AbstrakDalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, maka kompetensi personality (kepribadian) guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Karena pada kenyataannya kompetensi ini kurang di jadikan prioritas, artinya bila ada pelatihan guru yang di prioritaskan adalah kompetensi pedagogik, dan profesional atau  segi kognitifnya saja, sedang masalah kepribadian dikembalikan kepada masing-masing personal guru itu sendiri. Pada dasarnya guru juga penentu maju mundurnya pendidikan, kualitas pribadi seorang guru sangat diperlukan agar dapat menjadi guru yang memiliki kepribadian yang baik dan berwibawa. Sebuah gambaran bahwa personality (kepribadian) dan kewibawaan seorang guru dapat menggiring keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar yang akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berangkat dari permasalah tersebut diatas maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui gambaran umum Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Aceh Barat, kedua, untuk mengetahui kompetensi personality (kepribadian) guru PAI pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Aceh Barat, ketiga, untuk mengetahui kewibawaan guru PAI pada  Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Aceh Barat, keempat, untuk mengetahui hasil belajar PAI pada  Sekolah Memengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis penelitian  deskriptif analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Subjek penelitian guru PAI, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta siswa-siswi kelas VIII yang berada di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Meulaboh, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Samatiga, dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Woyla. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Guru PAI Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Aceh Barat memiliki kompetensi personality (kepribadian), dan kewibawaan yang baik. Sehingga hasil belajar siswa-siswi semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dengan nilai diatas rata-rata KKM.Kata Kunci : Kompetensi, Personality.AbstractThe teacherâs personality competence (personality) is the important factor to improve education quality. However, in the fact this competence is not prioritized than pedagogical competence and cognitive competence in a teacher training. Moreover, for personality problems is returned to the teachers individually. Basically, the teachers are also a determinant of reciprocation of education, a teacher personal quality is very necessary to become a good personality and authority. In teaching-learning process, the Success indicator of a teacherâs personality and authority can improve studentsâ achievement. Based on the problems above, the research objectives of this study are 1) to know the general picture of junior high schools (SMP) at west Aceh regency. 