cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : 23375973     EISSN : 24424838     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is firstly published in 2013 and periodically published twice per year on March and September.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2018)" : 10 Documents clear
LKM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS Eko Prihandono
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i2.1554

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang berkarakteristik proses, dan produk ilmiah (2) memperoleh informasi akurat yang dibutuhkan dalam mengembangkan LKM (3) mengetahui kelayakan LKM berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan LKM materi Bilangan Kompleks (fisika matematika) semester IV. Penelitian pengembangan ini, mengacu pada model 4-D (four-D Models) oleh Thiagarajan termodifikasi. Subjek dari evaluasi ini adalah mahasiswa, ahli bidang materi, ahli bahan ajar, serta ahli aspek pembelajaran. Subjek analisis kebutuhan adalah mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah: LKM berbasis inkuiri terbimbing layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran berdasarkan analisis hasil uji validasi yang telah dilakukan oleh 3 ahli (uji ahli materi/isi didapatkan nilai sebesar 3,25 dalam skala lima, dan nilai ini termasuk dalam kategori “baik”, pada uji validasi ahli tampilan LKM didapatkan nilai sebesar 3,94, dan nilai ini termasuk dalam kategori “baik”, sedangkan pada uji validasi ahli aspek pembelajaran didapatkan nilai sebesar 4,2, nilai ini termasuk dalam kategori “baik”) dan nilai keterampilan proses sains melalui tes meningkat dari nilai 58,8 menjadi 82,8, sehingga gain yang didapatkan sebesar 0,58 dan berkategori sedang.
EFEKTIVITAS INSTRUMEN ASESMEN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Eka Yuli Sari Asmawati; Undang Rosidin; Abdurrahman Abdurrahman
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i2.1318

Abstract

This study aims to describe the effect of using the assessment of students 'critical thinking skills with Creative Problem Solving learning model and to describe the implementation of assessment instruments using Creative Problem Solving learning model can effectively improve students' critical thinking ability. The research design used is One-Group Pretest-Posttest Design. The sample of the study were 32 students selected randomly selected from 7 classes of XI IPA program in SMAN 1 Metro. To test the significant effect of assessment instruments and to determine the effectiveness level of the product, a normalized gain (N-gain) analysis was performed. Based on the result of research, it is found that there is influence of Creative Problem Solving learning model to students 'critical thinking ability and the use of assessment instruments with Creative Problem Solving learning model in effective learning to improve students' critical thinking ability.
PENERAPAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS GAYA BELAJAR PADA MATA KULIAH DASAR MEKANIKA DAN KALOR Muhammad Aswin Rangkuti; Winsyahputra Ritonga; Sabani Sabani
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i2.1132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis gaya belajar terhadap hasil belajar Ujian Tengah Semester (UTS) pada mata kuliah dasar mekanika dan kalor. LKM disusun berbasis gaya belajar (Visual, Audiotori, Reading, dan Kinestetik). LKM dinyatakan valid oleh dua orang validator dan diterapkan dalam pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata paling tinggi untuk kelompok gaya belajar berada pada kelompok audiotori yaitu dengan rata-rata 63,93 dan rata-rata paling rendah berada pada kelompok kinestetik dengan rata-rata 54,93. Selanjutnya diperoleh nilai tertinggi dengan nilai 97,53 berada pada kelompok reading sementara itu nilai terendah diperoleh dari kelompok visual dengan nilai 32,36.Kata Kunci: Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), gaya belajar, Fisika
PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL Mahya Zuhrowati; Abdurrahman Abdurrahman; Agus Suyatna
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i2.1305

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan komik pada materi Pemanasan Global. Tujuan pengembangan untuk menghasilkan komik yang menarik, mudah, bermanfaat dan efektif digunakan. Prosedur pengembangan meliputi analisis kebutuhan, tujuan, pokok materi, sinopsis, naskah awal, produksi prototipe, evaluasi, revisi, naskah akhir, uji coba, dan produk final yang diadaptasi dari proses pengembangan media instruksional oleh Sadiman, dkk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan menarik, mudah untuk digunakan, dan sangat bermanfaat serta terbukti efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang ditunjukkan sebanyak 86,11 % siswa telah tuntas.
PENGEMBANGAN KOMIK FISIKA KONTESKTUAL BERBASIS ANDROID POKOK BAHASAN TEKANAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Wurwiarwin Wurwiarwin; Unggul Wahyono; I Komang Werdiana
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i2.1555

