cover
Contact Name
Abdul Firmal Ashaf
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.metakom@fisip.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung C FISIPJl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro, Gedong Meneng, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, 35141
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
MetaKom : Jurnal Kajian Komunikasi
Published by Universitas Lampung
ISSN : 24433691     EISSN : 27150089     DOI : https://doi.org/10.23960/metakom
Jurnal MetaKom merupakan peer-reviewed journal yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Lampung. Jurnal Kajian Komunikasi MetaKom menampung pemikiran-pemikiran dan hasil penelitian dari komunitas akademis. Terbit dua kali setahun, Jurnal MetaKom diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan civitas akademika, praktisi, komunitas, maupun masyarakat umum atas informasi seputar perkembangan dan persoalan-persoalan dalam kajian komunikasi yang mutakhir, baik dalam lingkup lokal, regional, maupun global.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2021): 10th Edition" : 8 Documents clear
REPRESENTASI KORUPTOR DALAM STAND UP COMEDY INDONESIA Rifqi Syahlendra; Abdul Firman Ashaf
Metakom Vol 5 No 2 (2021): 10th Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v5i2.148

Abstract

Stand-up Comedy saat ini bukan hanya sebagai media hiburan saja, akan tetapi berkembang menjadi sebuah media kritik yang mampu merepresentasikan sesuatu ditengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat representasi koruptor dari materi mengenai koruptor yang dibawakan oleh Insan Nur Akbar pada ajang audisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 1 episode 10 di tahun 2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivis dan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan dukungan data kajian pustaka dan observasi melalui video rekaman ulang pada akun Youtube Stand Up Kompas TV tanpa melakukan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis wacana kritis Norman Fairclough yang meliputi analisis tekstual, discourse practice, dan sociocultural practice. Hasil penelitian ini menunjukkan representasi koruptor yang digambarkan oleh Insan Nur Akbar pada materi koruptor, sebagai pencuri uang negara, banyak melakukan drama ketika berhadapan dengan hukum, tidak memegang amanah, dan tidak taat terhadap hukum yang berlaku, korupsi di Indonesia berdasarkan pemaparan Akbar juga sudah menjalar ke berbagai lini kehidupan, kesemuanya ini mengerucut kedalam satu titik dimana alasan utama masih maraknya korupsi di Indonesia adalah karena hukum Indonesia yang lemah.
MARKETING PUBLIC RELATIONS: IMPLEMENTASI KEGIATAN PROMOSI DI PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE (FIF GROUP) CABANG BENGKALIS I DURI RIAU Wenni Riskiani; darmawati darmawati
Metakom Vol 5 No 2 (2021): 10th Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v5i2.174

Abstract

Dalam melaksanakan pemasarannya PT FIF Group menerapkan marketing public relations dalam kegiatan promosi, agar calon pelanggan dapat mengetahui program yang ditawarkan dari perusahaan jasa pembiayaan ini. Tujuan dari artikel ini adalah mengetahui penerapan marketing public relations dalam kegiatan promosi di PT FIF Group Cabang Bengkalis I. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil artikel ini menunjukkan bahwa (1)Publikasi: PT FIF Group Cab. Bengkalis I menggunakan periklanan. (2) Identitas Media: PT FIF Group menggunakan warna yang menjadi karakteristik dari perusahannya.(3)Events:Acara khusus untuk pelanggannya yang didalamnya terdapat unsur personal selling dan berbagai promo penjualan.(4) News: Fungsi public relations untuk menarik perhatian media memuat berita menarik mengenai perusahaan. (5) Speeches yang disampaikan oleh petinggi PT FIF Group Cab. Bengkalis I.(6) Public Service Activities: Melalui program CSR nya membantu masyarakat baik dibidang pendidikan, sosial dsb. (7)Sponsorship yang tidak dilakukan di PT FIF Group Cabang Bengkalis I.
PERFORMATIVITAS GENDER DAN SEKSUALITAS DALAM MEDIA DI INDONESIA Qonita Qonita; Wiwik Novianti
Metakom Vol 5 No 2 (2021): 10th Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v5i2.175

