cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 382 Documents
MODIFIKASI PERMAINAN BOLA TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING DALAM PEMBELAJARAN BOLA TANGAN MAHASISWA Bambang Hermansah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 1 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v16i1.1924

Abstract

AbstrakDalam proses belajar mengajar, teknik dasar permainan bola tangan yang harus disampaikan, salah satunya adalah passing. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, desain penelitian one grup pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa semester IV TA. 2017/2018. Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sebanyak 30 mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan judgement expert, yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar passing bola tangan. Hasil penghitungan statistik dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan modifikasi permainan bola tangan terhadap hasil belajar passing bola tangan dalam pembelajaran bola tangan mahasiswa, dengan dibuktikan dari nilai thitung > ttabel atau 4,79 > 2,59. Dengan taraf signifikan 0,05 dan besar pengaruh 13,19%. Kata Kunci : Modifikasi Permainan, Hasil Belajar, Passing Bola Tangan. HAND BALL MODIFICATION TOWARD PASSING ACHIEVEMENT IN STUDENTS HAND BALL LEARNING ACHIEVEMENT Abstract     In the process of learning to teach, basic techniques of handball game that must be delivered, one of which is passing. This research is using descriptive quantitative method and one group pre test-post test as the research design. The population of this study is the fourth semester students of TA. 2017/2018. In this research, cluster random sampling is a method that is used to take the sample that involve 30 college students. The instrumen of this reasearch is using judgement expert aims to know the final result of hand ball passing learning. The conclusion of the statistic calculation using the value of tcount 4,79 > ttable 2,59 is that there is an influence there is a significance of the modification game to the result of hand ball passing learning in hand ball students, with the significance level of 5% and by number increase of 13,19%. Keywords : Modification Game, Learning Result, Hand Ball Passing
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS II SD DI KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS Febriyanti Utami
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 1 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v13i1.280

Abstract

Abstrak         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas II SD. Metode kooperatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara multistage sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA dua jalan. Hasil penelitian yang didapat adalah: 1) hasil belajar IPS pada kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, 2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran kooperatif tipe kooperatif dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPS, 3) Hasil belajar IPS pada kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independent yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, 4) Hasil belajar IPS pada kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih rendah dibandingkan kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe STAD.  Kata Kunci: Kooperatif, Gaya Kognitif dan Hasil Belajar IPS
PENULISAN KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN STRATEGI HERRINGBONE DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA Diana Nuzulia Armariena; Liza Murniviyanti
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2286

Abstract

Abstrak          Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan strategi herringbone  dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester IIIa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS dan dianalisis dengan uji-T dan anova. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terhadap penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa penggunaan strategi herringbone dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi mahasiswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji anova yang menunjukkan Fhitung adalah sebesar 12,34, sedangkan Ftabel untuk taraf 5% adalah sebesar 3,26 dan untuk taraf 1% adalah sebesar 5,25. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi herringbone dan kemampuan berpikir memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi mahasiswa. Kata Kunci: Strategi Herringbone, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Menulis Karangan Argumentasi WRITING ARGUMENTATION REQUIREMENTS WITH HERRINGBONE STRATEGIES AND STUDENT CRITICAL SKILLS Abstract          This study aims to determine the effect of the use of herringbone strategies and the ability to think critically about the ability to write arguments. The samples in this study were Semester IIIa Indonesian Language and Literature Education Study Program. The data analysis technique in this study used the SPSS program and was analyzed by T-test and ANOVA. Based on the results of hypothesis testing on the research that has been conducted, it is known that the use of herringbone strategies and students' critical thinking abilities together have a positive influence on the ability to write essays on student arguments. This is evidenced from the results of the ANOVA test which shows Fcount is 12.34, while Ftable for the level of 5% is 3.26 and for the level of 1% is 5.25. Thus, it can be concluded that herringbone strategy and thinking ability have an influence on the ability to write essays on student arguments. Keywords: Herringbone Strategy, Critical Thinking Ability, and Writing Argument Essay 
MENINGKATKAN KOSAKATA PENGUASAAN SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG MELALUI FILM TERJEMAHAN Wahid Ibrahim
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i2.641

