cover
Contact Name
Anwar Ilmar Ramadhan
Contact Email
anwar.ilmar@ftumj.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalteknologi@ftumj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Teknologi
ISSN : 20851669     EISSN : 24600288     DOI : -
This journal is a scientific journal to develop knowledge in the field of Engineering & Technology. Editors invite professionals from education and researcher to write about the progress of science in the field of Engineering & Technology. The journal is published 2 (two) times in 1 year.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2017): Jurnal Teknologi" : 7 Documents clear
OPTIMASI SUHU DAN WAKTU STERILISASI PADA KUALITAS SUSU SEGAR DI KABUPATEN BOYOLALI Tri Yuni Hendrawati; Suratmin Utomo
Jurnal Teknologi Vol 9, No 2 (2017): Jurnal Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jurtek.9.2.97-102

Abstract

Penerimaan susu segar dari peternak atau KUD di Kabupaten Boyolali seringkali mengindikasikan angka TPC (Total Plate Count) yang tinggi, untuk hal tersebut perlu dilakukan penelitian untuk dapat melakukan proses sterilisasi yang masih dapat dilakukan pada toleransi angka TPC tertinggi tetapi tetap mempertahankan rasanya. Tujuan penelitian ini untuk melakukan simulasi penyimpanan pada suhu ruang terhadap angka TPC dan mendapatkan suhu dan waktu sterilisasi terbaik. Metode yang digunakan pada optimasi proses sterilisasi skala Laboratorium dengan dilakukan pengujian bahan baku susu segar, melakukan simulasi pengaruh waktu penyimpanan suhu ruang terhadap angka TPC, melakukan pengujian TPC dan sensori pada pengaruh waktu dan suhu sterilisasi. Pada penelitian ini juga dilakukan pengambilan data sampel susu segar untuk sifat-sifat susu berdasarkan SNI dan hasil pengujiannnya. Hasil pengujian sifat susu segar berdasarkan SNI 3141.1 menunjukkan hasil kualitas susu segar memenuhi kualitas. Kualitas susu di tingkat KUD di Boyolali memenuhi standar kualitas SNI.  Pada pengaruh penyimpanan suhu ruang pada waktu penyimpanan 3 jam telah menunjukkan kenaikan jumlah bakteri yaitu 3,5x106 cfu/ml dan mengalami kenaikan pada suhu 4,5 jam dan 6 jam. Pada perlakuan sterilisasi pada suhu 1100C selama 10 menit dapat sedikit meningkatkan parameter rasa, warna dan bau. Sedangkan pada parameter kenampakan dan kekentalan sedikit mengalami penurunan dibanding kontrol. Waktu sterilisasi terbaik 10 menit pada suhu 1100C.
METODOLOGI PERHITUNGAN KOEFISIEN PERPINDAHAN PANAS KONVEKSI PAKSA FLUIDA ORGANIK PROPANA PADA KONDISI SUPERKRITIK Harmen Harmen; Willy Adriansyah; Abdurrachim Abdurrachim; Ari Darmawan Pasek
Jurnal Teknologi Vol 9, No 2 (2017): Jurnal Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jurtek.9.2.89-96

Abstract

Penelitian tentang siklus Rankine organik superkritis mulai giat dilakukan sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan efisiensi termal dari siklus Rankine organik. Pada kondisi superkritik, sifat-sifat termodinamika dan fisika dari fluida organik berubah dengan sangat drastis disekitar titik kritisnya. Sehingga perhitungan koefisien perpindahan panas konveksi paksa tidak dapat lagi dilakukan dengan asumsi sifat-sifat fluida konstan. Dalam penelitian ini diusulkan sebuah metodologi untuk menghitung nilai koefisien perpindahan panas pada kondisi superkritis. Propana digunakan sebagai fluida organiknya. Tipe alat pemindah panas yang dipakai adalah jenis pipa ganda aliran berlawanan arah dan perhitungan bilangan Nusselt menggunakan korelasi Dittus-Boetler dan Gnielinski. Hasil perhitungan koefisien perpindahan panas dengan menggunakan metodologi ini dapat digunakan untuk menghitung luas daerah perpindahan panas dari alat pemindah panas tipe double pipe counter flow. Selanjutnya hasil perhitungan ini perlu dibandingkan dengan nilai koefisien perpindahan panas yang diperoleh dari hasil eksperimen.
ANALISA DAN OPTIMASI SISTEM PLTGU BIOMASSA GAS METAN DENGAN DAYA 20 MW Istianto Budhi Rahardja; Wibowo Paryatmo
Jurnal Teknologi Vol 9, No 2 (2017): Jurnal Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jurtek.9.2.65-76

