cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
Prosiding SNATIF
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 58 Documents
Search results for , issue " 2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 2)" : 58 Documents clear
PENERAPAN METODE EARNED VALUE MANAGEMENT (EVM) DALAM PENGENDALIAN BIAYA PROYEK Sufa’atin, Sufa’atin
Prosiding SNATIF 2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 2)
Publisher : Prosiding SNATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakEarned Value Management (EVM) adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengendalikan biaya  dan waktu proyek pada saat pelaksanaan pengerjaan proyek. Selain itu metode ini dapat mengintegrasikan waktu dan biaya sehingga bisa mengetahui kemajuan suatu proyek lebih cepat atau lebih lambat dari jadwal proyek yang seharusnya dan untuk mengetahui lebih besar atau lebih kecil dari anggaran yang seharusnya. EVM menambahkan langkah-langkah yang harus dimasukkan kedalam proses manajemen yaitu pada proses pengendalian, dan proses yang berhubungan dengan tujuan untuk melakukan perhitungan, analisa, peramalan, pelaporan biaya dan performansi jadwal untuk evaluasi dan tindakan stakeholder proyek. Diharapkan dengan menggunakan metode EVM biaya dan waktu pengerjaan proyek dapat dikendalikan dan proyek dapat diselesaikan tepat waktu dan biaya yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran proyek.  Kata Kunci : Biaya, EVM, Jadwal, Proyek, Waktu 
KOMBINASI METODE AHP DAN TOPSIS PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Chamid, Ahmad Abdul; Murti, Alif Catur
Prosiding SNATIF 2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 2)
Publisher : Prosiding SNATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakBerbagai metode telah diterapkan pada sistem pendukung keputusan untuk menghasilkan alternatif yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh suatu organisasi atau perusahaan. Berbagai metode yang telah diterapkan tentunya terdapat kelebihan dan kelemahan yang banyak dipaparkan di setiap kajian, penyempurnaan tentunya selalu dilakukan dari berbagai penelitian. Salah satu metode yang sering diterapkan dalam sistem pendukung keputusan yaitu AHP. Metode AHP sendiri tidak lepas dari kekurangan, metode AHP tidak efektif apabila digunakan pada kasus yang dengan jumlah kriteria dan alternatif yang banyak, oleh karena itu diperlukan metode lain untuk dikombinasikan dengan metode AHP agar didapatkan hasil yang lebih efektif. Kombinasi metode AHP dan TOPSIS dipilih dengan alasan metode AHP memliki kelebihan berdasar pada  matriks perbandingan pasangan dan melakukan analisis konsistensi. Sedangkan metode TOPSIS dapat menyelesaikan pengambilan keputusan secara praktis, karena konsepnya sederhana dan mudah dipahami, komputasinya efisien, serta memiliki kemampuan mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan. Kombinasi metode AHP dan TOPSIS dapat diterapkan pada sistem pendukung keputusan dengan berbagai objek yang akan diteliti dengan tetap memahi teori yang ada pada metode AHP dan TOPSIS. Kata kunci: AHP, TOPSIS, sistem pendukung keputusan 
PEMBANGUNAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PT.CENTRAL GEORGETTE NUSANTARA Nugraha, Faisal Okta; Witanti, Wina; Komarudin, Agus
Prosiding SNATIF 2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 2)
Publisher : Prosiding SNATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak PT. Central Georgette Nusantara merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi kain goegette yang terbuat dari benang polyester. Perusahaan ini memulai usahanya di Jakarta pada tahun 1982 dalam bidang ekspor impor barang - barang tekstil. Dengan banyaknya distributor dan konveksi yang bekerja sama, perusahaan semakin sulit dalam berinteraksi dengan  pihak distributor dan konveksi, karena tidak dapat  mengatur waktu ketika ada lebih dari satu customer yang ingin berinteraksi dengan perusahaan. PT. Central Georgette Nusantara pada saat ini  belum  memiliki strategi yang maksimal  dalam menangani aktivitas pemasaran. Sistem yang