cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi
ISSN : 2337472     EISSN : 24429449     DOI : -
Core Subject : Economy,
PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, e-ISSN: 2442-9449, p-ISSN: 2337-4721, is the Journal of Economic Education University of Muhammadiyah Metro published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, in particular University of Muhammadiyah Metro and the entire course of economic education in Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 301 Documents
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA BMT AMANAH UMMAH SUKOHARJO) pritandhari, meyta
Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Baitul Maal Wat Tamwil merupakan salah satu model lembaga keuangan syariah yang saat ini banyak muncul di Indonesia. BMT Amanah Ummah memiliki 9.142 anggota dan 45 % anggotanya tidak loyal kepada BMT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dan dampaknya terhadap keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif dengan model analisis interaktif. Teknik sampling yang digunakan adalan insidental sampling untuk anggota BMT dan purposive sampling untuk pimpinan, manajer dan marketing. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu reputasi merek, kepuasan angggota, kualitas pelayanan, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan anggota, dan kualitas pelayanan. Dari beberapa faktor tersebut faktor kualitas pelayanan yang paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas anggota.Dampak loyalitas terhadap keunggulan bersaing dapat dilihat dari seberapa banyak anggota BMT yang tidak pindah ke lembaga keuangan lain. Semakin bagus kualitas pelayanan maka semakin tinggi tingkat loyalitas dan keunggulan bersaing antar lembaga keuangan juga semakin tinggi. Kata kunci :Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), Loyalitas Pelanggan, Keunggulan Bersaing
PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA SE-KOTA MALANG dewi, tiara
Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh profesionalisme guru terhadap kinerja guru ekonomi, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi, (3) pengaruh profesionalisme guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksplanasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru ekonomi di SMA Se-kota Malang yang berjumlah 82 orang. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner. Data dianalisis dengan analisis statistik inferensial dengan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan secara parsial profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru ekonomi dengan nilai sig. t sebesar (0,000) < α (0,05) dan thitung (4,361) > t tabel (1,666). Analisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig. t sebesar (0,000) < α (0,05) dan thitung (3,650) > t tabel (1,666). Secara simultan profesionalisme guru dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru ekonomi dengan nilai sig. F sebesar (0,000) < α (0,05). Selain itu, dari hasil analisis regresi besar R Square adalah 0,530. Kata Kunci: profesionalisme, motivasi, kinerja
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PROGRAM MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR STRATEGI PROMOSI PEMASARAN MAHASISWA SEMESTER 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO TAHUN AJARAN 2014/2015 maryatun, maryatun
Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Berdasarkan hasil observasi awal nilai Strategi Promosi Pemasaran di Universitas Muhammadiyah Metro semester 2 program studi pendidikan ekonomi masih banyak mahasiswayang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Salah satu penyebabnya adalah keaktifan dan keterlibitan mahasiswadalam proses pembelajaran masih rendah dalam memperoleh pengetahuan khususnya selama pembelajaran Strategi Pemasaran. Hasil belajar mahasiswarendah dengan persentase 23,1% yang mencapai ketuntasan belajar dan yang dikategorikan belum tuntas dengan persentase 76,9%, sedangkan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) semester 2 program studi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro pada matakuliah Strategi Promosi Pemasaran adalah 76. Berdasarkan hasil prasurvei yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyaknya mahasiswayang belum tuntas belajar pada matakuliah Strategi Promosi Pemasaran mahasiswa semester 2 program studi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro tahun ajaran 2014/2015. Sehubungan dengan masalah tersebut maka rumusan masalahnya adalah “apakah ada pengaruh positif penggunaan media program Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar Strategi Promosi Pemasaran mahasiswa semester 2 program studi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro tahun ajaran 2014/2015?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media program microsoft powerpoint terhadap hasil belajar Strategi Promosi Pemasaran mahasiswa semester 2 program studi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. Kegunaan penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan ilmu pengetahuan dan tambahan wawasan bagi penulis, dan sebagai bahan informasi dalam usaha meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Strategi Promosi Pemasaran dengan menggunakan media program Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar Strategi Promosi Pemasaran mahasiswa semester 2 program studi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. Sedangkan hipotesis yang penulis ajukan adalah “Ada pengaruh yang positif dalam penggunaan media program Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar Strategi Promosi Pemasaran mahasiswa semester 2 program studi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro tahun ajaran 2014/2015”. