cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
At-Ta`lim
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 4 (2013)" : 10 Documents clear
Islam dan Kebudayaan Islami Jaya, Jaya
At-Ta`lim Vol 4 (2013)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islam merupakan agama yang diturunkan kepada manusia sebagai rohmatan lil alamiin. Islam merupakan pondasi dasar segala aspek kehidupan manusia. Ajaran-ajarannya selalu membawa kemaslahatan bagi kehidupan manusia di dunia ini. Tidak ada satupun bentuk kegiatan yang dilakukan manusia, kecuali Allah telah meletakkan aturan-aturannya dalam ajaran Islam. Kebudayaan adalah salah satu dari sisi penting dari kehidupan manusia, dan Islampun telah mengatur dan memberikan batasan-batasannya. Tulisan di bawah ini berusaha menjelaskan tentang Islam dan Kebudayaan Islami. Walau singkat mudah-mudahan memberikan sumbangan dalam khazana pemikian Islam.
Proses Pendidikan Anak untuk Mengenal Allah Firdaus, Anna
At-Ta`lim Vol 4 (2013)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penanaman dasar-dasar keagamaan kepeda anak yang secara fisik maupun psokis masih masa pertumbuhan dan perkembangan adalah dengan mengindoktrinkanasikan nilai-nilai keagamaan melalui sikap dan perbuatan yang secara informal dapat menumbuhkan rasa keagamaan.
Perkembangan Psikis Anak Usia Pendidikan Dasar dan Kaitannya dengan Belajar Huda, Huda
At-Ta`lim Vol 4 (2013)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.354 KB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkann potensi sumber daya manusia melalui kegiatan pengajaran. Setiap pengajaran itu harus disesuaikkan dengan  perkembangan siswa, terutama perkembangan psikis anak didik tersebut, sehingga tujuan pengajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan baik.
Pendayagunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Syahbani, Nispi
At-Ta`lim Vol 4 (2013)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.539 KB)

Abstract

Setiap materi ajar secara spesifik akan berbeda media yang digunakan, sesuai dengan karakteristik dan tujuan materi tersebut. Karena seorang guru profesional tidak hanya dituntut untuk menguasai materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswanya, akan tetapi juga harus mampu memilih media yang tepat dan mampu mendayagunakan media tersebut sesuai dengan karakteristik materi ajar. Kemampuan guru dalam mendayagunakan media pembelajaran diharapkan dapat membantu para siswa dalam memahami setiap materi yang disampaikan, sehingga kompetensi yang diharapkan dapat tercapai dengan sempurna.
Penelitian Ilmiah dan Latihan Penelitian, Seni Membuat Kesimpulan Ali, A. Rasyid
At-Ta`lim Vol 4 (2013)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (47.117 KB)

Abstract

Dewasa ini, banyak sekali model-model penelitian ilmiah dan latihan pcnelitian. Penelitlan ilmiah dan latihan penelitian perlu di terapkan dalam proscs pembelajaran agar siswa lehih meningkatkan kemampuannya dan mengembangkan wawasannva dalam proses belajar ,sehingga siswa tidak hanya menerima materi dari guru saja tetapi mereka juga berusaha membuktikan materi tiang di berikan dari guru tersebut melalui pcnelitian.Apabila ada materi yang kurang jelas atau masih membingungkan, siswa di minta untuk meneliti agar tidak ada keraguan dalam materi tersebut. Oleh karena itu, penelitian ilmiah dan latihan pcnelitian ini sangat penting di terapkan dalam proses belajai.
Peran Sekolah Bagi Anak ADHD Ridwan, Ridwan
At-Ta`lim Vol 4 (2013)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.263 KB)

Abstract

Anak yang mengalami gangguan ADHD adalah anak yang secara psikologis mengalami hambatan didalam proses penyesuaian dirinya dengan lingkungan yang ditandai dengan gejala utama seperti kurang mampu memusatkan perhatian, hiperaktif dan impulsivitas. Akibat dari segala perilaku yang ditampilkan tersebut membuat anak ADHD cenderung bermasalah di sekolah.Disisi lain, sekolah seringkali tidak mentolerir perilaku yang bermasalah pada anak didiknya. Akibatnya, anak bisa dikeluarkan dari sekolah karena anak-anak seperti ini adalah dianggap anak yang nakal. Untuk itu, kiranya perlu pihak sekolah memahami perilaku-perilaku ADHD dari anak didiknya. Dengan lebih memahami gejala serta perilaku yang ditampilkan anak ADHD memudahkan pihak sekolah menerima serta memperlakukan anak didiknya dengan baik sehingga pihak sekolah tetap memberikan kesempatan bagi anak didik yang mengalami ADHD ini untuk dapat terus melanjutkan pendidikannya.
Metode Pengajaran Seni Kaligrafi: Seni Kaligrafi Salah Satu Media Pembelajaran Agama Islam Ulfah, Siti Mariah
At-Ta`lim Vol 4 (2013)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.467 KB)

