cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Al-Iqtishad
ISSN : 2162547     EISSN : 26568489     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal AL-IQTISHAD Print ISSN:0216-2547 | Online ISSN 2656-8489 adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.Artikel yang dipublikasi JURNAL AL-IQTISHAD meliputi hasil penelitian tentang masalah-masalah ekonomi, kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah serta pengaruhnya terhadap perusahaan swasta dan masyarakat dan hal lain yang terkait.JURNAL AL-IQTISHAD diterbitkan dua kali dalam setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 131 Documents
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MUSLIM KETIKA BERBELANJA DAN BERSANTAI DITEMPAT KULINER MODERN UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH SHOLAT (STUDI PADA PLAZA DAN MALL DI KOTA PEKANBARU Riki Hanri Malau
JURNAL AL-IQTISHAD Vol 15, No 1 (2019): AKUNTANSI KEUANGAN DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiq.v15i1.7271

Abstract

ABSTRACT            The purpose of this research is to examine the leisure time of costumer behaviour at mall and plaza in Pekanbaru through perception, motivation and costumer knowledge to get pray when shalat time come. The relevant data are taken with questioner. The research population is all consumers or customers of mall and plaza, and the samples are teken from purposive convenience sampling, which taken responden easily see and fully criterion for reseach. Size of sample are 100 sample. Data analysis method used are ‘validity and reliability test of questioners, multiple regression analysis, t-test, fit-test, and classical assumption test            The results show that the questioners are valid and reliable. Normality test shows residual distributed normally. Regression result are Y = 4.474+ 0.202x1 + 0.189x2 + 0.241x3 +  e, means all independent variable contibuted positively to indipendent variable. F-test shows F count (11.728) >F tabel (3,090) mean Ha received dan H1 rejected, that means all variables of  Perception, motivation and costumer knowledge, effect to costumer behaviour at mall and plaza in Pekanbaru. The t test result shows that  Perception, motivation and costumer knowledge variable have significant positive influence for costumer behaviour at mall and plaza in to get pray when shalat time come, at mall and plaza in Pekanbaru and error standar at the 10% significant level. R test shows value 0,893 means all indipendent variable have tight relationship to dependent variabel. Fit-test shows that the model in this study has sharp, and the rersult of classical assumption test shows that there is no problem about it.            Conclusion of  research are all variable feasible to study but furthermore the research need to be  improved for a better study.
SEKTOR EKONOMI POTENSIAL DI KOTA PEKANBARU Muklis Muklis; M. Rachmadi; Muslim Muslim
JURNAL AL-IQTISHAD Vol 15, No 1 (2019): AKUNTANSI KEUANGAN DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiq.v15i1.7248

Abstract

Sektor Ekonomi Potensial di Kota PekanbaruMuklis, M.Rachmadi, MuslimABSTRAKSITulisan ini bertujuanuntukmengidentifikasisektorekonomi potensialdikotaPekanbaru dengandataProdukDomestikRegionalBrutopadatahun2010-2016dimanatahun2010menjaditahundasarperhitungan.MetodeyangdigunakanadalahAnalisisLocation Quotient (LQ),AnalisisModelRasioPertumbuhan (MRP)danAnalisisShift-Share Modifikasi Estaban Marquillas (SS-EM).Berdasarkananalisisinidapatdiketahuisubsektorekonomiyangpontesialdikembangkandikotapekanbaruadalahsebagaiberikut:a.Kategoritransportasidanpergudangan,b.Kategorijasakeuangan,c.Kategorijasaperusahaan,d.Kategorijasakesehatandansosialdane.Kategorijasa lainnya.KataKunci : Analisis Location Quotient(LQ),AnalisisModelRasioPertumbuhan(MRP)danAnalisis Shift-Share Modifikasi Estaban Marquillas (SS-EM) 
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN NILAI TUKAR DI INDONESIA TAHUN 2006-2018 Hariza Hasyim
JURNAL AL-IQTISHAD Vol 15, No 1 (2019): AKUNTANSI KEUANGAN DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiq.v15i1.6834

