cover
Contact Name
Nia Kurniasih
Contact Email
sosioteknologi.jurnal@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sosioteknologi.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Gedung Sosioteknologi, Labtek VII, Jalan Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosioteknologi
ISSN : 18583474     EISSN : 2443258X     DOI : -
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Sosioteknologi is a journal that focuses on articles that discuss results of an intersection of research fields of science, technology, arts, and humanities as well as the implications of science, technology, and arts on society. It is published three times a year in April, August, and December. Jurnal Sosioteknologi is a collection of articles that discuss research results, conceptual ideas, studies, application of theories, and book reviews. Jurnal Sosioteknologi has been indexed by Google Scholar and Indonesian Publication Index (IPI). ISSN: 1858-3474 Jurnal Sosioteknologi adalah jurnal yang memfokuskan pada tulisan berupa penelitian interseksi bidang ilmu sains, teknologi, seni, dan ilmu kemanusiaan serta implikasi sains teknologi dan seni terhadap kehidupan masyarakat. Terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal Sosioteknologi berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan aplikasi teori, serta ulasan buku. Jurnal Sosioteknologi telah terindeks oleh Google Scholar, Citerseerx, dan Indonesian Publication Index (IPI). ISSN: 1858-3474
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 16 No. 1 (2017)" : 12 Documents clear
MEMBANGUN IDENTITAS VISUAL UNTUK MEDIA PROMOSI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH Prawita, Riztama; Swasty, Wirania; Aditia, Patra
Jurnal Sosioteknologi Vol. 16 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.3

Abstract

Seperti kebanyakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), J-Project belum memiliki identitas visual dan media promosi yang tepat. Ini menyebabkan sulitnya membangun kesadaran merek serta mempromosikan UMKM tersebut. Untuk meningkatkan daya saing industri, perancangan identitas visual dan media promosi yang tepat sangat diperlukan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, observasi dengan mengamati persaingan industri, kuesioner yang disebar kepada 100 orang komunitas sepeda di Bandung, serta wawancara pada pelaku bisnis. Landasan teori yang digunakan adalah teori pemasaran, teori merek, teori perancangan visual dan teori identitas perusahaan. Bentuk perancangannya meliputi identitas visual (logogram) dan beberapa media promosi untuk menunjang daya saing J-Project seperti poster, brosur, x-banner, website, dan media sosial lainnya. Logogram memiliki makna bahwa J-Project merupakan UMKM yang ingin tumbuh dan berkembang bersama komunitas dengan semangat dan sportifitas yang tinggi. Dengan identitas visual yang baru, J-Project ingin menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa bersepeda merupakan salah satu alternatif olah raga yang cukup murah dan mudah.           Kata Kunci: Sepeda, Jersey, Identitas Visual, Logo, Media Promosi
PENGARUH EFISIENSI WAKTU PADA SISTEM PENGAIRAN SATU TITIK SARANA TANAM VERTIKAL TERHADAP PERUBAHAN AKTIVITAS MENYIRAM TANAMAN OLEH MASYARAKAT KAMPUNG KOTA Yulardi, Audit; Sriwarno, Andar Bagus; Larasati, Dwinita
Jurnal Sosioteknologi Vol. 16 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.6

Abstract

ABSTRAK Dalam pelaksanaan program Kampung Berkebun di Kota Bandung, masyarakat yang sebagian besar berprofesi utama bukan sebagai petani mendapati kendala dalam perawatan tanaman produktif seperti sayuran. Hal ini dikarenakan warga harus meluangkan waktunya untuk menyiram tanaman secara rutin setiap hari. Sedangkan kesediaan waktu luang sebagian besar selepas aktivitas utama selesai, sehingga aktivitas tersebut sering terabaikan. Untuk mempermudah aktivitas tersebut perlu adanya pengembangan sistem penyiraman tanaman yang mengutamakan efisiensi waktu. Pengembangan sistem ini dilakukan melalui uji coba terhadap responden di wilayah studi kasus RT. 2, RW. 2, Kelurahan Kacapiring, Kota Bandung. Hasil dari penelitian menunjukkan sistem pengairan terhubung melalui satu titik lebih efisien dalam konsumsi waktu saat melakukan aktivitas penyiraman tanaman. Pada pengamatan uji coba terlihat adanya perubahan perilaku warga dari yang sebelumnya tidak rutin melakukan penyiraman tanaman, menjadi lebih rutin. Kata kunci: kampung berkebun, pertanian kota, sistem penyiraman. ABSTRACT In the implementation of Kampung Berkebun Program in Bandung, people who mostly work as other than farmers face a major problem in tent a productive plants like vegetables. It is because the residents have to take some time to water the plants regularly every day, while there are lack of willingness from most residents in their spare time. Most of their times are spent for  the primary activity such as working or doing business, so that the activity is often overlooked. To facilitate these activities necessity, the medium planting development is concern in plant watering system that priorities in time effective and efficiency. The development of this system is conduct through a trial against the residents of RT. 2, RW.2, Kampung Berkebun, Bandung. The results of the research showed single point connected irrigation system is efficiently reduce the time consumption in watering activity. Observation of the medium planting trial shows that the resident's behaviour in watering plant are changes. They watering the plants more regular than before. Keywords: urban farming, irrigation, verticulture, kampung berkebun.
KAJIAN PENGGUNAAN PONSEL CERDAS BERDASARKAN PROFESI PENGGUNA DI WILAYAH PEDESAAN Dinarah, S.R., Agatha; Syarief, Achmad; Irfansyah, Irfansyah
Jurnal Sosioteknologi Vol. 16 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.9

