cover
Contact Name
Abdul Firmal Ashaf
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.metakom@fisip.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung C FISIPJl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro, Gedong Meneng, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, 35141
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
MetaKom : Jurnal Kajian Komunikasi
Published by Universitas Lampung
ISSN : 24433691     EISSN : 27150089     DOI : https://doi.org/10.23960/metakom
Jurnal MetaKom merupakan peer-reviewed journal yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Lampung. Jurnal Kajian Komunikasi MetaKom menampung pemikiran-pemikiran dan hasil penelitian dari komunitas akademis. Terbit dua kali setahun, Jurnal MetaKom diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan civitas akademika, praktisi, komunitas, maupun masyarakat umum atas informasi seputar perkembangan dan persoalan-persoalan dalam kajian komunikasi yang mutakhir, baik dalam lingkup lokal, regional, maupun global.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2018): 3rd Edition" : 8 Documents clear
PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGALAMAN MULTIKULTURAL DAN KECERDASAN BUDAYA Alexander Hridaya Bhakti; Irlandi Paradizsa; Isa Alkaf; Irwansyah Irwansyah
Metakom Vol 2 No 1 (2018): 3rd Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v2i1.17

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk menemukan apakah ada keterkaitan antara penggunaan media sosial dengan pengalaman multikultural, dan kecerdasan budaya seseorang. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan survey online yang dilakukan kepada mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Indonesia sejumlah 105 responden. Penelitian ini adalah sebuah penelitian duplikasi yang berusaha untuk melihat relevansi dari penelitian yang dilakukan oleh Shangui Hu, Jibao Gu, Hefu Liu, dan Qian Huang (2017) pada konteks negara Indonesia. Alat uji yang digunakan oleh Hu, Gu, Liu, dan Huang (2017) tidak sepenuhnya dapat direplikasi. Variabel pengalaman multikultural dan penggunaan media sosial secara sosialisasi tidak dapat dianalisis karena tidak lolos uji reliabilitas. Namun, dari hasil analisis, ditemukan bahwa ada hubungan lemah antara penggunaan media sosial secara informasional terhadap kecerdasan budaya seseorang. Kata Kunci Penggunaan Media Sosial, Kecerdasan Budaya, Multikultural
SIMBOL-SIMBOL PESAN PERSUASIF MELALUI DESIGN POSTER EVENT MUSIK NGAYOGJAZZ FESTIVAL Muhammad Febry Ramadhon; Ahmad Rudy Fardiyan
Metakom Vol 2 No 1 (2018): 3rd Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v2i1.18

Abstract

Poster merupakan bentuk media komunikasi yang menggunakan daya tarik visual untuk memperkenalkan, menginformasikan dan mempersuasi khalayak. Penggunaan simbol-simbol yang tepat sangat menentukan keberhasilan poster dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa dan bagaimana simbol-simbol persuasif digunakan dalam poster Ngayogjazz Festival periode 2013-2016. Menggunakan metode Semiotika trianglemeaning dari Charles Sanders Pierce, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan simbol persuasif dalam desain poster Ngayogjazz Festival tidak sekedar mempertimbangkan nilai estetis desain grafis namun juga memperhatikan aspek sosiokultural target audiens di sekitar tempat penyelenggaraan event, yaitu menggabungkan makna budaya tinggi yang melekat pada musik Jazz dengan budaya tradisional milik masyarakat lokal. Kata kunci : Simbol pesan persuasif, Semiotika Charles S Pierce, Poster .
SALURAN MEDIA POLITIK DINASTI YASIN DALAM PILKADA KABUPATEN BOGOR Hudi Santoso
Metakom Vol 2 No 1 (2018): 3rd Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v2i1.19