Abstract

AbstrakPengajaran dan pembelajaran kosakata merupakan tantangan yang konstan untuk guru maupun siswa karena secara historis telah fokus minimal pada instruksi kosakata. Oleh karena itu, penekanan meningkat pada pengembangan kosakata sangat penting untuk pelajar bahasa Inggris dalam proses pembelajaran bahasa. Masalah dalam penelitian ini apakah penggunaan film subjudul meningkatkan prestasi kosakata siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan subtitle movie mampu (1) meningkatkan pencapaian vocabulary siswa; dan (2) perbedaan pencapaian kosa kata siswa kelas X antara yang diajarkan dengan menggunakan subtitle movie dan yang tidak. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan 20 pertemuan termasuk pretest dan post-tes. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan dalam penguasaan kosakata siswa kelas X  setelah mereka diajarkan menggunakan subtitle movie, (2) menggunakan subtitle moviesebagai media dapat meningkatkan penguasaan kosakata, (3) menggunakan subtitle movie atau media audio visual untuk mengajar bahasa Inggris membuat para siswa lebih merasa senang dalam kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci: Kosakata dan Subjudul Film
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN SISWA SMP NEGERI 30 PALEMBANG Nurmali Nasriah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 30 Palembang dalam mengidentifikasi unsur-unsur puisi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 30 Palembang dalam mengidentifikasi unsur-unsur puisi. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus. Subjek penelitian siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 30 Palembang. Data dianalisis, kemudian ditindaklanjuti. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I, hasilnya masih belum memuaskan, nilai rata-rata kelas mencapai 67, ketuntasan belajar baru mencapai 48,6%, nilai rata-rata kelas mencapai 79, dengan ketuntasan belajar 77,1%. Pada tindakan siklus III, hasil yang diperoleh sangat baik, terbukti dari nilai rata-rata kelas mencapai 87, ketuntasan belajar mencapai 97%. Hipotesis yang dikemukakan “Jika strategi pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur puisi dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan, kemampuan siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 30 Palembang mengidentifikasi unsur-unsur puisi akan meningkat”dan dapat diterima kebenarannya
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KECEPATAN TERHADAP KAPABILITAS KONEKSI MATEMATIS SISWA Nuriana R. Dewi; Mulyono Mulyono; Miftah Fathur Rahmi P
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4389

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan pembelajaran PACE terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas X. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di salah satu Sekolah Menengah Atas di Banyumas tahun pelajaran 2018/2019. Kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 8 sebagai kelas kontrol dipilih secara acak kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis tes kemampuan koneksi matematis menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji t, uji proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji kesamaan dua proporsi. Hasil dari dari penelitian ini adalah pembelajaran PACE efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas X. 
HUBUNGAN ANTARA BERAT BADAN DAN TINGGI BADAN DENGAN KECEPATAN RENANG GAYA CRAWL 50 METER PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI OLAHRAGA Farizal Imansyah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 2 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1238

Abstract

AbstrakTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada hubungan antara berat badan dan tinggi badan terhadap kecepatan renang gaya crawl 50 meter pada mahasiswa Program studi pendidikan olahraga. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode korelasi dan pendekatan yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Sampel penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan olahraga semester V yang berjumlah 40 orang. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Fhitung > Ftabel atau 5,68 > 3,25 maka tolak Ho dan terima Ha artinya terdapat hubungan yang signifikan antara berat badan dan tinggi badan terhadap kecepatan renang gaya crawl 50 meter pada mahasiswa program studi Pendidikan Olahraga Universitas PGRI Palembang. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara berat badan, dan tinggi badan bersama-sama mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap kecepatan Renang Gaya Bebas pada mahasiswa POR Universitas PGRI Palembang.  Abstract            Purpose of this study was to determine Is there a relationship between weight and height to the speed of swimming style crawl 50 meters in Program students study physical education. The research method used, ie the correlation method and approach used is observation, interview and test. Samples of this research that sports education students in fifth semester totaling 40 people. Data were analyzed using product moment correlation formula, which is useful to test the truth of the hypothesis that has been formulated, hypotheses accepted or rejected depending on the results of the data obtained. The results showed that Fhitung> Ftabel or 5.68> 3.25, then reject Ho and accept Ha means that there is a significant relationship between weight and height to crawl style swimming speed of 50 meters at maahsiswa University Sports Education courses PGRI Palembang. Then it can be concluded that there is a relationship between Weight and Height together have a significant contribution to the speed of the student Freestyle Swimming POR Palembang.dan PGRI University researchers gave suggestions to Coach and swimmers need to realize that weight and height is one factor supporting the crawl style swimming speed
PELAYANAN KONSELING UNTUK ANAK USIA DINI M. Ferdiansyah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 2 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i2.88

Abstract

Abstrak            Dewasa ini profesi bimbingan dan konseling semakin berkembang, hal ini dilandasi niat para petugas bimbingan dan konseling untuk membantu individu atau kelompok dalam mencegah permasalahan yang muncul serta diharapkan mengembangkan segenap potensi individu. Profesi bimbingan dan konseling menjadi kegiatan yang mampu melayani berbagai bidang pelayanan di masyarakat, tidak terlepas pada anak usia dini pun menjadi sasaran dalam pelayanan. Anak usia dini memiliki karakteristik yang berbeda dengan orang dewasa, karena anak tumbuh dan berkembang dengan banyak cara dan berbeda. Anak usia dini memiliki karakter sebagai berikut 1) memiliki rasa ingin tahu yang besar, 2) merupakan pribadi yang unik, 3) suka berfantasi dan berimajinasi, 4) masa potensial untuk belajar, 5) memiliki sikap egosentris, 6)memiliki rentan daya konsentrasi yang pendek, 7) merupakan bagian dari mahluk sosial. Merujuk pada karakteristik tersebut maka pelayanan bimbingan dan konseling untuk anak usia dini merupakan kegiatan yang sangat penting dalam mencegah munculnya permasalahan peserta didik di masa depannya. Kata Kunci : Pelayanan, Konseling, Anak Usia Dini
PENYESUAIAN DIRI ORANGTUA TERHADAP ANAK AUTISME (STUDI PADA ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK AUTISME) Rila Rahma Mulyani; Fuaddillah Putra
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 1 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v16i1.1922

