cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
ISSN : 24606324     EISSN : 25796461     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never published.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara" : 9 Documents clear
Pengembangan Media Story Telling Berbasis Montase Sederhana Sebagai Suplemen Bahan Ajar Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar Himmatul Ulya; Rofian Rofian
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.704 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i2.12166

Abstract

Latar belakang yang mendorong dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran tematik yang melibatkan kreativitas siswa dan pendukung kegiatan literasi sekolah sebagai sumber bahan belajar siswa. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan media story telling berbasis montase sederhana sebagai suplemen bahan ajar tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan ialah Research and Development (RnD) dengan model pemikiran Borg and Gall. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil kelayakan berdasarkan analisis data oleh pakar ahli memperoleh rata-rata presentase sebesar 92,46% untuk kelayakan media dan 91,31% untuk kelayakan materi pembelajaran. Perolehan respon guru terhadap keberterimaan media memperoleh presentase di SD Negeri Mranggen 01 sebesar 95,58%, SD Negeri Mranggen 02 sebesar 88,25% dan SD Negeri Mranggen 04 memperoleh presentase sebesar 91,17% Hasil angket respon siswa memperoleh 90,64% di SD Negeri Mranggen 01, 93,21% di SD Negeri Mranggen 02 dan 85,36% di SD Negeri Mranggen 04. Media story telling berbasis montase sederhana sebagai suplemen bahan ajar tema peduli terhadap makhluk hidup telah memenuhi kriteria sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran
THE EFFECT OF MIND MAP STRATEGY IN IMPROVING ENGLISH WRITING SKILLS IN CLASS VI ELEMENTARY SCHOOL BUARAN BAMBU V TANGERANG Asih Rosnaningsih; Aidil Syah Putra; Ros Rizki Yanti
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.043 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i2.12452

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran Mind Map terhadap keterampilan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VI SDN Buaran Bambu V Kota Tangerang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif tipe Quasi-Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 50 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh sebanyak 50 siswa (25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas control). Instrumen dalam penelitian ini adalah test tulis. Semua data dihitung dengan menggunakan t-test formula. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengunaan metode pembelajaran Mind Map memberikan perbedaan efek yang signifikan terhadap keterampilan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VI SDN Buaran Bambu V Kota Tangerang.
Pengembangan Assesment Pembelajaran pada Nilai Karakter untuk Menghadapi Era Sustainable Development Goals Kardiana Metha Rozhana; Nila Kartika Sari
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.368 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i2.12554

Abstract

The purpose of research and development is to produce learning assessment products based on character values ​​that have validity, applicability, and legibility. Research and development methods use the O'Malley & Pierce model which is devoted to developing learning assessments, namely: building a team, setting goals, setting results targets, conducting staff development, collecting assessment examples, adjusting existing assessments or developing new, assessment trials. and review assessment. The results of the character aspect validation showed that the criteria were very valid and could be used without revision (93%), the results of the language aspect validation showed very valid criteria and could be used without revision (93.8%). The results of the applicability test showed very good can be used without revision (88.2%). Whereas the legibility test shows very interesting criteria (97.2%) according to the conversion of the validity level, that is almost the entire contents of the assessment book is easy to understand. This product only consists of each of the 4 character values ​​developed in each lesson, this development is arranged only on theme 7 grade IV SD.
bella_citra25, ##default.groups.name.author##, ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 WONOREJO KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018.docx Bella Citra Rastranda; Asri Kusumaning Ratri
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.548 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i2.12189

Abstract

Abstract :The purpose of this study is to analyze language politeness in a student's speech that obey and violate the principles of politeness in SD Negeri 1 Wonorejo Academic Year 2017/2018. The methods used in data collection is the observation and interviews are supported by recording techniques and record techniques. The data that have been obtained is then analyzed using the principles of politeness of the rules which have been put forward by Geoffrey Leech. Instruments used in this study are observation sheets and interview guides. The results of this study found the form of polite and disrespectful speech in the fourth grade students of SDN 1 Wonorejo based on Leech's politeness principle. In the observation result the number of maximally single complaint utterances as much as 23 utterances and double maxim as much as 4 speeches. In addition, the number of single maximally infringement sessions of 20 speeches, while double maximizing violations of 6 speeches. In the result of a single maximally single adherence speech interview of 8 speeches, and a single maximal offense of 16 speeches. Single maximization and offense include, maxim of wisdom, maxim acceptance, maxim of generosity, maxim of humility, maxim of suitability, and maxim of conclusions. Double maximizing includes, maximizing wisdom and acceptance, maximization of wisdom and humility, maxim of generosity and humility, and maxim acceptance and suitability. Double maximal offenses include, maxim acceptance and humility, maxim of generosity and humility, and maxim of wisdom and generosity. Keywords : Language Politeness, Principles of Politeness, Speech.
Penerapan Metode Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Penerus Bangsa Kota Tangerang Candra Puspita Rini; Asep Suherman
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.719 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i2.12449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD Penerus Bangsa Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument yang digunakan pada penelitian kali ini adalah lembar observasi hasil belajar afektif dan psikomotor. Tes belajar kognitif dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor pada penerapan metode pembelajaran Group Investigation (GI). Peningkatan hasil belajar IPA siswa terlihat pada hasil penelitian siklus I yaitu rata-rata hasil belajar sebesar 73,77 dengan aspek kognitif sebesar 72,5, pada aspek afektif sebesar 61,76 dan psikomotor sebesar 87,06. Pada siklus II meningkat menjadi 83,64 dengan pembagian aspek kognitif sebesar 83.09 dan afektif sebesar 84,19 dan ketuntasan klasikal kelas sebesar 100% meliputi kognitif, afektif dan psikomotor
Permainan Ular Tangga Berbasis Cerita Rakyat Ende-Lio untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Yuliani Sepe Wangge; Nining Sariyyah
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29407/jpdn.v4i2.12517