Abstract

Kebijakan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo, 2015) terkait Program Desa Broadband Terpadu, bertujuan untuk mengakomodir aktivitas masyarakat di pedesaan dengan bantuan teknologi digital. Program tersebut menyasar pada pengguna tingkat pemula terkait pemahamannya dalam mengoperasikan ponsel cerdas. Di lain pihak, perbedaan tingkat pemahaman yang dipicu oleh kompleksitas fungsi pada ponsel cerdas, memungkinkan timbulnya perbedaan persepsi dan ekspektasi terhadap produk tersebut. Pengadaan Program Desa Broadband Terpadu memunculkan permasalahan desain perangkat dan aplikasi bergerak yang tepat guna bagi masyarakat pedesaan. Adapun pola konsumsi terhadap ponsel cerdas saat ini, tidak terbatas pada pemenuhan fungsionalitas produk semata, namun juga sebagai pemenuhan akan kebutuhan psikologis penggunanya. Rangkaian pengalaman terkait faktor psikologis pengguna inilah yang kemudian disebut dengan kualitas hedonik produk. Studi ini membahas persepsi terkait pengalaman pengguna berdasarkan kualitas hedonik produk pada pengguna ponsel cerdas Android di wilayah pedesaan, baik yang memiliki profesi tunggal maupun multi profesi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik survei, dengan studi kasus di Desa Kedungrejo, Lumajang, Jawa Timur. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap 62 responden tingkat pemula. Hasil analisis dengan metode uji beda rata-rata dua sampel independen menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan persepsi antara pengguna dengan profesi tunggal dan multi profesi terkait pengalamannya saat berinteraksi dengan ponsel cerdas. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan desain aplikasi dan ponsel cerdas yang tepat sasaran untuk pengguna di wilayah pedesaan.
ENHANCING THE SAFETY OF FOREIGN WORKERS THROUGH LANGUAGE DEVELOPMENT AND THE COMPETENT USE OF INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICTS) Nurhayati, Iis Kurnia; Pramiyanti, Alila; Putri, Yuliani Rachma
Jurnal Sosioteknologi Vol. 16 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.11

Abstract

The focus for this research was how the knowledge of a foreign language and the competence in the use of information and communication technologies (ICTs) contributed to the safety of Indonesians working abroad. The study was questionnaire-based research and semi-structured interviews with Indonesian workers working in the informal sectors, particularly as domestic workers in Singapore, Taiwan, Malaysia and Hongkong. The method led to rich correlational and qualitative data providing an in"depth understanding of how knowledge of a language and competence on information and communication technologies contributed to the safety of Indonesians in these countries. Thus, the results provided here have proved the usefulness of understanding different languages and also the benefit of being competent on the use of cellular phones as one of the examples of information and communication technology. This research provides a basis for suggesting areas where recruiting companies can intervene to ensure safety while working over-seas.
INKORPORASI KEARIFAN LOKAL DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN PARIWISATA DI LINGKUNGAN PANTAI Tamaratika, Fenilia; Rosyidie, Arief
Jurnal Sosioteknologi Vol. 16 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.10

