cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 369 Documents
Aplikasi Android Untuk Materi Gerak Dasar Seni Beladiri Pencak Silat Tuti Fridianty
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar gerakan pencak silat dasar pencak silat berbasis aplikasi multimedia, mengeksplorasi keefektifan penggunaan bahan ajar pencak silat berbasis aplikasi multimedia pencak silat di MTS Negeri 1 Dumai. Penelitian ini dilakukan dilakukan pada Periode pengambilan data dari tanggal 3 Februari 2023 sampai dengan 15 April 2023. Penelitian ini melibatkan 10 siswa dalam uji coba skala kecil dan 32 siswa dalam uji coba skala besar. Penelitian ini menggunakan delapan fase Research and Development (R&D) atau model pengembangan yaitu (1) Opportunities and Problems. (2) Pengumpulan data. (3) Desain Produk. (4) Penilaian desain. (5) tinjauan desain (6) pengujian produk; (7) Ulasan produk. (8) Pengujian kegunaan. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumen, teks, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, alat bantu pembelajaran berbasis android dapat digunakan dengan sangat baik untuk mendukung pembelajaran Pencak Silat. Hasil ini dikonfirmasi oleh 91,11% ahli hardware, 95% ahli komunikasi, 85,85% siswa respon tes kecil, 92,32% siswa respon tes mayor, dan 88% respon guru. Dari hasil tersebut dapat direkomendasikan bahwa untuk mengembangkan materi pembelajaran pencak silat dengan menggunakan animasi untuk siswa MTS.
Peran Guru Ppkn Dalam Menanamkan Nilai-nilai Anti Korupsi Pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Wahyu Pradya Rizki; Bambang Sumardjoko
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai anti korupsi pada peserta didik di SMA Negeri 3 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain diskriptif. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 3 Wonogiri dengan informan kepala sekolah, guru PPKn, peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data yang digunakan oleh peneliti adalah data primer dan data sekunder. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Sedangkan teknis analisis data menggunakan model alir yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan adanya peran guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai anti korupsi pada peserta didik antara lain: (1) guru sebagai inspirator atau keteladanan, dalam menanamkan nilai-nilai anti korupsi guru harus terlebih dahulu membentuk kepribadian yang luhur dalam dirinya dirinya untuk dijadikan teladan siswa dalam setiap perbuatan, (2) guru sebagai motivator, peran guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi dengan memberikan motivasi dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu guru menggunakan kegiatan apersepsi untuk merangsang siswa agar memiliki karakter yang baik sehingga tertanam nilai-nilai anti korupsi dalam dirinya (3) guru sebagai perencana pembelajaran, guru menyisipkan nilai-nilai anti korupsi kedalam kompetensi dasar tententu dalam hal ini guru menyisipkan nilai-nilai anti korupsi pada materi sistem hukum dan peradilan nasional, selain itu guru juga merencanakan pembelajaran agar proses pembelajaran sesuai dengen tujuan, (4) guru sebagai mediator, maksudnya guru memilih media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran dan juga penaman nilai-nilai anti korupsi pada peserta didik.  
Dinas Pendidikan Pendukung Utama Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Atletik Di Kabupaten Cirebon Rahmad Khodari; Erin Sofianti
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah pembinaan prestasi, atlet, pelatih, sarana dan prsarana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang pembinaan prestasi cabang oalahrag atletik di Kabupaten Cirebon. Manfaat hasil penelitian ini untuk memberi informasi kepada pelatih, atlet, serta institusi terkait khususnya penggemar lari di Kabupaten Cirebon agar dapat mendukung dan mensuport program pembinaan yang telah ditetapkan. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif dengan teknik survei. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang diambil 9 atlet, 3 pelatih, dan 3 pengurus. Analisis data melalui bertahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pembinaan yang dilakukan oleh kabupaten Cirebon sudah baik hal ini dibuktikan adanya  kalender kejuaran yang sudah terprogram setiap tahun, pelatih sudah berlisensi, terdapat program latihan, susunan organisasi yang tersetruktur dengan baik serta sarana dan prasarana yang dapat membantu atlet berprestasi secara maksimal, sarana dan prasarana sudah memadai walaupun masih perlu penambahan, manajemen sangat mensuport serta lingkungan yang sangat mendukung adanya pembinaan ini. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar kerjasama dengan dinas pendidiikan dan pihak terkait lebih dipererat untuk mensuport perkembangan atletik di Kabupaten Cirebon.