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi dengan ketidakmampuan orangtua dalam menyesuaikan diri terhadap anak autisme. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) penyesuaian diri positif orangtua terhadap anak autisme (2) penyesuaian diri yang salah orangtua terhadap anak autisme. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan gejala-gejala, fakta dan realita yang ada dilapangan apa adanya tentang penyesuaian diri orangtua terhadap anak autisme. Informan kunci yaitu 2 orangtua dari anak autisme dan informan tambahan adalah 2 saudara dari anak autisme. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) penyesuaian diri positif orangtua terhadap anak autisme yaitu orangtua belum mampu melakukan penyesuaian diri secara positif terhadap anak autisme seperti menunjukkan adanya ketegangan emosional,  menunjukkan adanya mekanisme psikologis dan menunjukkan adanya frustasi pribadi (2) penyesuaian diri yang salah orangtua terhadap anak autisme yaitu orangtua melakukan penyesuaian diri yang salah terhadap anak autisme seperti melakukan reaksi melarikan diri.  Kata Kunci: Penyesuaian Diri Orangtua, Anak Autisme  PERSONAL ADJUSTMENT TO CHILDREN AUTISM(STUDY ON PARENTS HAVING CHILDREN AUTISM)                                              Abstract          This research is motivated by the inability of parents to adapt to children with autism. The purpose of this study was to describe (1) a positive adjustment of parenting to children with autism (2) false adjustment of parents to children with autism. This research was conducted with qualitative approach that is descriptive that describes the symptoms, facts and reality in the field what is about the parental adjustment to children with autism. Key informants are 2 parents of autism children and additional informants are 2 siblings of autism children. The instruments used are interviews, techniques used in data processing through data reduction, data presentation and conclusion. The result of the study revealed that (1) the positive self-adjustment of parent to the autism child is that the parent has not been able to adjust positively to autistic children such as showing emotional tension, indicating the existence of psychological mechanism and indicating personal frustration (2) parental adjustment to children with autism that parents make false adjustments to children with autism such as a reaction to escape. Keyword: Adjustment of Parent, Children with Autism
PENGARUH LATIHAN FARTLEK TERHADAP KEMAMPUAN LARI 60 METER PADA SISWA SMP OLAHRAGA NEGERI SRIWIJAYA SUMATERA SELATAN TAHUN AJARAN 2011-2012 Yogi Metra
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 3 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v11i3.136

Abstract

AbstrakOlahraga merupakan bagian proses pendidikan yang dapat memberikan sumbangan berharga bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.  Salah satu materi yang ada dalam mata pelajaran pendidikan jasmani adalah cabang olahraga atletik, lari jarak pendek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adakah Pengaruh Latihan Fartlek Terhadap Kemampuan Lari 60 Meter Siswa SMP Olahraga Negeri Sriwijaya Sumatera Selatan?.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Olahraga Negeri Sriwijaya Sumatera Selatan tahun 2011-2012 untuk nomor lari 60 meter dengan jumlah populasi 20 orang dan sampel penelitian yaitu total dari populasi yang berjumlah 20 orang. Sampel yang diperoleh selanjutnya dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 10 orang sebagai kelompok Eksperimen yang diberi perlakuan latihan fartlek dan 10 orang sebagai kelas kontrol yang tidak di beri perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Setelah diberi latihan fartlek yang bervariatif selama 4 minggu dengan frekuensi latihan 3 kali seminggu. Berdasarkan hasil analisis data mengunakanuji hipotesis diperoleh t hitung sebesar 2,43 sedangkan t tabel pada tabel distribusi t dengan dk = 18 dan taraf kepercayaan 95 % ( x = 0.05 ) yaitu sebesar 1,73, sehingga t hitung = 2,43 > t tabel  = 1.67 dengan demikian terdapat pengaruh Latihan Fartlek Terhadap Kemampuan Lari 60 Meter Pada Siswa SMP Olahraga Negeri Sriwijaya Sumatera Selatan Tahun Ajaran 2011-2012. Memperjelas bahwa Ha diterima dan Ho ditolak secara signifikan.Kata kunci : Latihan fartlek, pendidikan jasmani.

Page 1 of 39 | Total Record : 382


Filter by Year

2013 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 1 (2024): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 2 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 3 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 1 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 1 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 3 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 2 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 1 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 2 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 3 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 2 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 1 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 2 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 3 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 2 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan More Issue