Abstract

Posisi laki-laki dan perempuan sedemikian menguasai jagat ini, tetapi di antara keduanya terdapat ketimpangan, represi (penindasan) yang sungguh luar biasa. Laki-laki menguasai perempuan, baik secara teologis (agama), sosial, ekonomi, politik, budaya, serta pada wilayah pendidikan. Selama berabad-abad lamanya, seksualitas dan tingkah laku perempuan menarik perhatian dan dikontrol laki-laki. Tidak sedikit kepentingan-kepentingan dan tulisan-tulisan yang membatasi kehidupan perempuan dan partisipasi penuh mereka dari urusan-urusan publik. Patriarki kembali memberi pengaruh kuat dalam berbagai ranah. Mereka (perempuan) tidak boleh menjadi pemimpin, tidak boleh menjadi pencetus, tidak boleh pergi sendirian, dan tidak boleh membantah “ajakan” suami atau bersuara keras. Mereka juga harus mengurus rumah, mendidik anak, taat pada suami atau tinggal dirumah. Media juga memberi andil dalam menyebarkan isu gender. Tidak sedikit perempuan yang dijadikan sebagai “icon” oleh media dalam produktivitasnya. Perempuan seperti menjadi komoditas dalam media.
THE THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA CREDIBILITY (SUMBERSARI TOURISM INSTAGRAM) ON VISITING DECISIONS ON SUMBERSARI TOURISM OBJECTS IN METRO CITY IN THE COVID-19 PANDEMIC Iskandar - .
Metakom Vol 5 No 2 (2021): 10th Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v5i2.179

Abstract

ABSTRAK Fenomena permasalahan pengunjung pada objek wisata terkait komunikasi pemasaran yang dilakukan pihak pengelola terhadap objek wisata, sehingga calon pengunjung tertarik dan memutuskan berkunjung ke objek wisata. Komunikasi pemasaran berperan menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk, merek yang dijual. Banyak media sosial yang dapat digunakan untuk promosi produk. Media sosial yang sering digunakan untuk promosi adalah Facebook, Instagram, dan Twitter. Melalui media ini pengelola bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh secara simultan Instagram expertise, Instagram trustworthiness, dan Instagram attractiveness @wisatasumbersari terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata Sumbersari Bantul Kota Metro di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian atas perhitungan dihasilkan nilai Fhitung sebesar 30,696 dengan signifikansi sebesar 0,000. Nilai Ftabel dengan derajat kebebasan (df) = (k -1; n-k ) = (4-1; 97-4) = 3;93 pada tingkat signifikansi 5% (0,05) adalah 2,70. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (30,696 > 2,70) dan sig. 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya variabel Instagram expertise (X1), Instagram trustworthiness (X2), dan Instagram attractiveness (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) pada objek wisata Sumbersari Bantul Kota Metro di masa pandemi Covid-19. Kata kunci : Kredibilitas, Media Sosial, Keputusan Berkunjung, Pandemi Covid-19
Korupsi Dalam Teks Media Lokal Adiansyah Gunawan
Metakom Vol 5 No 2 (2021): 10th Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v5i2.195

Abstract

Korupsi adalah ancaman serius. Media lokal menjadi juru bicara untuk membentuk informasi, pengetahuan dan sikap publik terhadap korupsi di Lampung. Penelitian diharapkan memberikan tentang pandangan media lokal dalam menciptakan informasi korupsi. Dari latar belakang, ditemukan rumusan bagaimana struktur teks tajuk bertema korupsi di Tribun dan Lampung Post dalam perspektif Kajian Teun Van Dijk ? dan Bagaimanakah karakteristik Analisis Wacana Kritis tajuk bertema korupsi di Tribun dan Lampung Post menurut Kajian Teun Van Dijk? Teori yang digunakan adalah analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk. Van Dijk melihat bagaimana struktur sosial, dominasi, dan kelompok kekuasaan dalam masyarakat dan bagaimana kognisi/pikiran dan kesadaran membentuk dan berpengaruh terhadap teks. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini melakukan penelitian mendalam dengan mengumpulkan data yaitu tajuk bertema korupsi dan melakukan wawancara untuk mendapatkan data secara menyeluruh. Tajuk Tribun Lampung dan Lampung Post Tribun bertema korupsi mengaitkannya dengan kepala daerah. Hubungan dibangun dalam temanya yakni relasi antara kekuasaan dan korupsi menjadi ikatan erat. Konstruksi kedua media mayoritas mengaitkan korupsi terjadi di Lampung oleh kepala daerah karena kebutuhan politik. Kedua media membangun kesadaran pembacanya bersama mencegah korupsi. Pencegahan yang diajukan yaitu penguatan sistem pemerintahan serta penguatan kesadaran seluruh elemen masyarakat untuk mengurai korupsi.
TINGKAT KECEMASAN REMAJA MENGENAI PEMBERITAAN COVID-19 DI MEDIA SOSIAL Ade Viratama; Femi Oktaviani
Metakom Vol 5 No 2 (2021): 10th Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v5i2.198

