cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
OIKONOMIA - Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 296 Documents
PENGARUH KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP KESEJATERAAN PRODUSEN GULA KELAPA DI DESA LUWENGLOR KECAMATAN PITURUH Waras Sugiarti
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2013): OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.978 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: Ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan antara kemampuan berwirausaha dan tingkat pendapatan terhadap kesejahteraan produsen gula kelapa di Desa Luwenglor Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Populasi penelitian 100 produsen, penentuan sampel berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, sampel 78 produsen dengan random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif diketahui kemampuan berwirausaha termasuk kategori tinggi (60%), tingkat pendapatan kategori rendah (96%) dan kesejahteraan produsen kategori kurang (46%). Hasil analisis kuantitatif diketahui korelasi antara kemampuan berwirausaha dengan kesejateraan produsen (r) 0,348, t = 3,219 dengan sig = 0,002, korelasi tingkat pendapatan dengan kesejateraan produsen (r) 0,343, t = 3,219 dengan sig = 0,002. Koefisien (R) 0,431, F = 8,572 dengan sig 0,000 dan R2 = 0,186. Sehingga 18,6% kesejahteraan produsen dipengaruhi oleh kemampuan berwirausaha dan tingkat pendapatan, sedangkan sisanya 81,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Hipotesis yang berbunyi kemampuan berwirausaha dan tingkat pendapatan mempunyai pengaruh positif dan signifikan secara bersama- sama terhadap kesejahteraan produsen gula kelapa di Desa Luwenglor dapat diterima. Kata Kunci: Kewirausahaan, Gula Kelapa
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWASMP NEGERI 10 PURWOREJO Sari Mulyaningsih
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2013): OIKONOMIA - Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.737 KB)

Abstract

Penelitianini bertujuan (1) untuk mengetahui adatidaknya pengaruhyang positifdansignifikanantaraperhatian orang tuaterhadapprestasibelajarsiswakelas VIII SMP Negeri 10 PurworejoTahunAjaran 2012/2013, (2) untuk mengetahui adatidaknya pengaruh yang positifdansignifikanantarakinerja guru terhadapprestasibelajarsiswakelas VIII SMP Negeri 10 PurworejoTahunAjaran 2012/2013, (3) untuk mengetahuiada tidaknyapengaruh yang positifdansignifikansecarabersama-samaantaraperhatian orang tuadankinerja guru terhadapprestasibelajarsiswakelas VIII SMP Negeri 10 PurworejoTahunAjaran 2012/2013.Populasidalampenelitianiniadalahsemuasiswakelas VIII SMP Negeri 10 PurworejoTahunAjaran2012/2013 yang berjumlah 248 siswa.Sampel penelitian ini berjumlah 142 siswa, ditentukan berdasarkantabel Isaac and Michael dengan taraf kesalahan 5%.Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkan bahwaperhatian orang tuaberadapadakategoricukupyaitu 34%, kinerja guru padakategoribaikyaitu 38%, danprestasibelajarsiswapadakategoricukupyaitu 44%. Dari hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa(1) variabel perhatian orang tua memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa thitung 5,182;sig0,000< 0,05 dan besar pengaruh sebesar 16,20%. (2) variabel kinerja guru memberikan pengaruh yang positifdansignifikanterhadapprestasibelajarsiswa thitung 5,489;sig0,000< 0,05danbesarpengaruh sebesar17,80%. (3) variabel perhatian orang tua dan kinerja guru secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positifdansignifikanterhadapprestasibelajarsiswa Fhitung 34,994;sig0,000< 0,05 dan besar pengaruh sebesar 33,50%.   Kata-kata kunci :perhatian orang tua, kinerja guru, prestasibelajarsiswa
PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA TERHADAP BAGIAN SELISIH HASIL USAHA ANGGOTA KPRI TEGAP PITURUH Anwar Iswahyudi
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2013): OIKONOMIA - Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.69 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh partisipasi anggota terhadap Bagian Selisih Hasil Usaha Anggota KPRI Tegap Pituruh, 2) Mengetahui berapa besarnya pengaruh partisipasi anggota terhadap Bagian Selisih Hasil Usaha Anggota KPRI Tegap Pituruh.Populasi dalam penelitian ini sebesar 381 dengan menggunakan tabel Krecjie maka sampel yang diambil sebanyak 182 dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis kuantitatif, maka partisipasi anggota berpengaruh positif dan signifikan terhadap Bagian Selisih Hasil Usaha Anggota KPRI Tegap Pituruh. Besarnya pengaruhpartisipasi anggota terhadap Bagian Selisih Hasil Usaha Anggota KPRI Tegap Pituruh sebesar R Square yaitu 50.4%. Kata kunci: koperasi, bagi hasil
PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP RENTABILITAS KUD SEDYO TOMO KLIRONG KEBUMEN Hendry Dwi Widyasmoro
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2013): OIKONOMIA - Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.976 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh perputaran kas, piutang dan persediaan terhadap rentabilitas KUD Sedyo Tomo Klirong Kebumen, (2) pengaruh perputaran kas terhadap rentabilitas KUD Sedyo Tomo Klirong Kebumen, (3) pengaruh perputaran piutang terhadap rentabilitas KUD Sedyo Tomo Klirong Kebumen, (4) pengaruh perputaran persediaan terhadap rentabilitas KUD Sedyo Tomo Klirong Kebumen, (5) besarnya kontribusi pengaruh modal kerja terhadap rentabilitas KUD Sedyo Tomo Kliromg Kebumen, dan (6) elemen modal kerja yang dominan mempengaruhi rentabilitas KUD Sedyo Tomo Klirong Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua laporan keuangan KUD Sedyo Tomo Klirong Kebumen, sedangkan sampel diambil dengan teknik cluster