cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Journal of English and Arabic Language Teaching
ISSN : 24070998     EISSN : 24071005     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of English and Arabic Language Teaching, JEALT (Online ISSN 2407-1005 | Print ISSN 2407-0998), is a scholarly refereed journal originally founded at the Language Development Center of State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau. JEALT has established itself as an excellent source for the latest developments in the field, both theoretical and pedagogic, including improving standards for teaching English and Arabic as foreign language in Indonesia and around the world.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2013): J/E/A/L/T" : 6 Documents clear
ظواهر اللغة العربية ومشكلات عملية تعليمها للناطقين بغيرها Afrijon Effendi
Journal of English and Arabic Language Teaching Vol 4, No 1 (2013): J/E/A/L/T
Publisher : State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa merupakan cermin peradaban tidak terkecuali bahasa Arab.Sejak lama bahasa Arab telah memainkan perannya dalam peradaban manusia.Saatini, Perserikatan Bangsa-Bangsa menjadikan bahasa Arab sebagai salah satu bahasa Internasional, bahkan 23 negara didunia menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi/nasional. Pada zaman globalisasi, banyak tantangan yang dihadapi dalam mengajarkan bahasa Arab bagi non Arab.Sekalipun keberadaan bahasa Arab merupakan bahasa yang tidak dapat dipisah kandari agama Islam, namun banyak umat Islam yang tidak mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Arab.Secara umum, problematika dalam mengembangkan bahasa Arab bagi non-Arab disamping tidak adanya lingkungan bahasa yang mendukung, juga terletak pada kesulitan mendapatkan guru yang kompeten dan profesional, kemudian kesulitan menemukan kurikulum yang baik dan teruji, dan belum adanya metodologi yang menarik dan berkreasi.Maka solusi dari segala problematika tersebut, disamping membentuk lingkungan aktif berbahasa, mempersiapkan guru, kurikulum, dan metodologi sesuai kebutuhan, juga sangat diharapkan keberadaan lembaga internasional yang pro aktif dalam mengembangkan pengajaran bahasa Arab, serta adanya negara-negara Arab yang berperan sebagai donatur untuk penelitian dalam pengembangan pengajaran tersebut.
Error monitoring Strategy in writing activities of English Department Students Nur Aisyah Zulkifli
Journal of English and Arabic Language Teaching Vol 4, No 1 (2013): J/E/A/L/T
Publisher : State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The term of writing can not be seperated from English Department Students. It is a part of students’ skill to see whether they are able to use English well or not in their daily life. Moreover, They are not only able to use  in spoken language but also are able to express their ideas in writing form. Writing ability is specific ability which helps students to put their ideas into words in meaningful form and interract with the message.It can not be denied, there are some problem faced by students in writing. It may be related to garammatical form, coherence and cohesion of paragraph, spelling, etc. However, it is still a process. The problem right now is how to make studets aware about their mistake or error in writing. Therefore, in this article writer will disscuss about the strategy that can be used by students. It is Error Monitoring Strategy. Error monitoring strategy is a learning strategy that helps students systematically question themselves regarding capitalization, overall appearance, punctuation, and spelling errors in their written products, as well as correct them, before submitting the assignment to the lecturer.
مكانة المفردات والتراكيب من بين عناصر اللغة في تعليم اللغة العربية الفعّال Nasrul Walid
Journal of English and Arabic Language Teaching Vol 4, No 1 (2013): J/E/A/L/T
Publisher : State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa tidak akan berfungsi dan berperan penting di dalam kehidupan manusia disaat bahasa tersebut tidak dapat digunaan sesuai apa yang diinginkan oleh para pengguna bahasa itu sendiri. Dan di dalam bahasa itu sendiri terdapat beberapa unsur kebahasaan yang sangat berperan penting demi tercapainya fungsi bahasa sebagai salah satu alat komunikasi di antara makhluk sosial di muka bumi ini. Di antara unsur-unsur kebahasaan tersebut diantaranya adalah kosa-kata dan tata bahasa. Di dalam sebuah pembelajaran bahasa, penguasaan anak didik terhadap unsur kebahasaan ini dianggap sebagai hasil dari sebuah pembelajaran yang aktif, sehingga bahasa dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan peranannya di dalam kehidupan.