Abstract

The amount of news about Covid 19, without any filtering of information can cause various reactions that appear simultaneously, for example, such as feelings of anxiety, especially those that occur to teenagers, because teenagers can be said to be an age that is still unstable in dealing with unexpected conditions. Therefore, this study aims to determine the perception and level of anxiety that occurs to teenagers regarding news about Covid-19. The method in this research is using qualitative research methods with phenomenological studies. The subjects of this study were students of SMK PGRI Bungbulang Kab. Garut who had experienced anxiety disorders due to the news during the covid-19 pandemic. The results of this study indicate that the formation of anxiety symptoms actually starts from a small fear that continues to gradually become larger because it is influenced by the high intensity of social media use, and information that is not filtered so that they experience symptoms that lead to excessive anxiety that occurs. and experienced in the mass pandemic of students at SMK PGRI Bungbulang Kab. arrowroot.
Strategi Pemilihan Kepala Daerah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten OKU Dian Novitasari; Bianca Virgiana
Metakom Vol 5 No 2 (2021): 10th Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v5i2.205

Abstract

Situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia yang berlangsung sejak maret 2020 ini, mengakibatkan perubahan diberagam sektor kehidupan. Mulai dari kebiasaan hidup sehari-sehari, interaksi sosial di masyarakat, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk salah satunya perubahan dalam pemilihan kepala daerah. Kabupaten Ogan Komering Ulu, salah satu daerah yang dijadwalkan untuk melaksanakan pemilihan kepala daerah. Proses pilkada yang dilangsungkan ditengah pandemi covid-19 dibayangi dengan beragam kendala, untuk itu diperlukan sinergisitas dari berbagai pihak berwenang agar pemilihan kepala daerah dapat tetap menjadi sarana penyaluran aspirasi masyarakat secara demokratis namun harus dijaga ketat agar berlangsung sesuai protokol kesehatan demi pencegahan penyebaran virus covid-19. penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pemilihan kepala daerah ditengah situasi pandemic covid-19 di Kabupaten OKU. Tipe penelitian ini deskriptip kualitatif dengan Wawancara mendalam dengan informan KPU, Bawaslu, dan masyarakat di Kabupaten OKU. Hasil penelitian ditemukan bahwa strategi untuk meningkatkan partisipasi politik dengan Sosialisasi pilkada dilakukan dengan jumlah peserta terbatas dan lebih banyak dilakukan dengan menggunakan media sosial instagram dan facebook, serta penyiaran pesan ajakan untuk berpartisipasi dalam pilkada secara berulang-ulang melalui media radio lokal, dan mengakomodir aspirasi masyarakat dalam diskusi yang dikemas dengan acara NGOPI (Ngobrol Pilkada).
PUBLIC SPHERE’S PRIVATIZATION THROUGH SOCIAL MEDIA ACCOUNT Ahmad Rudy Fardiyan; Sarwoko Sarwoko
Metakom Vol 5 No 2 (2021): 10th Edition
Publisher : Metakom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/metakom.v5i2.226

Abstract

Internet as a medium that offers an alternative public sphere turns out to raise the issue of bias between public or private’s information. The ambiguity of public and private sphere on the internet is increasingly apparent with the presence of privacy settings features on social media accounts. This research aims to find out the meaning and use of social media accounts as a space for expression of social media account owners. The method used is qualitative by with an interview and observation on a social media accounts and its owners. The results showed that although informants are aware that their social media are public sphere, the content which they uploaded on social media is a private contents. It is considered private because it has no relevance to public affairs. Informants consider their social media accounts as an albums of memorabilia that record the activity of its owners

Page 1 of 1 | Total Record : 8