cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
At-Ta`lim
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 6 (2015)" : 4 Documents clear
Menumbuhkankembangkan Kecerdasan Sekolah untuk mewujudkan efektivitas sekolah Rusmini, Rusmini
At-Ta`lim Vol 6 (2015)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.384 KB)

Abstract

Ada sembilan kecerdasan yang apabila digunakan dalam kombinasi akan memungkinkan sekolah memiliki kapabilitas untuk mencapai tujuannya dengan sukses. Berbagai upaya peningkatan sekolah yang ada menunjukkan bahwa kita perlu membawa beberapa pemikiran segar, baik dalam tujuan dan proses, yang pada gilirannya segar, baik dalam tujuan dan proses. yang pada gilirannya memiliki implikasi untuk kepemimpinan sekolah. Sekolah yang berhadil sepertinya menggunakan sembilan kecerdasan dalam proses menangani proses belajar, mengajar, efektivitas dan perbaikannya. Istilah "kecerdasan" ini menyangkut berbagai kapasitas kolektif yang dapat membina dan mengembangkan serta memaksimalkan efektivitas sekolah. hal ini tentunya melibatkan kebijakan, wawasan, intuisi dan pengalaman serta pengetahuan, keterampilan dan pemahaman.Kata kunci: Multiple Intelegence, Kecerdasan Sekolah, Efektivitas Sekolah
RENAISANSE ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI NEGARA-NEGARA ISLAM Tabroni, Tabroni
At-Ta`lim Vol 6 (2015)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.468 KB)

Abstract

Tumbuh dan berkembangnya ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah sebagai akibat berpaduannya unsur-unsur bawaan ajaran Islam dengan unsur-unsur dari luar. Maka amatlah penting bila kita melihat peran ajaran Islam bagi perkembangan ilmu pengetahuan, karena para ilmuan barat melihat bahwasanya segala kemajuan yang telah di capai oleh ilmu pengetahuan tidak ada kaitannya dengan agama dengan argumen bahwasanya agama yang absolut ajarannya bersifat statis sedangkan ilmu pengetahuan bersifat dinamis progresif. Kata Kunci : Renaisence, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
PEMIKIRAN AZ-ZARNUJI TENTANG AKHLAK: MENGGALI PERAN ORANGTUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERGESERAN NILAI AKHLAK PESERTA DIDIK KOTA JAMBI Samsu, Samsu
At-Ta`lim Vol 6 (2015)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.606 KB)

Abstract

Akhlak merupakan isu yang sangat banyak disorot oleh praktisi pendidikan dan sosial terutama dalam kaitannya dengan pergeseran nilai akhlak peserta didik dan nilai yang dianut oleh masyarakat Indonesia saat ini. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang relevansi pemikiran az- Zarnuji tentang akhlak dan kecenderungan terjadinya pergeseran akhlak peserta didik saat ini. Kerangka konseptual penelitiandikembangkan berdasarkan kriteria nilai-nilai akhlak yang meliputi (1) ibadah kepada Tuhan, (2) kepatuhan kepada orang tua, (3) kepatuhan kepada lingkungan, (4) perkataan dan perbuatan, (5) perbuatan terlarang, tercela dan narkoba.Terdapat 90 orang tua, 30 orang mahasiswa, 30 orang siswa SMA, dan 30 siswa SMP diambil sebagai sampel (total sampling) dalam penelitian ini. Penelitian ini menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif (mixed methods research) dengan data utama berupa data kualitatif. Data dianalisis secara deskriptif lalu dikuantifikasi menggunakan mean, standar deviasi, dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, penelitian membuktikan bahwa peran orangtua terhadap pergeseran nilai-nilai akhlak peserta didik di Kota Jambi berada pada tahap sedang (min=2.71), sedangkan pergeseran nilai-nilai akhlak peserta didik yang terjadi juga berada pada tahap sedang (min=2,74).Hal ini dibuktikan denganpengaruh peran orangtua terhadap pergeseran akhlak peserta didik (mahasiswa) di Kota Jambi adalah berada pada tahap signifikan dan korelasi menunjukkan arah yang positif (r = 0.39, ρ> 0.05), bagi peserta didik (pelajar SMA) di Kota Jambi adalah juga berada pada tahap signifikan, meskipun arah korelasi menunjukkan arah yang negatif (r = 0.06, ρ> 0.05), sedangkan peserta didik (pelajar SMP) di Kota Jambi adalah berada pada tahap signifikan dan korelasi menunjukkan arah yang positif (r = 0.38, ρ> 0.05). Karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengaruh peran oranggtua terhadap kemungkinan terjadinya pergeseran akhlak peserta didik di Kota Jambi berada pada tahap signifikan.
AKTIFITAS PENGELOLAAN PENGAJIAN ANTARA MAGRIB DAN ISYA (PAMI) MASJID AL-HIDAYAH RT 17/06 KEL. SIMPANG IV SIPIN KEC. TELANAIPURA KOTA JAMBI. Rizalman A, Rizalman A
At-Ta`lim Vol 6 (2015)
Publisher : At-Ta`lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Laporan pengabdian pada masyarakat ini membahas tentang pelaksanaan pengajian antara magrib dan isya di Masjid Al-Hidyah Rt 17 Kelurahan Simpang IV Sipin Kecamatan Telanaipura Koata Jambi. Penelitian ini berbentuk deskripsi kualitatif yang dilihat melalui sudut pandang pendidikan, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan pengajian antara magrib dan isya dalam bentuk kegiatan pembelajarannya setelah shalat Magrib hingga Isya dan setiap hari minggu libur, di ikuti sebanyak 41 orang anak dengan 3 guru ngaji. Materi yang diajarkan adalah mulai dari belajar iqra’ bab 1,2,3,4,5,6, dan tentang hukum bacaan dengan metode iqra’. Kendala pelaksanaannya adalah anak kurang mampu membaca al-quran dengan baik dan benar, kurangnya dukungan orang tua agar anak bisa aktif mengaji, banyaknya tugas belajar dari sekolah menjadikan anak sulit membagi waktu untuk mengaji dan pengaruh lingkungan pergaulan anak membuat anak asyik bermain dan lupa untuk belajar mengaji al-quran. Kata Kunci: Pelaksanaan pengajian Antara Magrib dan Isya 

Page 1 of 1 | Total Record : 4