2) to know PAI teachersâ personality competence of Junior High Schools (SMP) at west Aceh regency. 3) to know PAI teachersâ authority of Junior High Schools (SMP) at west Aceh regency. 4) to know PAI achievement of Junior High Schools (SMP) at west Aceh regency. This research was a qualitative descriptive analysis research. The instruments which were used to collect the data in this research consist of observation, interview, documentation study, and questionnaire. The subjects of this study are PAI teachers, the principal, the curriculum vice principal and eighth grade students of three Junior High Schools at west Aceh regency. There are: Junior High School (SMP) 3 Meulaboh, Junior High School (SMP) 1 Samatiga, and Junior High School (SMP) 3 Woyla. The result of the research showed that the teachers had Personality Competence, and good authority. Therefore, the first semester studentsâ achievement in 2013/2014 got high average score of school standard score. Ù
ستخÙصإ٠شخصÙØ© اÙÙ
درسÙ٠عاÙ
ÙØ© Ù
٠اÙعÙاÙ
٠اÙÙاÙ
Ø© Ù٠اÙÙ
ØاÙÙØ© ÙترÙÙØ© ÙÙÙÙØ© اÙتربÙØ©. ÙØ£Ù Ù٠اÙÙاÙع Ùا ÙÙÙÙ Ùذ٠اÙعاÙ
ÙØ© ذات Ø£ÙÙÙØ©. ÙÙذا اÙÙ
راد أ٠اÙÙدÙات ÙاÙÙ
ؤتÙ
رات ااÙÙ
عÙÙدة تترÙز عÙÙ ÙاØÙØ© اÙتربÙØ© أ٠اÙاØترا٠أ٠اÙÙ
عرÙØ© ÙÙØ·Ø Ø¨ÙÙÙ
ا تÙÙÙ ÙاØÙØ© اÙÙÙاءة ÙاÙشخصÙØ© Ù
ÙÙضتا٠إÙ٠أÙراد اÙÙ
درسÙÙ. Ù٠اÙØÙÙÙÙØ© أ٠شخصÙØ© اÙÙ
درسÙ٠تعÙ٠عÙ٠تÙدÙ
اÙتربÙØ© ÙتأخرÙØ§Ø ÙÙذ٠اÙشخصÙØ© Ø´Ùئ تÙبغ٠Ù
راعات٠ÙÙÙÙÙÙا Ø°Ù٠شخصÙØ© ØسÙØ© ÙÙ
رÙءة ÙÙÙØ©. اÙØ·ÙاÙا٠Ù
Ù Ùذ٠اÙÙ
Ø´ÙÙØ©Ø ÙرÙ
Ù Ùذا اÙبØØ« Ø¥Ù٠عدة اÙÙÙØ· اÙتاÙÙØ© Ø Ø§ÙØ£ÙÙÙØ Ø§Ùتعر٠عÙ٠اÙصÙر اÙعاÙ
Ø© ÙÙÙ
دارس اÙثاÙÙÙØ© اÙعاÙ
Ø© اÙØÙÙÙ
ÙØ© (SMP) بÙÙاÙØ© أتشÙ٠اÙغربÙØ©. اÙثاÙÙØ©Ø Ù
عرÙØ© اÙشخصÙØ© ÙÙ
درس٠Ù
ادة اÙدراسة اÙإسÙاÙ
ÙØ© باÙÙ
دارس اÙثاÙÙÙØ© اÙعاÙ
Ø© اÙØÙÙÙ
ÙØ© (SMP) بÙÙاÙØ© أتشÙ٠اÙغربÙØ©. اÙثاÙØ«Ø©Ø Ù
عرÙØ© Ù
رÙءة Ù
درس٠Ù
ادة اÙدراسة اÙإسÙاÙ
ÙØ© باÙÙ
دارس اÙثاÙÙÙØ© اÙعاÙ
Ø© اÙØÙÙÙ
ÙØ© (SMP) بÙÙاÙØ© أتشÙ٠اÙغربÙØ©. اÙØ±Ø§Ø¨Ø¹Ø©Ø Ù
عرÙØ© اÙÙتائج اÙÙ
ØصÙØ© Ù
Ù Ù
ادة اÙدراسة اÙإسÙاÙ
ÙØ© باÙÙ
دارس اÙثاÙÙÙØ© اÙعاÙ
Ø© اÙØÙÙÙ
ÙØ© (SMP) بÙÙاÙØ© أتشÙ٠اÙغربÙØ©. Ùتص٠Ùذا اÙبØØ« باÙÙ
دخ٠اÙÙÙ
Ù ÙباÙÙص٠اÙتØÙÙÙ٠باÙÙسبة ÙتØÙÙ٠اÙبÙاÙات. ÙÙجÙ
ع اÙبÙاÙات تستخدÙ
عدة أدÙات ÙاÙÙ
ÙاØظة اÙÙ
باشرة ÙاÙÙ
ÙابÙØ© اÙشخصÙØ© Ùدراسة اÙÙثائ٠اÙÙ
درسÙØ© ÙاÙاستÙتاء. ÙØ£Ù
ا ÙاعÙÙا اÙبØØ« ÙÙ
Ù
دÙر اÙÙ
درسة ÙÙائب اÙÙ
دÙر ÙÙÙ
ÙاÙج ÙاÙÙ
Ùاد اÙدراسÙØ© Ø«Ù
طاÙبات اÙص٠اÙثاÙ
Ù Ù
٠اÙÙ
درسة اÙثاÙÙÙØ© اÙØÙÙÙ
ÙØ© 3 Ù
ÙÙابÙÙ ÙاÙÙ
درسة اÙثاÙÙÙØ© اÙØÙÙÙ
ÙØ© 1 سÙ
اتÙجا ÙاÙÙ
درسة اÙثاÙÙÙØ© اÙØÙÙÙ
ÙØ© 3 ÙاÙÙا. Ø¥Ù Ùتائج اÙبØØ« تد٠عÙ٠أ٠Ù
درس٠Ù
ادة اÙدراسة اÙإسÙاÙ
ÙØ© Ù٠اÙÙ
دارس اÙثاÙÙÙØ© اÙØÙÙÙ
ÙØ© بÙÙاÙØ© أتشÙ٠اÙغربÙØ© ÙÙÙ
ÙÙاءة شخصÙØ© ÙØ«ÙÙØ© ÙÙ
رÙءة ÙÙÙØ©. ÙØ°ÙÙ Ù
Ù
ا Ùؤد٠إÙ٠اÙÙتائج اÙجÙدة Ùد٠اÙطاÙبات باÙÙسبة ÙÙسÙØ© اÙدراسÙØ© 2013/2014.