Abstract

Pengembangan pariwisata Indonesia didasarkan pada prinsip pariwisata berkelanjutan terutama untuk potensi terbesarnya pada pariwisata bahari dan budaya. Kearifan lokal merupakan jiwa dari identitas kebudayaan Indonesia yang beragam dan dapat dimanfaatkan sebagai inovasi dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan yang digabungkan dengan potensi pariwisata bahari sehingga sekaligus mendukung program pemerintah untuk target 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019, menekan dampak negatif akibat pariwisata, dan upaya alternatif mengakomodasi pengembangan daya tarik wisata yang menggabungkan kearifan lokal dan pariwisata bahari yang belum terdapat pada program pemerintah di setiap daerah. Maka dari itu perlu diketahui bagaimana kearifan lokal dapat diinkorporasikan dalam pengembangan pariwisata bahari berkelanjutan. Studi ini dilakukan di kawasan objek wisata Pantai Masceti, Kabupaten Gianyar. Metode yang digunakan untuk menginkorporasikan kearifan lokal ke dalam pengembangan pariwisata bahari berkelanjutan dengan analisis deskriptif kualitatif dan sintesis. Dari identifikasi di lokasi studi, potensi kearifan lokal yang ada diantaranya Pura Masceti, Sistem Pengelolaan Kawasan, Subak, dan Rumah Angsa. Sedangkan potensi pariwisata bahari berkelanjutan terdiri atas potensi hubungan selaras dengan lingkungan, sosial budaya dan ekonomi yang dipengaruhi oleh sistem pengelolaan kawasan yang sedang diupayakan. Inkorporasi diwujudkan dengan penyusunan konsep pengembangan kawasan berlandaskan sistem nilai kearifan lokal, penjualan produk wisata, pengadaan jenis kegiatan bentang darat dan laut, serta pengadaan kerjasama dengan objek wisata lain melalui tema wisata tertentu dengan dukungan oleh stakeholders terkait sesuai peran dan kewenangan masing-masing.Kata kunci : inkorporasi, kearifan lokal, pariwisata bahari berkelanjutan
BLOGGER DAN DIGITAL WORD OF MOUTH: GETOK TULAR DIGITAL ALA BLOGGER DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN DI MEDIA SOSIAL Nasrullah, Rulli
Jurnal Sosioteknologi Vol. 16 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.1

Abstract

Getok tular digital atau digital word of mouth merupakan salah satu strategi komunikasi pemasaran di era digital. Pemanfaatan para penulis jurnal harian online atau sering disebut dengan blogger dapat mendeskripsikan bagaimana pengalaman pribadi mereka terkait citra sebuah merek (brand folklore) dengan cara yang lebih personal dibandingkan dengan iklan-iklan pemasaran konvensional maupun berita di media massa. Riset yang menggunakan contoh kegiatan uji coba gawai dari OPPO Indonesia dan komunitas blogger #kelasblogger ini diurakan dengan menggunakan etnografi virtual. Salah satu upaya yang dilakukan oleh blogger adalah selain dengan publikasi di blog, juga menyebarkan aktivitas saat itu juga melalui akun-akun media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Akun media sosial tersebut juga sebagai saluran untuk menyebarkan tautan (link) konten yang telah terpublikasi di blog. Kata kunci : blogger, merek, iklan, media sosial, etnografi virtual 
SIKAP AKADEMISI DAKWAH TERHADAP INTERNET SEBAGAI MEDIA DAKWAH Fakhruroji, Moch; Muhaemin, Enjang
Jurnal Sosioteknologi Vol. 16 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.7

Abstract

Popularitas Internet sebagai media telah membuka babak baru dalam aktivitas komunikasi, tidak terkecuali dalam aktivitas komunikasi keagamaan seperti dakwah dan sejenisnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian umat Islam masih memandang negatif Internet, namun sebagian yang lainnya justru melihat Internet sebagai peluang baru bagi aktivitas dakwah. Dengan menggunakan studi kasus, tulisan ini mengungkap pandangan dan sikap akademisi ilmu dakwah di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung terhadap Internet sebagai media dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan dan sikap mereka dapat diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) kategori; pertama, optimistik-progresif, yakni memandang internet sebagai media mutakhir yang sangat strategis untuk dimanfaatkan sebagai media dakwah di era global; kedua, optimistik-suportif yakni memandang positif tentang pentingnya internet sebagai media dakwah dan dalam batas kemampuannya berupaya memanfaatkan internet sebagai media penting untuk dakwah; dan ketiga, optimistik-pasif, yakni memiliki optimisme terhadap internet sebagai media dakwah namun masih belum tergerak untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan internet sebagai media dakwah.
MANAGEMENT AND PATTERNS OF CULTURAL INHERITANCE IN INDONESIA Saidi, Acep Iwan; Sabana, Setiawan; Kurniasih, Nia
Jurnal Sosioteknologi Vol. 16 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.5