Abstract

Tujuan penlitian ini adalah untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris pada mahasiswa PGSD Uniflor melalui permainan ular tangga berbasis cerita rakyat Ende Lio. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melalui tahapan persiapan, tindakan, observasi dan refleksi. Setelah diterapkan permainan ular tangga berbasis cerita rakyat Ende-Lio dalam dua siklus, di temukan adanya peningkatan kosa kata bahasa Inggris pada mahasiswa PGSD Universitas Flores
Pengembangan dan Validasi Instrumen Analisis Buku Tematik-Terpadu pada Kurikulum 2013 'Alia Nur Husna Afandi; Kukuh Andri Aka
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (931.409 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i2.13520

Abstract

Tujuan penelitian pada artikel ini adalah untuk mengembangkan dan memvalidasi intrumen analisis buku tematik-terpadu yang mengacu pada kajian teori/variabel (1) karakteristik pembelajaran terpadu, (2) pendekatan saintifik, dan (3) prinsip buku ajar yang baik. Metode pada penelitian ini adalah; (1) mengkaji teori terkait pendekatan yang digunakan pada buku tematik-terpadu; (2) menyusun kisi-kisi intrumen yang terdiri dari variabel, sub variabel, dan indikator; (3) menyusun rubrik penskoran dan kriteria instrumen, (4) validasi kepada ahli; (5) perbaikan dan hasil akhir produk. Melalui kegiatan validasi ahli disimpulkan bahwa intrumen termasuk pada kategori yang valid dan dapat digunakan.
Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Air Kumbang Berdasarkan Beban Kerja Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Liskayani Liskayani; Muhammad Kristiawan; Tobari Tobari
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.462 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i2.13261

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja kepala SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang berdasarkan beban kerja sesuai dengan peraturan pemerintah. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah CIPP Model (Context, Input, Process, Product). Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) context evaluation menyatakan bahwa kepala SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang dapat lebih fokus pada tugas manajerialnya sebagai kepala sekolah setelah terbitnya PP No 19 Tahun 2017 ini, sehingga PP Nomor 19 Tahun 2017 ini dinilai responsible terhadap kebutuhan sekolah dasar di Kecamatan Air Kumbang, 2) input evaluation menyatakan bahwa kinerja kepala SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang sudah baik walaupun sebagian besar SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang masih belum memiliki sumber daya yang memadai. 3) Process evaluation menyatakan bahwa kepala SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang dapat mengimlementasikan dengan baik PP Nomor 19 Tahun 2017 ini 4) Product evaluation menyatakan bahwa terdapat hasil kinerja Kepala SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang yaitu terjadinya peningkatan akreditasi beberapa SD Negeri di Kecamatan tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja kepala SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang mengalami peningkatan setelah terbitnya PP Nomor 19 Tahun 2017 ini.
Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Novi Nitya Santi; Rosa Imani Khan
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.015 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i2.13013

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang gambaran motivasi belajar siswa kelas III SD dan ada tidaknya pengaruh dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian sebanyak 100 siswa kelas III dari SDN 1, 2 dan 3 Mojoroto Kota Kediri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesisnya menggunakan Uji Krusal-Wallis. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa kelas III di SDN 1, 2 dan 3 Mojoroto Kota Kediri termasuk dalam kategori sedang karena sebagian besar siswa, yaitu 40% atau 40 siswa, memiliki motivasi belajar kategori sedang, 2) Dukungan teman sebaya berpengaruh siginifikan terhadap motivasi belajar siswa (probabilitas (sig) < 0,05). Teman sebaya adalah orang lain di luar anggota keluarga yang sering bertemu sehingga timbul keakraban. Usia mereka relatif sejajar dan mempunyai ide yang sama sehingga merupakan lingkungan kelompok yang cocok untuk bersosialisasi. Dalam proses pendidikan dan pembelajaran, anak akan memiliki motivasi dan prestasi yang tinggi jika merasa dihargai dan dihormati teman-teman sebayanya.

Page 1 of 1 | Total Record : 9