Pengaruh Error Analysis Draw Game Terhadap Penguasaan Tenses Siswa Di Era Merdeka Belajar Candraning Prihatini; Gali Alrajafi; Dyah Sih Pratiwi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa merupakan salah satu media untuk berkomunikasi. Orang tidak dapat berkomunikasi satu sama lain dan mengekspresikan ide-ide mereka tanpa bahasa. Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional. Jadi penting bagi kita untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris kita harus menguasai tenses karena dengan menggunakan tenses yang tepat kita dapat membuat kalimat yang baik sehingga kita dapat berkomunikasi satu sama lain dengan lancar. Dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya tenses, guru membutuhkan media, teknik dan strategi yang baik karena memiliki pengaruh yang besar untuk membuat siswa lebih semangat dan termotivasi untuk mempelajari tenses. Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pada penggunaan permainan yaitu Error Analysis Draw Game. Itu bisa meningkatkan dan meningkatkan penguasaan tenses siswa dalam belajar bahasa Inggris. Setelah menganalisis data, penulis menemukan hasil rasio adalah 4,73 dan ttabel adalah 2,00 untuk taraf signifikan 5% (α=0,05) dan 2,66 untuk taraf signifikan 1% (α=0,01). Artinya tratio > ttabel, sehingga tratio lebih tinggi dari ttabel. Penulis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan Error Analysis Draw Game terhadap penguasaan tenses siswa
Strategy of the School’s Principal in Improving Teacher’s Performance for Curriculum Independence Deby Melina; Nur Ahyani; Rohana Rohana
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The goal of this study was to identify and evaluate the supporting and impeding elements in the implementation of the principal’s strategy to enhance teacher teaching performance utilizing the autonomous curriculum at SMK Aisyiyah Palembang. This study uses descriptive qualitative research to obtain trustworthy information regarding the procedures used in data collection using observation, interviews, and documentation. The administrators and instructors at SMK Aisyiyah Palembang served as the study’s informants. According to the study’s findings, the principal has tried to enhance teachers’ abilities to teach utilizing the autonomous curriculum, specifically through education and training. implementation of a private curriculum for teachers and school administrators. Mentoring programs and independent curriculum training were also implemented in addition to the aforementioned technique. In this study, there were additional challenges like the creation of ATP, Teaching Modules, and the somewhat complex methods or media that needed to be used, as well as a lack of infrastructure to support them in the form of learning media, student handbooks, teacher handbooks, and assessments on the independent curriculum. beginning with formative and summative evaluations.
Kuasai Literasi Menulis Melalui Inovasi Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar Zohri Hamdani; Ahmad Syafiq; Figo Caesarone
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan referensi strategi pengajaran literasi menulis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. Berdasarkan data analisis, terdapat perbedaan yang signifikan melalui penerapan metode pembacaan dan komposisi terpadu. Peneliti menarik beberapa kesimpulan bahwa terbukti pada kelas eksperimen terdapat perbedaan skor yang signifikan. Kelas eksperimen memiliki berbagai macam skor yang menunjukkan peningkatan dari perlakuan. Peneliti menyadarkan responden bahwa menulis tidak begitu sulit untuk dikuasai dengan menggunakan teknik ini. Setelah peneliti memberikan perlakuan, peneliti memberikan post test dan mendapat skor tertinggi 80 dan skor terendah adalah 60 yang mana memiliki rata-rata 70,36. Dari data tersebut terlihat bahwa mereka memiliki dorongan dalam menulis, dari 63 menjadi 70,36. Dapat disimpulkan bahwa metode ini memberikan efek yang sangat baik dan pasti mempengaruhi kemampuan responden dalam menguasai keterampilan menulis di era normal baru.
Strategi Jitu Kuasai Grammar Melalui Inovasi Aplikasi Kekinian English Grammar Ultimate Di Era Merdeka Belajar Sekar Yolanda Azza; Gali Alrajafi; Firman Hadi Sanjaya
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Grammar adalah kombinasi dari setiap elemen dalam bahasa yang harus diatur untuk menghasilkan kalimat yang baik, sehingga makna kalimat tersebut dapat dipahami oleh orang lain. Oleh karena itu, dalam mengembangkan kemampuan berbahasa, penguasaan tata bahasa sangatlah penting, sebagai pengetahuan dasar bahasa yang harus kita pelajari. Dengan mengetahui tata bahasa kita tahu bagaimana kalimat itu disusun dengan benar. Tata bahasa mengasumsikan peran logisnya sebagai salah satu dari beberapa batu fondasi yang mendukung komunikasi. Selain itu, gagasan bahwa bagian terpenting dari bahasa adalah tata bahasanya dan bahwa pembelajaran bahasa adalah akumulasi aturan tata bahasa yang dikuasai. Sayangnya penguasaan grammar masih dirasa sangat berat bagi sebagian besar orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan referensi pengajaran grammar berbasis teknologi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan times series design. Hasil Penelitian menunjukan adanya pengaruh positive terhadap penggunaan aplikasi English ultimate terhadap penguasaan grammar.
Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Kontekstual di Perguruan Tinggi Abdul Rahim Saidek
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 3 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan materi ajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Kontekstual pada perguruan tinggi untuk pegangan dosen dan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam An Nadwah Kuala Tungkal. Model Pengembangan yang digunakan adalah pengembangan model desain Dick dan Carry. Model ini terdiri atas 10 (sepuluh) langkah, yakni (a) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, (b) melakukan analisis pembelajaran, (c) mengidentifikasi karakteristik kemampuan awal, (d) merumuskan tujuan khusus pembelajaran, (e) mengembangkan tes acuan patokan, (f) mengembangkan strategi pembelajaran, (g) pegembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (h) merancang dan mengadakan evaluasi formatif, (i) merevisi pem-belajaran, dan (j) melaksanakan evaluasi sumatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi, khususnya pada perkuliahan di STAI An Nadwah Tungkal.
Hubungan Kekuatan Genggaman Terhadap Ketepatan Servis Mario Febrian; Indri Wulandari
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Olahraga  tenis merupakan olahraga yang dapat dilakukan di lapangan terbuka maupun di lapangan tertutup yang menimbulkan kegembiraan bagi pelakunya. Dalam perkembangannya olahraga tenis tidak hanya untuk dapat meningkatkan kesehatan tetapi dapat juga untuk mencapai prestasi yang optimal. Untuk melahirkan atlet  berprestasi, bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah, tetapi memerlukan perencanaan yang matang, serta pembinaan yang berjenjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya hubungan kekuatan genggaman dengan ketepatan service. Penelitian ini dilaksanakan terhadap atlet tenis klub PTL Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, yang dalam pengambilan sampelnya menggunakan metode sampling jenuh (sensus). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes Instrumen ketepatan service, Hand Grip Dynamometer untuk tes Instrumen kekuatan genggaman. Hasil dari penelitian yaitu Terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan genggaman dengan ketepatan service dengan rx1y= 0.972 dan kontribusi kekuatan genggaman terhadap ketepatan service sebesar 94.2%. Rekomendasi latihan yang cocok untuk peningkatan hasil servis dengan metode drill yang dilakukan secara berpasangan
Pengaruh Metode Induktif Dan Metode Deduktif Terhadap Kemampuan Motorik Siswa Yogi Arnaldo Putra; Mardepi Saputra; Muhammad Fakhrur Rozi; Niko Zulni Pratama
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan, kemampuan motorik siswa MIN Lubuk Buaya Padang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh metode induktif dan deduktif terhadap kemampuan motorik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test. Populasi penelitian terdiri dari 256 siswa, sedangkan sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan hasil 40 siswa laki-laki sebagai sampel. Pengukuran kemampuan motorik dilakukan dengan menggunakan Scott Motor Ability yang terdiri dari lemparan bola basket, 4 detik. dash, wall pass, dan broad jump.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode induktif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan motorik siswa dengan thitung = 17,64 > ttabel = 1,73, (2) metode deduktif juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan motorik siswa dengan thitung = 11,57 > ttabel = 1,73, (3) keefektifan metode induktif lebih tinggi dari metode deduktif terhadap kemampuan motorik siswa dengan thitung = 8,23 > ttabel = 1,73. Oleh karena itu disarankan kepada guru olahraga untuk menggunakan metode induktif karena metode ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan motorik siswa MIN Lubuk Buaya Padang. Metode deduktif dan induktif sangat cocok pada pembelajaran siswa sehingga guru dapat menerapkannya pada lingkungan wilayah budaya sumatera.

Page 1 of 37 | Total Record : 369


Filter by Year

2013 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 2 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 3 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 20, No 1 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 19, No 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 19, No 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 19, No 1 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 16, No 3 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 16, No 2 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 16, No 1 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 2 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 13, No 3 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 13, No 2 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 13, No 1 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 2 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 11, No 3 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 11, No 2 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan More Issue