Abstract

This study titled Management and Patterns of Cultural Inheritance in Indonesia puts Bali as the scope of area of this case study. To be more specific, the object of this study is limited to the phenomena that occur in relation to wood-based handicrafts as one of the activities which are based on creativity deemed most prominent among the Balinese community. The study was conducted using ethnography as a method of data collection, followed by a study based on the perspective of culture. This study has obtained some interesting findings, such as Balinese crafts was originally a creative effort of the community based on the integration of nature, culture, and religion. Unequal inheritance patterns in term of technical skills and insight deepening about the values established by the integration of the three elements of the craft has led the development of Balinese crafts towards the growth of the character of "craft workers", not a craft culture.
WACANA KONSUMERISME DAN PEMANGILAN IDEOLOGIS DI DALAM LAMAN KOMERSIAL SAN DIEGO HILLS MEMORIAL PARKS AND FUNERAL HOMES Sulistyaningtyas, Tri; Jaelani, Jejen
Jurnal Sosioteknologi Vol. 16 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.4

Abstract

Bahasa memiliki merupakan sebuah praktik sosial. Bahasa tidak hanya berfungsi sebagai medium penyampai pesan. Di dalam kehidupan masyarakat, bahasa memiliki peran yang sangat besar di dalam membangun kepercayaan, pendidikan, dan berbagai hal lainnya. Salah satu fenomena bahasa yang menarik untuk diteliti adalah peran bahasa di dalam membangun wacana konsumerisme. Bahasa menjadi senjata yang sangat efektif untuk menyebarkan ideologi konsumerisme. Di dalam penelitian ini diuraikan bagaimana bahasa bekerja membangun wacana konsumerisme dan melakkan pemanggilan ideologis di dalam laman komersial permakaman San Diego Hill Memorial Parks and Funeral Homes. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa Melalui wacana yang disampaikan di dalam situs resminya, San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes menawarkan konsep diri kepada calon pelanggannya. Semua konsep diri ini muncul dengan berbagai detail yang ditawarkan di dalamn deskripsi setiap permakaman yang ditawarkan. Melalui wacana, laman resmi permakaman ini melakukan pemanggilan ideologis kepada para pelanggannya. Para pelanggannya didorong untuk mengidentifikasi dirinya sebagai bagian dari golongan dan kelas sosial yang mana. Setiap permakaman ditawarkan sesuai dengan gaya dan kelas sosial calon pelanggannya. Ideologi konsumerisme muncul melalui wacana yang membangun konsep San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes. Melalui pemanggilan yang halus, wacana ini mendorong para pelanggan, calon pelanggan, atau masyarakat umum untuk mengidentifikasi diri mereka dan memilih permakaman yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan hasrat diri mereka. Wacana mendorong masyarakat, khususnya pelanggan untuk konsumsi tanda dan makna yang dibangun oleh wacana tersebut.
PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERKEMBANGAN DAKWAH MAHASISWA Purwanto, Yedi; Taufik, Muhamad; Jatnika, Asep Wawan
Jurnal Sosioteknologi Vol. 16 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.8

Abstract

  Higher education like ITB, is expected as a pioneer in the use of application in the era of information technology nowadays, including in the Islamic Religious Education program. Information technology can be applied in the teaching and learning instruction of Islamic Religious program, as it can be used by the lecturers to deliver Islamic moral values to ITB students. In the context of Islamic preaching in higher education, ICT can be used as a medium to convey Islamic Religious materials, and it practically contributes to the development of Islamic proselytization for ITB students. As the Islamic youths, university students can take apart as the agents of change in the development of human resources to face the challenge of globalization era including the fast growth of information technology and the opened-accessibility of ASEAN Economic Community (EAC). In this context, the role of technology is crucial in overcoming these rapid changes. This paper is particularly aimed at mapping the Islamic preaching for ITB students. From this notion, it can be noted that online-social media is effective for persuading Islamic values to students. By only one posted-article, it can reach and inspire thousands readers. Besides, it is considered more effective, because the use of social media is not restricted by the specific time and place.

Page 1 of 2 | Total Record : 12