cover
Contact Name
Nia Kurniasih
Contact Email
sosioteknologi.jurnal@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sosioteknologi.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Gedung Sosioteknologi, Labtek VII, Jalan Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosioteknologi
ISSN : 18583474     EISSN : 2443258X     DOI : -
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Sosioteknologi is a journal that focuses on articles that discuss results of an intersection of research fields of science, technology, arts, and humanities as well as the implications of science, technology, and arts on society. It is published three times a year in April, August, and December. Jurnal Sosioteknologi is a collection of articles that discuss research results, conceptual ideas, studies, application of theories, and book reviews. Jurnal Sosioteknologi has been indexed by Google Scholar and Indonesian Publication Index (IPI). ISSN: 1858-3474 Jurnal Sosioteknologi adalah jurnal yang memfokuskan pada tulisan berupa penelitian interseksi bidang ilmu sains, teknologi, seni, dan ilmu kemanusiaan serta implikasi sains teknologi dan seni terhadap kehidupan masyarakat. Terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal Sosioteknologi berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan aplikasi teori, serta ulasan buku. Jurnal Sosioteknologi telah terindeks oleh Google Scholar, Citerseerx, dan Indonesian Publication Index (IPI). ISSN: 1858-3474
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 17 No. 1 (2018)" : 18 Documents clear
EFISIENSI USAHA DAN NILAI TAMBAH PENGOLAHAN UBI KAYU MENJADI MODIFIED CASSAVA FLOUR (MOCAF) PADA KELOMPOK WANITA TANI MEDAL ASRI, DESA SUKAWANGI KECAMATAN PAMULIHAN KABUPATEN SUMEDANG Rosmiati, Mia; Maulani, Rijanti Rahaju; Dwiartama, Angga
Jurnal Sosioteknologi Vol. 17 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.2

Abstract

Cassava is a potential commodity as a flour substitute products. Cassava can be used as flour known as mocaf (modified cassava flour). Mocaf is the product of cassava flour processed using the principle of modifying cells of cassava by fermentation. This fermentation process will produce flour which almost resembles the characteristics and qualities of wheat flour. The purpose of this study was to analyze the efficiency of business and added value analysis. The results showed that the value of business efficiency (R/C ratio) of 1,81, which means that these businesses efficiently and profitably (R/C > 1). The ratio of added value amounted to 49.0%, this means that the processing of mocaf provide added value high enough. Total profits earned by the production process (from 200 kg of cassava) were 227,500.00 IDR. Keywords: Cassava, mocaf, business efficiency, added value.
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM SISTEM E-HEALTH ALODOKTER.COM Prasanti, Ditha; Indriani, Sri Seti
Jurnal Sosioteknologi Vol. 17 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.9

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi bukanlah hal yang asing lagi didengar telinga kita di era digital ini. Ketika teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang, maka hal ini akan mempengaruhi sistem informasi dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang penting dalam kehidupan manusia adalah kesehatan. Berkat adanya kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi di era digital ini, sistem layanan informasi kesehatan pun menjadi semakin berkembang. Di era ini, kita dapat memperoleh layanan informasi kesehatan dalam salah satu sistem e-health "alodokter.com". Berdasarkan latar belakang di atas, penulis tertarik melakukan penelitian  ini dengan judul "Analisis Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem E-Health "alodokter.com". Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa analisis pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem layanan informasi kesehatan "alodokter.com" meliputi pemilihan para dokter sebagai partner yang memberikan informasi kesehatan; pemilihan konten informasi kesehatan yang beragam; sosialisasi layanan informasi kesehatan "alodokter.com" yang berbasis web, media sosial, dan aplikasi dalam googleplay;  dan pemilihan target kalangan remaja dan dewasa yang mengerti segala ketentuan ketika mengakses informasi kesehatan dalam situs"alodokter.com".  Kata Kunci:Analisis, Pengembangan, Teknologi, Kesehatan, alodokter.com 
THE USE OF SMARTPHONE APPLICATIONS IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING AND LEARNING Jati, A. Gumawang
Jurnal Sosioteknologi Vol. 17 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.14