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor penentu nilai tukar rupiah selama tahun 2006-2018. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pendapatan rill, infasi,  cadangan devisa dan suku bunga  sebagai variabel independent dan nilai tukar rupiah sebagai variabel dependent, dengan melakukan uji regresi Linear berganda . Berdasarkan uji koefisien determinasi diketahui bahwa variabel bebas (pendapatan rill, inflasi, cadangan devisa dan suku bunga)  berpengaruh terhadap variabel terikat (nilai tukar) sebesar 76%  Secara parsial (uji-t) menujukkan Variabel pendapatan rill (X1) dan suku bunga (x4) mimiliki hubungan negatif dan signifikan terhadap kurs (Y).  Sedangkan inflasi (X2) memilki hubungan positif dengan kurs dan cdangan devisa (X3)berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai tukar. Dan Secara simultan (Uji-F) antara variabel bebas (Pendapatan rill, inflasi, cadngan devisa dan suku bunga)  terhadap variabel terikat (nilai tukar) menujukkan F-hitung(> F-tabel  sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Bebas (pendapatan rill, inflasi ,cadangan devisa dan suku bunga) secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat (nilai tukar rupiah). Kata kunci : Pendapatan rill, inflasi,  cadangan devisa , suku bunga dan nilai tukar
PELUANG DAN TANTANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) BERBASIS SYARIAH MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) DI KOTA PEKANBARU Nurlasera Nurlasera; Qamariah Lahamid
JURNAL AL-IQTISHAD Vol 15, No 1 (2019): AKUNTANSI KEUANGAN DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiq.v15i1.7585

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan menganalisis secara kualitatif peluang dan tantangan Usaha Kecil Menengah (UMKM) yang mempunyai konsep syariah dalam menjalankan aktivitas usahanya pada tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di kota Pekanbaru. Dilihat dari aspek produk, semua bahan baku yang digunakan dalam produksi halal. Masalah kehalalan bahan baku ada juga responden yang belum mengetahui ada perbedaan halal yang dikeluarkan dari LPPOM MUI dan halal yang dikeluarkan sendiri oleh perusahaan. Dari aspek transaksi pelaku usaha berusaha secara syariah, jujur dengan produk yang dijual, berusaha menggunakan jasa perbankan syariah. Dari aspek pelaksanaan syariah oleh pelaku dan tim bisnisnya menerapkan ibadah-ibadah fardhu dan sunnah dengan baik, seperti sholat tepat waktu, menunaikan sholat dhuha, membaca alquran dan sebagainya.UMKM berbasis syariah mempunyai peluang dalam usaha di kota Pekanbaru bahkan bisa sampai ekspor ke luar negeri. Tantangan yang dihadapi UMKM syariah ini adalah pelaku UMKM syariah lain yang lebih kuat dan UMKM konvensional.    Keyword : UMKM, konsep syariah,MEA
TIME VALUE OF MONEY DALAM PERSPEKTIF ISLAM Leny Nofianti
JURNAL AL-IQTISHAD Vol 10, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiq.v10i2.7523

Abstract

AbstrakKonsep dan aplikasi nilai waktu uang (time value of money) dalam Islam berbeda dengan sistem konvensional, meskipun kedua-duanya menghasilkan tambahan ke atas harga barang yang dikontrakkan. Tambahan (ziyadah) yang dihasilkan melalui pemakaian konsep nilai waktu uang dalam Islam tidak dianggap sebagai riba yang diharamkan. Tetapi tambahan yang didapatkan dari aplikasi nilai waktu uang dalam sistem konvensional dianggap riba hakiki.Konsep nilai waktu uang mempunyai ciri yang berbeda antara penggunaannya dalam Islam dan sistem konvensional. Perbedaannya yang paling menonjol adalah dalam Islam bahwa uang bukanlah komoditas, dan nilai waktu uang dalam sistem konvensional membolehkan riba yang jelas diharamkan dalam Islam. Keywords: Time Value of Money, Perspektif Islam, Konvensional
ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING PADA PERUSAHAAN ASURANSI (STUDI PERBANDINGAN ANTARA PERUSAHAAN ASURANSI SYARIAH DAN NON SYARIAH DI KOTA PEKANBARU) Putriana Putriana
JURNAL AL-IQTISHAD Vol 15, No 1 (2019): AKUNTANSI KEUANGAN DAN MANAJEMEN
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiq.v15i1.7501

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui peerbedaan custumer relationship marketing antara perusahaan asuransi syariah dan non syariah di Kota Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan custumer relationship marketing antara perusahaan asuransi syariah dan non syariah di Kota Pekanbaru. Populasi adalah nasabah asuransi syariah dan non syariah di Kota Pekanbaru dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Metode pengambilan sampelnya adalah metode purposive sampling yaitu tekhnik pengambilan sampel yang dilakukan dengan pertimbangan tertentu. Variabel penelitian adalah ikatan, empati, timbal balik dan kepercayaan. Tekhnik analisa data menggunakan One way ANOVA menunjukkan terdapat perbedaan custumer relationship marketing antara asuransi syariah dengan asuransi non syariah yang ditinjau dari variabel ikatan, empati, timbal balik dan kepercayaan. 
PROFESSIONALISME APARAT PENGAWAS INTERN PEMERINTAH DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNMENT GOVERNANCE Leny Nofianti
JURNAL AL-IQTISHAD Vol 9 (2013): Juni 2013
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiq.v9i1.7522