membantu perusahaan khususnya pada bagian marketing dalam meningkatkan pelayanan kepada customer dengan cara memberikan informasi yang berguna untuk customer sehingga  perusahaan dapat memperhatikan permintaan dari customer. Pembangunan sistem  Customer Relationship Management pada PT. Central Georgette Nusantara ini akan menggunakan metode waterfall. Dengan sistem Customer Relationship Management perusahaan dapat mempertahankan customer yang ada. Dengan mempertahankan customer dan pemberian informasi yang akurat dapat meningkatkan penjualan produk pada perusahaan dan mempermudah perusahaan mendapatkan customer baru. Kata kunci: Customer Relationship Management, Customer, PT.Central Georgette Nusantara, Perusahaan 
KLASIFIKASI MUTU PADI ORGANIK MENGGUNAKAN C4.5 DI DINAS PERTANIAN BONDOWOSO Faid, Mochammad
Prosiding SNATIF 2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 2)
Publisher : Prosiding SNATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pertumbuhan yang sangat pesat dari akumulasi data mutu padi organik dari seorang expert telah menciptakan kondisi kaya akan data tapi minim informasi. Data mining merupakan penambangan atau penemuan informasi baru dengan mencari pola atau aturan tertentu dari sejumlah data dalam jumlah besar yang diharapkan dapat mengatasi kondisi tersebut. Pada preproses dilakukan pengubahan data dari bentuk *.CSV yang bisa dikenali pada excel diubah formatnya menjadi *.arff agar bisa dikenali oleh library weka. Setelah menjadi bentuk *.arffdilakukan pemasukkan data pada software data mining yang menggunakan library weka langka selanjutnya adalah penentuan kandidat dengan menggunakan membandingkan akurasi dari berbagai macam kondisi diantaranya tanpa pruning(Pemangkasan tree) dan tanpa missing value(Penanganan Data kosong), tanpa pruning dan menggunakan proses missing value, dengan pruning dan tanpa missing value dan kondisi yang terakhir dengan pruning dan proses missing value. Membandingkan algoritma C4.5 dengan algoritma klasifikasi yang lainnya, yang bertujuan untuk mengetahui kinerja C4.5dibandingkan dengan yang lain. Dari penelitian ini didapatkan bahwa tingkat akurasi juga dipengaruhi oleh berbagai macam kondisi yang ada seperti pruning dan missing value dengan adanya software ini diharapkan mampu membantu permasalahan didinas pertanian terkait dengan kelengkapan data dan hasil prediksi data dan hasil prediksi dengan akurasi yang cukup baik. Kata kunci: mutu padi organik, klasifikasi, dan C4.5
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN TERPUSAT PADA PERPUSTAKAAN DAERAH SE-KABUPATEN BANDUNG BARAT Komarudin, Agus; Renaldi, Faiza; Erlangi, Fauzan
Prosiding SNATIF 2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 2)
Publisher : Prosiding SNATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPerpustakaan merupakan fasilitas penting pendukung proses belajar masyarakat yaitu dengan menyediakan bahan bacaan yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan baca dan tulis. Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Bandung Barat merupakan pusat informasi daerah untuk membantu merumuskan kebijakan teknis dibidang perpustakaan, kearsipan dan data yang meliputi manajemen perpustakaan, manajemen kearsipan, dan manajemen sistem informasi serta melaksanakan ketatausahaan kantor. Adanya komputer dan teknologi informasi, proses pengiriman, penyimpanan dan penerimaan informasi menjadi lebih cepat dan efektif. dengan memanfaatkan teknologi ini, diharapkan proses pengolahan data perpustakaan dan pelayanan informasi dapat dilakukan dengan efektif. Penyatuan koleksi buku dari beberapa perpustakaan dan taman bacaan masyarakat (TBM) yang ada di Kabupaten Bandung Barat menjadikan asset penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Data yang digunakan dalam sistem informasi perpustakaan terpusat ini adalah data buku, data kunjungan, data peminjaman buku, dan data anggota. Kata Kunci : (KPAD), manajemen perpustakaan, manajemen kearsipan, manajemen sistem informasi dan ketatausahaan kantor, sistem informasi perpustakaan terpusat, (TBM).
SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) ALUMNI PADA UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI Erinovanto, Riyadi Reinhard
Prosiding SNATIF 2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 2)
Publisher : Prosiding SNATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakUniversitas Jenderal Achmad Yani terdiri dari 8.889 orang mahasiswa aktif, dan sudah meluluskan 26.931 lulusan yang terdiri dari 1.749 lulusan program ahli madya,21.857 lulusan program sarjana, 3.005 lulusan program profesi dan 320 lulusan program Magister yang tersebar diseluruh indonesia. Tingkat kelulusan mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani yang selalu meningkat sehingga pendataan alumni semakin tinggi juga. Penelitian sistem customer relationship management alumni ini mengadopsi dari metode waterfall, setiap tahapan tahapan yang akan dilakukan harus dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan tahapan yang berlaku meliputi : Software Requirements Analysis, desain sistem sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Setelah sistem sudah didesain maka akan dilakukan penulisan kode program berdasarkan sistem yang sudah di desain. Sehingga terbentuklah suatu sistem customer relationship management alumni yang akan dilakukan pengujian yang diharapkan nantinya dapat di implementasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak Universitas Jenderal Achmad Yani sehingga dapat mengelola kemahasiswaan alumni-nya untuk dapat diproses dengan menggunakan sistem customer relationship management alumni sehingga pengelolaan data para alumni dan survey mengenai rentang waktu yang dibutuhkan alumni Universitas Jenderal Achmad Yani dalam mendapatkan pekerjaan dapat dilakukan analisis terhadap data alumni yang ada di Universitas Jenderal Achmad Yani tersebut untuk dijadikan suatu informasi yang berguna untuk kedepannya Kata kunci : Alumni UNJANI ,Customer Relationship Management
OPTIMASI TEKNIK MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING PADA E-VOTING PENENTUAN PRESIDEN BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) DENGAN MIKROKONTROLER BERBASIS RFID Tijaniyah, Tijaniyah; Yaqin, Moh. Ainol
Prosiding SNATIF 2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 2)
Publisher : Prosiding SNATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Selama ini pemilihan presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) berbasis E-voting hanya memperhatikan jumlah suara yang masuk saja tanpa memperdulikan prestasi dan pengalaman organisasi yang dimiliki oleh calon presiden BEM. Hal ini menyebabkan hasil yang tidak optimal karena nilai prestasi dan pengalaman organisasi tidak berpengaruh pada penentuan hasil E-voting. Pada penelitian ini diusulkan metode pemilihan presiden BEM berbasis E-Voting yang tidak hanya memperhatikan jumlah suara tetapi juga memperhitungkan prestasi dan pengalaman organisasi dari pada calon presiden BEM. Metode ini memanfaatkan Multi Attribute Decision Making dan mikrokontroler berbasis RFID dalam proses penentuan hasil E-Voting. Hasil uji coba menunjukkan bahwa metode ini dapat memilih presiden BEM yang tidak hanya memiliki banyak suara tetapi juga memiliki tingkat prestasi dan pengalaman organisasi yang tinggi.  Kata kunci: e-voting, pemilihan, mahasiswa, organisasi
SADARI 3D HOLOGRAM BERBASIS ANDROID Sholikhah, Maulida Ni’matus; Hasanah, Uswatun; Wijaya, Deni Kusuma; Maulana, Muhammmad Rieza; Supriyati, Endang
Prosiding SNATIF 2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 2)
Publisher : Prosiding SNATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 AbstrakSADARI merupakan pemeriksaan payudara sendiri. Sebaiknya pemeriksaan sendiri ini dilakukan secara berkala, yaitu satu bulan sekali. Ini dimaksudkan agar yang bersangkutan dapat mengantisipasi secara cepat jika ditemukan benjolan pada payudara. Diciptakannya aplikasi ini untuk memberitahu kepada para masyarakat, terutama wanita untuk menyadari akan bahayanya kanker payudara tersebut. Dengan adanya aplikasi ini masyarakat bisa terbantu dengan adanya informasi dan cara – cara untuk mengetahui tentang cara agar tahu tentang ciri – ciri adanya kanker payudara tersebut. Dengan menggunakan smartphone android dan pyramid.Faktor munculnya kanker payudara belum diketahui secara pasti. Namun, para ilmuan menggambarkan faktor terbesar berasal dari banyaknya masyarakat Indonesia yang belum terlalu menyadari akan bahaya dari kanker payudara dan juga ketidak tahuan masyarakat tentang cara SADARI. Pengobatan kanker payudara di Indonesia masih sangat minim, hanya rumah sakit yang besar dan memiliki fasilitas lengkap yang bisa menangani masalah kanker payudara. Selain itu kurangnya informasi pada masyakarat tentang SADARI (Pemeriksaan sendiri pada payudara) sehingga masyarakat mengabaikannya. Oleh karena itu kami membuat teknik SADARI tersebut dengan 3D Hologram agar masyarakat lebih lagi memperhatikan pentingnya SADARI sejak dini untuk meminimalisir kanker payudara.  