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menghasilkan komik fisika kontekstual pada materi tekanan untuk Sekolah Menengah Pertama yang dapat diakses pada perangkat mobile android sebagai bahan ajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana metode mengacu pada model 4-D, pembangan dimulai dari tahap pendefinisian materi, tahap perancangan media sampai diperoleh produk, tahap pengembangan produk yang telah jadi kemudian divalidasi oleh beberapa ahli dan hasil validasi sebagai bahan untuk revisi, kemudian ditahap penyebarluasan dilakukan uji coba terhadap siswa. Adapun software yang digunakan dalam mendesain dan menggambar komik adalah Photoshop CS4 digunakan untuk proses pewarnaan gambar, Corel Draw CS4 digunakan untuk mengubah resolusi gambar dan untuk mengisi balon kata komik, Panit digunakan untuk proses mengubah ukuran gambar dan bentuk gambar menjadi JPG. Komik yang didesain berisi cerita tentang dua orang anak kembar bernama Bilo dan Olo yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang ilmu fisika, bersama kawan-kawannya. Komik ini mengangkat sisi kontekstal dengan menggunakan gaya bahasa daerah setempat dan lokasi disekitar wilayah Kota Palu, komik yang telah dikembangkan, diterbitkan melalui sistem operasi android dan di unggah ke dalam aplikasi webtoon. Subjek penelitian uji coba kelayakan komik adalah siswa kelas VIII Taufik Ismail SMP Negeri Terpadu Madani Palu. Skor rata-rata yang diperoleh sebesar 3,46 dan dikategorikan sangat setuju. Hasil penelitian menunjukan komik fisika kontekual yang dikembangkan dapat dijadikan bahan ajar dalam proses pembelajaran siswa.
Profil Literasi Konsep Fisika Peserta Didik Pada Mitigasi Bencana Hujan Es Antapani Tirto Atmojo; Chaerul Rochman; Dindin Nasrudin
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i2.1171

Abstract

Pembelajaran fisika berorientasi dari fenomena alam. Fenomena alam akan lebih bermakna jika terjadi di sekitar lingkungan peserta didik, sehingga peserta didik harus memiliki literate terhadap fenomena alam sekitar.  Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan profil literasi konsep fisika peserta didik tentang hujan es di kecamatan Antapani. Metode yang digunakan adalah metode pre experiment dengan one shoot test design. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrumen literasi berisi 4 pertanyaan mengenai proses, konsep, konteks dan sikap terbaik  kepada peserta didik dalam menanggapi fenomena tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil literasi sains peserta didik terhadap hujan es di Antapani secara keseluruhan masih dalam kategori rendah. Rata-rata nilai keseluruhan peserta didik pada sekolah terdekat adalah 2,02 dan pada sekolah terjauh adalah 2,22. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan awal untuk penyusunan bahan pengayaan tentang materi fisika terkait bencana hujan es di kecamatan Antapani.
PENGEMBANGAN PERANGKAT FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA I Dewa Putu Nyeneng; Wayan Suana; hervin maulina
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i2.1193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat flipped learning pada mata pelajaran fisika materi pokok Getaran Harmonis dan Impuls dan Momentum. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan terdiri atas silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), video pembelajaran dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD). Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, develop, implement, dan evaluate). Subjek pada uji ahli terdiri atas tiga orang pakar dalam bidang pendidikan fisika dan tiga orang guru fisika SMA dari beberapa SMA di Lampung. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara, angket validasi ahli, angket validasi praktisi/guru, soal tes hasil belajar, dan angket tanggapan siswa. Data dari tahapan pengembangan analysis dan develop dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data dari tahapan implement (uji coba lapangan) dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan uraian pembahasan yang telah dipaparkan mengenai perangkat pembelajaran flipped classroom pada materi getaran harmonis dan impuls dan momentum, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis, menarik, mudah dan bermanfaat diterapkan dalam pembelajaran fisika di SMA, akan tetapi memiliki tingkat efektivitas rendah dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : ADDIE, Flipped Classroom This study aims to produce a flipped learning product on the subject of fundamental physics Harmonic Vibration and Impulse and Momentum. The resulting learning tools consist of syllabus, learning implementation plan (RPP), video learning sheet and student activity (LKPD). The development procedure in this research was using ADDIE model (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Subjects in expert tests consisted of three experts in physics education and three high school physics teachers from several high schools in Lampung. The instruments used include interview guides, expert validation questionnaires, practitioner / teacher validation questionnaires, learning test questions, and student response questionnaires. Data from the analysis and development stage were analyzed descriptively qualitatively while the data from the implementation stage (field trial) were analyzed descriptively quantitative. Based on the description of the discussion that has been presented about the learning device reversing class on the harmonic vibration and impulse and momentum’ matter, it can be concluded that the resulting instructional tool is valid, practical, interesting, easy and useful to be made. Applied in physics learning in high school, but has a low effectiveness improve student learning outcomes. Key Words: ADDIE, Flipped Classroom 
Pembelajaran PBL Berbantuan Lab-Vir Melalui Lesson Study dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Umum Universitas Papua irfan yusuf; sri wahyu widyaningsih
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i2.1194