Abstract

In 2002, the number of mobile telephone surpassed the number of fixed lines; and in 2013, the number of smartphones exceeded the number of desktop and laptop computers (Meeker, 2012; The Economist, 2012). This rapid change in technology has changed the process of educating students. Mobile phones, smart phones, tablets have become indispensable to everyone because of their utility and usefulness in language learning if used effectively. Mobile learning has great potential and many researches have been conducted for educational purposes. This paper is aimed for preservice English teachers, teachers and lecturers. The first section of this paper discusses some useful Apps for self-study followed by how to make the most of them. The second section discusses how mobile Apps transform language teaching and learning by elaborating SAMR model in Ruben Puentedura's (R.R. Puentedura, 2011). The use of mobile Apps in supporting the development of core skills which are essential for working in the 21st century will be covered in the last session of this presentation.
PENYELENGGARAAN PENGUKURAN TINGKAT KEMISKINAN DI BADAN PUSAT STATISTIK: PENDEKATAN TEORI JEJARING-AKTOR Nasution, Ahmadriswan
Jurnal Sosioteknologi Vol. 17 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis praktik penyelenggaran pengukuran kemiskinan di Badan Pusat Statistik. Untuk memahaminya menggunakan metode kualitatif yaitu Teori Jaringan-Aktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kaidah-kaidah statistik dalam setiap tahapan pengukuran memberikan manfaat sekaligus kerugian. Tahap demi tahap, mengakibatkan hilangnya efek lokalitas, partikularitas, materialitas, multiplisitas, dan kontinuitas. Sehingga, diakhirnya yang tinggal hanya berupa angka-angka. Tetapi pada setiap tahap, sesuatu yang baru ditambahkan, sehingga memperoleh manfaat kompatibilitas, standardisasi, teks, sirkulasi, dan eksplanasi. Pola interaksi antara pelaku pengukuran dan objek pengukuran terjadi pemisahan agar prinsip 'objektivitas' terpenuhi. Sehingga, pengukuran kemiskinan tidak mendorong terjadinya pembelajaran sosial melalui interaksi. Berdasarkan temuan ini, dalam pengukuran kemiskinan perlu adaya interaksi sosial yang bersifat dialogis  antara penyelenggara pembangunan, penyelenggara pengukuran, dan masyarakat yang diukur. Melalui interaksi ini  dapat digali informasi-informasi penting untuk memperkaya statistik kemiskinan dalam mendukung kebijakan-kebijakan pembangunan Indonesia. kata kunci: statistika, pengukuran kemiskinan, pembangunan, reduksi, dan pembelajaran sosial
THE ROLE OF DAMAR KURUNG LANTERN AS A TIME SIGNAL OF GRESIK SOCIETY Christianna, Aniendya
Jurnal Sosioteknologi Vol. 17 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.7

Abstract

Damar Kurung Craft is one of the typical Gresik cultural products that have been widely recorded the civilization and life of Gresik people through its handiwork. The existence of Damar Kurung has been around since the Hindu-Buddhist era. It is a lantern that made of bamboo paper with painting embedded that become Javanese's symbol of life. This research is qualitative research with descriptive approach. The object of this research is on the use of visual metaphor that described by Masmundari about Damar Kurung. The purpose of this research is to understand the meaning of symbols that embedded on Damar Kurung by Masmundari. At the same time, this writing is  made to understand the environmental context where decoration of Damar Kurung is made, in order to establish the identity and identification of Javanese people.
UPAYA REVITALISASI CAGAR BUDAYA KABUYUTAN CIBURUY MELALUI RANCANG BANGUN APLIKASI MANDALA Paulus, Erick; Nawawi, Riki; Suryani, Mira; Darsa, Undang A; Hadi, Setiawan
Jurnal Sosioteknologi Vol. 17 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.5

Abstract

Kabuyutan Ciburuy pada mulanya merupakan suatu tempat berkumpulnya para cedikiawan dan pelajar untuk berbagi berbagai ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan pada kejayaan jaman pemerintahan Sunda, sekitar abad XIV sampai XVI. Setelah masuknya pemerintahan Mataram Islam ke wilayah Jawa Barat dan diterapkannya politik etis kolonial Belanda pada awal abad XX, aksara Sunda kuno dan kegiatan mandala perlahan-lahan mulai punah. Namun berbagai upaya telah dilakukan untuk melestarikan cagar budaya Sunda kuno tersebut. Makalah ini memaparkan rancang bangun aplikasi mandala sebagai inovasi baru dalam melestarikan cagar budaya di Kabuyutan Ciburuy. Dengan adanya aplikasi ini, upaya revitalisasi dari fungsi Kabuyutan Ciburuy sebagai lembaga pendidikan formal jaman kerajaan di Sunda dapat diaktifkan kembali. Aplikasi Mandala dikembangkan dengan pendekatan user centered design untuk memastikan keberdayagunaan aplikasi. Beberapa fitur yang disematkan ke dalam aplikasi mandala adalah visualisasi naskah Sunda kuno, transliterasi, terjemahan, galeri, dan hasil riset terkait Kabuyutan Ciburuy. Selanjutnya, fitur permainan dengan tema kesundaan ditambahkan untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk belajar budaya Sunda dengan lebih menarik dan menyenangkan. Metode pararel disain dan pengujian usabilitas terhadap dua kelompok telah dilakukan dan  menunjukan hasil bahwa tingkat learnability sebesar 81,34 % dan satisfaction sebesar 77,67%.
THE ‘THREE-MILLIMETERS’: A TECHNOCULTURAL REFLECTION ON BAMBOO WEAVING CRAFT DEVELOPMENT Darmawan, Ruly; Hidayat, July
Jurnal Sosioteknologi Vol. 17 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.4