Abstract

AbstrakTulisan ini menganalisis permasalahan pada Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dan mencari solusi agar profesionalisme APIP dapat ditingkatkan dalam mewujudkan Good Government Governance (GGG) karena profesionalisme auditor merupakan tonggak utama dalam berkinerja. APIP dituntut sikap professionalismenya dalam menjalankan fungsi dan peran sebagai audit internal.Peningkatan mutu APIP diharapkan tercapainya profesionalisme dalam melakukan pekerjaan dan dapat membantu terlaksananya pemerintahan yang baik dan bersih. Peningkatan profesionalisme pengawas ditandai dengan peningkatan kecakapan, peningkatan semangat kerja, peningkatan idealisme, netral dan melakukan peran untuk kepentingan masyarakat.  Keywords: Pengawas Intern Pemerintah (APIP), Good Government Governance (GGG)
ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT MUSLIM DAN NON MUSLIM TERHADAP KESIAPAN DESTINASI WISATA SYARIAH DI KOTA PEKANBARU DAN PADANG Putriana Putriana
JURNAL AL-IQTISHAD Vol 15, No 2 (2019): AKUNTANSI KEUANGAN DAN PERILAKU
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiq.v15i2.8617

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat muslim dan non muslim terhadap kesiapan destinasi wisata syaraih di kota Pekanbaru dan Padang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat Kota Pekanbaru dan Padang tentang kesiapan masing-masing destinasi wisata syariah.Populasi adalah masyarakat di Kota Pekanbaru dan Padang  dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan metode accidental sampling Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi maysrakat terhadap kesiapan destinasi wisata syariah. Tekhnik analisa data mengunakan deskriptif dengan mendapatkan hasil kesiapan Pekanbaru menjadi destinasi wisata syariah adalah baik yang dilihat beberapa indikator utama yaitu: daya tarik wisata dan infastruktur dan  Pekanbaru  berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata syariah dan persepsi masyarakat Kota Padang Sumatera Barat telah siap menjadi destinasi wisata yang banyak mengandung unsur religi.
PENGARUH CUSTOMER ACCOUNTING DAN CUSTOMER ORIENTATION TERHADAP KINERJA ORGANISASI Putri Inti Amelia Lubis; Zul Azmi; Linda Hetri Suriyanti
JURNAL AL-IQTISHAD Vol 15, No 2 (2019): AKUNTANSI KEUANGAN DAN PERILAKU
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiq.v15i2.8310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh customer accounting sebagai strategic management accounting techniques dan customer orientation terhadap kinerja organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang kuliner yang ada di Pekanbaru. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 85 usaha yang menjadi sampel. Metode analisis digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer accounting sebagai strategic management accounting techniques berpengaruh terhadap kinerja organisasi dan customer orientation berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Secara Uji F, menunjukkan bahwa variabel customer accounting dan customer orientation bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja organisasi.
KEPEMIMPINAN DAN PROMOSI JABATAN DAN KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS: PERUSAHAAN UMUM (PERUM) JAMINAN KREDIT INDONESIA KANTOR CABANG PEKANBARU) Yayu Kusdiana; Irien Violinda Anggriani
JURNAL AL-IQTISHAD Vol 15, No 2 (2019): AKUNTANSI KEUANGAN DAN PERILAKU
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiq.v15i2.8155

Abstract

ABSTRAK  YAYU KUSDIANA, NIDN: 1006067701 dan IRIEN VIOLINDA ANGGRIANI, NIDN: 2006117501 Pengaruh Kepemimpinan Dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja kinerja karyawan pada Perum Jamkrindo Kantor Cabang Pekanbaru.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja kinerja karyawan pada Perum Jamkrindo Kantor Cabang Pekanbaru.Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.Penelitian ini menggunakan populasi sensus, yaitu seluruh jumlah populasi dijadikan sampel.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44.Uji hipotesis terdiri dari uji F, dan uji T. Berdasarkan hasil uji F terbukti bahwa kepemimpinan dan jabatan promosiimemiliki pengaruh dengan tingkat signifikan 0,00 terhadap kinerja karyawan pada Perum Jamkrindo Kantor Cabang Pekanbaru, ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel(59,887>3,23) dengan tingkat signiikan 0,000 < 0.05, sedangkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai adjusted R square sebesar 0,733 atau 73,3% yang artinya kpeemimpinan dan promosi jabatan memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan pada Perum Jamkrindo Kantor Cabang Pekanbaru dan sisanya sebesar 26,7% dipengaruhi oleh faktor lain.Berdasarkan uji T terbukti bahwa kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Perum Jamkrindo Kantor Cabang Pekanbaruditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,636>1,68195)dan promosi jabatan berpengaruh dengan tingkat signifikan 0,000terhadap kinerja karyawan pada Perum Jamkrindo Kantor Cabang Pekanbaru ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,538>1,68195).

Page 1 of 14 | Total Record : 131