Abstract

Salah satu kendala utama pelaksanaan perkuliahan fisika umum di Universitas Papua adalah kurangnya sarana dan prasarana pelaksanan praktikum terutama pada materi fisika yang abstrak seperti materi fisika modern. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Laboratorium Virtual (Lab-Vir) melalui kegaiatan Lesson Study. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran melalui penerapan PBL berbantuan media Lab-Vir melalui kegiatan Lesson Study pada mata kuliah fisika umum di Universitas Papua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui tahapan kegiatan Lesson Study. Data penelitian diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan rekaman video selama open class berlangsung. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Kegiatan Lesson Study meliputi tiga tahap rangkaian kegiatan siklus yaitu Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Do), dan Refleksi (See). Dalam tahap Plan dilakukan diskusi bersama dengan tim dosen untuk mengembangkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Chapter Disign, dan Lesson Plan. Pada tahapan Do dilakukan pembelajaran oleh dosen model berdasar RPS yang telah disusun. Dalam tahapan See dilakukan refleksi untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan oleh dosen model guna mengungkap kelemahan dan kelebihan untuk ditindak lanjuti pada pembelajaran selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas, kerjasama, dan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran meningkat serta suasana pembelajaran menjadi lebih hidup. Olehnya itu dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran PBL berbantuan media Lab-Vir melalui kegiatan Lesson Study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah fisika umum dibanding sebelumnya.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa adella emrisena; Abdurrahman Abdurrahman; Eko Suyanto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i2.1306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Kartikatama Metro. Sampel terdiri dari 66 siswa yang dibagi menjadi satu kelas PBL dan satu kelas DI dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala self-efficacy dan tes keterampilan proses sains. Analisis data dilakukan dengan two-way ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan model problem based learning dan siswa yang belajar dengan model direct instruction (F=7,959;p<0,05), terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang memiliki self-efficacy tinggi dan siswa yang memiliki self-efficacy rendah (F=80,325;p<0,05), dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap keterampilan proses sains (F=0,001;p>0,05).Kata Kunci: problem based learning, keterampilan proses sains, self-efficacy.
PENGUATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA POLITEKNIK MELALUI PENDEKATAN “CONCEPT TEACHING” PADA TOPIK FLUIDA DINAMIS I Gede Rasagama
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i2.1464

Abstract

There is rationality to the importance of developing students' critical thinking skills. It is possible to integrate direct presentation, concept formation, and concept attainment in a single learning approach. There is essence, functionality, and urgency of dynamic fluid concept for polytechnic students. The objective of the research is to produce a conceptual learning teaching model of dynamic fluid topic and to know its impact on strengthening students' critical thinking skill. Research subjects were 28 students, IB Class, Mechanical Engineering Study Program, DIII, Bandung State Polytechnic.. The study used quasi-experimental methods, and one group pre-test post-test design. Research instruments include lesson plans, LKM, PG questions, and questionnaires. Data analysis used statistical test, gain normalization, and descriptive analysis. The results show that the concept teaching approach on the topic of dynamic fluid has strengthened students' critical thinking skills significantly. The student's response to the overall concept teaching approach is quite good. The steps of concept teaching approach and the development of critical thinking skills are felt by the students quite easily, whereas the dynamic fluid material is considered difficult.

Page 1 of 1 | Total Record : 10