Abstract

Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini menggunakan studi literatur (literature study) dan studi kasus (case study) terkait dengan saluran media komunikasi yang digunakan tim sukses Ade yasin dalam pilkada Kabupaten Bogor. Pada sebagian masyarakat akar rumput tim relawan Ade Yasin memandang pentingnya pembangunan media massa modern sebagai suatu kekuatan untuk mempengaruhi khalayak, sekaligus sebagai daya energi untuk mengerakkan modernisasi saluran media diantaranya penggunaan kekuatan media sosial. Dengan tujuan menanggulangi masalah-masalah yang dihadapi dalam hal hoax, termasuk hoax yang dikonotasikan membangun, bahasa, perbedaan tingkat pengetahuan, kepercayaan, dan kebiasaan, maka perluasan komunikasi berfungsi sebagai jembatan bagi sistem-sistem yang tadinya dicirikan oleh arus komunikasi yang heterogen. Kata-kata Kunci: Saluran media, politik, Tim Ade Yasin,
PENGARUH PERAN KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA BARU DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI DI PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus : Universitas Dr. Soetomo) Didik Sugeng widiarto; Siska Armawati Sufa; Citra Rani Angga Riswari
Metakom Vol 2 No 1 (2018): 3rd Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v2i1.20

Abstract

Permasalahan yang ingin diteliti adalah mengenai: Seberapa besar peran orang tua dari mahasiswa baru dalam pengambilan keputusan pemilihan program studi ketika memasuki jenjang perguruan tinggi?Riset berbasis survey ini menggunakan metodologi kuantitatif, dengan obyek penelitiannya adalah mahasiswa baru di salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Timur dengan berbagai program studi yang berbeda, kemudian hasil temuan data di lapangan akan dianalisis secara asosiatif yang berbentuk kausal. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang signifikan antara antara peran komunikasi orang tua (X) dengan keputusan mahasiswa dalam memilih program studi di perguruan tinggi (Y) dan hubungan antara keduanya positif. Artinya jika peran komunikasi orang tua (X) mengalami peningkatan, akan terjadi kecenderungan peningkatan keputusan mahasiswa dalam memilih program studi di perguruan tinggi(Y) dan demikian pula sebaliknya. Kata kunci: peran komunikasi orang tua, perguruan tinggi, program studi, pengambilankeputusan.
PENGARUH FILM GURU BANGSA: TJOKROAMINOTO TERHADAP RASA NASIONALISME REMAJA SISWA-SISWI SMU NEGERI 4 DEPOK Damayanti Damayanti; Azwar Azwar
Metakom Vol 2 No 1 (2018): 3rd Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v2i1.21