Abstract

 Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa adalah  pembangkit yang mempergunakan biomassa (sampah) dalam membentuk energi termal yang akan dipergunakan untuk menggerakan energi potensial pada sistem pembangkit listrik. Pada proses pembangkit ini mempergunakan  sistem kombinasi (Combined Cycle), yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Uap (siklus Rankine) dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (siklus Brayton). Proses Pembangkit Listrik Tenaga Gas – Uap (PLTGU) membutuhkan energi panas yang diproses dari sampah  organik sehingga menjadi gas metan untuk dipergunakan menaikkan temperatur udara di dalam ruang bakar, sehingga mempunyai tekanan yang tinggi untuk mendorong/menggerakkan turbin gas dan bekas hasil kinerja turbin gas dimanfaatkan untuk pembakaran air menjadi uap di ruang ketel uap (Heat Recovery Steam Gas), sehingga mempunyai tekanan yang mampu untuk mendorong turbin uap. Penggabungan antara turbin gas dan turbin uap adalah pengembangan di dalam proses pembangkit listrik, dimana dengan melakukan penggabungan siklus (Combine Cycle) memperoleh effesiensi yang lebih tinggi sebesar (58.19%) dengan dibandingkan dengan siklus turbin uap (25.88%) serta siklus turbin gas (30.1887%) yang berdiri sendiri.
KARAKTERISTIK SISTEM REFRIGERASI KOMPRESI UAP DENGAN REFRIGERANT CAMPURAN MUSICOOL 134 - CO2 Bagiyo Condro Purnomo; Muji Setiyo
Jurnal Teknologi Vol 9, No 2 (2017): Jurnal Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jurtek.9.2.57-64

Abstract

Penelitian ini membahas penggantian refrigeran R-134a yang berpotensi ODP dan GWP dengan refrigeran campuran Musicool 134 - CO2  pada sistem refrigerasi kompresi uap yang diaplikasikan pada sistem AC mobil. Karekteristik sistem AC diamati pada variasi putaran blower sebagai beban pendinginan dan variasi komposisi refrigeran CO2 pada Musicool 134 (0% CO2, 1,5% CO2 dan 3% CO2). Pada konfigurasi tersebut, dilakukan pengukuran temperatur dan tekanan refrigeran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa refrigeran Musicool 134 yang dicampur dengan CO2 memberikan kinerja yang menjanjikan sebagai pengganti R-134a.
ANALISIS DESAIN PICKUP PIEZOELEKTRIK DARI MODEL HYBRID SOLAR CELL-PIEZOELECTRIC UNTUK DAYA RENDAH Ery Diniardi; Syawaluddin Syawaluddin; Anwar Ilmar Ramadhan; Waldi Isnaini; Erwin Dermawan; Deni Almanda
Jurnal Teknologi Vol 9, No 2 (2017): Jurnal Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jurtek.9.2.83-88

Abstract

Indonesia merupakan negera yang memiliki sumber energi baru dan terbarukan yang belum dikembangkan secara optimal dan besar-besaran digali dan digunakan, terutama energy sel surya dan energi air hujan. Kelebihan dari iklim tropis, yaitu hujan dan panas, sudah seharusnya dikembangkan secara masif dan secara diversifikasi energy. Bukan hanya energy fosil yang digunakan, tetapi energy yang ada disekitar kita. Salah satunya energy air hujan dengan menggunakan Piezolektrik. Bahan piezoelektrik yang mampu mengubah energi mekanik menjadi energi listrik menjadi sumber utama pembahasan dalam penelitian ini. Banyaknya energi yang dihasilkan dari benturan air hujan dapat dihitung menggunakan model mekanik-elektrik. Besarnya energi yang bisa dihasilkan bergantung secara langsung kepada ukuran membran piezoelektrik, ukuran titik air hujan dan frekuensinya. Dan juga sel surya yang digunakan sebagai penghasil listrik. Apabila kedua energy ini digabungkan seperti apakah hasilnya. Dalam penelitian ini akan dikaji mengenai analisis desain pickup Piezoelektrik dari model hybrid pembangkit listrik ini.
ANALISIS DAN PERENCANAAN KEBUTUHAN POMPA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN AIR BERSIH PDAM TIRTA TARUM KARAWANG CABANG TELUKJAMBE SEPULUH TAHUN YANG AKAN DATANG Jojo Sumarjo; A Arsal Arbi; Iman Dirja
Jurnal Teknologi Vol 9, No 2 (2017): Jurnal Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jurtek.9.2.77-82

