it shows that the quality and effectiveness of discussion learning
model-oriented learning device is well developed and able to improve the
students scientific attitude.
Keywords: Learning Device Development, Discussion Learning
Model, and Students Scientific Attitude