Abstract

Makalah ini berfokus pada refleksi atas temuan penelitian tentang pengembangan kriya anyam bambu dari sudut pandang teknokultur. Pengembangan kriya ini merupakan pengembangan hibrid yang menggabungkan teknik anyaman dari Bantul, Yogyakarta dan Beppu, Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lokal untuk menghasilkan produk yang menampilkan karakter formal yang idiosinkretik. Selama berinteraksi dengan masyarakat lokal tersebut ditemukan persoalan menarik mengenai ukuran “tiga millimeter”. Secara teknokultural, ukuran ini memilliki kaitan dengan bentangan pikiran atas situasi dunia nyata. Refleksi diskursif ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Refleksi teknokultural ini mengeksplorasi eksistensi ukuran ini; bagaimana hal ini bisa menjadi signifikan dan memungkinkan pendefinisian kualitas produk. Eksplorasi ini bermuara kepada beberapa pemikiran tentang kualitas kriya yang “benar” itu seperti apa. Lebih jauh lagi, diskusi mengenai temuan ini akan dipersempit pada konteks mengembangkan kerajinan yang identik.
PENINGKATAN MOTIVASI ATLET MELALUI PELATIHAN BRAIN JOGGING PADA CABANG OLAHRAGA BEREGU DAN PERORANGAN Komarudin, Komarudin -
Jurnal Sosioteknologi Vol. 17 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.3

Abstract

PENINGKATAN MOTIVASI ATLET MELALUI PELATIHAN BRAIN JOGGING PADA CABANG OLAHRAGA BEREGU DAN PERORANGAN KomarudinUniversitas Pendidikan IndonesiaEmail, komarudin_pko@upi.edu. ABSTRAKMotivasi merupakan dorongan untuk melakukan sesuatu baik yang bersifat intrinsik maupun ekstrinsik. Atlet yang memiliki motivasi akan terlihat dari upaya dan intensitas dirinya untuk melakukan sesuatu dengan penuh semangat sehingga memungkinkan tujuan yang telah ditetapkan tercapai dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh pelatihan brain jogging terhadap peningkatan motivasi atlet pada cabang olahraga beregu dan perorangan. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain "one group pretest-posttest design". Populasi adalah atlet UKM UPI pada cabang olahraga beregu dan perorangan. Sampel sebanyak 20 orang cabang olahraga beregu dan 20 orang perorangan yang diambil secara purposive sampling. Kelompok sampel dari dua kelompok cabang olahraga diberi perlakuan pelatihan brain jogging selama 11 kali pertemuan, dua kali dalam seminggu. Instrumen untuk mengukur motivasi adalah The Sport Motivation Scale (SMS-28). Teknik analisis data digunakan uji t (paired dan independent t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat pengaruh pelatihan brain jogging terhadap peningkatan motivasi atlet pada cabang olahraga beregu dan perorangan; (2) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pelatihan brain jogging terhadap penigkatan motivasi atlet pada cabang olahraga beregu dan perorangan. Simpulan pelatihan brain jogging memberi pengaruh terhadap peningkatan motivasi atlet pada cabang olahraga beregu maupun perorangan.  Kata kunci: Motivasi, brain jogging, olahraga beregu, dan perorangan.
COLOR: THE PROFESSIONAL’S GUIDE UNDERSTANDING, APPRECIATING, AND MASTERING COLOR IN ART AND DESIGN Swasty, Wirania
Jurnal Sosioteknologi Vol. 17 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.16

Abstract

Color is one of design elements which plays a significant role and influences people’s daily cultural and personal experiences. It is a subject that should be studied from multidisciplinary perspectives; not only art and design perspective, but also chemistry, physics, psychological, sociological and cultural perspectives. Color: The Professional’s Guide is a book dedicated to discussing different color topics by providing strong foundation in a holistic approach. Author is a designer and educator in color design and visual merchandising at Rhode Island School of Design Certificate Programs. She has written for many design magazine and newspaper on color and design topic. The book contains 19 chapters and organized into six parts. Color: The Professional’s Guide is, therefore, a complete guide to understand, appreciate and master color in art and design.
REVIVAL OF TODA EMBROIDERY-NEEDLECRAFT OF NILGIRIS Sharma, Garima; Bhagat, Simmi
Jurnal Sosioteknologi Vol. 17 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.1

Abstract

The Toda are an ancient pastoral people who live in the cool uplands of the Nilgiri Mountains of Tamil Nadu, India. Toda women do an aesthetically great   and intricate form of embroidery and it holds a cultural uniqueness for the Toda community. This distinct style of embroidery is locally known as "Pugur" or "Pukhoor". In the current study an effort has been made to preserve and revive this craft with the focus on documentation, creating general awareness and capacity building of the artisans. Interventions were planned for the revival and preservation of this traditional craft and community. A video on the tribal craft has been made to for introducing it to the masses for increasing awareness about the craft through social media and video screening sessions. A motif/design catalog was also prepared for use by artisans and designers. Also, it was found that design education for artisans at the local level is the most effective model because it focuses on all-round education for the artisan. Thus, a clothing line was designed for men, women, and kids and design layouts were provided to the artisans for understanding placement of embroidery pattern.

Page 1 of 2 | Total Record : 18