sampling yaitu laporan keuangan periode tahun 2007 s/d 2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan rumus keuangan dan analisis kuantitatif (regresi linear berganda). Berdasarkan hasil analisis kuantitatif maka hasil pengujian hipotesis 1, 2, 3 dan 4 dapat diambil kesimpulan bahwa perputaran kas, piutang dan persediaan baik secara bersamaan maupun secara individual berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas KUD Sedyo Tomo Klirong Kebumen (Sig < 0,05). Secara individual perputaran kas dan piutang berpengaruh positif terhadap rentabilitas, sedangkan perputaran persediaan berpengaruh negatif terhadap rentabilitas. Dari hasil pengujian hipotesis kelima dan keenam ini dapat diketahui besarnya pengaruh perputaran kas, piutang dan persediaan terhadap rentabilitas yaitu sebesar 100%. Dilihat dari koefisien regresinya terlihat bahwa perputaran piutang memberikan kontribusi terbesar pengaruhnya terhadap rentabilitas dibandingkan perputaran  kas dan perputaran persediaan, karena koefisien regresi untuk perputaran piutang paling tinggi dibandingkan dengan koefisien regresi perputaran kas dan perputaran persediaan.   Kata Kunci : Rentabilitas, Perputaran Kas, Piutang, Persediaan
PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT COLUMBINDO PERDANA CABANG PURWOREJO - Sukarani
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2013): OIKONOMIA - Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.534 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh motivasi dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan PT Columbindo Perdana Cabang Purworejo (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Columbindo Perdana Cabang Purworejo, dan (3) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT Columbindo Perdana Cabang Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Columbindo Perdana Cabang Purworejo yang berjumlah 34 orang, penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket/metode kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan taraf signifikan ≤ 0,05. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukan bahwa variabel motivasi kerja secara positif mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 34,90% dengan rx1y sebesar 0,591 sig = 0,000 ≤ 0,05. Variabel disiplin kerja secara positif mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 16,10% dengan rx2y sebesar 0,401 sig = 0,021 ≤ 0,05. Hasil analisis regresi linear berganda, diperoleh koefisien regresi (R) sebesar 0,814 (F = 30,448, sig 0,000 ≤ 0,05) dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,663. Besarnya sumbangan motivasi dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan sebesar 66,30% dan 33,70% dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresi Y = 7,682+ 0,168X₁ + 0,174X₂ dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima.   Kata kunci : Motivasi kerja, Disiplin kerja, Kinerja karyawan
KORELASI ANTARA SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN, MOTIVASI BELAJAR DAN KONTINUITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DI SMA MUHAMMADIYAH PURWOREJO Nurul Lailatul Khasanah
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2013): OIKONOMIA - Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.056 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya  hubungan antara sikap terhadap mata pelajaran dengan prestasi belajar akuntansi , (2) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar akuntansi  (3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kontinuitas belajar dengan prestasi belajar akuntansi (4) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara sikap terhadap mata pelajaran, motivasi dan kontinuitas belajar secara bersama - sama dengan prestasi belajar akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah 80 siswa, dengan taraf kesalahan 5% maka sampel yang diambil 65 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Untuk mengetahui instrumen penelitian digunakan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa sikap terhadap mata pelajaran akuntansi berada pada kategori kurang sebesar 76,92 %, motivasi belajar siswa pada kategori tinggi sebesar 58,46 %, kontinuitas belajar pada kategori tinggi sebesar 63,08 % dan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi 93,62 % pada kategori baik . Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel sikap terhadap mata pelajaran secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar sebesar 25,60 % (R = 0,506 ; sig. <0,000 dan R2 = 0,256). Variabel motivasi belajar secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar sebesar 24,50 % (R = 0,495 ; sig. <0,000 dan R2 = 0,245). Variabel kontinuitas belajar secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar sebesar 33,40 % (R = 0,578 ; sig. <0,000 dan R2 = 0,334). Kata kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
PENGARUH CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII JURUSAN PEMASARAN PADA MATA DIKLAT MELAKSANAKAN PROSES ADMINISTRASI TRANSAKSI DI SMK TAMAN SISWA SUMPIUH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Yuli Hidayati
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2013): OIKONOMIA - Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.917 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas XII jurusan pemasaran pada mata diklat melaksanakan proses administrasi transaksi Di SMK TAMAN SISWA SUMPIUH. Metode pengumpulan data menggunakan angket, analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis deskriptif cara belajar termasuk dalam kategori baik sebesar 43,75%, prestasi belajar termasuk dalam kategori kompeten sebesar 59,37% dan hasil analisis kuantitatif menunjukan bahwa Ada pengaruh positif dan signifikan cara belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas XII jurusan pemasaran pada mata diklat melaksanakan proses administrasi transaksi dengan nilai r sebesar 0,569 dan sig 0,001< 0,05. Kata Kunci  : Cara Belajar, Prestasi Belajar