Hologram dibuat dengan cara menyorotkan sinar laser pada obyek yang lalu diproyeksikan ke sebuah layar peka cahaya. Pada saat bersamaan, sinar laser lain dijatuhkan ke layar itu, menciptakan ”pola interferensi” membentuk kontur gambar film. Laser ketiga, yaitu jalur cahaya pembaca, diarahkan ke layar sebagai pola interferensi yang memunculkan gambar. Orang di depan layar akan melihat gambar 3-D muncul di tengah ruangan. Hologram banyak digunakan pada iklan, seni, dan dunia hiburan, namun biasanya gambarnya tidak bergerak. Walau masih dalam bentuk prototipe, diyakini bahwa suatu hari nanti film 3-D memungkinkan untuk diciptakan.Kata kunci : Hologram, Sadari, Payudara
APLIKASI PENGAMANAN DOKUMEN DIGITAL MENGGUNAKAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-128), KOMPRESI HUFFMAN DAN STEGANOGRAFI END OF FILE (EOF) BERBASIS DESKTOP PADA CV. KARYA PERDANA Amini, Safrina; Budianto, Wawan; Ariyani, Pipin Farida
Prosiding SNATIF 2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 2)
Publisher : Prosiding SNATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakCV. Karya Perdana adalah perusahaan penyuplai berbagai macam peralatan komputer atau kebutuhan lain untuk perusahaan yang sudah menjadi rekanan. CV. Karya Perdana memiliki beberapa dokumen dalam bentuk digital yang harus dijaga kerahasiaannya seperti surat yang digunakan untuk transaksi dalam proses penyuplaian barang yang dibutuhkan. Untuk itu diperlukan suatu aplikasi yang bisa menjaga keamanan dalam penyimpanan dan pengiriman dokumen digital tersebut, salah satu cara yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik kriptografi, kompresi dan steganogafi. Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan pesan dengan cara menyandikan isi pesan menjadi suatu kode-kode yang tidak dimengerti sehingga tidak dibaca oleh pihak lain yang tidak berhak, kompresi adalah pemapatan data sehingga data yang dihasilkan menjadi lebih kecil dan steganografi adalah ilmu penyembunyian pesan atau informasi pada suatu media sehingga keberadaannya tidak terdeteksi oleh pihak yang tidak mempunyai akses atas isi pesan atau informasi tersebut. Algoritma kriptografi yang digunakan adalah Advanced Encryption Standard (AES-128), algoritma kompresi Huffman dan algoritma steganografi End of File (EOF). Algoritma AES merupakan standar enkripsi dengan kunci-simetris yang diumumkan oleh National Institute of Standard and Technology (NIST). Algortima kompresi Huffman merupakan kompresi yang bersifat losseless, dimana metode ini harus mendekompresi berkas agar dapat direkontruksikan menjadi berkas semula tanpa kehilangan informasi. Algoritma EOF menggunakan cara menambahkan file data pada akhir file gambar sehingga tidak mempengaruhi gambar dimana file data yang disisipkan ukurannya dapat melebihi file gambar. Dengan menggabungkan teknik kriptografi, kompresi dan steganografi maka aplikasi ini dapat menghasilkan ukuran file enkripsi lebih kecil sehingga proses penyisipan lebih cepat dan memberikan keamanan dokumen digital yang ada pada perusahaan. Kata kunci: AES-128, EOF,  huffman, kompresi, pengamanan
APLIKASI KALKULATOR FISIKA PENCERMINAN BERBASIS ANDROID Hilyana, F. Shoufika; Khotimah, Tutik
Prosiding SNATIF 2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 2)
Publisher : Prosiding SNATIF

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakFisika adalah salah satu mata pelajaran yang menjadi momok bagi para pelajar dan mahasiswa karena memiliki banyak rumus. Seperti halnya pada materi pencerminan. Ada tiga macam cermin yang digunakan, yaitu cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung. Untuk memudahkan perhitungan dalam materi pencerminan, dibangun aplikasi kalkulator Fisika pencerminan. Perancangan aplikasi menggunakan flowchart. Kalkulator Fisika pencerminan dibangun dengan menggunakan aplikasi Sketchware yang dapat berjalan pada platform Android sehingga memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi ini di mana pun dengan menggunakan Smartphone.  Kata kunci: Fisika, Pencerminan, Kalkulator, Android, Sketchware