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan desain eksperimen Quasi Experimental Design. Karena dalam desain ini, peneliti tidak dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Dalam penelitian ini satu kelompok eksperimen yang di pilih secara teknik sampel porposive yaitu menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu, sehingga didapat kelompok eksperimen pada semester 2 program studi pendidikan ekonomi kelas A yang berjumlah 26 peserta didik. Kelompok tersebut di beri pre-test untuk mengukur variabel depedent yang kemudian diberi sebuah treatment dengan menggunakan media program microsoft powerpoint sebagai independent dan selanjutnya diberi posttest untuk melihat hasil dari treatment yang telah dilaksanakan sehingga dapat diketahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent. Dari analisis data hasil penelitian menggunakan rumus regresi linier sederhana didapat t-hitung = 4,10 sedangkan t-tabel = 1,71 pada taraf signifikasi 0,05 atau sebesar 5% dan t-tabel = 2,49 pada taraf signifikasi sebesar 0,01 atau sebesar 1% dengan demikian t-hitung > t-tabel. Ini berarti regresi linier sederhana bersifat nyata, atau hipotesis terima, dan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Penggunaan media program microsoft powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar Strategi Promosi Pemasaran mahasiswa semester 2 program studi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro pada pokok bahasan : Bank. Dibuktikan dengan rata-rata nilai pre-test pengukuran awal sebelum proses pembelajaran sebesar 59,7308 dan rata-rata nilai post-test setelah diberikan treatment menggunakan variabel X sebesar 82,115. Mahasiswayang dinyatakan tuntas dengan KKM ≥ 76 setelah diberikan treatment sebanyak 20 mahasiswaatau sebesar 75,9% dan mahasiswa yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 6 mahasiswa atau sebesar 24,1%, dengan demikian proses pembelajaran dikatakan berhasil. Kata Kunci: Pengaruh, Media Program Microsoft Powerpoint, dan Hasil Belajar.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MEDIA PEMBELAJARAN MAHAMAHASISWA SEMESTER IV PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN AKADEMIK 2014/2015 wakijo, wakijo
Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture terhadap hasil belajar Media Pembelajaran semester genap pada Pendidikan Ekonomi tahun akademik 2014/2015. Berdasarkan penelitian ini metode eksperimen menggunakan bentuk quasi experimental design nonequivalent control group design. Analisis data menunjukkan hasil belajar Media Pembelajaran mengalami peningkatan 14,81%, dilihat dari perbandingan evaluasi pretes 66,67% sedangkan mahasiswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada evaluasi posttes adalah 81,48%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis dapat diterima sebab thitung (thit) = 27,4 lebih besar daripada ttabel (ttab) = 1,71 dan 2,48. Dengan demikian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif Penggunaan Model Cooperative Learning tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Media Pembelajaran mahasiswa I Semester IV Pendidikan Ekonomi Tahun Akademik 2014/2015. Kata kunci: Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture, Hasil Belajar
PENGARUH BUKU TEKS DAN CETAK TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA N I MARGA TIGA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR PADA KELAS XII. IPS TAHUN PELAJARAN 2013/2014 supriyo, supriyo
Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengaruh media buku teks terhadap hasil belajar di SMA N I Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur pada Kelas XII IPS Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain berimbang balanced design or counter balanced design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa yang terbagi 12 siswa mengikuti pembelajaran dengan media buku teks dan 12 siswa mengikuti pembelajaran tanpa media buku teks, Adapun teknik sampel ang dipakai dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan tes. Analis data dilakukan dengan program SPSS. Dari hasil analisis diperoleh t Hitung =10,231 dan t tabel dengan n =24 diperoleh 2,064. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media buku teks terhadap hasil belajar Kata Kunci: Buku Teks, Buku Cetak Dan Hasil Belajar
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN SMA supranoto, heri
Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Mengacu kepada berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagaimana yang dinyatakan dalam naskah konsep dan strategi implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa di SMA, pendidikan budaya dan karakter bangsa dilakukan melalui integrasi pada mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah. Pendidikan budaya dan karakter bangsa pada intinya bertujuan mengembangkan karakter setiap individu agar mampu mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila; mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik; memperkuat dan membangun perilaku bangsa yang multikultur; dan meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia. Proses ini melibatkan kerjasama seluruh warga sekolah. Sehubungan dengan itu, pendidikan budaya dan karakter bangsa di SMA dilakukan dengan pendekatan sistematik dan integratif dengan optimalisasi seluruh sumber daya pendukung yang ada di sekolah, keluarga, dan di masyarakat. Pendidikan karakter dapat didefinisikan sebagai segala usaha yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi karakter siswa. Pendidikan karakter mengandung tiga unsur pokok, yaitu mengetahui kebaikan (knowing the good), mencintai kebaikan (loving the good), dan melakukan kebaikan (doing the good). Pendidikan karakter tidak sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah kepada peserta didik, tetapi lebih dari itu pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang yang baik sehingga peserta didik paham, mampu merasakan, dan mau melakukan yang baik. Jadi, pendidikan karakter membawa misi yang sama dengan pendidikan akhlak atau pendidikan moral. Kemendiknas, telah diidentifikasi 18 nilai karakter yang perlu ditanamkan kepada peserta didik yang bersumber dari Agama, Pancasila, Budaya, dan Tujuan Pendidikan Nasional. Kedelapan belas nilai tersebut adalah: 1) religius, 2) jujur, 3) toleransi, 4) disiplin, 5) kerja keras, 6) kreatif, 7) mandiri, 8) demokratis, 9) rasa ingin tahu, 10) semangat kebangsaan, 11) cinta tanah air, 12) menghargai prestasi, 13) bersahabat/komunikatif, 14) cinta damai, 15) gemar membaca, 16) peduli lingkungan, 17) peduli sosial, 18) tanggung jawab Kata Kunci: Pendidikan Karakter Bangsa
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA BMT AMANAH UMMAH SUKOHARJO) pritandhari, meyta
PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) Vol 3, No 1 (2015): PROMOSI
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

              Abstrak Baitul Maal Wat Tamwil merupakan salah satu model lembaga keuangan syariah yang saat ini banyak muncul di Indonesia. BMT Amanah Ummah memiliki 9.142 anggota dan 45 % anggotanya tidak loyal kepada BMT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dan dampaknya terhadap keunggulan bersaing.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif dengan model analisis interaktif. Teknik sampling yang digunakan adalan insidental sampling untuk anggota BMT dan purposive sampling  untuk  pimpinan, manajer dan  marketing.  Teknik  pengumpulan  data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu reputasi merek, kepuasan angggota, kualitas pelayanan, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan anggota, dan kualitas pelayanan. Dari beberapa faktor tersebut faktor kualitas pelayanan yang paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas anggota.Dampak loyalitas terhadap keunggulan bersaing dapat dilihat dari seberapa banyak anggota BMT yang tidak pindah ke lembaga keuangan lain. Semakin bagus kualitas pelayanan maka semakin tinggi tingkat loyalitas dan keunggulan bersaing antar lembaga keuangan juga semakin tinggi.
EVALUASI PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEMESTER IV PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO Pritandhari, Meyta; Ratnawuri, Triani
PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 2 (2015): PROMOSI
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran adalah faktor penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran dosen harus memberikan penjelasan yang dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami materi yang diajarkan. Salah satu cara yang digunakan dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan video tutorial. Media pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah pengenalan komputer adalah media video tutorial. Penggunaan video tutorial berdampak positif terhadap mahasiswa. Mahasiswa lebih tertarik terhadap pembelajaran yang langsung di praktekkan. Video tutorial berisi tentang materi yang akan dipelajari. Pemanfaatan video tutorial terhadap pembelajaran bukan hanya memudahkan mahasiswa dalam mendalami materi, tapi memudahkan dosen dalam membimbing mahasiswa secara langsung.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif dengan model analisis interaktif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling  untuk  mahasiswa.  Teknik  pengumpulan  data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi  kualitas belajar mahasiswa. Diantaranya adalah pembelajaran yang monoton, kurangnya fasilitas pembelajaran, dan materi kurang menarik. Oleh karena itu penggunaan media video tutorial sangat bermanfaat bagi pembelajaran. Kurangnya kemandirian belajar dapat diatasi dengan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yaitu media video tutorial. Dengan menggunakan media berupa video tutorial mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti mata kuliah pengenalan komputer. Minat mahasiswa dalam belajar pun meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh tingkat absensi yang hampir selalu terisi penuh. Hasil rekap absen kelas A dan B menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa yang tidak masuk hanya  10 % atau 7 mahasiswa selama satu semester ini. Jika dibandingkan dengan semester yang lalu mahasiswa yang tidak hadir bisa mencapai 20% atau 14 mahasiswa selama satu semester. Dengan meningkatnya minat mahasiswa, akan berdampak terhadap hasil dan kualitas  pembelajaran yang meningkat.