PENGARUH PENGGUNAAN BUKU LKS DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG Agus Suratno
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2013): OIKONOMIA - Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.143 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh penggunaan buku LKS dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gombong Tahun 2012? 2) Berapa besar pengaruh penggunaan buku LKS dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gombong tahun 2012? Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh penggunaan buku LKS dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gombong tahun 2012. 2) Buku LKS memberikan sumbangan yang berarti terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gombong tahun 2012. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 300 anggota, berdasarkan tabel Isaac dan Michael penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5% maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 161 anggota. Berdasarkan uji validitas variabel penggunaan LKS dalam pembelajaran terdapat 10 butir soal yang valid dan tidak ada soal yang gugur. Berdasarkan uji realibilitas variabel penggunaan LKS dalam pembelajaran IPS mempunyai nilai alpha 0,845. Ini berarti variable Penggunaan LKS dalam pembelajaran IPS dinyatakan andal dan dapat dipercaya, karena memiliki koefisien Alpha >0,7. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Sedangkan metode analisis data untuk mengetahui variabel bebas terhadap variabel terikat adalah dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif regresi dengan rumus sederhana. Semua perhitungan analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan LKS dalam pembelajaran IPS tergolong cukup karena frekuensi terbanyak terdapat pada skor 26-33 sebesar 76% dan variabel prestasi belajar siswa berada pada kategori kurang frekuensi terbanyak terdapat pada skor 75 sebesar 75%. Hasil analisis diperoleh harga koefisien sebesar 0,158 dengan sig ≤ 0,045 (0,000) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan 1) Ada pengaruh penggunaan buku LKS dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gombong  tahun 2012 diterima. Buku LKS memberikan sumbangan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gombong tahun 2012 sebesar 25%.   Kata kunci : Penggunaan LKS dalam pembelajaran IPS, prestasi belajar
PENGARUH SUMBER BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 8 PURWOREJO Fitria Rahmah Wati
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2013): OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.131 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara sumber belajar, kemandirian belajar dan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 8 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013, (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara sumber belajar, kemandirian belajar dan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 8 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 199 siswa, dengan menggunakan tabel Isac and Michael dengan taraf kesalahan 5% maka didapat sampel sebanyak 127 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sumber belajar berada pada kategori kurang yaitu 38,58%, kemandirian belajar pada kategori cukup yaitu 58,27%, strategi pembelajaran pada kategori cukup yaitu 57,48%, dan hasil belajar ekonomi siswa pada kategori cukup yaitu 66,14%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) sumber belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa thitung 4,445; sig.0,000<0,05 dan besar pengaruh sebesar 13,80%, (2) kemandirian belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa thitung 2,884; sig.0,005<0,05 dan besar pengaruh sebesar 6,30%, (3) strategi pembelajaran memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa thitung 2,394; sig.0,018<0,05 dan besar pengaruh 4,40%, (4) sumber belajar, kemandirian belajar dan strategi pembelajaran secara simultan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa, Fhitung= 26,500; sig.0,000<0,05 dan besar pengaruh sebesar 39,30% dan sisanya 60,70% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y= 13,642 + 0,382X1 + 0,215X2 + 0,169X3. Kata Kunci: Sumber Belajar, Kemandirian, Strategi Pembelajaran
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MINIMARKET INDOMARET LEKSANA TAHUN 2012 Lina Nurhalimah
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2013): OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.954 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Minimarket Indomaret Leksana tahun 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah 97 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner ( angket ). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif ( frekuensi ) dan analisis kuantitatif (regresi linear berganda). Secara simultan dengan menggunakan uji F, kualitas pelayanan dan kualitas produk bersama-sama memengaruhi kepuasan konsumen pada tingkat kepercayaan 95% . Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas dari uji F sebesar 0,000 yang lebih kecil nilainya dari taraf uji (α) yang digunakan yaitu 0,05. Nilai koefisien determinasi yang disesuaikan (adjusted R2) sebesar 0,150 menunjukkan bahwa sekitar 15% dari variasi kepuasan konsumen dapat diterangkan oleh kualitas pelayanan dan kualitas produk, sedangkan sisanya diterangkan oleh variabel-variabel lain di luar model. Kata Kunci : Pelayanan, Produk, Kepuasan Konsumen

Page 1 of 30 | Total Record : 296