Abstract

Dengan pertambahan jumlah penduduk yang semakin pesat mengakibatkan meningkatnya kebutuhan manusia akan air bersih. Seiring meningkatnya penduduk Karawang khususnya Kecamatan Telukjambe Timur sebagai wilayah yang dianalisis yang mengakibatkan kebutuhan air meningkat pula, sementara itu sarana air bersih dari PDAM masih terbatas, maka diperlukan suatu analisis perencanaan pompa untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehingga kebutuhan air bersih dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam penelitian ini didapatkan kebutuhan air bersih untuk masyarakat Telukjambe Timur dan kebutuhan air bersih untuk fasilitas-fasilitas yang ada di Kecamatan Teluk Jambe Timur maka jumlah kebutuhan keseluruhan, yaitu 324,34 l/s dan ditambah dengan faktor keamanan 64,66 l/s (20%) maka jumlah total kebutuhan yaitu 389 l/s. Sedangkan untuk kapasitas air yang dapat diproduksi PDAM Tirta Tarum Karawang Cabang Telukjambe yaitu 150 l/s. Maka dari itu PDAM Tirta Tarum  Cabang Telukjambe harus melakukan penambahan debit air sebesar 239 l/s. dan untuk mengatasi kekurangan debit air masyarakat Kecamatan Telukjambe Timur maka direncanakan menggunakan pompa utama sebayak 4 buah dan pompa cadangan 2 buah. Dari perhitungan yang telah dilakukan maka diperoleh kapasitas pompa yaitu sebesar 100 l/s, dengan head total pompa 30,3 m, dan daya pompa 53,5  kW.
RANCANG BANGUN TEKNOLOGI MODIFIED ATMOSPHERE STORAGE (MAS) DENGAN KAPASITAS 4,77 m3 Wina Libyawati; Agri Suwandi; Hafidan Agustian
Jurnal Teknologi Vol 9, No 2 (2017): Jurnal Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jurtek.9.2.103-116

Abstract

Pola hidup sehat berbasis makanan teknologi olah minimal diterapkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Teknologi olah minimal dipergunakan untuk memperlambat laju pembusukan makanan sewaktu di ruang penyimpanan. Teknologi olah minimal terdiri dari Controlled Atmosphere Storage (CAS), Modified Atmosphere Storage (MAS), Freeze Drying, dan Blansir. MAS adalah teknologi penyimpanan makanan dengan pengkondisian kadar oksigen di ruang simpan. Salah satu bahan makanan yang diterapkan pada MAS adalah buah pisang, karena pisang merupakan buah yang tidak mengenal musim tetapi memiliki umur penyimpanan yang pendek. Gas Injector yang digunakan adalah venture sparger. Rancang bangun teknologi MAS menggunakan metode Ulrich dan Eppinger dan dilanjutkan proses pembuatan komponen - komponen teknologi MAS. Pembuatan komponen dan perancangan teknologi MAS dihitung berdasarkan Design for Manufacturing and Assembly (DFMA) untuk menghitung biaya yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah teknologi MAS mampu menyuntikan karbon dioksida serta menurunkan oksigen hingga dibawah 10%. Penyuntikan karbon dioksida dilakukan dengan debit 5 liter per menit yang disuntikkan melalui sparger. Hasil pengujian menunjukkan penurunan kadar oksigen sampai 8,5% dalam waktu penyuntikan karbon dioksida selama 24 jam. Hasil uji buah pisang di laboratorium analisa makanan memiliki kadar glukosa 5,33%, sementara kadar glukosa untuk pisang yang matang adalah di atas 10%.

Page 1 of 1 | Total Record : 7