Abstract

Seni adalah keindahan ia lahir dari doronganfitrah manusia yang cenderung kepada keindahan. Islam sebagai agama yang lurus yang disampaikan Al-Quran .Semua seni yangsejalan dengan ajaran Islam disebut dengan seni Islami. Hal ini senada dengan ungkapan Sidi Gazalba :“Seni Islam ialah ciptaan bentuk yang mengandung nilai estetika yang berpadu dengan nilai Islam.” Salah satu cabagng seni Islam yang tergolong seni Visual adalah Kaligrafi dalam bahasa Arab disebut “Al-Khat”.Seni Ini menduduki posisi penting dalam kebudayaan Islam. Hal senada diungkapkan pula J. Pedrsen bahwa dalam peradaban Islam budaya tulis menulis Arab memainkan peranan penting  menurut Sayeed Hoseen Nasr. “Kaligrafi termasuk seni yang tinggi, karena ia menjadi symbol kesenian Islam dkarena perkembangannya sejalan dengan perkembagan ruh AL-Quran.”Didukung oleh ayat-ayat Al-Quran sebagai motivator dan sumber aspirasinya yaitu “QS. ‘Alaq” dan surah “Nun”.Sementara diIndonesia perkembangannya tidaklah begitu ketinggalan karena kaligrafi merupakan media dalam penyampaian ilmu pengetahuan dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran Agama Islam.Untuk mengembangkannya diperlukan metodologi yang sesuai sehingga kaligrafi ini dapat berkembang seiring dengan perkembangan ilmu Agama Islam.Dalam pembahasan ini diungkapkan tentang defenisi, sejarah dan perkembangannya serta metodologi pembelajarannya.
Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) El Widdah, Minnah
At-Ta`lim Vol 4 (2013)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.477 KB)

Abstract

Pendidikan agama saat ini menuai berbagai kritik yang tajam karena ketidakmampuannya dalam menanggulangi berbagai isu penting dalam kehidupan masyarakat, seperti mempercayai kepercayaan keagamaan dan keragaman kultural yang beraneka ragam yang sering melahirkan ketidakharmonisan dan konflik berbau SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan).
Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-‘Ashriyah Marwazi, Marwazi
At-Ta`lim Vol 4 (2013)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.747 KB)

Abstract

Masalah penguasaan bahasa Arab di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam tak kunjung terselesaikan, permasalahannya bukan saja terletak pada kualitas dosen, tapi lebih pada komitmen mereka mengaplikasikan metodenya yang tepat untuk pembelajaran bahasa tersebut. Pada umumnya, mereka yang  berlatarbelakang  pendidikan bahasa Arab tahu tentang metodenya yang tepat, yaitu mulai dari banyak baca, menulis dan berbicara, kemudian didukung oleh lingkungan pembelajaran yang kondusif, yaitu lingkungan yang dapat memacu dan memicu gairah berbahasa tersebut, mulai dari keberadaan buku yang berbahasa Arab, kultur menulis, dan miliu yang menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa percakapan sehari-hari dan bahasa pengantar dalam pembelajaran. Penerapan reward dan punishment dalam pemberlakukan disiplin berbahasa, sehingga terjadi laboratorium bahasa alamy. Di samping metode yang tiga di atas dan lingkungan kondusif, adalah menanamkan sikap positif terhadap bahasa tersebut, sehingga mereka belajar dengan kesadarannya yang tinggi tanpa harus dibimbing terus-menerus.
Misi Dasar Pendidikan Nasional Hilmi, Hilmi
At-Ta`lim Vol 4 (2013)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.828 KB)

Abstract

Pendidikan dapat diartikan sebagai proses traspormasi budaya dan ilmu pengetahuan dari guru ke murid dalam rangka mengembangkan aspek Kognitif (pengetahuan), aspek Apektif (perasaan), aspek Psikomotorik (penampilan). Tugas pendidikan ialah mengantar individu mencapai kedewasaan mewujudkan potensi manusiawi dalam dirinya menjadi nilai yang nyata. Dengan demikian, tugas pokok pendidikan nasional adalah membantu setiap warga Negara Indonesia untuk menjadi manusia Pancasilais, yaitu manusia yang mempunyai dasar agama yang kuat, diatas mana mereka meletakkan, mengembangkan dan mengendalikan kecakapan intelektualnya. Fenomena yang berkembang sekarang produk pendidikan kita masih relative rendah kualitasnya terutama aspek Apektif. Oleh karena itu, semua kebijakan pendidikan Nasional baik perencanaan, pelaksanaan, tujuan pendidikan, kurikulum, metode, materi, alat, sistem evaluasi dan lain-lain, terutama produk-produk pendidikan kita haruslah berkarakter bangsa Indonesia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan tidak boleh bergeser sedikitpun dari prinsip-prinsip dan atau nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Page 1 of 1 | Total Record : 10