Applying Debate Method In EFL Classroom Robi Kurniawan
Journal of English and Arabic Language Teaching Vol 4, No 1 (2013): J/E/A/L/T
Publisher : State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini berfokus pada penerapan metode Debat didalam kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Metode yang diterapkan lebih bertujuan untuk memberi kompetensi linguistik daripada pengetahuan tentang debat itu sendiri. Karena tidak ada metode terbaik yang cocok untuk semua situasi belajar, metode ini dapat menjadi alternatif dalam mempelajari bahasa Inggris. Para ahli mendefinisikan metode ini sebagai metode belajar bahasa Inggris aktif. Hal ini dikarenakan metode ini benar-benar melibatkan seluruh siswa dalam situasi belajar. Metode ini menawarkan siswa untuk bekerja dan mengerti dengan lebih baik sendiri, menjadi lebih independen, bergerak, dan berfikir dengan keras namun menyenangkan. Ini sangat penting karena memberikan siswa kemampuan bahasa Inggris yang beraneka ragam, seperti mendengarkan, berbicara, megambil catatan, berfikir kritis dan sebagainya. Untuk tingkatan lanjutan, metode Debat dapat menjadi pemicu yang baik bagi siswa untuk memiliki kemampuan membaca bahasa Inggris yang lebih baik karena metode ini memotivasi siswa untuk membaca lebih banyak literatur dan sumber untuk mendapatkan lebih banyak referensi bagi alasan terhadap argumen dalam kelas Debat. Beberapa ahli yang lain mendefinisikan metode Debat sebagai metode inovatif.  Metode tersebut inovatif karena metode ini berkembang dari metode diskusi. Untuk membuat diskusi tradisional lebih bermakna (meaningful), Debat merupakan  pilihan yang baik dan layak untuk dicoba.
Towards successful TPACK professional arrangement for in-service teachers Muhammad Fauzan Ansyari
Journal of English and Arabic Language Teaching Vol 4, No 1 (2013): J/E/A/L/T
Publisher : State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Professional development programmes for technology are essential for teacher capacity to improve students’ achievement. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) framework which represents teachers’ knowledge domains, consisting of content, pedagogy, and technology, is used in a number of professional development programmes. This review is aimed at investigating the implementation of in-service teachers’ TPACK professional development arrangements for technology integration using technological pedagogical content knowledge (TPACK) framework. In doing so,this review used five major online databases: ERIC, Web of Science, Scopus, Informaworld, and SpringerLink, with the criteria of studies addressing in-service teachers’ TPACK professional development arrangements for technology integration, except for first aim since it addresses the concept of TPACK; deal with teachers teaching students without disabilities; and must be conducted between 2006 and 2012.In general, the results of this review show three different conceptualisations of TPACK model: initial model of TPACK, ICT-TPACK model, and elaborated TPACK model. Moreover, inquiry learning approach, peer-coaching, authentic learning, problem-based learning, project-based learning, and learning activity typeswere employed in successful TPACK professional development programmes for in-service teachers. In addition, several factors contributing to such successful programmes include engagement, authentic learning experiences, collaboration, supports, curriculum coherency, reflection, feedback, intensive training, and longer time. Finally, teachers were reported having positive experiences with such programmes.
الأصوات العربية وطرق تعليمها للناطقين بغيرها Agustiar agustiar
Journal of English and Arabic Language Teaching Vol 4, No 1 (2013): J/E/A/L/T
Publisher : State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manusia berbicara di dunia ini lebih dari 4000 bahasa. Meski bahasa-bahasa ini berbeda satu sama lain namun ia memilik kesamaan secara umum yang disebut sebagai bahasa. Sesungguhnya bahasa-bahasa tersebut memiliki berbagai macam bentuk bunyi ( aswat ). Dengan demikian dapat diprediksi bahwa perbedaan satu bahasa dengan bahasa lainnya terletak pada perbebedaan bunyi bahasa tersebut. Ada bunyi-bunyi huruf bahasa Arab yang tidak terdapat pada sebagian besar bahasa-bahasa lainnya.Misalnya bunyi bahasa : ‘ain ( ع ), qaf ( ق  ), ha ( ح ) dan bunyi huruf lainnya.    Kemampuan dalam menuturkan bunyi huruf bahasa asing  yang bunyi tersebut tidak ada di dalam bahasa ibunya  ( asalnya ), dianggap sebagai keterampilan bahasa  yang sulit dipelajari oleh siswa non Arab. Banyak sekali problem pengucapan bunyi huruf yang dihadapi oleh siswa non arab ketika mereka membaca atau berbicara dengan bahasa asing tersebut. Misalnya terkadang siswa menuturkan bunyi bahasa Arab seperti bunyi bahasa ibunya tidak seperti ucapan orang Arab. Terkadang mereka sulit membedakan antara bunyi huruf( هـ  ) dan bunyi huruf ( ح  ). Terkadang mereka salam dalam mendengarkan bunyi huruf Arab lalu menuturkan bunyi huruf sesuai dengan pendengarannya sehingga kesalahan Oleh karena itu perlu adanya latihan pengucapan bunyi bahasa yang dilakukan secara intensif.Bahasa Arab memiliki dua bentuk bunyi huruf :Pertama bunyi huruf konsonan dan bunyi huruf vocal. Hal yang utama yang harus dilakukan oleh seorang guru bahasa Arab sebelum mengajarkan aspek struktur bahasa Arab ( التراكيب  )kepada siswa non Arab adalah memperkenalkan bunyi huruf-huruf Arab terlebih dahulu  -huruf konsonan tersebut dari segi makhrajnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6