Abstract

Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa pengaruh tayangan film Guru Bangsa: Tjokroamnoto Pengaruh film Guru Bangsa: Tjokroaminoto terhadap rasa nasionalisme remaja siswa-siswi SMUN 4 Depok, secara keseluruhan tinggi baik dari segi Nasionalisme Kemandirian Bangsa, Nasionalisme Agama, dan Nasionalisme Sekuler. Sementara penayangan film Guru Bangsa: Tjokroaminto terhadap rasa Nasionalisme Anti Agama (Komunis) rendah atuau tidak terdapat pengaruh. Terdapat perbedaan nyata pada rasa Nasionlaisme Kemandirian Bangs, Nasionalisme Agama dan Nasionalisme Sekuler,serta tidak ada perbedaan untuk aspek Nasionalisme Anti Agama (Komunis) antara siswa-siswi dalam kelompok eksperimen yang mendapat tayangan film Guru Bangsa: Tjokroaminoto dengan kelompok kontrol yang tidak mendapat tayangan film Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Secara umum faktor-faktor dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto yang berpengaruh tinggi terhadap rasa nasionalisme remaja siswa-siswi SMU N 4 Depok adalah faktor Media dan aspek komunikan, sedangkan faktor karakteristik komunikator dan Isi Pesan dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto berpengaruh rendah terhadap rasa nasionalsme remaja siswa-siswi SMUN 4 Depok. Kata Kunci – Tayangan film, Rasa nasionalisme, Remaja
POLA PENCARIAN INFORMASI TENTANG REPRODUKSI SEKSUAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA Nurly Meilinda; Sena Putra Prabujaya; Krisna Murti
Metakom Vol 2 No 1 (2018): 3rd Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v2i1.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pola pencarian informasi tentang reproduksi seksual pada mahasiswa di Universitas Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan Model Perilaku Pencarian Informasi Wilson yang terdiri dari perhatian pasif, pencarian pasif, pencarian aktif, dan pencarian berlanjut. Penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan 12 mahasiswa Universitas Sriwijaya. Studi ini menemukan bahwa mahasiswa di Universitas Sriwijaya cenderung melakukan pola pencarian pasif ketika mencari informasi tantang reproduksi seksual. Namun hal ini tidak berlaku ketika mahasiswa memiliki tanggung jawab, baik secara akademis maupun profesional, karena diketahui mahasiswa dengan tanggung jawab tersebut akan melakukan pencarian aktif dan berlanjut. Studi ini juga menemukan bahwa model Perilaku Pencarian Informasi Wilson masih dapat dijadikan rujukan. Kata kunci : Pola Pencarian Informasi, Reproduksi Seksual, Motif, Mahasiswa
PERSEPSI PEREMPUAN BEKERJA PADA IKLAN TEH SARIWANGI VERSI “MARI BICARA-TEMPAT FAVORIT” (STUDI WACANA GENDER PADA MEDIA IKLAN TELEVISI) Yuyun Agus Riani; Nisa Alfira; Reny Yulianti
Metakom Vol 2 No 1 (2018): 3rd Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v2i1.23

Abstract

Terrepresentasi dalam iklan Sari Wangi versi “Mari Bicara-Tempat Favorit”, dimana perempuan menjadi inisiator penyelesaian sekaligus memerankan fungsi melayani. Disisi lain, iklan ini juga memvisualkan adanya perbedaan pemaknaan istilah “Tempat Favorit” antara laki-laki (tempat tidur) dan perempuan (restoran). Penelitian ini mengidentifikasi persepsi perempuan menikah bekerja tentang iklan teh Sariwangi “Mari bicara-Tempat Favorit” : a. Isi cerita iklan adalah karakter budaya keluarga Indonesia, b. Peran perempuan melayani suami sudah tepat, c. Perempuan harus proaktif dalam penyelesaian masalah keluarga karena laki laki kecenderungan membiarkan, d. Laki-laki mempersepsi hubungan suami istri adalah hubungan seks, sehingga kata favorit merujuk pada tempat tidur, sedangkan perempuan berpersepsi tempat favorit adalah tempat romantis (restoran untuk makan malam). Kata Kunci : Gender dan media, persepsi , perempuan bekerja, iklan TV
PENDIDIKAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN Sugiyanta Sugiyanta
Metakom Vol 2 No 1 (2018): 3rd Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v2i1.24

Abstract

Perpustakan dan pustakawannya berada dalam lingkaran informasi dari berbagai subject dan alat akses-nya yang semakin hari semakin membengkak kualitas dan kuantitasnya. Konsekuensinya, mereka harus membimbing para pengguna perpustakaan untuk mengakses informasi, agar mereka menjadi pengguna yang mandiri. Usaha bimbingan tersebut, yang lazim di perpustakan-perpustakaan lain disebut sebagai User Education, Bibliographic Instruction, Reader Education, dsb-nya seringkali terbentur berbagai kendala. Di mana salah satunya bersumber dari dalam diri mereka sendiri. Kendala-kendala tersebut dapat teratasi hanya dengan kesungguhan dan kiat baik dari pada para pengelola perpustakaan itu sendiri. Artikel ini mencoba sedikit mengetengahkan apa yang sebenarnya menjadi kendala tersebut, sekaligus sedikit. Kata kunci: Pendidikan pengguna

Page 1 of 1 | Total Record : 8