PENGARUH PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMK KARTIKATAMA METRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ningrum, ningrum
PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) Vol 3, No 1 (2015): PROMOSI
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakBerdasarkan hasil belajar siswa kelas X di SMK Kartikatama Metro yang masih relatif rendah yang dapat dilihat dari kriteria ketuntasan minimum (KKM) dimana berdasarkan hasil observasi masih kurangnya pencapaian nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Hasil belajar yang masih rendah ini juga disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan masih mengguanakan metode ceramah (metode konvensional). Metode -metode ini membentuk siswa salah satunya adalah model Active Learning tipe Team Quiz.Hasil belajar yang belum tuntas berjumlah 15 siswa dengan presentase 62,5%,  dan yang mencapai ketuntasan belajar berjumlah 9 siswa dengan persentase 37,5% Sedangkan nilai ketuntasan minimum (KKM)  Kelas X SMK Kartikatama Metro pada pelajaran kewirausahaan adalah 75. Alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa digunakan Model Active Learning Tipe Team Quiz, sehubungan dengan masalah tersebut maka rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan pada Siswa Kelas X Semester genap SMK Kartikatama Metro tahun pelajran 2014/2015” .Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Active Learning Tipe Team Quiz terhadap hasil belajar Kewirausahaan pada Siswa Kelas X Semester genap SMK Kartikatama Metro tahun pelajran 2014/2015”. Adapun kegunaannya adalah dengan mengetahui pengaruh penerapan Model Active Learning Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan pada Siswa Kelas X Semester genap SMK Kartikatama Metro tahun pelajaran 2014/2015”, maka dapat digunakan sebagai acuan peneliti. Dan sebagai bahan informasi dalam usaha meningkatkan hasil belajar kewirausahaan di SMK Kartikatama Metro khususnya dan untuk menambah wawasan dibidang pendidikan bagi pembaca umumnya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah.”ada pengaruh positif Penerapan Model Active Learning Tipe Team Quiz, Terhadap Hasil Belajar kewirausahaan pada Siswa Kelas X Semester genap SMK Kartikatama Metro tahun pelajran 2014/2015”.Setelah dianalisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari analisis perhitungan nilai thitung dan ttabel , diketahui bahwa thitung &gt; ttabel. dapat dilihat pada daftar  G, pada daftar signifikan 5% yaitu 9,10 &gt; 1,72. Dan pada taraf signifikan 1% yaitu 9,10 &gt; 2,51. Dengan demikian hipotesisnya berbunyi  bahwa : ada pengaruh yang positif Penggunaan Model Active Learning Tipe team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas  X.TKJ 1 semester genap SMK Kartikatama Metro pada pokok  bahasan: mengeola konflik. Siswa yang dinyatakan tuntas dengan KKM  (75) setelah treatment sebanyak 14 siswa atau sebesar 58,33% dan siswa yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 10 siswa atau sebesar 41,67%. oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa,  guru  dapat  menerapkan penggunaan model Active Learning Tipe Team Quiz dalam  pembelajaran yang diselenggarakan.                                                                           
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN SMA supranoto, heri
PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) Vol 3, No 1 (2015): PROMOSI
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Mengacu kepada berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagaimana  yang dinyatakan dalam naskah konsep dan strategi implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa di SMA, pendidikan budaya dan karakter bangsa dilakukan melalui integrasi pada mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah. Pendidikan  budaya dan karakter bangsa pada intinya bertujuan mengembangkan karakter setiap individu agar mampu mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila; mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik; memperkuat  dan membangun perilaku bangsa yang multikultur;  dan meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia. Proses ini melibatkan kerjasama seluruh warga  sekolah. Sehubungan dengan itu, pendidikan  budaya dan karakter bangsa di SMA dilakukan dengan pendekatan sistematik dan integratif dengan optimalisasi seluruh sumber daya pendukung  yang ada di sekolah, keluarga,  dan di masyarakat.Pendidikan karakter dapat didefinisikan sebagai segala usaha yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi karakter siswa. Pendidikan karakter mengandung tiga unsur pokok, yaitu mengetahui kebaikan (knowing the good), mencintai kebaikan (loving the good), dan melakukan kebaikan (doing the good). Pendidikan karakter tidak sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah kepada peserta didik, tetapi lebih dari itu pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang yang baik sehingga peserta didik paham, mampu merasakan, dan mau melakukan yang baik. Jadi, pendidikan karakter membawa misi yang sama dengan pendidikan akhlak atau pendidikan moral.Kemendiknas, telah diidentifikasi 18 nilai karakter yang perlu ditanamkan kepada peserta didik yang bersumber dari Agama, Pancasila, Budaya, dan Tujuan Pendidikan Nasional. Kedelapan belas nilai tersebut adalah:1) religius, 2) jujur, 3) toleransi, 4) disiplin, 5) kerja keras, 6) kreatif, 7) mandiri, 8) demokratis, 9) rasa ingin tahu, 10) semangat kebangsaan, 11) cinta tanah air, 12) menghargai prestasi, 13) bersahabat/komunikatif, 14) cinta damai, 15) gemar membaca, 16) peduli lingkungan, 17) peduli sosial, 18) tanggung jawab 

Page 1 of 31 | Total Record : 301